Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Banyak orang yang tertarik mencari tahu cara daftar internet banking Mandiri. Hal ini mengingat iB Mandiri merupakan salah satu bentuk layanan yang diluncurkan bank Mandiri demi kemudahan para nasabahnya untuk bertransaksi. Dengan layanan internet banking Mandiri, kita bisa mengakses rekening bank Mandiri dengan mudah lewat internet.

Sebenarnya selain bank Mandiri, ada bank BRI, BCA, BNI dan perusahaan perbankan lainnya turut menyediakan fasilitas internet banking untuk para nasabahnya.

Seluruh nasabah Mandiri diperbolehkan untuk menikmati layanan internet banking Mandiri asalkan memiliki nomor rekening yang sudah terdaftar menjadi pengguna layanan iBanking Mandiri.

Cara mendaftar internet banking Mandiri seenarnya cukup mudah, Kamu bisa langsung datang ke kantor Mandiri terdekat. Selain itu, bisa juga mendaftar lewat mesin ATM Mandiri yang sudah tersebar hingga di seluruh Indonesia. Akan tetapi perlu Kamu ketahui bahwa kedua cara tersebut memiliki perbedaannya. Untuk lebih jelasnya, simak panduannya lebih lanjut di bawah!

Keuntungan Internet Banking Mandiri Dibandingkan SMS Banking

Tentu saja Kamu harus tahu keuntungan memakai layanan internet banking Mandiri terlebih dahulu sebelum mengetahui cara daftar internet banking Mandiri. Ada beberapa keunggulan menggunakan internet banking Mandiri jika dibandingkan dengan SMS banking. Berikut ulasannya :

1. Lebih Irit

Bandingkan dengan memakai layanan SMS banking, Kamu harus mengirim SMS satu kali kemudian baru bisa mendapatkan balasan. Namun perlu Kamu tahu bahwa untuk menerima dan mengirimkan balasan ketika melakukan transaksi, Kamu akan dikenakan pulsa dengan tarif per SMS-nya yang lebih mahal dibandingkan SMS biasa.

Dengan kata lain, jika dalam sehari saja Kamu hanya melakukan pengecekan saldo berulang kali, maka biayanya bisa Kamu kalikan. Bandingkan dengan layanan internet banking, Kamu hanya akan dikenakan biaya kuota internet saja.

Jika Kamu sudah membeli paket kuota internet selama 1 bulan atau bahkan Kamu menggunakan Wifi di rumah, tentu saja transaksi dengan internet banking menjadi lebih murah dan irit.

2. Lebih Gampang

Transaksi menggunakan SMS Banking harus mengingat dan mengetikkan format SMS tertentu, sedangkan internet banking tidak perlu format tersebut. Kamu cukup login memakai password dan username, selanjutnya akan muncul tampilan menu tertentu dan Kamu hanya perlu memilih dan mengkliknya saja.

Di samping itu, untuk mengakses layanan SMS banking Mandiri harus menggunakan nomor atau kartu SIM yang telah didaftarkan. Sedangkan melalui internet banking sendiri Kamu bisa melakukan login kapan pun dan dimana pun. Kamu bisa memakai laptop, PC, tablet atau smartphone.

Untuk segi keamanan sendiri, Kamu tak perlu khawatir sebab internet banking akan dilengkapi oleh yang namanya token.

3. Lebih Aman

Menggunakan internet banking bisa dikatakan lebih aman dibandingkan SMS banking. Sebab jika Hpmu diambil orang, maka orang tersebut pun dapat melakukan transaksi finansial lewat rekening tabunganmu jika mereka mengetahui nomor PIN-nya.

Sementara untuk layanan internet banking sendiri harus masuk menggunakan password. Jika Kamu sudah login sekalipun, tidak akan bisa melakukan trasaksi perbankan jika kode tokennya tidak ada.

Cara Daftar Internet Banking  Mandiri

Cara Daftar Internet Banking Mandiri
Mendaftar Internet Banking Mandiri

Mendaftar Internet Banking Mandiri

Jika Kamu berencana membuat rekening tabungan Mandiri, alangkah baiknya sekalian mendaftar internet banking Mandiri secara langsung. Kalaupun sudah terlanjur buat rekening tapi belum mengaktifkan layanan iB Mandiri, Kamu juga bisa mengaktifkannya sekarang.

Ada beberapa panduan cara daftar internet banking Mandiri yang bisa Kamu coba, diantaranya :

1. Registrasi Internet Banking Mandiri di Kantor Bank Mandiri

Keuntungan langsung registrasi internet banking Mandiri via CS atau ke bank Mandiri langsung ialah, Kamu akan mendapatkan alat token. Secara otomatis, Kamu bisa mengakses semua fitur layanan internet banking Mandiri. Jika tidak memiliki token, maka Kamu hanya bisa cek saldo Mandiri, mengecek history, mutasi, dan melakukan transaksi lainnya yang bersifat non finansial.

Jika ketika Kamu membuka rekening Mandiri pertama kali, tapi lupa untuk mengaktifkan layanan internet banking, Kamu tetap dapat mengajukannya asalkan membawa serta beberapa persyaratan. Berikut cara daftar internet banking Mandiri lewat kantor cabang Mandiri :

  • Silahkan datang ke cabang bank Mandiri, kalau bisa Kamu memilih kantor tempat pertama kali membuka rekening tabungan Mandiri.
  • Bawa serta buku tabungan, KTP berikut kartu ATM.
  • Sesudah didepan CS/petugas, silahkan utarakan tujuan datang ke kantor bank Mandiri sembari menyerahkan buku tabungan, kartu ATM dan KTP sebagai bukti atas kepemilikan rekening tersebut.
  • Lalu tunggu petugas untuk memprosesnya. Umumnya waktu aktivasi layanan internet banking Mandiri lewat CS tidak lama, dan Kamu pun langsung menerima tokennya.

2. Registrasi Internet Banking Mandiri Melalui ATM

Mendaftar internet banking Mandiri di ATM bisa dikatakan kurang begitu efektif. Hal ini dikarenakan, sekalipun Kamu berhasil mendaftar di ATM tetap saja harus mendatangi kantor bank Mandiri terdekat guna mendapatkan token.

Panduan cara regitsrasi internet banking Mandiri cocok bagi Kamu yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengaktifkan layanan iB Mandiri. Berikut ulasanya :

  • Masukan kartu debit/ATM Mandiri, lalu pilih layanan Bahasa Indonesia.
  • Silahkan masukkan PIN ATM dengan benar.
  • Di menu utama, Kamu bisa memilih e-banking.
  • Jika sudah, Kamu akan ditampilkan 3 layanan berbentuk internet banking, SMS banking dan juga call center. Silahkan pilih internet banking.
  • Inputkan PIN kembali, lalu tekan “Setuju”.
  • Lalu Kamu akan diminta menginputkan kode akses yang terdiri atas 6 digit. Buat kode akses kemudian masukkan. Jika sudah, tekan “Benar”.
  • Masukkan kode akses sekali lagi dan klik “Benar”.

Lalu mesin ATM akan langsung mengeluarkan sturk yang berisi kode akses. Nah, kode akses inilah yang akan digunakan untuk melakukan aktivasi di situs web Mandiri.

Aktivasi Layanan Internet Banking Mandiri di Situs Web Mandiri

Jika Kamu sudah mengikuti cara daftar internet banking Mandiri lewat ATM di atas, selanjutnya Kamu bisa mengaktivasi layanan tersebut di website Mandiri.

  • Silahkan pakai laptop, tablet atau PC lalu masukkan link www.bankmandiri.co.id di perangkatmu. Selanjutnya pilih “Aktivasi” yang terdapat dalam menu internet banking.
  • Jika tombol “Aktivasi” sudah diklik, maka akan muncul tampilan “Syarat dan Ketentuan”, baca dan simak dengan teliti, lalu klik “Setuju”.
  • Setelah itu, Kamu akan dibawa ke halaman aktivasi berisi formulir yang terdiri dari 2 kolom. Adapun keduanya berisi Access id bisa diisi nomor pada kartu ATM terdiri dari 16 digit, dan access code bisa diisi dengan password yang sebelumnya dibuat saat registrasi. Jika sudah diisi, silahkan klik “Aktifkan”.
  • Selanjutnya Kamu akan dibawa ke halaman pembuatan PIN/Password dan user ID. Silahkan buat sesuai dengan instruksi yang diminta.
  • Jika aktivasi sudah berhasil, Kamu akan mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi pada layar bahwa PIN dan user ID iB Mandiri-mu sudah dapat digunakan. Silahkan klik login ke akun iB Mandiri dan isi PIN dan user ID yang sudah dibuat.

Meskipun Kamu sudah mengaktivasi layanan IB Mandiri di website Mandiri, jika cara daftar internet banking Mandiri yang Kamu gunakan lewat mesin ATM dan belum memiliki token, tetap saja Kamu harus mendatangi kantor cabang Mandiri terdekat. Sebab jika tidak layanan iB Banking Mandiri hanya bisa digunakan untuk mengecek saldo, history, cek mutasi dan lainnya.

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019