Cara Nego Harga

Cara Nego Harga
Cara Nego Harga

Cara nego harga menjadi suatu hal yang lumrah dicari oleh masyarakat Indonesia, apalagi bagi kaum ibu-ibu yang suka berbelanja kebutuhan di pasar ataupun minimarket. Seperti sudah kamu ketahui sendiri, bahwa kegiatan negosiasi ini bertujuan untuk mendapatkan kesepakatan bersama yang bisa menguntungkan kedua pihak, yaitu penjual dan pembeli.

Namun sayangnya, masih ada yang belum tahu bagaimana cara negoisasi harga yang benar dan terkesan nego secara asal-asalan. Jika kamu salah satunya, maka bisa langsung simak penjelasan pada artikel kali ini.

Cara Nego Harga

Cara Nego Harga
Cara Nego Harga

Bagi kamu yang masih bingung mencari cara nego harga yang baik dan benar, maka tenang saja sebab kamu bisa menemukan jawabannya pada pembahasan kali ini. Sebab kami sudah merangkum berbagai informasi lengkapnya agar kamu bisa melakukan negoisasi dengan pedagang ketika berbelanja.

Negoisasi yang baik dan benar tentunya bertujuan agar kamu mencapai kesepakatan untuk mendapatkan harga barang yang kompetitif. Walaupun hal ini kesannya sulit, namun lambat laun kamu pasti akan bisa melakukannya, asalkan kamu tidak memaksa ingin mendapatkan harga produk yang terlalu murah dari harga konsumen. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

Langkah 1: Kamu Ketahui Hal Dasar Sebelum Negoisasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar berhasil melakukan negoisasi dengan harga yang lebih trejangkau, maka alangkah baiknya jika kamu mengetahui hal-hal dasar dalam negoisasi terlebih dahulu. Apa bila kamu mengetahui biaya pokok sebuah barang ataupun layanan, tentunya akan membantumu untuk menjelaskan alasan mengapa produknya bisa dijual dengan harga lebih murah lagi.

Hal tersbeut tak menutup kemungkinan bahwa biasanya para pedagang akan lebih bersedia untuk menjualnya dengan terjangkau. Selain hal tersebut, kamu juga harus mengetahui mengapa seller menjual barang tersebut kepadamu. Jika kamu ingin membeli barang bekas dengan kualitas yang masih bagus, maka kamu akan tetap mendapatkan harga yang terjangkau dan murah.

Langkah 2: Dengarkan Pedangan Menyebutkan Harganya Dulu

kamu jangan skeali-kali menawar harga barang ataupun layanan terlebih dahulu jika kamu masih belum tahu harga yang sebenarnya. Alangkah baiknya jika kamu biarkan penjual menyebutkan nilai produknya sehingga kamu bisa melawannya dengan menyebutkan harga yang lebih murah dan terjangkau.

Selain itu, kamu juga harus tahu berapa harga barang atau layanan tersebut di pasaran, hal ini sangat bertujuan untuk mencegah kerugian bagi penjualnya. Langkah kedua ini adalah langkah dasar yang memberikan peluang besar untukmu mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

Langkah 3: Jangan Pasang Harga Yang Terlalu Murah

Kebanyakan pembeli tidak ingin mereka mengeluarkan banyak yang untuk membeli barang yang diinginkan, apalagi ketika produknya sangat bagus. Tentu tak dapat dipungkiri, bahwa sebagian besar pembeli justru akan berbuat kejam ke pedagang dengan memasang penawaran harga yang terlalu murah.

Untuk hal ini, maka kamu harus menghindarinya. Kamu harus pahami posisi pedagang juga. Jadi sebisa mungkin, berikan penawaran harga yang menguntungkan kedua belah pihak antara penjual dan dirimu.

Langkah 4: Pahami Batas Ketika Menawar Harga

Negoisasi kerap dilakukan agar mendapatkan kesepakatan bersama serta tidak merugikan satu sama lain. Oleh karena itu, kamu harus paham harga pasar, harga pokok semua barang serta margin keuntungan yang akan diterima oleh pedagang.

Jadi, sebagai seorang pembeli jangan sampai kamu melakukan negosisasi yang membuat para pedagang tidak bisa mendapatkan keuntungan yang optimal. Apalagi sampai membuat mereka mengalami kerugian yang cukup besar akibat pasrah dengan harga tawaran yang kamu berikan.

Langkah 5: Diam Dan Tidak Bicara

Perlu kamu ketahui, bahwa orang yang sudah sangat berpengalaman dalam hal berbelanja tentunya tidak akan banyak bicara saat melakukan negoisasi dengan pedagang. Tentunya, penjual akan langsung mengira bahwa kamu tidak puas dan enggan membeli barang tersebut.

Tentunya pedagang akan memecahkan kesunyian tersebut dengan memberikanmu harga yang murah kamu hanya cukup mendengar dan menyimak sampai dia merasa tidak nyaman dengan responmu. Selain itu, kamu juga bisa memberikan ekspresi ragu untuk membayar produk yang kamu inginkan.

Langkah 6: Tahan Emosi

Meskipun kamu sudah berusaha melakukan penawaran dengan harga yang diinginkab, alangkah baiknya jika kamu mengendalikan emosi jika tidak mendapatkan hasil sesuai keinginanmu. Jangan sampai kamu marah dan meluapkan emosimu ke pedanga. Tentu kondisi yang seperti ini membuat penjual tidak akan menanggapi permintaanmu saat membeli barang dagangannya. Jadi, alangkah baiknya jika kamu tetap tenang.

Langkah 7: Minta Barang Atau Layanan Tambahan

Cara nego harga yang baik dan benar adalah kamu harus menggunakan strategi untuk meminta barang atau layanan tambahan kepada pedagang. Dengan melakukan hal ini, tentunya kamu akan mendapatkan bonus atau aksesoris tambahan saat mebeli barang tertentu.

Langkah 8: Berikan Tawaran Lain

Apabila negoisasimu tidak dapat berjalan dengan lancar, maka kamu bisa melakukan penawaran harga lainnya sehingga kamu bisa berhasil mendapatkan kesepakatan bersama. Maka dari itu, kamu berikan tawaran harga lainnya yang relative sama seperti harga aslinya.

Langkah 9: Fokuslah Pada Nilai Barang

Cara nego yang baik dan benar selanjutnya adalah kamu harus tetap fokus terhadap nilai barangnya. Jangan bersikeras untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah namun tidak memperhatikan kualitas ataupun nilai produk yang akan kamu beli.

Tentunya, kamu sudah pasti tahu kalau sebagian besar barang branded akan selalu dibandero dengan harga yang lebih mahal dibandingkan produk lainnya, apabila produknya KW. Oleh karena itu, kamu pertimbangkan hal tersebut dan pastikan kamu tidak teralihkan terhadap nilai barangnya untuk memperoleh harga yang kompetitif.

Langkah 10: Jangan Pernah Takut Untuk Ditolak

Kamu jangan pernah merasa khwatir bahwa penawaranmu akan ditolak oleh penjual. Negoisasi ini tentunya akan berjalan lancar selama kamu tahu berapa batasan yang tidak akan merugikan satu sama lain. Kamu harus tetap merasa percaya diri dengan harga barang yang lebih murah di pasaran.

Apabila penawaranmu ditolak, maka jangan berkucil hati. Karena secara umum penolakan adalah suatu hal lumrah yang kerap terjadi dalam aktivitas jual beli. Jadi jangan terlalu kaku menuruti keinginan pedangang.

Langkah 11: Pergilah Menjauh

Cara nego harga yang terakhir adalah kamu bisa pergi menjauh dari pedagang. Tentunya kondisi ini biasanya harus kamu lakukan jika merasa tidak puas dengan penawaran harga yang diberikan oleh pedagang.

Tak bisa dipungkiri bahwa beberapa penjual enggan kehilangan calon pembeli, sedangkan mereka sendiri tidak mau menurunkan harga produk jualannya. Maka jangan heras, kamu akan tertarik dan kembali ke pedangan yang sama seduah mereka memangkas harga sesuai dengan keinginanmu.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan singkat terkait bagaimana cara nego harga yang baik dan benar. Langkah-langkah di atas bisa kamu coba dan lakukan ketika melakukan negoisasi harga dengan pedagang. Intinya kamu harus percaya diri dan menjelaskan alasan mengapa kamu menego harga barang yang kamu inginkan sehingga mampu meyakinkan pedagang. Selamat mencoba dan semoag negoisasi harga yang kamu lakukan bisa berhasil dan menguntungkan kedua belah pihak, ya.

Related posts