Cara Cicilan Barang di Shopee

Berbelanja dengan sistem pembayaran cicilan saat ini memang sedang digemari masyarakat. Hal ini dikarenakan, mereka bisa mendapatkan kebutuhannya dengan mudah dan tentu saja lebih ringan tanpa harus melakukan pembayaran sepenuhnya ketika membeli barang. Sama halnya dengan Shopee, sebagai salah satu e-commerce yang menyediakan layanan kredit barang. Lalu, bagaimana cara cicilan barang di Shopee?

Seiring perkembangan teknologi yang kini semakin canggih, proses berbelanja melalui metode cicilan tak hanya bisa dilakukan lewat toko offline, tetapi juga bisa dilakukan lewat toko online. Tentu saja dengan adanya fitur pembayaran kredit di Shopee, membuat para pengguna atau pembeli di Shopee menjadi lebih mudah dan praktis. Sekaligus bisa semakin meningkatkan daya beli konsumen untuk selalu menggunakan aplikasi Shopee.

Shopee telah menyediakan berbagai macam produk yang mereka butuhkan seperti kecantikan, elektronik, fashion hingga kuliner. Produk-produk tersebut, bahkan bisa dibayarkan berbentuk kredit. Menariknya lagi, Shopee juga menawarkan banyak pilihan kredit, baik itu melalui kartu kredit atau yang tidak.

Bagi Kamu yang sudah memakai metode pembayaran kredit di aplikasi Shopee, tentu merasa lebih mudah, aman dan sudah tentu ketagihan untuk membeli barang secara kredit. Jadi Kamu yang ingin melakukan kredit, cukup mencari produk yang diinginkan di Shopee lalu tinggal pilih sistem pembayaran kredit. Selanjutnya Kamu tinggal menunggu produk yang dipesan tiba di tempat tujuanmu.

Cara Cicilan Barang di Shopee

Cara Cicilan Barang di Shopee
Menyicil Barang di Shopee

Menyicil Barang di Shopee

Sebenarnya ada 4 cara cicilan barang di Shopee yang bisa Kamu gunakan, diantaranya melalui Kredivo, Shopee Pay Later, Akulaku, dan kartu kredit. Selain kartu kredit, ketiga cara menyicil barang di Shopee adalah cara paling populer yang banyak digunakan pengguna Shopee.

Meskipun demikian untuk bisa menyicil barang di Shopee, tentu saja Kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang diminta dari tiap-tiap metode. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak panduan cara cicilan barang di Shopee, berikut ini :

1. Menyicil Barang di Shopee Dengan Kartu Kredit

Untuk menyicil barang menggunakan kartu kredit di Shopee, pastikan Kamu sudah mempunyai kartu kredit aktif dan mempunyai jumlah limit mencukupi. Berikut langkah-langkah memilih pembayaran lewat kartu kredis di Shopee :

  • Buka aplikasi dan login ke akun Shopee. Jika Kamu belum memiliki aplikasinya, silahkan unduh dan install aplikasi Shopee terlebih dahulu di smartphone-mu. Pastikan smartphone-mu telah terkoneksi jaringan internet stabil.
  • Kemudian pilih produk yang Kamu inginkan di opsi “Pencarian” pada halaman Shopee yang terletak di atas layar.
  • Jika Kamu sudah menemukan produk di Shopee, tinggal lanjutkan proses denga memilih “Beli Sekarang”.
  • Kamu bisa mengatur produk tersebut, melalui pemilihan ukuran, warna dan jumlah produk yang dibeli. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan cara pilih “Beli Sekarang”.
  • Setelah itu, Kamu akan dibawa ke opsi “Keranjang Saya”. Apabila Kamu ingin membeli barang yang lain, silahkan centang produk yang diinginkan. Jika tidak, silahkan masuk ke opsi “Checkout” untuk memilih metode pembayaran.
  • Kamu pun dibawa ke laman checkout. Pada halaman ini, Kamu bisa mengatur alamat pengriman, pesan (opsional), opsi pengiriman (memilih ekspedisi), pilih sistem pembayaran, dan masukkan voucher.
  • Untuk memilih sistem pembayaran, Kamu bisa memilih “Cicilan Kartu Kredit” dan pilih kartu kreditmu lalu pilih tenor pembayaran. Setelah itu, inputkan data pada kartu kredit, seperti nomor kartu, nama yang tertera pada kartu, masa berlaku, tipe kartu, dan kode CVV. Jika sudah, tinggal tekan “Kirimkan”. Apabila metode pembayaran sudah dipilih. Tinggal masuk ke opsi “Konfirmasi”.
  • Setelah itu, tinggal pilih “Buat Pesanan” lalu tunggu sampai produk yang Kamu beli tiba ke alamat tujuanmu.

Seluruh produk kartu kredit telah mendukung sistem pembayaran cicilan Shopee. Kamu dapat memakai kartu kredit BRI, BNI, BCA, dan lainnya. Akan tetapi harus diingat, bahwa maksimal pembayaran menggunakan cicilan kartu kredit yaitu sekitar Rp. 30 juta. Sementar auntuk tenor angsuran kredit yang tersedia, mulai dari 3, 6, 12 hingga 24 bulan.

2. Menyicil Barang di Shopee Dengan Shopee  Paylater

Cara cicilan barang di Shopee berikutnya ialah menggunakan Shopee Paylater. Shopee Paylater adalah metde pembayaran berbentuk cicilan atau kredit tanpa menggunakan credit card yang dikeluarkan pihak Shopee. Jika Kamu ingin memanfaatkan program cicilan tersebut, pastikan pengguna sudah mengaktifkan layanan Shopee Paylater dan mempunyai limit saldo mencukupi untuk pembelian produk.

Jika layanan tersebut sudah aktif, kini Kamu bisa melakukan pembelian produk di Shopee menggunakan sistem cicilan untuk 1, 2, 3 hingga 6 bulan. Di samping itu, pengguna bisa membeli produk tanpa harus ada DP terlebih dahulu. Sementara itu, untuk buanganya sendiri hanya 2,95% saja.

Jika Kamu ingin menyicil barang di Shopee menggunakan Shopee PayLater, silahkan ikuti panduannya di bawah ini :

  • Silahkan buka Shopee App yang sudah Kamu install di Hp.
  • Setelah itu, pilih produk yang ingin dibeli di “Pencarian”.
  • Jika sudah menemukan produk, silahkan pilih “Beli Sekarang. Pastikan lakukan pengaturan pemilihan ukuran, jumlah produk dan warna yang Kamu inginkan.
  • Setelah itu lakukan checkout, pastikan alamat pengiriman, pesan, voucher (jika ada), opsi jasa ekspedisi dan metode pembayaran.
  •  Dalam metode pembayaran, Kamu bisa pilih “Shopee Paylater” lalu atur tenor pembayaran dari 1, 2,3 sampai 6 bulan berikut jumlah cicilan yang harus dibayarkan per bulannya.
  • Kamu akan masuk ke laman selanjutnya, pilih “Buat Pesanan”.
  • Setelah itu, lanjutkan proses dengan menginputkan PIN Paylater . Kamu tinggal tunggu produk yang Kamu beli tiba ke alamat rumahmu.

3. Menyicil Barang di Shopee Dengan Akulaku

Cara cicilan barang di Shopee selanjutnya ialah dengan memakai Akulaku. Sistem pembayaran di Akulaku sendiri memungkinkan para pengguna Shopee membayar produk tertentu dengan cicilan dari 1, 2, 3, 6, 9, dan 12 bulan.

Akulaku adalah solulsi kredit cepat tanpa menggunakan kartu kredit. Namun, sebelum Kamu memakai sistem pembayaran dengan Akulaku harus mempunyai akun terlebih dahulu di Akulaku. Lalu cari barang atau produk yang Kamu inginkan. Pilih sistem pembayaran dengan Akulaku.

Setelah itu, Kamu akan ditampilkan berbagai pilihan cicilan, dari 1 sampai 12 bulan, biasanya tergantung nominal transaksi. Metode pembayaran dengan Akulaku ini akan dibebankan biaya untuk penanganan senilai 1,5% setiap transaksinya.

Uniknya lagi cicilan barang di Shopee dengan Akulaku tak memerlukan DP atau uang muka. Karena uang muka biasanya akan diambil pada kredit Akulaku.

4. Cara Cicilan Barang di Shopee Dengan Kredivo

Sama seperti cara cicilan barang di Lazada, cicilan di aplikasi Shopee juga ikut mendukung sistem pembayaran menggunakan Kredivo. Nah, dengan Kredivo inilah Kamu akan memperoleh fasilitas cicilan dengan cepat tanpa menggunakan kartu kredit melalui tenor cicilan dari 3, 6 sampai 12 bulan.

Tak hanya itu saja, Kredivo juga mendukung kredit instan sehingga memungkinkan Kamu untuk membayar barang yang dibeli di Shopee selama 30 hari tanpa suku bunga. Tapi transaksi cicilan yang diberikan maksimum hanya sebesar Rp. 3 juta. Jika Kamu ingin jumlah transaksinya menjadi lebih besar, bisa memilih kredit 3, 6, dan 12 bulan.

Untuk cara cicilan barang di Shopee menggunakan Kredivo sendiri sama seperti cara cicilan di atas yang sudah dijelaskan. Hanya saja penerima cicilannya yang berbeda, yaitu menggunakna Kredivo. Selain itu, Kamu harus mengunduh aplikasi Kredivo terlebih dahulu di Play Store.

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019