Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo bisa kamu lakukan dengan sangat mudah dan cepat. Secara umum untuk setiap device android dari berbagai merk mulai dari Samsung, Oppo, Xiaomi, Asus, Vivo, Realme, Lenovo dan lainnya memiliki cara tersendiri ketika mengoperasikan aplikasi bawaan termasuk menghapus aplikasi bawaan.

Menghapus aplikasi bawaan pada hp Oppo langkahnya sedikit berbeda dengan menghapus aplikasi hasil instalasi dari Googel Play Store. Namun, seiring dengan aplikasi bawaan yang tidak terpakai maka mau tidak mau harus menghapusnya dengan alasan untuk menambah ruang penyimpanan pada penyimpanan internal.

Read More

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo
Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo

Setiap seri Hp Oppo akan diberikan memori internal sesuai dengan kapasitas yang ditentukan dari pabrik. pembatasan ini dipengaruhi oleh harga dari seri Oppo tersebut.

Semakin mahal harga Hp Oppo seri apa pun, maka biasanya kapasitas memori internal akan semakin besar. Sebaliknya jika harga Hp Oppo cukup murah atau di bawah harga 2 jutaan, maka memori internal akan diberikan dengan cukup terbatas. Hal inilah yang memaksa kamu untuk menonaktifkan beberapa aplikasi bawaan agar memori internal bisa cukup luas untuk optimalisasi Hp Oppo ketika sedang digunakan.

Ada beberapa metode yang bisa kalian lakukan jika ingin mencoba menghapus aplikasi bawaan dari Hp Oppo, yaitu tanpa menggunakan root dan dengan menggunakan root. Cara ini cukup efektif dilakukan sehingga aplikasi bawaan akan benar-benar terhapus dari Hp Oppo dan kapasitas memori internal bisa semakin lega. Untuk lebih jelasnya, simak metode-metode tersebut di bawah ini :

Metode 1 : Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo Tanpa menggunakan Root

Cara pertama yang bisa dilakukan dengan menghapus aplikasi bawaan yaitu metode tanpa root. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Melakukan Disable atau Menghapus Aplikasi

Meskipun cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root seringkali gagal pada beberapa merk. Akan tetapi, pada Hp Oppo bisa dipraktikanny dengan sangat mudah.

Untuk bisa menghapus aplikasi bawaan, langkah yang paling pertama bisa melakukan disable atau menonaktifkannya terlebih dahulu, cara ini merupakan cara yang paling sederhana karena hanya menonaktifkannya.

Ingat, setiap aplikasi bawaan yang digunakan pada Hp Oppo akan memakan RAM sehingga menyebabkan Hp menjadi berat. Dengan menonaktifkannya, maka RAM bisa digunakan dengan maksimal dan jauh dari terjadinya HP Oppo hang. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, kamu bisa masuk ke menu Pengaturan lalu lanjut Apps. Kemudian, pilihlah aplikasi bawaan yang ingin dinonaktifkan.

  • Dalam menu tersebut, nantinya di halaman aplikasi bawaan, kamu dapat klik “Paksa Berhenti”. Hal ini dilakukan agar tidak muncul lagi di menu Android dengan memilih Disable.

2. Menggunakan CCleaner

Cara hapus aplikasi selanjutnya bisa kamu gunakan aplikasi bernama CCleaner. Aplikasi ini sebenarnya gratis dan dapat kamu download di Google Play Store. Berikut akan dijelaskan cara-cara menggunakannya :

  • Pertama, kamu wajib unduh dan pasang aplikasi CCleaner yang bisa kamu dapatkan dari Google Play Store.

  • Jika sudah di downloa, silakan buka aplikasinya.

  • setelah masuk pada aplikasi CClenaer, sekarang tap menu dan pilih App Manager.

  • Setelah itu, pilih System dan klik icon tempat sampah. Saat kamu ingin menghapus aplikasi bawaan Maka biasanya akan muncul peringatan.

  • Lalu klik saja Continue dan tinggal pilih aplikasi bawaan mana yang ingin di hapus. Kemudian, klik uninstal dan Ok.

3. Menggunakan Laptop

Cara berikutnya yaitu menggunakan perangkat lain seperti laptop atau PC. Untuk caranya sangat mudah, tinggal ikuti beberapa langkah menghapus aplikasi bawaan di Oppo memakai laptop berikut :

  • Pertama, aktifkan terlebih dahulu menu pengembang di Hp Oppo kamu dengan cara tap beberapa kali pada Build Number bagian telepon. Kemudian, masuk ke menu Opsi pengembang dan aktifkan toggle USB Debugging.
  • Pada laptop, agar dipastikan sudah terinstal ADB Driver, jika belum tersedia silakan download terlebih dahulu.

  • Langkah berikutnya, kamu bisa hubungkan android dengan Laptop dan bila ada notifikasi USB debugging bisa klik izinkan.

  • Setelah itu, buka aplikasi ADB yang telah di instal sebelumnya dan cek apakah android telah terkoneksi atau belum dengan menuliskan perintah pada adb devices.

  • Kemudian, aktifkan ADB Shell dengan mengetikkan perintah cd C:\platform-tools lalu ketikkan lagi adb shell.

  • Setelah itu, bisa ketikkan lagi perintah pm list package untuk melihat list aplikasi yang ada pada perangkat kamu.

  • Langkah terakhir yaitu tinggal melakukan uninstal aplikasi bawaan dengan perintah pm uninstall -k –user 0 kode package aplikasi.

  • Misalnya saja kamu dapat langsung mengetikkan pm uninstall-k–user0com.android.google.youtube untuk menghapus aplikasi youtube bila tidak diperlukan.

Cara seperti ini sebenarnya lumayan panjang. Akan tetapi, buat kamu yang sudah sering menjalankan ADB di laptop maka akan lebih mudah menjalankan tutorial ini.

Metode 2 : Menghapus Aplikasi Bawaan Android menggunakan Root

Cara hapus aplikasi bawaan pada Hp Oppo lainnya yaitu dengan menggunakan root. Berikut penjelasannya :

1. Menggunakan Root Explorer

Aplikasi pertama dan paling populer yaitu dengan menggunakan aplikasi Root Explorer. Aplikasi ini termasuk salah satu dari aplikasi wajib bila Android kamu sudah di root.

Melalui aplikasi ini kamu bisa langsung mengedit, menghapus dan membuka file system android yang ada dengan mudah. Untuk bisa menghapus bloatware juga cukup mudah, berikut ini sudah ada cara menghapus aplikasi bawaan android dengan root explorer :

  • Pertama, download dan instal aplikasi Root Explorer.

  • Lalu buka aplikasinya dan klik tombol Mount as R/W di sebelah pojok kanan atas. Pada bagian ini kamu harus pastikan opsi ini dalam keadaan R/W (read and write) bukan R/O (read only).

  • Setelah itu, buka folder System → App. Disini kamu akan melihat apa saja aplikasi bawaan yang ada di Hp Oppo.

  • Untuk bisa menghapusnya, silahkan tekan dan tahan aplikasi yang diinginkan, lalu pilih Delete.

  • Pastikanlah agar kamu tidak menghapus aplikasi system yang lain, karena hal ini dapat menyebabkan hp android Bootloop.

2. Menggunakan Link2SD

Tidak hanya digunakan untuk memindahkan aplikasi ke microSD, kamu juga bisa tahu cara menghapus aplikasi bawaan android dengan menggunakan aplikasi link2sd. Cara menggunakan aplikasi Link2SD juga cukup mudah, berikut penjelasannya:

  • Pertama, buka menu utama aplikasi Link2SD, lalu pilih aplikasi bawaan yang ingin dihilangkan. Kemudian, klik aplikasi tersebut dan pilih Action, selanjutnya pilih Uninstall.

  • Apabila muncul notifikasi peringatan, maka tinggal klik OK saja agar proses bisa dijalankan.

3. Menggunakan Titanium Backup

Aplikasi Titanium Backup biasanya digunakan untuk membackup aplikasi beserta data-data yang ada pada Hp. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menghapus aplikasi android bawaan.

Cara menghapusnya sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu buka aplikasi Titanium Backup. Lalu bisa Pilih aplikasi yang ingin di hapus, kemudian klik dan tahan aplikasi tersebut. Untuk menyelesaikannya tinggal pilih opsi Delete / Uninstall.

Apa yang Terjadi Jika Menghapus Aplikasi Bawaan Hp?

Resiko yang terjadi jika menghapus aplikasi bawaan yaitu bisa menyebabkan aplikasi lainnya tidak bisa berjalan maksimal, bahkan sampai tidak dapat dipakai. Untuk meminimalisir hal ini, kamu hanya dapat menghapus dan menonaktifkan update versi yang terbarunya apabila merasa terganggu akibat ruang penyimpanan internal yang sudah penuh.

Itulah beberapa cara menghapus aplikasi bawaan Oppo tanpa root maupun Root yang bisa kamu pilih. Cara yang ada diatas bisa diterapkan tidak hanya untuk Oppo A3s, namun bisa digunakan di setiap seri Hp Oppo yang beredar di pasaran.

Related posts