Cek Tagihan Listrik Online Lewat Hp

Cek Tagihan LIstrik Online

Setiap pengguna listrik negara, kini Kamu bisa mencoba cek tagihan listrik online lewat Hp. Jika dulu untuk mengecek tagihan PLN harus pergi ke outlet PLN resmi, tapi sekarang Kamu tak perlu repot-repot lagi. Karena pengecekan tagihan dan pembayaran tagihan listrik dapat digunakan hanya melalui hp, bisa secara offline ataupun online.

Dengan kemudahan pengecekan tagihan listrik menggunakan hp ini, tentu saja membuatmu tak perlu keluar rumah. Asalkan perangkat hpmu memiliki pulsa dan kuota internet. Apalagi jika cek tagihan listrik online lewat hp, yang Kamu perlukan hanya kuota internet saja.

Read More

Karena seiring dengan perkembangan digital seperti saat ini, demi memudahkan para penggunanya, tentu saja PLN telah mengintegrasikan layanannya ke dalam layanan digital.

Layanan digital berbasis online inilah memungkinkan proses pembayaran tagihan para pengguna PLN lebih mudah dan praktis. Jadi kecil kemungkinan para pengguna listrik menunggak tagihan akibat lupa membayar. Sebab dengan memakai hp, Kamu bisa mengecek tagihan listrik secara real time.

Cek Tagihan Listrik Online Lewat Hp

Cek Tagihan LIstrik Online Lewat Hp
Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat Hp

Cara Cek Tagihan Listrik Online via HP

Cek tagihan listrik online lewat hp dengan cara mandiri, sebenarnya dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Sehingga Kamu tidak perlu menunggu petugas PLN kembali untuk mengirimkan tagihan dengan cara manual. Pelanggan kini bisa mengakses layanan website resmi PLN maupun PLN mobile jika ingin mengecek biaya taghan listrik. Bahkan kini beberapa merchant online juga sudah menyediakan layanan cek tagihan listrik. Seperti cek tagihan listrik di Bukalapak.

Untuk mempermudah cek tagihan listrik online lewat hp, ada beberapa tutorial yang dapat Kamu ikuti di bawah ini :

1. Tutorial Cek Tagihan Listrik via PLN Mobile

Cara pertama adalah dengan cek tagihan listrik lewat PLN Mobile. Tutorialnya sangat mudah, dan Kamu bisa mengikuti panduannya di bawah ini :

  • Download PLN Mobile Apps di smartphone terlebih dahulu, baik itu via Apps Store maupun Play Store.
  • Sesudah aplikasi PLN Mobile terpasang di hp, silahkan login.
  • Jika belum mempunyai akun, tinggal pilih “Daftar”.
  • Kemudian isikan dengan nama lengkap, nomor metmer atau ID Pelanggan, lokasi, akun email aktif, password dan nomor hp.
  • Sesudah masuk ke menu dashboard akun, Kamu tinggal memilih opsi “Informasi” di halaman depan.
  • Tekan opsi “Informasi Tagihan dan Token Listrik”
  • Selanjutnya sistem pun akan memperlihatkan tagihan listrik, jumlah pemakaian dan riwayat tagihan.

Pelanggan pun bisa membayar tagihan listrik lewat PLN Mobile secara langsung. Adapun caranya yaitu tinggal pilih opsi Kelistrikan, Token, Fitur Pemberitahuan atau Pembayaran. Kemudian ikuti petunjuk selanjutnya untuk melakukan pembayaran tagihan listrik.

2. Tutorial Cek Tagihan Listrik Melalui Situs Web Resmi PLN

Cek tagihan listrik online lewat hp berikutnya ialah melalui situs web resmi PLN. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka web browser di perangkat hp.
  • Kamu tinggal masuk ke situs web resmi dari PLN di link ini.
  • Kamu bisa mengetikkan tulisan “Daftar Akun” tepat di ujung kanan bawah jika belum terdaftar.
  • Lakukan pengisian data diri, caranya inputkan email aktif, nama pemohon, nomor meter atau ID Pelanggan, kata sandi, nomor ponsel serta kode captcha.
  • Tekan “Daftar”.
  • PLN akan langsung mengirimkan verification code yang dikirim lewat email.
  • Inputkan kode verifikasi.
  • Sesudah terdaftar, Kamu tinggal memasukan akun email beserta password yang telah dibuat ketika pendaftaran.
  • Jika sudah masuk, maka sistem akan langsung menampilkan informasi mengenai tagihan beserta riwayat pembelian.
  • Setelah itu, Kamu akan ditampilkan informasi mengenai tagihan listrik PLN.

3. Cek Tagihan Listrik di Tokopedia

Cek tagihan listrik online lewat hp lainnya ialah dengan menggunakan Tokopedia. Karena di aplikasi Tokopedia, Kamu bisa mengecek tagihan listrik PLN secara online yang dapat dimanfatkan. Berikut ulasannya :

  • Download dan pasang Tokopedia Apps di hpmu. Kamu bisa mengunduhnya di App Store atau di Play Store.
  • Buka dan jalankan aplikasinya untuk pengecekan tagihan listrik online melalui hp di Tokopedia. Lalu, pilih “Tagihan” tepat di halaman awal pada aplikasi.
  • Pilih opsi “Listrik PLN” supaya Kamu dapat mengecek tagihan listrik secara online melalui hp lewat Tokopedia dengan mudah.
  • Pastikan memilih opsi “Tagihan Listrik” dan inputkan IDPEL PLN-mu.

Jika sudah selesai, tinggal cek tagihan PLN-mu tiap bulannya. Di aplikasi Tokopedia, bahkan Kamu bisa melakukan pembayaran tagihannya secara langsung.

4. Cek Tagihan Listrik Melalui Shopee

Kamu juga bisa melakukan cara cek tagihan listrik online lewat hp di Shopee, selain memakai Tokopedia. Untuk memakai fitur pengecekan tagihan PLN juga sangat mudah. Adapun langkah-langkahnya berikut ini :

  • Unduh dan pasang aplikasi Shopee via hp, Kamu bisa menginstallnya di Play Store maupun App Store.
  • Silahkan masuk ke dalam menu utama, lalu Kamu bisa memilih “pulsa,tagihan dan donasi” di halaman utama dan akan terbuka menu baru setelahnya.
  • Jika sudah, gulir layar ke bawah sampai Kamu menemukan “Listrik PLN” di bagian bawah pada kategori tagihan.
  • Silahkan pilih opsi “Tagihan Listrik” kemudian inputkan IDPEL atau nomor pelanggan, dan tekan “Lihat Tagihan” di kolom paling bawah.

Sesudah menekan tombol bertuliskan “Lihat Tagihan”, maka sistem di Shopee akan langsung menampilkan jumlah tagihan rekening listrik yang mesti dibayarkan. Adapun informasi yang ditampilkan lainnya di menu bertuliskan “Cek Tagihan Listrik” ialah total tagihan, periode tagihan serta nama pelanggan.

5. Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi Blibli

Cara mudah dan praktis lainnya untuk cek tagihan listrik online lewat hp adalah lewat aplikasi Blibli. Silahkan unduh aplikasi Blibli di smartphone milikmu terlebih dahulu. Kamu pun dapat mengecek tagihan rekening listrik, melakukan pembayaran serta membeli token hanya dengan memakai aplikasi belanja online ini.

Tutorialnya sangat mudah. Cukup memasuki akun aplikasi Blibli. Kemudian masuk ke opsi pembayaran yang otomatis muncul di halaman pertama Blibli. Dari sana telah tersedia banyak pilihan menu tagihan untuk dipilih. Misalnya tagihan air, tagihan PLN, Telkom, TV Kabel dan Internet, BPJS Kesehatan dan lainnya.

Cek Tagihan Listrik via Hp Lainnya

Selain cek tagihan listrik online lewat Hp, Kamu juga bisa mengecek tagihan listrik lewat hp lainnya secara offline. Namun untuk metode ini memerlukan pulsa reguler untuk melakukannya. Oke, langsung saja simak metodenya di bawah ini :

1. Mengecek Tagihan Listrik PLN via SMS

Jika Kamu malas mengakses internet untuk mengecek tagihan listrik PLN, maka Kamu bisa mencoba cek tagihan lewat SMS. Caranya sangat mudah asalkan Kamu mengetahui format SMS-nya.

Cukup kirimkan SMS saja ke 8123 lalu ketik format SMS : REK(spasi)IDPelanggan. Jika sudah kirim langsung ke nomor 8123.

Untuk melakukan pengecekan tagihan listrik melalui PLN lewat SMS in, Kamu perlu memastikan pulsamu cukup terlebih dahulu.

2. Mengecek Tagihan Listrik PLN via Call Center

Cara ini juga termasuk yang termudah, tapi memerlukan pulsa untuk melakukan panggilan. Kamu bisa mengakses call  center PLN melalui nomor 123. Jika sudah terhubung, silahkan ikuti petunjuk dari operator kemudian pilih “Cek Tagihan Listrik”. Selanjutnya Kamu akan langsung berbicara bersama CS PLN dengan menanyakan nomor pelanggan PLN untuk melakukan validasi.

Berdasarkan 5 cek tagihan listrik online lewat Hp dan 2 cara cek tagihan offline di atas, Kamu tinggal pilih mana metode paling mudah.

 

Related posts