Cara Cek Saldo Mandiri

Bank Mandiri adalah salah satu bank yang memiliki banyak nasabah di Indonesia. Sama halnya dengan bank terkenal di tanah air lainnya, bank Mandiri telah menyediakan berbagai layanan untuk mempermudah para nasabahnya, baik untuk melakukan transaksi perbankan tunai ataupun non tunai. Salah satu kemudahan yang ditawarkan ialah cara cek saldo Mandiri.

Perkembangan teknologi saat ini, seolah berpengaruh besar terhadap layanan transaksi perbankan. Bank Mandiri dengan layanan Internet BankingMobile Banking dan SMS Banking semakin memberikan kenyamanan demi mengikuti tren teknologi digital yang kian pesat.

Melalui ketiga fitur layanan baru dari bank Mandiri ini, para nasabah bisa melakukan transaksi tanpa terbatas tempat dan waktu.

Bahkan dalam cara cek saldo Mandiri sekalipun, Kamu tak perlu lagi repot-repot pergi ke kantor cabang Mandiri ataupun ke ATM. Kini cukup bermodalkan Hp saja, semuanya sudah dapat dilakukan dalam genggaman.

Cara Cek Saldo Mandiri

Cara cek saldo Mandiri
Mengecek Saldo Rekening Mandiri

Mengecek Saldo Rekening Mandiri

Bagi para nasabah Mandiri, kini bisa mengecek saldo rekening Mandiri dengan mudah. Akan tetapi, dalam panduan cara cek saldo Mandiri di bawah, selain berlaku bagi Kamu yang tidak ingin repot pergi ke bank juga bisa dilakukan oleh nasabah baru.

Para nasabah bisa melakukan panduan ini, baik secara offline maupun online. Sehingga Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Oke, langsung saja simak ulasannya!

1. Cek Saldo Rekening Mandiri via ATM Mandiri

Bagi nasabah lama mungkin sudah tak asing lagi melakukan transaksi perbankan di mesin ATM. Namun hal ini tak berlaku bagi nasabah baru. Nah, jika Kamu baru membuka rekening tabungan Mandiri, sebaiknya langsung aktivasi kartu ATM-mu agar bisa langsung digunakan di mesin ATM Bank Mandiri atau ATM Bank Bersama untuk melakukan transaksi tunai maupun non tunai.

Jika Kamu ingin mencoba bertransaksi pertama kali di mesin ATM, silahkan kunjungi gerai ATM Bank Mandiri terdekat. Sebenarnya bisa saja menggunakan ATM bank lain yang ada logo ATM Bersama-nya, tapi jika Kamu tidak ingin dikenakan biaya administrasi, silahkan datangi gerai ATM Bank Mandiri.

Selanjutnya, silahkan simak panduan cara cek saldo rekening Mandiri di bawah ini :

  • Jika sudah di depan mesin ATM Mandiri, silahkan masukkan kartu debit/ATM bank Mandiri-mu ke slot mesin ATM.
  • Setelah itu pilih layanan Bahasa Indonesia, untuk mempermudah transaksi.
  • Dilanjutkan dengan menginputkan nomor PIN ATM.
  • Silahkan pilih menu “Transaksi Lainnya”di layar mesin ATM, lalu pilih lagi “Informasi Saldo”.
  • Tunggu beberapa lama, dan Kamu pun akan melihat tampilan informasi sisa saldo rekening bank Mandiri di mesin ATM.
  • Pilih “Tidak” apabila Kamu tidak akan bertransaksi lagi.

Selain cek saldo, Kamu juga bisa melakukan cara cek angsuran Mandiri di mesin ATM bank Mandiri.

2. Cek Saldo Rekening Mandiri via SMS Banking

Cara cek saldo Mandiri via SMS Banking bisa dijadikan alternatif paling praktis dan mudah. Layanan ini bisa Kamu gunakan kapanpun dan dimanapun sesuai keinginan. Kamu hanya perlu mengiriman SMS dengan format tertentu, untuk mengecek saldo rekening Mandiri.

Selain itu, SMS Banking Mandiri bisa dilakukan melalui 2 caraberbeda, diantaranya lewat dial phone dan lewat pengiriman format SMS tertentu. Untuk bisa menggunakan layanan ini, bagi Kamu yang baru akan membuka rekening tabungan Mandiri pastikan langsung registrasi dan aktivasi layanan SMS Banking Mandiri di kantor cabang bank Mandiri saat pembukaan rekening tabungan.

Jika sudah, Kamu bisa mengecek saldo tabungan Mandiri-mu dengan memakai layanan dial phone berikut :

  • Silahkan buka ponsel dan panggil kode layanan *141*6# lalu pilih layanan nomor 2, yaitu Info.
  • Jika sudah, pilih layanan nomor 1, yakni Saldo.
  • Silahkan 2 digit nomor PIN layanan SMS Banking-mu dengan acak sesuai perintah yang diberikan. Misalnya, jika Kamu diminta mengetikkan urutan PIN digit ke 1 dan 3, dari PIN 123456 maka Kamu tinggal ketikkan angka 13.
  • Setelah berhasil, selanjutnya Kamu akan langsung ditampilkan informasi jumlah saldo tabungan Mandirimu.

Selain metode di atas lewat dial phone, Kamu juga bisa menerapkan cara cek saldo Mandiri dengan menggunakan layanan SMS berikut ini :

  • Langkah pertama, silahkan ketikkan SMS memakai format ketik : SAL(spasi)Kode rekening(spasi)4 digit dari nomor terakhir rekening Mandiri-mu.
  • Lalu kirimkan ke nomor 3355.
  • Setelah itu, Kamu akan mendapatkan SMS balasan dari Mandiri yang menampilkan sisa saldo bank Mandiri.

Cek saldo rekening Mandiri di atas bisa dilakukan asalkan Kamu masih memiliki pulsa reguler. Jadi, sebelum mengikuti panduan di atas pastikan pulsa yang Kamu miliki cukup untuk memakai layanan SMS.

3. Cek Saldo Rekening Mandiri via Internet Banking

Kamu juga bisa mengecek saldo Mandiri-mu dengan menggunakan layanan internet banking. Cara ini juga bisa dilakukan asalkan Kamu sudah mendaftarkan layanan internet banking sebelumnya lewat Customer Service bank Mandiri.

Selain itu, layanan internet banking Mandiri baru bisa dilakukan jika ponselmu sudah terkoneksi dengan internet. Oleh karenanya, pastikan kuota data di Hp mencukupi. Selanjutnya, ikuti panduan di bawah ini :

  • Buka web browser di Hpmu atau di laptop juga bisa, dan ketikkan link berikut di kolom pencarian browser!
  • Jika Kamu sudah sukses mengakses laman web Mandiri di atas, silahkan lanjutkan proses dengan cara login ke layanan iB Mandiri di samping kanan atas. Cukup masukkan password dan user ID yang diminta.
  • Setelah berhasil masuk ke laman tersebut, Kamu bisa langsung mengecek saldo tabungan Mandiri yang tersisa. Akan tetapi untuk memperoleh rincian lengkap saldo tabungan Mandiir, Kamu bisa pilih “Rekening Tabungan & Giro” selanjutnya pilih rekening Mandiri yang akan Kamu ketahui saldonya.
  • Apabila langkah di atas telah dilakukan dengan benar, Kamu pun bisa mengecek saldo rekening bank Mandiri. Biasanya akan tertera pula jenis rekening, nomor rekening, nomor transaksi, informasi saldo dan waktut ransaksi.

4. Cek Saldo Rekening Mandiri via Mandiri Mobile

Cara cek saldo Mandiri berikutnya ialah bisa dilakukan memakai aplikasi Mandiri Mobile. Sama seperti layanan SMS Banking dan internet banking Mandiri, Kamu juga harus melakukan registrasi layanan M-Banking Mandiri terlebih dahulu. Akan tetapi, untuk nasabah yang sudah mendaftarkan layanan ini, Kamu pun sudah bisa mengecek saldo melalui HP secara langsung. Sementara untuk nasabah yang belum mengaktifkan layanan Mandiri Mobile, bisa simak ulasan di bawah ini :

  • Jika Kamu ingin memakai Mobile Banking Mandiri, sebaiknya registrasi dan aktivasi layanan M-Banking Mandiri lewat ATM lalu daftarkan nomor ponsel yang Kamu pakai untuk bertransaksi. Kamu bisa mengikuti instruksi yang tersedia.
  • Apabila sudah berhasil meregistrasi nomor Hp-mu di mesin ATM, selanjutnya unduh aplikasi M-Banking Mandiri lewat App Store atau Play Store.
  • Setelah itu buka Mobile Banking Mandiri yang telah diunduh, lalu Kamu akan dibawa masuk ke halaman utama untuk menginputkan data-data mengenai kartu debit/ATM Mandirimu. Inputkan nomor kartu ATM Bank Mandiri, tanggal lahir, expire date, baru kemudian pilih “Lanjut”.
  • Jika sudah, Kamu akan menerima pemberitahuan verifikasi lewat SMS.
  • Kemudian inputkan password, user ID dan konfirmasi password. Dilanjutkan kembali dengan memilih “Lanjut”.

Itulah langkah-langkah mengecek saldo rekening bank Mandiri lewat layanan Mobile Banking yang bisa Kamu lakukan kapanpun.

Diantara keempat cara cek saldo Mandiri di atas, Kamu tinggal pilih mana cara yang paling cocok atau sesuai dengan kebutuhanmu saat ini. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019