Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus

Bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus? Tentu saja akan merasa panik jika secara tidak sengaja menghapus foto yang ternyata masih terpakai. Namun tenang saja, masih ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut dan memulihkan foto yang terhapus.

Menghapus foto memanglah kegiatan yang sering dilakukan sebagian orang untuk mengatasi memori internal yang penuh. Karena saking banyaknya foto yang tersimpan di gadget dan mungkin foto tersebut sudah tidak penting lagi maka sebagian orang memutuskan untuk membersihkannya.

Namun, pernah ngga sih kamu membersihkan foto yang tidak terpakai namun tiba-tiba kamu juga ikut menghapus beberapa foto yang masih kamu gunakan? Tentunya akan membuat sedikit panik ya? Tenang saja, jika kamu secara tidak sengaja menghapus foto kamu, masih ada cara mengembalikan foto yang terhapus dan bisa kamu pulihkan kembali.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus
Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus

Jika kamu pernah menghapus fotomu secara tidak sengaja, dan ternyata kamu masih menggunakan foto tersebut, mungkin kamu akan sedikit kebingung mengenai cara mengembalikan foto yang terhapus tadi. Namun kamu jangan khawatir karena ada beberapa trik jitu yang bisa kamu coba untuk memulihkannya.

Backup Foto di Smartphone

Meski ada banyak cara mengembalikan foto yang terhapus dari ponsel, ada baiknya jika kamu melakukan langkah preventif. Langkah ini akan membuatmu tidak perlu panik lagi jika foto atau video tak sengaja terhapus. Kamu dapat melakukan back up atau pencadangan foto di ponselmu.

Pada Android kamu bisa membackup foto-fotomu melalui Google Photos. Fitur bawaan ini menawarkan penyimpanan foto tanpa batas (selama file tidak terlalu besar) dan fungsi pencadangan yang mudah diatur. Cara mencadangkannya pun cukup mudah:

  • Buka Google Photos kamu
  • Jika sudah pilih opsi Pengaturan
  • Pilih Backup & Sync
  • Kemudian kamu bisa memilih seberapa sering dan dengan metode apa saja kamu ingin membuat cadangan foto

Mengembalikan Foto Terhapus Tanpa Aplikasi

Cara mengembalikan foto yang terhapus yang paling mudah adalah tanpa aplikasi yaitu dengan menggunakan fitur Restore Image. Fitur ini merupakan fitur bawaan pada sebagian besar gadget. Kamu dengan sangat mudah mengembalikan foto kamu yang terhapus melalui ponselmu.

Namun, jika gadget kamu tidak memiliki fitur ini, kamu bisa menggunakan cara lain untuk mengembalikan foto yang hilang. Langkah menggunakan fitur ini pun cukup sederhana, ikuti langkah berikut ini:

  • Buka galeri foto kamu
  • Pilih ikon titik tiga di pojok kanan atas
  • Jika sudah, pilih “Sampah”
  • Pilih foto atau video yang ingin kamu kembalikan
  • Pilih “Restore” untuk mengembalikan foto yang terhapus

Dengan Menggunakan Aplikasi

Untuk mengembalikan foto kamu yang terhapus selain tanpa aplikasi kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa mengunduh dan menggunakannya secara gratis di Playstore atau App Store kamu. Cara ini pun termasuk yang praktis karena kamu tinggal menunggu beberapa saat untuk recovery foto kamu.

Perlu kamu ketahui, banyak sekali developer yang menciptakan aplikasi recovery foto untuk membantu kamu dalam mengatasi file yang hilang. Dan semuanya bisa kamu gunakan secara gratis. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus:

  • Dumpster
  • DiskDigger Photo Recovery
  • DigDeep Image Recovery
  • Photo Recovery Workshop
  • Deleted Image Recovery
  • Dan beberapa aplikasi lainnya

Cara penggunaan aplikasi tersebut juga cukup mudah, kamu bisa menggunakannya dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Pergi ke Playstore atau App Store kamu untuk mengunduh aplikasi tersebut, jangan lupa untuk menginstallnya
  • Jika sudah terinstall, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi tersebut dan memberikan semua izin yang dibutuhkan, silahkan kamu baca secara teliti mengenai izin yang akan kamu berikan
  • Jika sudah memberikan izin, kamu tinggal melakukan pemindaian agar mengetahui file foto mana yang terhapus ataupun hilang
  • Tunggu beberapa saat sampai aplikasi menampilkan file yang terhapus
  • Pilih foto atau video yang ingin kamu kembalikan

Pulihkan Foto dengan Google Foto

Kamu bisa memulihkan atau mengembalikan foto kamu yang terhapus dengan menggunakan Google Photo. Dengan adanya Google Photo, foto yang kamu simpan di gadget kamu akan terbackup disana, namun proses backup sendiri tidak bisa secara otomatis dan kamu perlu melakukan backup secara manual.

Jika kamu sudah melakukan backup seluruh foto kamu yang ada di gadget ke Google Photo, kamu bisa sedikit merasa tenang karena foto kamu akan dengan mudah kamu pulihkan kembali. Namun jika kamu belum membackupnya kamu masih bisa menggunakan trik yang lain yang tidak kalah mudahnya.

Mengembalikan Foto Terhapus di Iphone

Tentu saja tidak berbeda dengan android, jika kamu secara tidak sengaja menghapus foto kamu yang ternyata masih bersifat penting. Kamu masih bisa memulihkannya kembali. Hanya saja yang membedakannya adalah nama penyimpanannya saja, jika di android memiliki Google Drive, berbeda jika di Iphone memiliki iCloud. Namun diantara mereka memiliki fungsi yang sama.

Nah jika kamu ingin memulihkan foto kamu yang terhapus di Iphone, kamu akan dengan mudah untuk mengembalikan atau memulihkannya melalui iCloud. Kamu hanya tinggal membuka ruang penyimpanan iCloud kamu kemudian pilih foto yang ingin kamu pulihkan dan restore ke tempat yang kamu inginkan.

Demikian tadi beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus, bagaimana? Mudah sekali bukan untuk memulihkan foto yang terhapus? Kamu bisa mencoba salah satu atau beberapa trik diatas untuk mengatasi masalah kamu. Namun tidak menutup kemungkinan juga jika kamu memiliki cara unik tersendiri untuk mengatasinya.