Cara Menghentikan Aplikasi Latar Belakang

Bagaimana cara menghentikan aplikasi latar belakang ?. Untuk kamu yang belum tahu, aplikasi yang berjalan  dismartphone tidak hanya aplikasi yang sedang dibuka akan tetapi ada juga aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Aplikasinya berjalan latar belakang ini merupakan aplikasi yang belum Kamu tutup di jendela aplikasi. Dan aplikasi ini bisa memakan resource seperti RAM, CPU dan ROM.

Read More

Hal ini bisa menjadi penyebab handphone menjadi lebih lemot sebab ada terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background atau latar belakang.

Untuk mengatasinya kamu bisa menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang supaya smartphone bisa berkinerja lebih optimal.

Oleh karena itu lakukan langkah-langkah untuk menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang pada artikel ini.

Cara Menghentikan Aplikasi Latar Belakang

Cara Menghentikan Aplikasi Latar Belakang
Cara Menghentikan Aplikasi Latar Belakang

Jika kamu sedang mencari cara untuk menghentikan aplikasi supaya tidak berjalan di latar belakang smartphone Android, ikuti metode yang akan dibahas pada artikel ini.

Ada beberapa metode yang dapat kamu coba untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang simak beberapa cara berikut ini :

1. Dengan Hentikan Paksa Aplikasi

Metode pertama dan yang paling umum dilakukan oleh pengguna smartphone Untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang adalah dengan cara paksa berhenti aplikasi atau force stop.

Selain umum digunakan, cara ini juga paling mudah diantara semua metode yang ada. Kamu bisa melakukan ini melalui menu pengaturan, simak langkah-langkah berikut ini :

  • Langkah pertama adalah buka menu Pengaturan atau Settings yang ada di smarphone milikmu.
  • Setelah itu langkah selanjutnya adalah pilih opsi Manajemen Aplikasi.
  • Saat kamu sudah masuk ke opsi Manajemen aplikasi kamu memilih aplikasi yang sedang berjalan dilatar belakang.
  • Jika kamu sudah memilih aplikasi dilatar belakang, langkah terakhir adalah ketuk tombol Paksa Henti atau Forced Closed.
  •  Selesai, setelah itu aplikasi yang kamu pilih sudah tidak berjalan dilatar belakang.
Terkait:  Cara Hemat Kuota

2. Menghentikan Sinkronisasi Akun

Cara kedua yang juga bisa kamu gunakan untuk menghentikan aplikasi yang berjalan latar belakang adalah dengan cara menghentikan sinkronisasi akun email.

Pada smartphone Android terdapat fitur sinkronisasi email fitur ini memiliki beberapa peran penting. Jika fitur sinkronisasi email aktif maka akan membuat aplikasi-aplikasi tertentu berjalan di latar belakang.

Oleh karena itu kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk menghentikan sinkronisasi akun di smartphone :

  • Langkah pertama buka menu setelan atau pengaturan di handphone kamu.
  • Jika sudah pilih opsi akun dan pencadangan.
  • Lalu tekan opsi kelola akun.
  • Setelah itu pilih akun yang ingin kamu hentikan sinkronisasi.
  • Kemudian geser tombol toogle hingga sinkronisasi akun berhasil dinonaktifkan.
  • Selesai, dengan mengeser tombol toogle maka sinkronisasi otomatis akan dihentikan.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut maka aplikasi yang berjalan dilatar belakang karena sinkronisasi akun seperti email, akan secara otomatis berhenti berjalan dilatar belakang.

3. Menginstal Aplikasi Task Manager Pada Handphone

Semuanya kamu bisa melakukan pengaturan Untuk menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang. Kamu juga dapat memilih untuk menggunakan aplikasi tambahan yang berguna untuk menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang pada handphone.

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa kamu pilih untuk menghentikan aplikasi di latar belakang, aplikasi-aplikasi ini dapat kamu temukan di Google Play Store.

Pada metode pertama dan kedua kamu harus melakukan penghentian aplikasi yang berjalan latar belakang secara manual.

Pada aplikasi Task Manager juga bisa untuk melihat banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang dan juga besarnya memori yang digunakan.

Simak penjelasan berikut ini untuk menggunakan aplikasi Advanced Task Manager untuk memberhentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang :

  • Langkah pertama download dan instal aplikasi Advanced Task Manager di Google Play Store.
  • Langkah berikutnya setelah aplikasi Advanced Task Manager telah terinstal di smartphone Android milikmu Buka aplikasi tersebut.
  • Setelah itu kamu bisa melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang dan juga memori yang digunakannya, pilih aplikasi yang mengkonsumsi terlalu banyak memori lalu klik aplikasi tersebut.
  • Jika sudah Klik tombol Boost.
  • Selanjutnya tunggu hingga proses penghentian aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut selesai.
  • Selesai, aplikasi yang berjalan di latar belakang berhasil dihentikan.
Terkait:  Cara Download Video Youtube di Android

Itulah cara ketiga untuk menghentikan aplikasi supaya tidak berjalan di latar belakang. Dengan menggunakan aplikasi Advanced Task Manager kamu bisa mengetahui informasi yang lebih lengkap terkait aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang dan juga jumlah memori yang dikonsumsi oleh aplikasi tersebut.

Meskipun metode ketiga ini lebih mudah dan simpel akan tetapi daftar aplikasi yang terdapat di Task Manager merupakan berasal dari aplikasi  pihak ketiga.

Oleh sebab itu supaya kinerjanya menjadi lebih optimal kamu perlu mengkombinasikan dengan cara pertama dan kedua.

4. Membatasi Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Selain melakukan langkah-langkah untuk menghentikan aplikasi yang bercerita latar belakang kamu juga bisa membatasi aplikasi berjalan di latar belakang supaya penggunaan memori tidak terlalu banyak.

Pada smartphone saat ini sudah ada fitur pembatasan aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk menghindari berbagai hal seperti hang atau not responding pada sistem Android.

Sebab aplikasi yang berjalan dilatarbelakang sering tidak disadari keberadaannya oleh pengguna smartphone oleh karena itu kamu bisa melakukan langkah-langkah pembatasan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Berikut ini penjelasan langkah-langkahnya, simak :

  • Langkah pertama adalah dengan mengaktifkan mode pengembangan terlebih dahulu caranya adalah sebagai berikut yaitu buka menu pengaturan.
  • Kemudian masuk ke opsi tentang ponsel yang biasanya terdapat di bagian bawah.
  • Setelah itu ketuk build number beberapa kali.
  • Ketuk sampai muncul notifikasi anda sudah menjadi pengembang. Selain mengikuti langkah tersebut kamu bisa mencari cara mengaktifkan opsi pengembang sesuai dengan jenis smartphone yang kamu gunakan sekarang.
  • Lalu jika opsi pengembang sudah aktif langkah berikutnya adalah aktifkan fitur pembatasan aplikasi yang berjalan di latar belakang.
  • Caranya buka kembali menu pengaturan.
  • Kemudian Scroll dan pilih opsi pengembang.
  • Langkah berikutnya pilih tombol batasi proses latar belakang.
  • Jika sudah batasi besaran memori sesuai yang kamu inginkan.
  • Selesai.
Terkait:  Cara Menghapus Akun Mi yang Terkunci

Cara ini sangat tepat untuk kamu yang memiliki smartphone dengan kapasitas RAM yang kecil. Sebab dengan mengoptimalkan aplikasi yang berjalan di latar belakang kamu bisa memaksimalkan kinerja smartphone dengan memberi ruang pada RAM supaya tidak penuh.

5. Dengan Menghapus Aplikasi

Supaya tidak ada aplikasi yang berjalan secara terus-menerus di latar belakang kamu bisa menginstal aplikasi yang sudah jarang atau tidak pernah digunakan lagi.

Selain itu apabila kamu menggunakan aplikasi yang tidak resmi seperti Mod, crack atau full version sebaiknya segera uninstal aplikasi tersebut karena bisa disusupi berbagai jenis virus, Malware yang berbahaya untuk smartphone.

Manfaat Menghentikan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Jika kamu belum tahu ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang :

  • Kinerja smartphone menjadi lebih lancar normal dan juga ringan sebab menghentikan aplikasi secara rutin akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih optimal.
  • Terhindar dari Hang, not responding, lemot dan lain-lain. Hal hal ini bisa terjadi karena memori RAM yang tersedia serta mencukupi sehingga handphone menjadi tidak lemot.
  • Menghindari terjadinya Force Closed.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara menghentikan aplikasi latar belakang. Dari berbagai metode yang telah dibahas ikuti Salah satu cara yang menurut kamu paling mudah. Selamat mencoba.

Related posts