Cara Menambah RAM

Cara Menambah RAM

Memiiki RAM kecil pada smartphone merupakan sesuatu hal yang cukup mengganggu apalagi saat sedang membuka aplikasi yang cukup berat. Bukannya aplikasi berjalan lancar, yang ada malah tidak jalan, lalu lebih parahnya lagi hp menjadi hang. Dari sini kalian mungkin kepikiran bagaimana cara menambah RAM hp.

Permasalahan kapasitas RAM yang kecil, membuat penggunanya bertanya-tanya tentang  RAM. Apakah RAM pada hp bisa ditambah? berapa maksimal penambahan RAM di hp? Dan yang paling utama adalah, bagaimana caranya menambah RAM dengan benar? Semuanya akan di kupas tuntas dalam pembahasan cara menambah RAM hp dengan mudah.

Fungsi RAM pada hp

Sebelum membahas bagaimana cara menambah RAM pada hp, alangkah lebih baiknya kalian tahu lebih dahulu mengenai fungsi RAM sebagai salah satu komponen penting pada hp agar bekerja secara maksimal.

RAM adalah kependekan dari Random Access Memory yang memiliki fungsi sebagai penyimpanan sementara sebuah aplikasi yang sedang dijalankan. Dengan demikian jika tidak ada RAM, maka aplikasi tidak bisa dijalankan sama sekali. Namun begitu, tetap yang namanya RAM memiliki keterbatasan kapasitas terutama jika menjalankan aplikasi dengan kebutuhan RAM yang cukup besar.

Seringkali kita melakukan restart hp jika kondisi hp lemot atau tidak bisa dijalankan sama sekali. Hal ini menandakan bahwa RAM tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik karena kapasitasnya cukup kecil. Setelah selesai di restart, biasanya hp akan berjalan normal kembali. Ini menandakan karena memori di RAM akan terhapus secara otomatis seiring dilakukan restart pada hp.

Bisakah Menambah RAM Hp?

Pertanyaan ini akan selalu muncul di kala seseorang yang sedang memainkan aplikasi atau game yang berukuran besar dan berat merasa kesulitan untuk menjalankan ponselnya dengan baik. Memang saran yang paling baik adalah dengan cara membeli hp baru atau second dengan kapasitas RAM yang jauh lebih besar dari sebelumnya.

Alasannya cukup sederhana, kenapa RAM tidak mudah ditambah secara langsung, karena batasan RAM terdapat pada spesifikasi hardware maupun dukungan software yang harus tepat. Namun demikian, ada beberapa cara yang dapat meningkatkan performa hp sehingga kapasitas RAM bisa tetap terjaga ukurannya, selain itu performa hp juga tetap baik.

Cara menambah RAM

Cara Menambah RAM
Tutorial Menambah RAM Hp

Tutorial Menambah RAM Hp

Ada beberapa cara menambah RAM hp yang dapat kalian coba lakukan agar performa hp tetap terjaga dan kalian bisa leluasa melakukan berbagai macam aktivitas. Simak panduannya di bawah ini :

1. Menambah Kapasitas Kartu Memori Eksternal

Alih-alih cara menambah RAM yang merepotkan, kalian justru bisa menambah kapasitas pada memori eksternal. Karena dengan menambah kapasitas kartu memori eksternal dapat mempertahankan performa RAM sehingga hp berjalan dengan baik.

Perlu kalian ketahui bahwa memori eksternal bisa ditambah hingga ratusan giga byte. Performa RAM sangat berpengaruh pada memori penyimpanan yang cukup besar. Oleh karena itu disarankan agar memaksimalkan penggunaan kapasitas memori eksternal.

2. Menggunakan aplikasi RAM Booster

Cara menambah RAM hp bisa dengan mengandalkan RAM Booster. Aplikasi pihak ketiga ini memungkinkan kalian dapat meningkatkan performa RAM pada perangkat hp. Aplikasi ini dapat meningkatkan RAM dengan cara membersihkan dan meningkatkan kecepatan RAM. Untuk mendapatkan aplikasi ini, bisa masuk pada google play store terlebih dahulu kemudian cari aplikasinya.

Apabila sudah menginstal aplikasi RAM booster, selanjutnya tinggal membuka aplikasi dan tap scan untuk memulai pemindaian. Terakhir tinggal membersihkannya saja. Nantinya seluruh aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang langsung dimatikan otomatis, alhasil kapasitas RAM akan kembali ke kapasitas semual.

3. Menggunakan Aplikasi Smart Booster

Aplikasi selanjutnya yang bisa meningkatkan performa RAM perangkat hp adalah dengan menggunakan aplikasi smart booster. Smart Booster juga bisa kalian dapatkan di Google Play Store. Carilah pada kolom pencarian dengan nama Smart Booster.

Kelebihan dari aplikasi ini tidak perlu melakukan root untuk menjalankannya, kalian cukup download, instal, lalu jalankan smart booster untuk meningkatkan performa RAM. Sehingga dari yang semula kapasitasnya berkurang akibat aplikasi yang berjalan di latar belakang, kini RAM bisa bertambah ke kapasitas semula dengan menghentikan aplikasi.

4. Menggunakan Control Extreme Pro

Cara menambah RAM hp lainnya adalah memakai aplikasi Control Exreme Pro. Dengan menggunakan aplikasi ini maka kapasitas RAM pada hp bisa menjadi lebih besar. Fungsinya tidak jauh berbeda dengan dua aplikasi yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu sebagian besar dapat menambah kapasitsa RAM kembali. Caranya dengan menonaktifkan atau menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga performa RAM menjadi maksimal.

5. Mematikan Aplikasi Bawaan

Mematikan aplikasi bawaan sebenarnya bisa diselesaikan dengan menggunakan aplikasi di atas. Akan tetapi, jika memakai aplikasi biasanya semua aplikasi yang berjalan di latar belakang akan dimatikan. Namun jika dilakukan dengan cara manual, tentu kalian bisa memilih aplikasi mana saja yang bisa dimatikan untuk peningkatan performa RAM.

Fitur untuk mematikan aplikasi bawaan dinamakan disable, cara ini sangat ampuh untuk mematikan aplikasi pilihan yang berjalan di latar belakang. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama-tama masuk ke aplikasi google play store terlebih dahulu.
  • Selanjutnya klik ikon profil yang berada di bagian atas sebelah kanan.
  • Selanjutnya, di sana akan ada beberapa menu yang muncul. Kalian cukup pilih menu Help & Feedback.
  • Pada kolom pencarian yang ada di menu tersebut, silakan untuk klik disable app.
  • Setelah itu, klik link ‘tap to go to application settings’.
  • Jika sudah, kalian hanya tinggal memilih aplikasi-aplikasi yang ingin di mastikan/disable.

Mengingat cara ini merupakan metode manual, maka kalian harus memilih aplikasi lainnya lalu klik tombol disable, dan begitu seterusnya.

6. Menggunakan Fitur Extended RAM

fitur ini bisa kalian dapatkan pada hp-hp keluaran terbaru. Fitur extended RAM memiliki cara kerja yang hampir sama dengan virtual RAM yang ada pada komputer. Cara kerjanya adalah mengambil sebagian dari kapasitas ROM untuk dirubah menjadi RAM. Dengan demikian, maka kapasitas RAM bisa dimaksimalkan.

Sebagai contoh untuk hp yang sudah menggunakan fitur extended RAM adalah Vivo V21 5G. Walaupun sudah memiliki kapasitas RAM 8 GB, namun masih bisa dimaksimalkan dengan mengguankan fitu extended RAM.

7. Menghapus Aplikasi yang Jarang Dipakai

Cara menambah RAM hp agar kapasitasnya bisa tetap terjaga dan hp berjalan dengan lancar adalah dengan menghapus aplikasi yang sangat jarang digunakan.

Walaupun sangat jarang digunakan, kelemahan dari tetap menyimpan aplikasi tersebut adalah akan memakan banyak memori ROM sehingga mempengaruhi kinerja RAM secara keseluruhan.

Pilihlah aplikasi mana saja yang tidak digunakan, hapus aplikasinya satu per satu sehingga kapasitas ROM menjadi bertambah dan kapasitas RAM bisa stabil tanpa terganggu oleh aplikasi yang kurang penting.

Itulah di atas cara menambah RAM yang bisa kalian siasati dengan meningkatkan performa RAM, baik mematikan aplikasi yang sedang berjalan maupun dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

 

Related posts