Cara Daftar m Banking Mandiri

Bagaimana cara daftar m banking Mandiri? Bagi para nasabah bank Mandiri yang sudah mempunyai rekening tabungan dari Mandiri, tentu sayang sekali jika tidak mendaftar m banking Mandiri. Karena layanan ini sangat penting untuk membantu melakuka transaksi perbankan kapan pun dan dimana pun.

Tentang Layanan Mobile Banking Mandiri

Sebenarnya mobile banking Mandiri sendiri telah lama ada di Indonesia, hanya saja masih banyak nasabah yang masih belum memahami pentingnya mobile banking Mandiri. Sehingga mereka tidak mengaktifkan layanan Mandiri Mobile.

Padahal dengan adanya mobile banking Mandiri ini, dapat memudahkan transaksi para nasabah. Apalagi seiring kemajuan teknologi saat ini, yang namanya e-commerce sudah sangat familiar dan menjadi aplikasi paling banyak digunakan untuk berbelanja online.

Dengan kemudahan dan kepraktisan berbelanja online lewat e-commerce saat ini, seringkali kita berbelanja kapan saja tanpa mengenal waktu. Sedangkan bagi yang selalu disibukkan dengan pekerjaan, tentu saja waktu-waktu yang dimanfaatkan untuk berbelanja online bisa pagi atau malam hari saaat terbangun.

Terlebih jika beberapa e-commerce mengadakan event diskon besar-besaran atau flash sale, yang umumnya berlangsung tengah malam. Tentu saja, Kamu tak mau repot-repot pergi ke ATM pada saat tengah malam hanya untuk mentransfer pembayaran belanja online-mu kan?

Belum lagi jika lokasimu dengan gerai ATM terdekat jaraknya cukup jauh. Namun lain halnya jika Kamu memakai mobile bankking Mandiri. Maka Kamu pun tak perlu lagi harus pergi ke ATM terdekat. Karena Kamu bisa bertransaksi transfer kapanpun dan dimanapun.

Fitur dan Kegunaan Mobile Banking

Kegunaan layanan mobile banking sendiri tidak jauh berbeda dari layanan di mesin ATM. Adapun perbedaannya, dengan layanan m banking ini Kamu tidak dapat melakukan penarikan uang tunai seperti yang dapat Kamu lakukan saat menggunakan mesin ATM.

Lewat mobile banking ini. Kamu juga dapat melakukan pembelian voucher telepon prabayar, tagihan air, tagihan listrik, hingga pembayaran BPJS cukup dengan memakai Hp saja.

Selain itu, layanan mobile banking tersebut juga hanya memerlukan Hp atau ponsel yang terkoneksi dengan internet, sehingga kamu sebagai nasabah bisa langsung melakukan pengecekan saldo Mandiri, transfer dana maupun berbagai transaksi lainnya.

Cara Daftar M Banking Mandiri

Cara Daftar M Banking Mandiri
Mendaftar Mobile Banking Mandiri

Mendaftar Mobile Banking Mandiri

Bagi nasabah bank Mandiri, Kamu bisa langsung mendaftar mobile banking Mandiri untuk mendapatkan kemudahan bertransaksi. Namun sebelum membahas cara daftar m banking Mandiri, Kamu harus memahami beberapa macam ketentuan penggunaan layanan mobile banking Mandiri itu sendiri, diantaranya :

  • Mobile Banking Mandiri bisa di download oleh siapapun, baik oleh nasabah Mandiri atau non nasabah bank Mandiri.
  • Jika kamu ingin bertransaksi, wajib mempunyai rekening bank Mandiri pribadi, Mandiri Giro atau Mandiri Tabungan Bisnis yang sudah terdaftar ke dalam layanan SMS Banking Mandiri.
  • Sebagai nasabah, penting untuk mengunduh aplikasi Mobile Mandiri yang dapat Kamu unduh di Google Play Store maupun App Store.
  • Mandiri online App hanya dapat bergua untuk 1 kartu SIM saja yang sudah terdaftar denan satu Hp yang sudah dipakai untuk men-download aplikasi.
  • Biaya yang dibebankan untuk mengakses layanan mobile banking sendiri adalah biaya data, jadi biaya tersebut tergantung pada provider penyedia telekomunikasi. Apabila Kamu pengguna iPhone, biasanya akan ada biaya SMS saat permintaan OTP (one time password) senilai Rp. 500 tiap kali menerima SMS OTP. Selain itu, SMS OTP tersebut berisi 6 digit angka unik dan hanya berlaku bagi setiap kali transaksi.
  • Apabila Kamu ingin menonaktifkan mobile banking, Kamu dapat menonaktifkan mobila banking dengan menghapus aplikasi mobile banking Mandiri sementara atau bisa juga menghapusnya secara permanen.

Jika Kamu tertarik mendaftar layanan mobile banking Mandiri, berikut ulasan cara daftar m Banking Mandiri, di bawah ini :

1. Mempunyai Kartu ATM Mandiri Aktif

Cara daftar m banking Mandiri yang pertama ialah pastikan Kamu mempunyai kartu ATM atau debit Mandiri yang aktif. Tanpa mempunyai kartu debit, Kamu tidak dapat mengaktifkan layanan Mandiri online. Oleh karena itu, bagi kamu yang belum memiliki kartu ATM, silahkan mendaftar nasabah bank Mandiri lebih dahulu.

2. Aktifkan SMS Banking dan Buat MPIN

Cara mendaftar mobile banking Mandiri berikutnya ialah aktifkan SMS banking atau finansial lalu buat MPIN di kantor bank Mandiri setempat. Adapun persyaratan yang mesti Kamu bawa ialah KTP, buku tabungan, dan kartu ATM Mandiri.

3. Mengunduh Aplikasi Mandiri Online

Kamu dapat mengakses layanan Mandiri online lewat website, namun sebaiknya langsung saja unduh Mandiri Online App di App Store atau Play Store terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar transaksi perbankan bisa lebih mudah dilakukan.

4. Buka Aplikasi dan Lakukan Registrasi m Banking Mandiri

Jika sudah diunduh dan diinstall, cara daftar m banking Mandiri berikutnya ialah dengan membuka aplikasi Mandiri Online terlebih dahulu. Kamu akan diminta mengiputkan nomor kartu ATM Mandiri yang sudah didaftarkan layanan Mandiri online. Di samping itu, Kamu juga akan diminta menginputkan tanggal lahir dan waktu expired kartu ATM.

Setelah itu, Kamu akan memperoleh notifikasi untuk verifikasi nomor HP melalui SMS. Jika sudah diverifikasi, Kamu tinggal melengkapi data pelengkap lainnya, seperti foto profil dan email. Jika sudah memilih “Buat Akun”, selanjutnya Kamu akan diminta menginputkan MPIN Mandiri yang sudah dibuat.

5. M Banking Mandiri Sudah Siap Digunakan

Sesudah menginputkan kode MPIN, selanjutnya registrasi bisa dikatakan selesai. Kamu bisa langsung masuk ke dalam aplikasi, caranya cukup login memakai user ID beserta password yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Mendaftar Mobile Banking Mandiri Lewat ATM

Kamu juga bisa mendaftar mobile banking Mandiri lewat ATM. Akan tetapi, Kamu biasanya tetap harus pergi ke kantor cabang Mandiri untuk mengaktifkan layanan e-banking. Adapun cara daftar mobile banking Mandiri lewat ATM ialah sebagai berikut :

  • Silahkan kunjungi gerai ATM Bank Mandiri terdekat.
  • Jika sudah masuk ke gerai ATM Mandiri, silahkan inputkan kartu ATM di slot mesin ATM.
  • Selanjutnya pilih layanan bahasa, kemudian masukkan password.
  • Pilih opsi “Transaksi Lainnya”, kemudian pilih registrasi e-banking.
  • Pilih layanan m Banking dan ikuti perintah yang tersedia.
  • Apabila pendaftaran sudah selesai, biasanya muncul struk kode akses yang dapat dipakai untuk aktivasi layanan ebanking Mandiri.

Cara Aktivasi M Banking Mandiri

Aktivasi layanan Mandiri online atau mobile banking Mandiri sebenarnya sangat mudah. Ada beberapa panduan cara aktivasi m banking Mandiri yang bisa diikuti, diantaranya sebagai berikut :

  • Silahkan buka aplikasi Mandiri online.
  • Kamu tinggal inputkan nomor di kartu ATM Mandiri pada kolom yang telah tersedia.
  • Inputkan tanggal lahirmu, lalu klik “Lanjut”.
  • Setelah itu, kirim SMS ke nomor 3354 untuk verifikasi nomor Hp.
  • Kamu akan mendapatkan instruksi lewat SMS dan silahkan ikuti perintah tersebut.
  • Jika sudah diverifikasi, Kamu akan masuk kembali ke aplikasi m Banking Mandiri.
  • Selanjutnya akan tersedia kolom berisi user ID beserta password.
  • Tinggal isi dan pilih “Lanjut”
  • Inputkan data tambahan dan tekan “Buat Akun”.
  • Silahkan masukkan PIN SMS Banking atau MPIN.

Nah, itulah tahapan-tahapan cara daftar m Banking Mandiri berikut cara aktivasinya yang bisa Kamu coba. Kamu tinggal mengikuti instruksi yang tersedia, dan kini Kamu dapat menggunakan layanan Mandiri Online di Hp-mu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019