Cara Setting Free Ongkir di Tokopedia

Cara Setting Free Ongkir di Tokopedia

Bagaimana cara setting free ongkir di Tokopedia? Ya, dengan setting ongkir gratis di Tokopedia tentu saja bisa menjadi salah satu alternatif cara tingkatkan penjualan. Kamu bisa mempelajari ketentuan dan syaratnya, serta lakukan dengan bertahap.

Ketentuan Free Ongkir Tokopedia

Sebagai seller di Tokopedia, tentu Kamu harus mengetahui syarat serta ketentuan agar mendapatkan fitur free ongkir di marketplace yang satu ini. Ini dia hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin mengaktifkan layanan free ongkir :

Read More

1. Dikhususkan Untuk Jasa Ekspedisi AnterAja (Reguler) dan Si Cepat

Layanan free ongkir di Tokopedia hanya berlaku bagi ekspedisi Anteraja (Reguler) dan si Cepat. Dengan begitu, Kamu harus mengaktifkan jasa ekspedisi ini menggunakan setting resi otomatis atau airway bill dan layanan non tunai.

Jika dilihat secara detail, ini dia mitra yang telah bekerjasama dalam layanan ongkir gratis di Tokopedia :

  • Anteraja (khusus reguler) dan SiCepat
  • JNE versi cargo dan SiCepat
  • Anteraja, Gojek dan Grab untuk Instant & Sameday.

Maka dari itu, Kamu harus mengaktifkan layanan Anteraja dan SiCepat terlebih dahulu. Baru kemudian mengaktifkan fitur AWB secara otomatis.

2. Hanya Berlaku Bagi Official Store dan Power Merchant

Hal yang perlu Kamu garis bawahi sekaligus sebagai syarat mutlak layanan gratis ongkir ialah kategori toko. Kamu harus memastikan bahwa tokomu masuk sebagai power merchant, bahkan kalau bisa Official Store. Untuk seller kategori indivicu, umumnya yang dapat dilakukan ialah meningkatkan lapaknya ke dalam power merchant supaya dapat menikmati fitur free ongkir.

3. Menuliskan Berat Produk dengan Akurat

Untuk mengisi deskripsi produk sendiri, Kamu harus memastikan mengisi berat produk dengan tepat. Jika perlu, Kamu harus menimbang tiap-tiap produk yang ingin dijual. Supaya lebih aman, Kamu bisa memberikan tambahan bobot atau berat untuk dijadikan tolak ukur dari tambahan berat kemasan atau packaging. Karena tiap-tiap paket memerlukan tingkat keamanan yang memiliki ketebalan kardus berbeda.

4. Memastikan Lokasi Toko ada di area Anteraja dan SiCepat

Walaupun telah mengaktifkan jasa ekspedisi sesuai ketentuan, pastinya akan sia-sia apabila area tokomu tak berada di dalam coverage penjemputan ekspedisi Anteraja dan SiCepat. Oleh karena itu, Kamu harus memastikan hal tersebut lebih dahulu.

5. Nominal Biaya Ongkir yang Digratiskan

Pada biaya ongkir non reguler, biasanya jumlah subsidinya sebesar Rp. 5.000, sementara versi regulernya sekitar Rp. 20 ribu untuk layanan intra pulau. Sedangkan apabila posisinya inter pulau maka subsidinya bisa sampai Rp. 40 ribu. Adapun minimal pembelian supaya bisa memperoleh layanan bebas ongkir ialah dari Rp. 50 ribu.

Adapun yang dimaksud layanan intra pulau ialah antar kota masih dalam 1 pulau. Sedangkan interpulau sendiri ialah layanan atar kota yang berbeda pulau.

Contohnya :

  • Apabila buyer atau pembeli dari kota Malang membeli barang dari seller di Jakarta, subsidinya senilai Rp. 20 ribu.
  • Sementara jika pembeli tersebut berasal dari Aceh dan membeli produk dari Jakarta, subsidinya menjadi Rp. 40 ribu, sebab sudah termasuk beda pulau.

Cara Setting Free Ongkir di Tokopedia

Cara Setting Free Ongkir di Tokopedia
Setting Free Ongkir di Tokopedia

Tutorial Setting Free Ongkir di Tokopedia

Sesuai dengan ketentuan dan syarat di atas, maka cara setting free ongkir di Tokopedia yang bisa Kamu coba, adalah sebagai berikut :

1. Menjadi Power Merchant Tokopedia

Cara setting free ongkir di Tokopedia yang pertama ialah, Kamu harus menjadi power merchant Tokopedia. Ada beberapa langkah yang mesti dilakukan berikut ini!

Langkah 1 : Penuhi Persyaratan Menjadi Power Merchant

Adapun persyaratan sebelum melakukan pengajuan menjadi Official Store atau power merchant ialah, performa tokomu minimal harus 75 poin, dan harus melakukan verifikasi toko.

Jika Kamu telah memenuhi persyaratan di atas, sebaiknya lanjutkan dengan mengaktifkan power merchant.

Langkah 2 : Bergabung Menjadi Power Merchant

Ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan jika Kamu ingin bergabung sebagai power merchant, diantaranya :

  • Masuk ke akun Tokopedia, kemudian kunjungi opsi Pusat Seller. Selanjutnya pilih opsi Power Merchant, kemudian tekan upgrade Tokomu.
  • Lalu masuk ke dalam akun Tokopedia, kemudian tekan Power Merchant di side bar.
  • Silahkan masuk ke dalam aplikasi topseller. Lalu pilih di samping kiri atas. Tekan upgrade tokomu jika ingin mengaktifkan layanan power merchant.

Kamu bisa memilih opsi di atas, tinggal cari yang paling mudah. Tak hanya bergabung, Kamu juga dapat berlangganan melalui cara berikut ini :

  • Pakai PC atau desktop untuk login ke akun Tokopedia.
  • Silahkan kunjungi web seller.tokopedia.com/edu/power-merchant.
  • Kamu bisa memilih paket berlangganan.
  • Kemudian lanjutkan dengan cara memilih opsi Metode Pembayaran.
  • Tekan bayar.
  • Silahkan lakukan pembayaran di Tokopeida seperti biasa.

Jika Kamu bergabung menjadi power merchant, maka ada banyak kelebihan yang dapat diperoleh. Diantaranya yaitu dapat memperoleh badge pada toko, maka produkmu bisa sering-sering dipromosikan alias tampil di dalam hasil pencarian. Selain itu, bisa memperoleh ikon free ongkir.

Melalui ikon tersebut, biasanya pembeli menjadi semakin tertarik. karena faktanya jika dibandingkan dengan promo lain dan cashbackfree ongkir menawarkan daya tarik tersendiri sehingga akan ada banyak buyer yang memilihnya. Setelah itu, angka pembelian pun akan semakin meningkat.

2. Mengaktifkan Fitur Free Ongkir AnterAja dan SiCepat

Mengaktifkan fitur ini sebenarnya mempunyai sejumlah keuntungan, yaitu paket yang dikirim dapat diambil langsung oleh kurir atau pick up. Adapun waktu yang diperlukan biasanya sekitar 1×24 jam sesudah melakukan pengajuan pick up. Setelah itu, ketika barang telah dikirim, Kamu tak perlu harus menuliskan AWB sebab hal ini biasanya akan masuk dengan otomatis.

Jika ingin mengaktifkan kedua layanan tersebut sangat mudah, sebab sudah ada di dalam menu seller di aplikasi Tokopedia. Adapun yang harus dipastikan yaitu ketika ada orderan, sebaiknya jangan lupa mencetak kode booking dan label pengiriman, lalu tempelkan pada paket.

3. Memastikan Untuk Mengikuti Semua Syarat dan Ketentuan Diatas

Cara setting free ongkir di Tokopedia selanjutnya, sesudah Kamu mendapatkan layanan bebas ongkir, sebaiknya ikuti ketentuan dan syarat yang telah ditetapkan Tokopedia. Selain itu, jangan lupa terus memberikan kualitas pelayanan terbaik untuk pelanggan, supaya Kamu mendapatkan testimoni positif.

Biasanya testimoni ini akan sangat berpengaruh bagi poin toko, serta dapat berpengaruh pada performa toko secara tak langsung ke depannya.

Kesimpulan

Dengan menawarkan layanan free ongkir untuk tokomu di Tokopedia, tentu saja bisa meningkatkan penjualan produkmu di marketplace Tokopedia. Tak hanya bebas ongkir saja, sebenarnya penjualan toko dapat meningkat melalui cara lainnya. Seperti halnya dengan menawarkan fitur cicilan. Karena, Tokopedia juga kini telah menawarkan fitur pembayaran dengan cicilan.

Dengan mengaktifkan fitur cicilan, bukan tak mungkin jika tingkat pembelian produk di tokomu meningkat. Apalagi untuk harga produk dengan rata-rata bernilai jutaan serta hanya dapat dibeli lewat sistem angsuran saja.

Dengan catatan, seluruh fitur yang dapat menguntungkan pembeli telah tersedia ditokomu, ini artinya tokomu menawarkan banyak kemudahan untuk memikat para pelanggan.

Semoga ulasan cara setting free ongkir di Tokopedia di atas bermanfaat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Related posts