Cara Membersihkan RAM Hp Oppo

Cara Membersihkan RAM Hp Oppo

Oppo adalah salah satu merek hp ternama yang sudah eksis di Indonesia dengan berbagai macam kelebihannya. Saat ini oppo patut disejajarkan dengan merek-merek Hp terkenal lainnya karena dari segi harga dan kualitas sudah sangat baik dan bersaing. Untuk meningkatkan kinerja hp Oppo agar tetap produktif, kalian harus mengetahui cara membersihkan RAM Hp Oppo.

Dengan menggunakan sistem operasi android, oppo sangat memperhatikan keinginan konsumen. Hal ini dikarenakan seri terbarunya menjamin kenyamanan, ketika dipakai untuk keperluan pribadi maupun untuk bisnis.

Selain sistem android yang selalu update, komponen-komponen yang ada pada hp oppo bisa dibilang sangat baik. Seperti halnya spesifikasi RAM hp, yang kini kebanyakan RAM yang disematkan pada setiap seri ponselnya berada dalam kisaran 2 GB. Namun bagi kalian yang ingin kapasitas RAM lebih besar, seperti 4 GB maka harus mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkannya.

Namun jangan khawatir, dengan kisaran 2-3 jutaan saja kalian sudah bisa mengantongi hp Oppo dengan kapaistas RAM sangat andal. Oleh karena itu, hp Oppo sangat direkomendaskan bagi kalian yang menginginkan kualitas sekaligus desain yang trendi.

RAM Sangat Mempengaruhi Kinerja Hp

Jangan pernah sepelekan komponen yang satu ini, sebab RAM sangat berpengaruh pada performa hp oppo. Hal ini dikarenakan kalian bisa melakukan aktifitas multitasking dengan leluasa tanpa khawatir lemot.

Sebelum hadirnya OS android seperti saat ini, hp biasanya hanya bisa digunakan untuk menelpon dan SMS saja. Namun saat ini, seiring perkembangan teknologi smartphone fungsi hp bukan hanya itu saja, melainkan bisa membuka berbagai macam aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Alih-alih hanya membuka satu aplikasi, namun kenyataannya sekarang dituntut harus membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu. Sebagai contoh jika kalian membuka aplikasi Whatsapp, lalu pada chat didalamnya ada dokumen yang dibuka. Maka akan secara otomatis membutuhkan aplikasi pembuka dokumen seperti Open Office, Office Suoite, atau aplikasi pembuka dokumen lainnya.

Dari contoh diatas maka kalian sudah membuka 2 aplikasi dalam satu waktu. Untuk membuka aplikasi tersebut dibutuhkan kapasitas RAM  yang cukup besar agar tidak lemot atau lebih parahnya lagi bisa nge-hang. Dengan begitu, fungsi RAM sangat dibutuhkan untuk melakukan aktivitas yang sedang dilakukan.

Selain itu, jika kalian suka bermain game terutama game berat seperti Need For Speed, Football Manager, atau game survival yang memerlukan ruang penyimpanan cukup besar untuk menginstallnya. Tentu saja, kalian juga membutuhkan kapasitas RAM yang besar agar game-game tersebut berjalan dengan normal.

Dengan melihat beberapa ilustrasi diatas, maka sudah jelas jika RAM memiliki peranan sangat besar bagi performa hp. Oleh karena itu, selain memilih hp oppo juga pilihlah seri oppo yang berkapasitas ram cukup besar.

Kapasitas RAM Bisa Berkurang Seperti ROM

Bagi yang belum mengetahui istilah tersebut, ROM adalah Read Only Memory. Ini adalah komponen yang digunakan untuk menyimpan aplikasi, file, dan bahkan sistem yang berjalan. Istilah lain dari ROM adalah ruang penyimpanan internal. Sedang RAM adalah Random Access Memorry yang digunakan sebagian tempat penyimpanan data sementara ketika menjalankan sebuah aplikasi atau membuka file.

Baik ROM ataupun RAM, kedua-duanya akan berkurang karena pemakaian hp itu sendiri. Oleh karena itu, agar performa tetap berjalan baik maka lebih baik harus selalu rutin membersihkannya baik dengan menggunakan fitur bawaan, dengan cara memilih beberapa aplikasi berjalan, atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Membersihkan RAM Hp Oppo

Cara Membersihkan RAM Hp Oppo
Membersihkan RAM Hp Oppo

1. Menutup Beberapa Aplikasi Tertentu yang Sedang Berjalan

Cara membersihkan RAM hp Oppo yang pertama adalah dengan menutup beberapa aplikasi yang berjalan dibelakang layar. Jika aplikasi tersebut dibiarkan, maka akan terus memakan kapasitas ram yang akan mempengaruhi performa hp oppo.

Jangan salah jika kalian memiliki beberapa aplikasi media sosial seperti Whatsapp, Instagrgam, Facebook, atau Twitter memerlukan RAM yang dibutuhkan agar aplikasi tersebut berjalan dibelakang layar.

Untuk menonaktifkannya, ikutilah beberapa langkah dibawah ini :

  • Masuk ke menu settings terlebih dahulu.
  • Setelah itu pilihlah opsi ‘Aplikasi’ untuk melihat beberapa aplikasi yang berjalan.
  • Pilihlah aplikasi yang ingin dinonaktifkan agar tidak berjalan di layar belakang.
  • Setelah masuk pada opsi aplikasinya. Sebelumnya bersihkan terlebih dahulu cache aplikasi tersebut dengan memilih opsi cache.
  • Disana aka nada beberapa pilihan diantaranya ‘hapus penyimpanan’ dan ‘hapus cache’.
  • Untuk hasil yang maksimal, lebih baik hapus pada opsi tersebut agar selain RAM mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih, juga ROM akan bertambah besar.
  • Setelah itu, baru pilih opsi ‘paksa berhenti’
  • Tujuan dari pilih opsi tersebut agar aplikasi tidak berjalan di layar belakang.
  • Selesai

Jika semua opsi sudah kalian ikuti, maka kedepannya kalian tidak akan menerima notifikasi dari aplikasi yang sudah di nonaktifkan. Namun jika suatu saat ingin menerima notifikasi dari aplikasi tersebut kembali, maka kalian tinggal klik saja aplikasinya. Kemudian secara otomatis notifikasi akan kembali aktif dengan menggunakan RAM sebagai salah satu komponen utamanya.

2. Dengan Reset Hp

Cara membersihkan RAM hp Oppo selanjutnya yaitu dengan melakukan reset hp pada setelan pabrik. Hal ini dimaksudkan agar performa hp bisa kembali seperti ketika membeli hp pertama kalinya. Cara ini bisa kalian lakukan apabila performa hp sudah menurun. Biasanya setelah di reset akan kembali normal.

Untuk melakukannya, berikut akan dijelaskan bagaimana cara reset hp oppo untuk mengembalikan kapasitas RAM :

  • Masuk terlebih dahulu pada menu settings.
  • Setelah masuk, carilah opsi ‘Setelan Tambahan’.
  • Pada menu selanjutnya, cari dan pilih opsi ‘Buat cadangan dan reset’.
  • Untuk mengembalikan hp tanpa merubah setelan awal, maka lebih baik pilih opsi cadangkan terlebih dahulu sebelum reset hp oppo.
  • Namun jika kalian ingin benar-benar membersihkan seluruh riwayat akun dan aplikasi, silahkan langsung klik reset.
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses pencadangan selesai dan proses reset selesai.
  • Setelah semuanya seleasi, maka hp oppo akan kembali kedalam setelan pabrik dimana semua memori yang tersimpan didalamnya baik pada RAM atau pada ROM sudah benar-benar terhapus.

Cukup mudah dilakukan cara reset hp oppo, namun yang perlu kalian perhatikan adalah harus benar-benar selektif menginstal aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja mengingat setiap aplikasi atau game yang di download membutuhkan ram agar bisa berjalan dengan baik.

3. Memakai Aplikasi Pembersih RAM

cara berikutnya yang tidak kalah penting dilakukan apabila performa hp terasa berat yaitu bisa menggunakan aplikasi pembersih RAM. Ada beberapa aplikasi yang bisa kalian coba seperti Greenify, Keep Clean, atau AVG Cleaner.

Bagi kalian yang sudah memiliki rekomendasi aplikasi pembersih ram sendiri, maka jauh lebih baik menggunakan aplikasi tesebut untuk membantu membersihkan ram hp oppo agar memiliki kapasitas ruang yang cukup lega dan performa hp tetap pada kondisi terbaiknya.

Cara membersihkan RAM hp Oppo sebenarnya sangat mudah dilakukan, bakan kalian bisa memilih metode yang paing mudah dilakukan. Membersihkan RAM hp Oppo sebaiknya dilakukan secara rutin agar hp Oppo tetap menunjukkan performa terbaiknya.

 

Related posts