Cara Cek Garansi iPhone

iPhone sudah diketahui sebagai merek smartphone kelas menengah ke atas, cara cek garansi iPhone terbilang ketat lantaran tidak bisa diakses sembarangan. Kalian pasti tahu bahwa ponsel tersebut sudah dibanderol dengan harga minimum mulai dari Rp.3 juta ke atas karena sistem keamanannya tinggi dan layanannya paling bagus.

Seiring berjalan waktu bahwa popularitasnya semakin berkembang dan masyarakat Indonesia mulai tertarik untuk memiliki iPhone. Walaupun harganya terbilang mahal, tetapi minat beli masyarakat tergolong tinggi karena biaya yang dikeluarkan sebanding dengan kualitasnya.

Oleh karena itu, siapa saja yang pakai iPhone bisa dipastikan tidak akan menyesal dan akan menggunakannya jangka panjang. Tak hanya itu, garansinya lebih lama daripada android lantaran pelayanannya selalu menjamin kerahasiaaan data pengguna dan kepuasaan kamu sebagai pemilik setia dari smartphone berbasis iOS tersebut.

Untuk mengetahui informasi garansi iPhone secara jelas dan lengkap, maka kamu bisa mengikuti pembahasan kali ini hingga akhir agar dapat memastikan ponsel yang kalian gunakan adalah iPhone asli.

Kamu juga akan tahu rahasia membeli iPhone dengan benar melalui gerai resminya yang tersebar di kota terdekat, serta beberapa jenis garansi Apple yang berada di Indonesia dan masih berlaku untuk menawarkan produknya kepada masyarakat saat ini.

Cara Cek Garansi iPhone

Cara Cek Garansi iPhone
Cara Cek Garansi iPhone

Seperti kita ketahui bahwa iPhone masih dianggap sebagai merek smartphone paling bagus dan berkualitas daripada ponsel manapun. Tak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar penggunanya adalah masyarakat menengah ke atas karena harganya cukup mahal, bahkan mencapai Rp.20 juta untuk model terbarunya.

Hal ini membuat siapa saja yang tergiur dengan kualitas iPhone selalu rela merogoh kocek lebih dalam untuk memperoleh smartphone idaman mereka. Kamu juga bisa mendapatkan garansi sampai beberapa tahun setelah membeli iPhone melalui gerai resminya.

Apakah pemeriksaan garansi iPhone sulit dan butuh biaya besar? Jawabannya adalah tidak, lantaran kamu bisa mengetahui batas periodenya saat membuka box yang berisi aksesoris maupun kartu garansinya.  Namun, alangkah baiknya jika kamu membuka kotak ponselnya di depan staff atau penjual yang menawarkan produk tersebut sebelumnya.

4 Jenis Garansi iPhone di Indonesia, Apa Saja?

Kalian harus tahu bahwa iPhone punya empat jenis garansi yang berbeda di Indonesia. Jangan pernah berpikir bahwa ponsel yang dibeli punya jaminan garansi serupa lantaran persamaan tersebut hanya terlihat dari merek dan sistem operasinya.

Pembahasan selanjutnya akan membahas soal garansi apa saja yang berlaku untuk perangkat iPhone yang berlaku di Indonesia dan luar negeri :

1. iPhone Bergaransi Resmi

Apple memberikan garansi resmi kepada distributor maupun perusahaan dari suatu negara. Kalian sebagai pengguna iPhone asli biasanya bakal menerima jaminan garansi pada batas waktu tertentu dari distributor resmi Apple sejak pembelian perdana.

Untuk memperoleh garansi tersebut rupanya kamu harus membeli iPhone lewat gerai resmi Apple alias authorized reseller yang berada di Indonesia, sedangkan beberapa seri hanya tersedia di negara tertentu saja yang mungkin punya official store lebih banyak daripada di tanah air.

2. Perangkat iPhone Bergaransi Internasional

Garansi Internasional Apple dinilai sebagai salah satu hal paling sederhana. Hal ini dikarenakan anda berhak melakukan klaim garansi di semua gerai resmi Apple di seluruh dunia. Bagaimana cara memperoleh jaminan garansi ini? Kalian harus membeli iPhone dari luar negeri yang merupakan produk asli.

Apabila kamu membelinya di Indonesia, maka kamu hanya bisa klaim garansinya di Indonesia dan tidak bisa melakukan hal yang sama saat berada di negara lain. Kondisi ini berbeda terhadap orang luar negeri yang beli di Indonesia.

3. Apple Bergaransi Distributor

Garansi Distributor biasanya diberikan oleh pihak penjual yang memasukkan produknya secara ilegal ke Indonesia. Garansi ini tidak akan ditanggung oleh distributor yang memasukkan barangnya ke tanah air. Maka dari itu, kamu tidak bisa mengklaim garansi ke gerai resmi atau Apple Store di kota terdekat karena ajuan tersebut berlaku antar distributor saja sebagai pihak yang dapat dihubungi untuk mengganti iPhone bila terjadi kerusakan.

4. iPhone Bergaransi Penjual / Toko

Garansi ini berlaku untuk iPhone palsu, supercopy sampai Black Market. Secara umum bahwa garansi penjual hanya berlaku selama sebulan dari tanggal pembelian. Garansi tersebut hanya ditentukan lewat kepercayaan antara pembeli serta penjual.

Maka dari itu, reputasi penjual bakal lebih baik andaikan jaminan garansi yang diberikan memuaskan, sedangkan harga produknya lebih murah. Kamu bisa memperoleh perangkat iPhone berkualitas dan terjamin keasliannya lewat gerai resminya.

Namun, kalian dapat menikmati garansi lebih memuaskan dengan membeli iPhone dari luar negeri. Hal ini dikarenakan garansi internasional berlaku untuk semua masyarakat dunia yang boleh klaim jaminan tersebut tanpa menentukan negara pengajuannya.

Bagaimana Cek Garansi iPhone yang Benar dan Cepat?

Kalian pasti resah terhadap maraknya penjualan iPhone palsu yang beredar saat ini. Apabila kamu sudah tahu jenis-jenis garansinya, maka bisa mengikuti pembahasan berikutnya soal pemeriksaan garansi iPhone dengan benar dan cepat seperti di bawah ini :

  • Buka menu Pengaturan atau Setting dari iPhone.
  • Tekan menu General.
  • Pilih sub menu About, tunggu beberapa saat hingga muncul serial number dari iPhone.
  • Kunjungi website resmi Apple dan masukkan serial number iPhone kamu.
  • Apabila nama negara kalian sudah dimasukkan, pilih menu yang bertuliskan See Your Device and Support Coverage dari opsi Service and Repair.
  • iPhone akan menampilkan informasi soal rincian status dari garansi ponselnya.
  • Selesai.

Kamu akan melihat informasi soal perangkat iPhone secara lengkap, seperti masa berlaku garansi hingga tanggal pembeliannya. Kalian bisa mencurigai bahwa iPhone yang dibeli bukan perangkat asli bersistem operasi iOS bila batas jaminan garansinya sudah habis meski baru dibeli.

Tak menutup kemungkinan bila iPhone yang kamu beli berasal dari Black Market dan dikelola supaya mirip dengan barang asli. Oknum tertentu biasanya punya beragam cara untuk menjual iPhone palsu dengan melakukan pengemasan serapi mungkin agar dapat terlihat seperti berang asli.

Tips dan Trik Beli iPhone Asli dan Terpercaya

Untuk membeli iPhone asli dan bergaransi resmi bisa dibilang tidak mudah. Kamu bukan hanya menyiapkan budget tinggi dan selektif memilih tempat terpercaya, namun juga perhatikan aspek-aspek lain seperti pembahasan berikut ini :

  • Pastikan iPhone yang dibeli tidak menerapkan pembayaran online (offline).
  • Buka phone box di tempat kalian membeli dan periksa bersama petugas toko atau gerai resminya.
  • Sesuaikan IMEI pada badan ponsel dengan sistem pada phone box.
  • Periksa garansi iPhone sesuai pembahasan di atas,
  • Cermati kartu garansi yang tersimpan di dalam phone box.

Untuk meminimalisir kerugian besar pasca pembelian iPhone, kamu bisa membelinya lewat gerai resminya lantaran tingkat keaslian produk yang dijual mencapai 100%, serta ikuti semua prosedur di atas untuk memeriksa garansi iPhone sebelum membelinya. Kamu bisa mengakses website resmi iOS via https://www.apple.com/ untuk ketahui informasi lanjut soal produk yang ingin dibeli.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...