Cara Membatasi Pengguna Wifi

Cara Membatasi Pengguna Wifi

Cara membatasi pengguna wifi dapat dilakukan jika kalian ingin membatasi perangkat yang terhubung jaringan wifi di rumah kalian. Biasanya wifi digunakan untuk hotspot di lingkungan perkantoran serta dapat dipasang di rumah untuk kebutuhan internet sekeluarga.

Selain itu, hp smartphone juga bisa dijadikan sebagai wifi sehingga orang lain bisa dengan mudah terhubung dengan wifi. Namun syaratnya, hp yang dijadikan wifi harus memiliki sinyal yang kuat, serta tentunya mempunyai kuota internet yang cukup banyak agar mudah dalam berbagi kuota.

Read More

Perlu diketahui, semakin banyaknya pengguna wifi yang terhubung, maka kecepatan internet semakin menurun, sehingga saat digunakan saat berselancar akan semakin lambat serta dapat menghambat saat internetan. Oleh karena itu, agar kecepatan internet stabil, maka penggunaan wifi perlu dibatasi. Apalagi jika hotspot menggunakan hp, tentunya bisa menghabiskan kuota internet yang kalian miliki.

Cara Membatasi Pengguna Wifi

Cara Membatasi Pengguna Wifi
Tutorial Membatasi Pengguna Wifi

Metode 1 : Membatasi Pengguna Wifi Pada Modem

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membatasi penggunaan wifi melalui modem, yaitu bisa lewat perangkat modemnya, menggunakan aplikasi p2pover, menggunakan apliaksi NetCut, aplikasi NetLimiter, atau yang lainnya. Di bawah ini akan dijelaskan cara membatasi pengguna wifi menggunakan modem berdasarkan tingkat kemudahannya.

1. Membatasi Pengguna Wifi Memakai Modem

Modem biasanya disediakan oleh provider internet, pada modem memiliki pengaturan yang bisa disesuaikan untuk pembatasan wifi. Caranya adalah dengan menggunakan browser yang ada di komputer. Berikut ulasannya :

  • Pada komputer/laptop, buka terlebih dahulu browser untuk memasukkan kode IP.
  • Selanjutnya pada kolom pencarian, tulis kode IP 192.168.8.1.
  • tunggu beberapa saat hingga masuk pada halaman pengaturan. Silahkan ketik password dan username secara default yaitu untuk username : user, dan untuk password : user.
  • Jika sudah ditulis, klik login.
  • Setelah masuk pada laman utama pengaturan wifi, selanjutnya masuk ke menu pengaturan dengan klik : network, lalu SSID Setting.
  • Selanjutnya, tentukan jumlah pengguna pada kolom Maximum Clients.
  • Tentukan jumlah penguna wifi sesuai dengan keinginan kalian agar koneksi wifi kalian tetap stabil.
  • Apabila sudah, tinggal klik save untuk menyimpan pengaturan modem tersebut.

Secara umum, untuk setiap modem pengaturannya hampir sama, yang pasti jika ingin mengatur jumlah pengguna wifi maka harus masuk pada menu setting dengan menginputan kode IP terlebih dahulu.

2. Membatasi Penggunaan Wifi dengan Aplikasi P2Pover

Apabila cara membatasi pengguna wifi pertama cukup ribet, kalian bisa memilih cara yang kedua, yaitu dengan menggunakan aplikasi P2Pocer. Namun sebelumnya harus instal aplikasi tersebut agar bisa mengatur jumlah pengguna wifi sesuai keinginan. Adapun langkah-langkahnya bisa kalian simak di bawah ini :

  • langkah pertama, silakan download aplikasinya terlebih dahulu baik dengan menggunakan laptop/komputer atau bisa juga dengan menggunakan HP berbasis android.
  • Setelah aplikasinya terinstal, bukalah aplikasi P2Pover. Pada halaman utama, buka menu system setting.
  • Setelah itu, buka opsi Adaptor Jaringan kemudian klik OK.
  • Nanti pada opsi schedule setting, pilihlah opsi New lalu pilih Select All dan diakhiri dengan klik OK.
  • Untuk pengaturan jumlah pengguna yang bisa terhubung pada jaringan wifi, pilihlah menu opsi Control All. Selanjutna silakan klik Start dan pilihlah Apply Rule to Host Selected. Caranya klik kanan pada salah satu bagian.
  • Jika kalian ingin memblokir perangkat yang sudah terhubung ke dalam jaringan wifi, maka bisa dengan memilih opsi Drop lalu pilih opsi Host Selected dan terakhir tinggal pilih prangkat yang akan kalian blokir.

3. Membatasi Pengguna Wifi dengan Aplikasi NetLimiter

Selain aplikasi yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalian juga bisa menggunakan aplikasi NetLimiter untuk membatasi pengguna wifi. Selain berguna untuk membatasi pengguna yang mengakses wifi NetLimiter juga digunakan untuk pengaturan bandwidth yang terhubung pada jaringan wifi. Berikut cara membatasi pengguna Wifi memakai aplikasi Netlimiter :

  • Terlebih dahulu download aplikasi NetLimiter baik dilakukan di komputer, PC, atau bisa juga pada hp smartphone.
  • Jika aplikasinya sudah terpasang, beikutnya bukalaha aplikasi tersebut dan langsung klik di halaman utama ‘Download Limit’.
  • Setelah itu, klik opsi KB/s kemudian pilih Rules Editor. Fungsi dari opsi Rules Editor yaitu untuk melakukan pembatasan kecepatan wifi yang kalian inginkan.
  • Kemudian, untuk melakukan pembatasan jumlah pengguna, pilihlah Limit lalu isi bagian Tab Value dengan jumlah pembatasan yang kalian inginkan
  • Langkah terakhir, tinggal klik save untuk melakukan perubahan.

Dengan pembatasan jumlah tersebut, maka jumlah oang yang terhubung pada wifi akan terbatas tergantung jumlah yang telah kalian tentukan.

Metode 2 : Membatasi Penggunaan Wifi Menggunakan HP Smartphone

Jika kalian sering melakukan thetering dengan menggunakan HP sendiri, apabila penggunaannya tidak dibatasi akan menyebabkan kuota internet cepat habis. Hal tersebut tentunya bisa dimaklumi karena setiap orang akan selalu terkoneksi dengan internet untuk keperluan pribadi maupun pekerjaan.

Walaupun begitu, agar kecepatan koneksi tidak lambat dan kuota internet tetap irit, maka kalian perlu membatasinya.

1. Pilih Setting

Silahkan buka perangkat hp kalian, selanjutnya kalian bisa mengakses pilihan menu settings.

2. Pilih Wireless and Network

Setelah itu, masuk pada opsi Wireless And Networks. Biasanya opsi ini selalu berada paling atas pada menu settings.

3. Tathering and Portable Hotspot

Kemudian, pilih opsi More dan terakhir pilih opsi Tethering and Portable Hotspot. Untuk mendapatkan opsi selanjutnya, maka kalian perlu mengaktifkan kembali wifi hotpot untuk tethering dengan cara klik ON.

4. Setup Wifi Hotspot

Selanjutnya, kalian akan dibawa pada pilihan menu wifi hotspot. Dari sini, tinggal tekan setup wifi hotspot.

5. Maximum Connection

Pada opsi maximum connection, silakan untuk memasukkan jumlah pengguna wifi sesuai dengan keinginan. Apabila kalian menulis hanya 3 pengguna, maka pengguna ke 4 tidak akan bisa masuk, begitupun jika memasukkan angkat 10 untuk pengguna yang bisa terhubung, maka pengguna ke 11 tidak akan bisa terhubung.

6. Bandwidth Usage

Untuk menentukan bandwidth yang nantinya dibagikan ke setiap pengguna wifi yang terhubung pada wifi hotspot perangkat hp kalian. Silahkan tekan pilihan bandwidth usage.

7. Enable Bandwidth Throtting

Seelanjutnya, kalian hanya perlu ceklis pilihan bertuliskan ‘enable bandwidth throtting. Langkah yang perlu kalian lakukan disini yaitu dengan mengisi kecepatan wifi secara real time. Misalnya jika kecepatan internet sebenarnya yaitu 1 MBPS, maka bisa kalian tentukan sendiri nilainya menjadi 500 KBPS.

Kesimpulan

Salah satu kelebihan dari pengaturan kecepatan internet untuk dibagikan kepada orang lain yang terhubung adalah agar bisa hemat kuota internet sehingga bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Dengan cara membatasi pengguna wifi di atas, kalian bisa lebih leluasa membatasi perangkat-perangkat yang terhubung pada wifi agar akses internet lebih stabil dan kuota data kalian tidak mudah habis. Cukup dengan mempraktekkan cara di atas baik menggunakan smartphone maupun perangkat modem, sesuai kebutuan kalian. Jadi, jika kuota internet cepat habis akibat berbagi dengan wifi dengan perangkat lain, salah satunya cara yang bisa dilakukan ialah dengan membatasi pengguna.

 

Related posts