Cara Download Lagu di iPhone

Bagaimana Cara Download Lagu di iPhone? Apakah kita bisa mendownload lagu di iPhone untuk diputar secara offline? Bagaimana cara menyimpan lagu di perangkat iPhone?

Berkembangnya zaman dan teknologi, membuat kita lebih mudah dalam melakukan aktivitas mobile. Tentunya, hal ini dikarenakan kemudahan yang dihadirkan oleh smartphone. Sebagaimana kita tau, saat ini masyarakat indonesia sudah tak lagi asing dengan smartphone. Mulai dari smartphone dengan OS atau Operating System Android, maupun dengan OS Apple yang biasa dikenal dengan iPhone.

Dengan adanya smartphone ini, pengguna bisa dengan mudah menginstall aplikasi, mulai dari aplikasi chatting, game, ataupun untuk memutar musik. Sebab itulah, ditengah pandemi saat ini juga kita lebih dianjurkan untuk melakukan segala sesuatu seperti bekerja ataupun belajar mengajar melalui daring yang bisa diaksess melalui komputer ataupun smartphone.

Salah satu smartphone yang juga banyak digunakan pengguna selain android adalah iPhone. Tentu kita sudah mengetahui, jika iPhone sendiri memiliki beragam keunggulan yang tidak ada di Android. Seperti adanya iCloud sebagai salah satu metode untuk login, sehingga jika kita kehilangan ponsel iPhone kita, orang yang menemukannya harus memasukkan id dan password iCloud. Kualitas kamera yang baik, yaps, untuk beberapa kalangan seperti wanita, lebih senang menggunakan iPhone karena memang memiliki kualitas kamera yang jernih dan bagus. Sebab itulah tak heran jika hasil foto atau video iPhone tidak bisa dibohongi.

Selain itu tingkat keamanan atau security dari iPhone sangat sulit untuk dibobol. Sebab, tidak semua pengguna bisa melakukan jailbreak ataupun menginstall aplikasi diluar App Store. Gak cuma itu aja, iPhone juga kerap digunakan sebagai salah satu ponsel yang multitasking. Sebab, walaupun di Indonesia masyarakatnya lebih senang menggunakan android, namun diluar negeri sana masyarakat lebih sering menggunakan iPhone untuk urusan office atau kerja.

Walaupun begitu, iPhone juga memiliki kekurangan dari segi penyimpanan. Jika pada android kita bisa menemukan file manager untuk menyimpan file atau dokumen lain pada ponsel, maka pada iPhone kita harus menggunakan penyimpanan awan dari iCloud yang terbatas hanya 5 GB saja. Dan juga pada saat menginstall aplikasi di App Store, ukuran file akan lebih besar daripada di Android. Jika mungkin aplikasi pada Android di Play Store hanya berukuran 5 MB, maka di iPhone atau App Store akan berukuran 15 MB saja.

Tapi tentu hal tersebut bukan masalah. Sebab, walaupun media penyimpanan dari iCloud terbatas 5 GB saja, kalian tetap bisa kok menyimpan file file lain seperti lagu, video, atau bahkan foto foto kalian, dan jika sudah melebihi batas, kamu bisa membackupnya ke komputer atau laptop dengan menggunakan iTunes.

Sama seperti artikel berikut ini, kali ini kita akan membahas beberapa Cara Download Lagu di iPhone, terlebih untuk kamu yang senang mendengarkan musik di perangkat iPhone kalian.

Cara Download Lagu di iPhone

Cara Download Lagu di iPhone
Download Lagu di iPhone

Cara Download Lagu di iPhone lewat Apple Music

Cara pertama untuk mendownload lagu di iPhone adalah dengan menggunakan layanan dari Apple music. Nah, layanan Apple music ini merupakan layanan khusus untuk pengguna iPhone, yang mana berguna untuk memutar lagu secara online, ataupun mendownload lagu kedalam perangkat iPhone.

  • Buka layanan Apple Music di iphone kalian. Jika belum ada, kamu bisa mendownloadnya secara gratis, melalui App Store
  • Setelah itu, buka aplikasi Apple Music tadi, dan silahkan login dengan menggunakan akun iCloud kalian masing-masing
  • Kemudian, setelah berhasil login atau masuk, kamu bisa mencari lagu yang ingin kamu download
  • Setelah itu, kamu bisa mengklik pada icon ‘download’ disamping lagu yang kamu cari tadi
  • Tunggu sampai prosessnya selesai, dan kamu sudah berhasil mendownload lagu dari Apple Music

Nah karena apple music sendiri merupakan layanan pemutar musik untuk apple yang mengharuskan penggunanya memutar musik secara online, maka dengan mendownload lagu dari apple music ini, kamu bisa memutar musik tadi secara offline tanpa sambungan data.

Cara Download Lagu di iPhone lewat Spotify

Kemudian pada cara kedua, disini kita juga akan menggunakan layanan pemutar musik online yang sebenarnya juga ada di Android, namanya adalah spotify. Tapi perlu diperhatikan, ketika mendownload lagu dari Spotify, kamu harus terlebih dahulu menggunakan Spotify Premium, untuk mendownload lagu yang diinginkan. Caranya

  1. Download dan Install Aplikasi Spotify dari App Store masing masing
  2. Setelah itu, lakukan login dengan menggunakan Akun Spotify Premium yang sudah kamu miliki
  3. Kemudian, cari lagu yang ingin kamu download dari spotify
  4. Lalu, klik pada info musik tersebut, dan klik pada toogle ‘download’ untuk mendownload lagu yang ada di spotify, untuk bisa diputar secara offline.

Apabila terjadi kesalahan pada saat mendownload, pastikan kamu terlebih dahulu masuk ke pengaturan spotify, dan menghidupkan opsi ‘download menggunakan jaringan data’ agar prosess download tidak harus menggunakan WiFi.

Cara Download Lagu di iPhone lewat Joox

Cara ketiga juga tak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Disini, kita menggunakan layanan Joox yang juga mirip dengan spotify, caranya juga tak jauh berbeda.

  • Download dan Install aplikasi Joox di App Store kalian
  • Setelah itu, login dengan menggunakan Akun Joox VIP yang sudah kamu miliki
  • Lalu, cari musik yang akan kalian download
  • Klik pada titik 3 yang ada didekat lagu yang kamu cari tadi, dan pilih Download
  • Tunggu sampai prosessnya selesai, dan lagu akan terdownload dan bisa dimainkan secara offline.

Salah satu keuntungan dari menggunakan Joox ataupun Spotify dalam mendownload lagu di iPhone adalah, kamu tidak perlu khawatir akan penyimpananmu menjadi penuh. Sebab, lagu yang terunduh akan tersimpan dalam data aplikasi.

Cara Download Lagu di iPhone lewat Safari

Terakhir, kita bisa menggunakan layanan Browser yang ada di iPhone atau lebih dikenal dengan Safari. Caranya juga gampang banget kok.

  • Buka aplikasi Safari yang ada di perangkat iPhone kamu
  • Lalu ubah mesin pencarinya menjadi Google (default)
  • Kemudian, ketikkan judul lagu yang ingin kamu download dengan menambahkan kata kunci ‘mp3’ diakhir judul
  • Setelah itu, akan ada hasil pencarian yang berupa situs penyedia download lagu gratis
  • Klik pada salah satu situs, dan ikuti instruksi yang tersedia untuk mendownload lagu
  • Setelah itu, kamu akan melihat pop up ‘do you want to download “judul lagu.mp3”?’.
  • Pilih saja ‘Download’
  • Kemudian, setelah prosess downloadnya selesai, maka kamu bisa membuka aplikasi ‘Files’. Jika belum ada, kamu bisa menginstallnya terlebih dahulu di App Store.
  • Pada aplikasi files, pilih saja menu ‘recent’ dan kamu bisa melihat file .mp3 yang sudah kamu unduh tadi.

Dengan begitu, kamu sudah berhasil mendownload lagu di perangkat iPhone dengan mudah dan juga gratis.

Itulah tadi beberapa Cara Download Lagu di iPhone, semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi