Cara Hemat Baterai iPhone

Siapa nih diantara kalian yang sudah tidak sabar menunggu produk terbaru milik dari Apple Inc? Ya, apalagi kalau bukan iPhone 15 yang rumornya akan dirilis pada bulan September di tahun 2023 mendatang. Namun, sebelum kita membahas lebih jauh fitur seperti apa yang bisa membuat publik sangat menantikan produk ini. User perlu tahu cara hemat baterai iPhone.

Memang sulit untuk disangkal kalau brand mewah seperti Apple tidak membuat masyarakat mulai berpaling dari teknologi Android ke iOS. Sebab, dari segi ketahanan baterainya saja ini sudah tidak perlu kalian ragukan lagi. Series sebelumnya, di iPhone 13 menampilkan iklan yang menunjukkan ketahanan baterai lebih dari 12 jam (long live). Pasti di series 15 lebih lagi.

Kesehatan Baterai iPhone

Pada dasarnya, baterai yang terpasang di suatu perangkat elektronik memiliki peran yang bisa dikatakan sangat penting. Dikutip dari laman resmi support.apple.com, teknologi baterai yang terpasang di iPhone menggunakan model litium ion. Sehingga, komponen tersebut bisa kalian isi dayanya dengan cepat. Bila dibandingkan dengan generasi lama yang memakan NiMh.

Intinya, model baterai Nickel Hydried sudah tidak lagi diguanakan di era modern seperti saat ini. Berikutnya, kita intip sedikit fitur terbaru apa yang akan dihadirkan di dalam seri iPhone 15 nanti. Berdasarkan penjelasan yang tertulis di situs macruomors.com, Apple akan pasang port C untuk bagian USBnya. Kemudian, modem chip yang khusus didesain oleh perusahan.

Terkait:  Cara Hapus Cache di iPhone

Cara Hemat Baterai iPhone

Cara Hemat Baterai iPhone
Cara Hemat Baterai iPhone

Cara hemat baterai iPhone untuk menghindari pemakaian daya berlebih yang bisa memicu HP jadi terasa cepat panas. Buat kalian para pengguna setia produk keluaran dari Apple Inc. Ini dia, tips hemat baterai iPhone iOS 15!

  1. Pertama-tama, silahkan kalian nonatifkan terlebih dahulu Background App Refresh
  2. Buka menu Pengaturan pada iPhone
  3. Pilih menu General atau Umum, lalu klik opsi Background App Refresh
  4. Setelah itu, pilih tanda Off untuk menonaktifkan latar belakang.

Dibandingkan dengan menonaktifkan background, kalian juga dapat memilih cara menaikkan battery health iPhone melalui metode kalibrasi.

Cara Kalibrasi Baterai iPhone

Cara kalibrasi baterai iPhone yang sangat pas untuk iPhone cepat panas iOS 15. Tapi sebelum itu, perlu kalian ketahui juga kalau metode satu ini sudah berlangsung sejak pengguna mulai menonaktifkan fitur-fitur yang ada di ponsel. Terutama, layanan bawaan pabrik. Ikuti step by step berikut ini:

  1. Perhatikan ikon yang menunjukkan persentase daya baterai iPhone
  2. Biarkan sampai daya hampir menunjukkan angka 0%, lalu mati secara otomatis
  3. Lakukan pengisian atau charge baterai iPhone sampai 100%
  4. Kemudian, gunakan kembali ponsel kalian sampai baterai kembali mati secara otomatis
  5. Diamkan kurang lebih sekitar 3 jam dari kondisi ke-2 kalinya baterai HPmu mati
  6. Ulangi proses charging sampai baterai iPhone benar-benar terisi penuh
  7. Aktifkan iPhone, dan fitur-fitur sebelumnya yang sempat kalian nonaktifkan
  8. Kalibrasi iPhone telah selesai.

Cara mengembalikan battery health iPhone ke 100 ini, bisa kalian praktekan setiap satu kali dalam kurun waktu 2 sampai dengan 3 bulan. Pastikan tidak melakukannya terlalu sering agar kalian tidak mengalami battery health iPhone 100 tapi boros.

Cara Meningkatkan Battery Health iPhone

Cara meningkatkan battery health iPhone selain melalui kalibrasi atau mematikan beberapa fitur bawaan dari pabrik, kalian dapat melakukannya dengan memperhatikan mobile data. Dimana, seperti yang kita semua ketahui kalau saat ini jaringan 5G sudah marak digunakan oleh masyarakat. Padahal, jaringan 5G justru lebih membuat daya baterai cepat habis.

  1. Buka menu Settings yang ada di iPhone kalian masing-masing
  2. Klik menu Cellular pada halaman berikutnya
  3. Lanjut ke pilihan Cellular Data Option untuk memulai pengaturan jaringan
  4. Pilih opsi Voice and Data, lalu ketuk 5G Auto atau bisa juga LTE
  5. Perhatikan ikon jaringan mobile data iPhone kalian.
Terkait:  cara kunci galeri iphone

Selain itu, buat kalian yang tetap ingin mempertahankan kewetan baterai iPhone untuk waktu yang lama, masih ada cara agar hemat baterai iPhone lainnya untuk series 13.

Cara Menghemat Baterai iPhone 13

Cara menghemat baterai iPhone 13 tentunya bisa dilakukan dengan mengubah setelan yang ada di menu pengaturan perangkat. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

  1. Beralih ke halaman Pengaturan di ponsel
  2. Pilih menu Battery atau Baterai untuk melakukan perubahan mode daya yang ada
  3. Lanjutkan dengan klik pilihan Low Power Mode atau Mode Daya Rendah
  4. Klik tombol Aktifkan atau ON
  5. Perubahan mode daya baterai sudah berhasil.

Perlu kalian ketahui, kalau mengubah mode daya ini merupakan salah sau metode terbaik yang bisa membantu pengguna menghemat penggunaan baterai secara otomatis. Nantinya, di iPhone kalian akan terlihat sekali perubahannya dibandingkan masih menggunakan mode normal. Hal tersebut dikarenakan, fitur-fiturnya banyak yang dinonaktifkan.

Cara Mode Hemat Baterai iPhone

Berikutnya, akan kita bahas cara mode hemat baterai iPhone dengan melakukan beberapa upaya atau pencegahan yang bisa meningkatkan masa pakai komponen tersebut. Untuk itu, ikuti tips-tips berikut:

  • Melepas soft case atau hard case yang terpasang di bagian casing belakang iPhone saat sedang melakukan pengisian daya baterai
  • Mengurangi tingkat kecerahan atau cahaya pada layar iPhone (gunakan Mode Gelap)
  • Menonaktifkan layanan automatic download untuk pembaharuan aplikasi
  • Letakkan ponsel di suhu ruangan atau yang ber-AC untuk meminimalisir panas pada perangkat
  • Software diperbaharui secara berkala untuk meningkatkan kinerja dari HP kalian
  • Pembatasan pengaktifan fitur GPS, AirDrop, dan lainnya yang bisa memicu daya baterai berkurang lebih cepat dari kondisi normalnya
  • Disarankan untuk menggunakan jaringan internet WiFi apabila memungkinkan.
Terkait:  Cara Edit PDF di iPhone

Cara Battery Health Awet

Sederhana sekali untuk kalian bisa menerapkan cara battery health awet agar pengguna tidak perlu mengkhawatirkan pengeluaran tambahan karena harus mengganti baterai iPhone lama dengan yang baru. Biar tahan lama baterainya, lakukan hal-hal di bawah ini:

1. Menghindari Charger dari Merek Lain

Penggunaan charger selain dari Apple Store, dikhawatirkan memicu terjadinya keluaran daya yang tidak baik untuk kesehatan dari baterai iPhone. Maka dari itu, pastikan kalian hanya menggunakan perangkat dukungan yang dikeluarkan secara resmi oleh pihak perusahaan. Hal ini, demi meningkatkan masa pakai dari komponen baterai di iPhone kalian.

2. Baterai Dicas Kurang dari 100%

Adapun batasan yang ditetapkan untuk pengguna iPhone melakukan pengisian daya, yaitu 40 sampai dengan 80%. Tapi, itu dahulu. Kini, kalian yang sudah menggunakan teknologi iOS 13 dapat lebih leluasa lagi charger baterainya tanpa perlu khawatir akan adanya peningkatan panas berlebih di perangkat. Soalnya, fitur isi daya optimal akan menyesuaikan habits kalian.

3. Sesekali Waktu Istirahatkan iPhone Kalian

Luangkan waktu kalian sekali dalam seminggu untuk tidak menggunakan iPhone secara intens. Entah itu dalam kegiatan bermain games, sekedar browsing di Google atau bahkan scroll postingantan yang muncul di berandak akun sosial media kalian. Coba lakukan hal-hal lainnya yang tidak berkaitan dengan HP. Contoh, berolahraga, membaca buku, atau memasak.

Sekian penjelasan cara hemat baterai iPhone di kesempatan kali ini. Baca juga informasi yang serupa di cara hemat baterai Oppo. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Have a nice days, and bye bye!

Related posts