Cara Mengunci Laptop

Kamu pasti belum tahu cara mengunci laptop dengan benar dan cepat. Laptop telah menjadi perangkat penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari, terutama sekolah dan bekerja karena keduanya tidak bisa lepas dari benda tersebut.

Kendati demikian, kalian bisa memakai laptop untuk hiburan dengan menyimpan foto maupun video yang memorinya lebih besar. Hal ini dikarenakan hampir semua merek laptop punya kapasitas ruang jumbo hingga 1TB.

Kalian tidak boleh membiarkan laptop digunakan sembarangan. Pasalnya, orang lain yang meminjamnya mungkin saja membuka folder tertentu yang bersifat pribadi alias hanya boleh diketahui pemiliknya saja. Maka dari itu, cara mengunci laptop semua tipe harus kamu pahami untuk mencegah data pribadi kalian tidak dilihat orang lain.

Hal ini mencegah kegiatan sehari-hari kalian tidak terlacak siapapun, khususnya pemakaian internet yang mungkin saja dipakai ketika siapa saja meminjam laptopnya.

Walaupun laptop punya merek berbeda dengan tampilan yang sama, tetapi sistem operasinya tidak bisa dikunci dengan satu proses pengamanan serupa. Kalian akan mengetahui semua jawabannya lewat pembahasan selanjutnya yang ringkas dan padat.

Kamu tidak perlu khawatir bila data pribadi dilihat orang lain saat laptopnya dipinjam. Umumnya laptop kalian membutuhkan kata sandi sesuai pilihan kamu, namun dapat memakai opsional jika lupa password.

Cara Mengunci Laptop

Cara Mengunci Laptop
Mengunci Laptop dengan Password

Laptop tipe mana saja pasti mengandalkan Windows sebagai sistem operasi utamanya. Kamu pasti menggunakannya saat menggunakan laptop setiap hari. Kalian harus tahu bahwa pengunciannya berbeda antar sistem operasi dari merek notebook yang digunakan saat ini.

Terkait:  Cara Menampilkan Layar Hp ke Laptop Dengan USB

Pembahasan selanjutnya bakal menjelaskan soal mengunci laptop dari Windows Xp sampai Windows 10 sesuai operasinya masing-masing. Beberapa panduan terbarunya antara lain :

Mengunci Laptop dengan Password di Windows 7

Kalian bisa membuat kata sandi alias password untuk Windows XP dan Windows 7 pada laptop yang dipakai saat ini. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tekan tombol “Start”, lalu pilih menu “Control Panel”. Kalian bisa meneruskan langkah selanjutnya dengan masuk ke menu “Akun Pengguna” alias “User Account”.

Tekan tombol “Create a Password for Your Account” untuk membuat password laptopnya. Prosedur ini bertujuan untuk memulai proses pembuatan kata sandi sesuai keinginan kalian masing-masing.

Langkah berikutnya adalah masukkan kata sandi yang diinginkan, lalu ulangi password tersebut pada kolom selanjutnya. Kamu bisa menekan tombol “Create Password” pada opsi paling bawah.

Jika kata sandi sudah terpasang, maka akun kalian bakal berubah statusnya menjadi Password Protected. Hal ini membuktikan bahwa proses penguncian laptop dengan password sudah selesai dan rahasiakan kata sandinya dari orang lain.

Mengunci Laptop dengan Password di Windows 8 dan 8.1

Setelah memahami pembahasan sebelumnya, maka kalian bisa mengikuti ulasan selanjutnya untuk mengunci password dengan password bagi Windows 8 dan Windows 8.1. Kamu perlu tahu bahwa Windows 8.1 adalah versi lanjutan dari Windows 8.

Tak hanya itu, keduanya tidak ada perbedaan untuk mengunci laptop maupun desain sehingga kalian dapat menghafal prosedurnya lebih cepat dan mudah demi merahasiakan data pribadi.

Pertama, masuklah ke menu “Setting” atau “Pengaturan” dengan menekan klik kanan layar. Kalian bisa memilih menu “Change PC Setting” di bagian terbawah, lalu tekan tombol “Accounts” dari jendela PC Setting dan pilihlah menu “Sign-In Option”.

Terkait:  Cara Cek Windows Ori

Apabila kalian melihat kolom kata sandi atau password, tekan opsi “Add” untuk menambahkan kunci keamanan berupa gabungan angka dan huruf sesuai keinginan kalian sendiri.

Kalian bisa memasukkan passwordnya sebanyak dua kali, lalu tambahkan opsional sebagai pengganti bila kamu lupa kata sandinya. Langkah terakhir adalah tekan tombol “Finish” atau “Next” untuk memastikan proses pembuatan password telah selesai.

Untuk memastikannya kalian bisa mematikan laptop terlebih dahulu, lalu nyalakan seperti biasa dan tunggu sampai tampilannya menampilkan kolom input password bila telah terkunci.

Mengunci Laptop dengan Password di Windows 10

Kalian bisa mengunci laptop dengan password untuk Windows 10 seperti Windows 8. Akan tetapi, sebagian besar pengguna laptop masih bingung lantaran tampilannya sangat berbeda. Kamu juga harus tahu bahwa penguncian laptop bersistem operasi Windows 10 punya dua metode berbeda.

Ulasannya bakal dibahas secara jelas dan singkat agar kalian dapat merahasiakan data pribadi supaya orang lain tidak bisa membuka sembarangan.

1. Mengunci Laptop di Windows 10 Lewat Control Panel

Langkah pertama adalah tekan tombol “Start” dan pilih menu “Control Panel”, lalu pilih opsi “User Accounts” dan lanjutkan dengan “User Accounts” lewat jendela yang muncul berikutnya.

Kamu harus memilih menu “Manage Another Account” dan tekan “Yes” bila mendapat persetujuan pembuatan password. Klik “Create a Password” dan terakhir adalah masukkan password yang diinginkan dan ulangi kata sandi tersebut.

2. Mengunci Laptop di Windows 10 Lewat Settings

Kalian bisa memulai prosedurnya dengan masuk ke menu “Pengaturan” lewat tombol “Start”, caranya adalah menekan tombol Windows+I pada waktu yang sama.

Kamu cukup menekan tombol “Accounts” dan pilih menu ‘Sign-in Options” dan diteruskan dengan memilih opsi “Add” dari Password. Masukkan kata sandi yang kalian inginkan, lalu ulangi lagi pada kolom selanjutnya dan tekan tombol “Next”, prosesnya selesai.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Whatsapp

Cara Mengunci Laptop dengan Tombol Rahasia

Kalian bukan sekadar mengikuti beberapa panduan sebelumnya untuk mengunci laptop, namun pembahasan selanjutnya bakal mengungkapkan informasi penting soal penguncian notebook lewat tombol keyboard rahasia yang masih belum kalian tahu.

Sementara itu, kamu bisa memilih salah satu tutorial dari tiga metode untuk merahasiakan laptop yang pasti berisi data pribadi yang tidak boleh diketahui siapapun. Ketiga tutorial terbarunya antara lain :

1. Mengunci Laptop dengan Tombol Start

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menekan tombol “Start” yang berada pada sudut kiri bawah, lalu klik kanan dari mouse atau kursor jari di gambar akun pengguna yang berguna dalam menampilkan daftar instruksi untuk merahasiakan laptop kesayangan kalian.

Kamu bisa menekan tombol “Lock” yang berfungsi sebagai pengaman agar laptopnya dapat terkunci supaya orang lain tidak membukanya tanpa izin kalian.

2. Mengunci Laptop dengan Tombol Windows + L

Kamu harus tahu bahwa tombol keyboard gabungan antara Windows + L berguna untuk mengunci laptop kalian. Kamu hanya perlu menekan keduanya secara bersamaan dan cepat.

Prosedur ini juga dapat diterapkan pada Windows Vista maupun Windows di atasnya. Laptop kalian bakal terkunci dan anda saja yang bisa membukanya tanpa sepengetahuan orang lain.

3. Mengunci Laptop dengan Tombol CTRL + Alt + Del

Langkah terakhir adalah mengandalkan kombinasi tombol CTRL + Alt + Del lewat keyboard laptop kalian. Kamu harus menekan ketiga tombolnya dengan cepat dalam waktu yang sama. Jangan lupa menekan tombol “Lock” untuk mengamankannya lewat fitur kunci layar komputer yang telah dihadirkan perangkatnya.

Kalian boleh menggunakan salah satu cara mengunci laptop di atas sesuai sistem operasinya masing-masing. Tak bisa dipungkiri bahwa manfaatnya cukup banyak seperti mengamankan data pribadi dari tangan jahil.

Kalian juga dapat mencegah orang lain membuka folder tertentu dimana kunci layar bisa dipilih untuk merahasiakan kata sandi dari siapapun yang meminjam laptopmu.

Ulasan Baru:

Related posts