Cara Mengirim Tugas ke Classroom

Cara Mengirim Tugas ke Classroom
Cara Mengirim Tugas ke Classroom

Sejak peralihan penggunaan kurikulum yang terjadi di Indonesia, banyak sekali membawa perubahan terhadap sistem pembelajaran. Hal itu juga lah yang mendorong masyarakat untuk mempelajari cara mengirim tugas ke Classroom. Pasalnya, baik pihak pengajar maupun siswa secara tidak langsung dituntut untuk terbiasa dengan perubahan modern yang terjadi saat ini.

Maka dari itu, kamu jangan heran kalau kini banyak sekali bermunculan beragam kelas skill  atau sertifikasi yang ada di platform atau website tertentu. Bahkan, promosinya sendiri sudah menggapai media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Linkedln, dan lainnya.

Kirim Tugas Lewat Online atau Offline?

Kamu kira-kira termasuk tim mana nih, pilih kirim tugas lewat online atau offline? Kalau kita adakan survey, kemungkinan masyarakat akan memberikan jumlah suara yang seimbang. Ya, tentunya mengingat perkembangan teknologi semakin pesat akhir-akhir ini. Buktinya saja, di Universitas Luar Negeri sudah menerapkan kelas online untuk mata kuliah tertentu.

Termasuk juga di tanah air, mulai dari bangku Sekolah Dasar (SD), SMP, hingga SMA serta beberapa kelas mengasah kemampuan tambahan prakerja juga sudah aktif menggunakan alat keluaran dari Google Inc. tersebut. Sebenarnya, pengerjaan tugas penting secara offline lebih baik dibandingkan dikerjakan secara online. Selain mencegah kecurangan, koreksinya mudah.

Cara Mengirim Tugas ke Classroom

Cara Mengirim Tugas ke Classroom
Cara Mengirim Tugas ke Classroom

Cara mengirim tugas ke Classroom via HP untuk siswa. Pastikan kamu sudah mendapatkan link atau kode undangan dari guru kamu untuk bergabung ke dalam kelas. Langsung logim ke Classroom menggunakan akun Gmail. Setelah itu, barulah kamu praktekkan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pilih aplikasi Classroom.
  2. Klik menu Kelas, lalu pilih Tugas Kelas.
  3. Cari dan temukan salah satu File kuis atau tugas yang akan kamu kerjakan.
  4. Jawab semua pertanyaan yang terdapat di dalam kuis tersebut.
  5. Di bagian Kartu Tugas akan kamu temukan pilihan Luaskan, klik dan lanjut.
  6. Klik Tambahkan, lalu pilih Drive atau Link atau File, atau Rekam Video atau Kamera untuk melampirkan hasil tugas yang telah kamu kerjakan.
  7. Setelah berhasil memilih salah satu file, lanjutkan dengan pilih ikon Kirim.

Informasti tambahan, buat kamu pengguna dari HP dengan sistem OS Android 7.0 Nougat, penarikan materi kelas dapat dilakukan dari aplikasi lainnya ke Classroom. Dengan syarat, kedua aplikasi tersebut terbuka dalam waktu yang bersamaan dengan tampilan mode layar yang terpisah atau Multi Windows.

Cara Kirim Tugas ke Classroom

Berbeda dengan cara kirim tugas ke Classroom di atas. Pembahasan kali ini kita akan melihat bagaimana cara melampirkan file baru ke dalam tugas kelas. Berikut penjelaan selengkapnya:

  1. Pilih Tambahkan Lampiran pada kolom tugas.
  2. Pilih Dokumen Baru, lalu pilih Slide Baru.
  3. Klik opsi Selesai.
  4. Kemudian, pilih Pindai File dengan membuka Google Drive.
  5. Di bagian bawah GDrive, pilih ikon Tambahkan +.
  6. Pilih Tambahkan Komentar Pribadi agar kamu bisa mengirim komentar ke pihak pengajar.
  7. Pilih ikon Posting atau pesawat kertas.
  8. Klik pilihan Serahkan, dan lakukan Konfirmasi.
  9. Lihat status tugasmu, nanti berubah jadi keterangn Diserahkan.

Perlu kamu ketahui, kamu juga bisa menghapus lampiran dengan memilih tanda X atau hapus setelah mengikuti langkah-langkah sampai poin ke-5.

Cara Mengirim Tugas PDF ke Classroom

Hampir tidak jauh berbeda cara mengirim tugas PDF ke Classroom dengan instruksi yang ada di penjelasan sebelumnya. Karena, penyerahan tugas satu ini sama-sama diserahkan ke guru sebagai dokumen baru. Maka dari itu, kita akan  mulai secara langsung dari cara penambahan lampiran.

  1. Klik PDF Baru.
  2. Kamu bisa tambahkan Catatan  atau Gambar di dalam file tersebut.
  3. Apabila sudah selesai, klik opsi Lainnya atau ikon titik tiga vertikal.
  4. Klik tombol Simpan.
  5. Pilih Serahkan tugas yang telah kalian unggah ke kelas.
  6. Tunggu sampai status penyerahan tugas terlihat menjadi Diserahkan.

Ketika kamu ingin melampirkan file PDF lebih dari satu, maka tinggal select lebih filenya di HP atau laptop. Setelah itu, tunggu sampai proses upload PDF selesai.

Cara Mengirim Tugas Video ke Classroom

Lanjut lagi ke pembahasan berikutnya. Biasanya, cara mengirim tugas video ke Classroom di kelas online dilakukan oleh pengajar. Terutama, ketika dirinya ingin memberikan materi ke seluruh siswa yang tergabung di kelas online tersebut. Bahkan, tidak jarang juga video materi yang dibagikan, diunggah juga oleh pengajar di media sosial Youtube.

  1. Buka aplikasi Classroom di HP.
  2. Periksa Tugas Baru yang diberikan oleh guru. Contoh judul tugas, Kumpul Tugas Video Bahasa Indonesia.
  3. Buka File Manager, lalu pilih folder Video.
  4. Pilih salah satu atau lebih File Video, dan pilih ikon Berbagi atau Share.
  5. Pilih Share to Drive untuk menyimpan file video.
  6. Ketuk Simpan.
  7. Tunggu sampai proses Upload Video berjalan hingga selesai.
  8. Setelah itu, buka aplikasi Google Drive.
  9. Lihat hasil File unggahan sebelumnya.
  10. Masuk ke Classroom, buka kelas Bahasa Indonesia dan pilih Tugas Baru.
  11. Pilih Tambahkan Lampiran pada halaman Tugas Anda.
  12. Ketuk opsi Drive, dan lanjutkan ke Drive Saya.
  13. Cari Video, kemudian pilih Select.
  14. Pilih Ok, selanjutnya kamu tunggu sampai file Video tersebut muncul di laman tugas.
  15. Terakhir, pilih Serahkan untuk mengirim tugas ke Classroom.

Selain menggunakan perangkat HP, pengerjaan penyerahakn tugas di Google Classroom bisa kamu lakukan melalui perangkat laptop atau PC. Akses melalui web di classroom.google.com.

Faktor Kegagalan Saat Upload File Tugas di Classroom

Terkadang, pengajar maupun siswa akan kesulitan untuk mengunggah file ke dalam akun Classroom miliknya. Hal inilah yang akan kita bahas, yaitu faktor kegagalan saat upload file tugas di Classroom. Lihat penjelasannya sebagai berikut:

  • Akun Google Berbeda. Saat kamu login ke Classroom menggunakan akun baru yang tidak terdaftar sebagai pengguna platform tersebut, otomatis file akan gagal diunggah.
  • Penggunaan Re-use Post. Postingan yang sebelumnya sudah sempat diunggah pada materi sebelumnya, tidak dapat diposting ulang karena datanya masih tersimpan.
  • Tolak Izinkan. Pengaturan detail aplikasi Classroom di HP kamu, masih dalam mode penolakan. Sehingga, file yang akan di-upload dari galeri tidak dapat diproses.
  • Draft yang Berpindah. File tugas yang sebelumnya sudah sempat kamu lampirkan di Clasrroom, ternyata berpindah tersimpan di ke kelas lain.
  • Waktu Deadline Habis. File tugas yang kamu kerjakan melewati batas waktu yang telah diatur oleh pengajar.
  • Kerusakan Sistem Aplikasi. Untuk mengatasi apabila kamu menemukan error setiap kali membuka aplikasi Classroom, tinggal uninstall kemudian install ulang di HP.

Tips Atasi File Tugas Tidak Terkirim

  • Keluar dari akun Classroom, lalu login ulang dengan akun yang sudah pasti terdaftar sebagai pengguna platform tersebut.
  • Gunakan koneksi internet yang stabil.
  • Lakukan restart ulang HP atau bahkan reset (jika diperlukan).

Cukup simple kok cara mengirim tugas ke Classroom. Dijamin, kamu bisa langsung praktek cara mengirim tugas di Classroom dengan mudah. Kerjakan tugasmu sekarang juga!

 

Related posts