Cara Daftar Go Biz

Perusahaan terkemuka Gojek memang sudah sangat membantu tingkat perekonomian masyarakat. Selain itu, wajar jika kini perusahaan Gojek semakin berkembang pesat lewat berbagai macam layanan yang mereka luncurkan, seperti Go Car, Go Ride, Go Food, hingga Go Biz. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas cara daftar Go Biz.

Go Biz sendiri hadir untuk memudahkan para pengusaha kuliner yang ingin mengembangkan bisnis kulinernya ke dalam dunia digital. Selain itu, Kamu harus tahu bahwa sebelumnya Go Biz bernama Go resto. Jika Kamu bermitra dengan Go Biz, maka Kamu akan mendapatka banyak keuntungan, seperti peluang dalam meningkatkan popularitas, memperoleh aplikasi untuk memudahkan sistem penjualan online bersama Go Resto dan memperluas jangkauan konsumen.

Apa Saja Keuntungan Go Biz Bagi Bisnis Kuliner?

Sebelum membahas cara daftar Go Biz, alangkah baiknya kita mengetahui keuntungan dan manfaat aplikasi Go Biz bagi pemilik usaha kuliner terlebih dahulu. Go Biz atau Go Resto adalah aplikasi khusus bagi partner usaha Gojek. Dimana aplikasi yang satu ini menawarkan berbagai fitur yang bisa Kamu manfaatkan untuk meudahkan proses usaha kuliner secara online. Adapun keuntungan dan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Go Biz itu sendiri, ialah sebagai berikut :

1.  Dapat Mengatur Waktu Operasional Sesuai Keperluan

Dalam pengaturan waktu operasional restoran sendiri, Go Biz menyediakan 2 pilihan fitur yang dapat membantu para pengusaha kuliner.

Jika Kamu sedang memiliki alasan mendesak dan mengharuskanmu menutup restoran di Go Food, maka Kamu bisa memanfaatkan layanan force-close secara instan dengan mudah. Kamu hanya perlu mencari fiturnya di halaman menu lalu temukan opsi “Status di Go Food”, selanjutnya cukup menggeser button saja.

Sedagkan untuk pengaturan waktu operasional restoran pastinya sangat mudah dilakukan. Kamu bisa mengandalkan opsi “Jam Operasional” dan tinggal tentukan saja waktu OPEN dan CLOSE restoranmu tiap harinya.

2. Mengatur Menu Dengan Mudah

Jika Kamu ingin mengatur dan menambahkan bebrapa menu atau melakukan perubahan menu makanan yang sebelumnya sudah ada di Go Food, maka Kamu bisa melakukannya dengan sangat mudah lewat aplikasi Go Biz atau Go Resto ini.

Kamu bisa menambahkan kategori menu dengan mudah melalui layanan “Pengaturan Menu”. Di samping itu, apabila Kamu ingin mengganti detail menu maka fitur ini bisa mempermudahmu untuk mengubah deskripsi, nama, harga, dan foto menu makanan yang Kamu tampilkan di Go Food.

Dimana semua perubahan menu yang Kamu lakukan lewat Go Biz, akan langsung ter-update secara instan dalam Go Food, yang nantinya dipakai para pelanggan.

3. Mengelola Pesanan Masuk Secara Efisien Menggunakan Daftar Pesanan

Aplikasi Go Biz menyediakan fitur atau layanan “Daftar Pesanan”. Dimana daftar tersebut memuat seluruh pesanan masuk dengan cara instan dan mudah.

Melalui daftar pesanan inilah, Kamu dapat mengecek semua pesanna masuk, pesanan dalam proses sampai pesanan yang telah selesai. Melalui daftar pesanan tersebut juga, Kmau tak perlu melakukan pendataan lagi secara pribadi atau manual.

4. Menandai Ketersedian Stok Menu

Menandai ketersediaan stok makanan yang tersedia di restoranmu, tentu saja dapat meminimalisir jumlah pembatalan pesanan di Go food. Karena tidak menutup kemungkinan, pesanan onlline harus dibatalkan dengan terpaksa karena restoran telah kehabisan bahan persediaan untuk menu makanan tertentu, sedangkan konsumen sudah terlanjur melakukan pemesanan. Hal ini tentu saja membuat pelanggan merasa kecewa.

Namun dengan adanya aplikasi Go Biz ini, maka Kamu tak perlu khawatir lagi hal tersebut terjadi. Cukup menggunakan ponel dan Kamu bisa menandai ketersediaan menu yang ada di resto-mu.

Jadi, para pelanggan yang melihat-lihat list menu di restoranmu pada aplikasi Gojek langsung mengetahui apabila menu-menu tertentu sudah habis.

5. Transaksi Keuangan Lebih Aman Memakai GoPay

Saat memakai Go Biz/Go Resto, maka seluruh transaksi pembayaran akan Kamu terima memakai GoPay. Adapun alasanya dengan Go Resto ini, maka driver akan langsung mengambil pesanan dan membayarkannya memakai Go Pay yang mereka miliki.

Sesudah itu, driver akan langsung menerima pembayaran pesanan dari pelanggan. Ini artinya jika Kamu menerima transaksi berbentuk kredit GoPay, maka Kamu tak perlu lagi khawatir dengan kemungkinan terjadinya penipuan, pencurian atau fraud.

Seluruh proses pembayaran memakai GoPay biasanya langsung masuk ke dalam akun GoPay-mu dengan mudah. Kamu tak perlu lagi harus mengumpulkan uang untuk kembalian.

Jadi keuntungan bermitra bersama Go Food yang sudah terintegrasi dengan Go Biz sangat banyak. Kini tak ada alasan lagi bagi Kamu untuk tidak mendaftarkan resto atau usaha kulinermu ke aplikasi Go Food. Kamu bisa mengikuti cara daftar Go Biz dengan mudah melalui panduan di bawah!

Cara Daftar Go Biz

Cara Daftar Go Biz
Cara Mendaftar Mitra Go Biz

Cara Mendaftar Mitra Go Biz

Untuk mendaftar mitra Go Biz sendiri tentu saja harus sudah terdaftar sebagai partner Go Food. Sebenarnya cara daftar Go Biz sangat mudah sama seperti cara daftar Go Mart atau layanan Gojek lainnya. Berikut ulasannya :

1. Unduh Aplikasi Go Biz

Langkah cara daftar Go Biz yang pertama ialah silahkan unduh aplikasi GoBiz di Google Play Store terlebih dahulu secara gratis. Jika sudah, silahkan install aplikasi dan buka di Hpmu.

2. Lakukan Pendaftaran di “Daftar Go Food”

Setelah itu, silahkan lakukan registrasi di “Daftar Go Food” dan bisa Kamu pilih lewat aplikasi Go Biz. Kemudian lanjutkan dengan mengisi formulir pendaftaran.

3. Mengisi Data Diri Lengkap Pada Formulir Pendaftaran

Silahkan isi formulir pendaftaran berupa data pribadi lengkap sesuai permintaan dengan benar. Mulai dari mengisi nama lengkap sesuai KTP, nomor identitas diri atau NIK KTP, mengisi alamat lengkap, mengisi informasi penagihan dan restoran.

Jika semuanya sudah Kamu isi, silahkan cek kembali apakah data-data yang dimasukkan sudah benar atau ada yang kurang. Jika masih ada yang kurang, silahkan koreksi. Apabila semuanya sudah benar, klik “Lanjutkan”.

4. Kode OTP Untuk Verifikasi

Jika semua tahapan di atas sudah Kamu lakukan dengan benar, selanjutnya Kamu akan menerima kode OTP untuk validasi dan verifikasi data yang dikirimkan lewat SMS atau pesan singkat ke nomor Hp yang sudah didaftarkan. Lalu isikan form yang telah diminta.

5. Isi Data Restoran

Apabila Kamu sudah menginputkan kode OTP, selajutnya isi data-data restoranmu dengan mengisi nama outlet, kota outlet, alamat outlet, kategori outlet, nomor Hp outlet, dan email outlet.

Nomor Hp biasanya digunakan untuk login ke aplikasi Go Biz, sedangkan email outlet sendiri untuk pengiriman hasil penjualan dalam bentuk laporan.

6. Konfirmasi Data yang Sudah Diisi

Pastikan data-data restoran atau toko yang Kamu masukkan sudah sesuai dan benar. Lalu tekan “Konfirmasi” serta “Lanjutkan”.

7. Detail Persetujuan Dari Gojek

Setelah itu, Kamu akan ditampilkan detail persetujuan, simak dengan seksama, lalu klik OK apabila Kamu sudah menyetujui kontrak kerja sama dari Gojek. Setelah itu, tekan “Lanjutkan”.

8. Tunggu Konfirmasi

Silahkan tunggu konfirmasi pihak Gojek. Konfirmasi tersebut biasanya dikirimkan lewat pesan masuk email atau SMS sesuai nomor Hp yang sudah didaftarkan. Selamat, kini Kamu sudah terdaftar menjadi partner Go Food dengan menggunakan Go Biz.

Demikian ulasan tahapan cara daftar Go Biz yang bisa Kamu coba untuk menjadi partner Go Food dengan menggunakan Go Food. Selamat mencoba!

 

 

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019