Cara Bayar Shopee PayLater

Bagaimana sih cara bayar Shopee PayLater? Apakah ada denda yang diberikan apabila telat membayar Shopee PayLater? Lantas, apa saja langkah langkah untuk membayar Shopee PayLater?

Selain menjadi salah satu online shope / e-commerce terbesar di Asia, shopee hadir memberikan beragam promo dan juga layanan menarik untuk para pengguna setianya. Tak sampai situ saja, harga sebuah produk yang dipasarkan di Shopee sendiri terbilang cukup terjangkau. Sehingga, hal ini bisa sangat membantu pengguna ketika ingin membeli produk dengan tetap menghemat pengeluaran mereka.

Itulah mengapa saat ini shopee hadir dengan layanan dompet digital atau metode pembayaran yang sangat terkenal, yakni Shopeepay. Sebagaimana kita tau, Shopeepay atau Shopee Payment merupakan metode pembayaran yang sangat memudahkan pengguna.

Pengguna tinggal melakukan topup, dan kemudian bisa melakukan transaksi atau membayar belanjaan mereka dengan metode pembayaran Shopeepay. Tapi tentunya, pengguna harus terlebih dulu melakukan top up saldo, untuk bisa menggunakan Shopeepay.

Gak cuma itu aja, Shopee juga memiliki program baru yang bernama Shopee Paylater. Yang mana, sistem kerja dari Shopee Paylater sendiri tak jauh berbeda dengan layanan Paylater pada umumnya. Dimana pengguna bisa menggunakan saldo Shopeepay terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan mereka, baru kemudian membayar jumlah penggunaan Saldo Paylater tersebut, diakhir bulan atau bahkan sebelum jatuh tempo yang ditentukan.

Dengan begitu, pengguna yang mungkin terjebak krisis keuangan diakhir bulan, bisa menggunakan layanan Paylater untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tapi perlu diingat, ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menggunakan layanan Shopee Paylater. Diantaranya

  • Akun Shopee harus sudah digunakan lebih dari 3 bulan
  • Rutin menggunakan Transaksi dengan metode Shopeepay
  • Kalkulasi belanjaan dalam 3 bulan adalah 1.800.000

Kurang lebih seperti itu. Maka dari itulah, jika kamu adalah pengguna Shopee yang lebih dari 3 bulan, maka kalian wajib banget tahu nih, tentang tata Cara Bayar Shopee Paylater, apabila sebelumnya kalian belum pernah menggunakan layanan Shopee Paylater, dan ingin mencobanya. Seperti:

Cara Bayar Shopee PayLater

Cara Bayar Shopee PayLater
Bayar Shopee PayLater

1. Transfer Bank

Langkah pertama yang bisa kalian gunakan untuk melakukan pembayaran Shopee Paylater adalah dengan menggunakan layanan BANK yang kalian miliki. Cara ini terbilang sangat mudah, dan juga bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun selama kalian menemukan mesin ATM yang sesuai dengan BANK kalian.

Adapun cara yang bisa kalian lakukan adalah

  • Buka Aplikasi Shopee terlebih dahulu, dan kemudian masuk ke bagian Profil yang ada dibagian pojok kanan bawah
  • Setelah itu, klik pada menu Shopee Paylater
  • Nah, disini kalian akan melihat menu Jumlah tagihan yang harus dibayar bulan ini
  • Lalu, jika dirasa sudah mendekati jatuh tempo, dan ingin melakukan pembayaran, langsung saja klik tombol BAYAR SEKARANG
  • Setelah itu, kalian akan melihat pilihan METODE PEMBAYARAN yang bisa digunakan. Karena disini kita menggunakan BANK, pilih saja menu BANK TRANSFER, dan kemudian pilih BANK yang akan digunakan, diantaranya ada BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, dan juga Bank BRI, dan selanjutnya klik lagi tombol BAYAR SEKARANG
  • Tunggu beberapa saat dan kalian akan melihat Info Pembayaran beserta Nomor Virtual Account untuk digunakan sebagai Payment Gateway / pembayaran Shopee Paylater.

Nah kalian juga bisa melihat instruksi yang diberikan dari tiap bank yang ada. Walaupun metode yang digunakan adalah Transfer Bank, tapi tetap saja kok, pihak Shopee memberikan opsi atau cara untuk para pengguna layanan Internet Banking atau E-Banking di tiap bank yang berbeda.

Dan sedikit informasi untuk kalian yang menggunakan Bank Mandiri dengan pembayaran bank Transfer lewat Mandiri Online, ketika mengisikan nomor Virtual Account, pastikan pada saat mengisi Penyedia Jasa, kalian memilih Shopee Paylater CF dan baru kemudian mengisikan Nomor VA, atau Nomor Virtual Account yang tertera.

2. Indomaret

Selanjutnya, jika mungkin kalian tidak memiliki rekening Bank, kalian juga bisa kok menggunakan cara kedua, yakni dengan melakukan pembayaran Shopee Paylater melalui Merchant / Store Indomaret, dengan menggunakan uang Tunai.

Cara ini juga terbilang simple dan mudah, terlebih untuk kamu yang mungkin hanya memiliki uang cash, dan belum sempat melakukan setor tunai di ATM. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka Aplikasi Shopee yang ada diperangkat Android ataupun iOS kalian
  • Setelah terbuka, langsung saja kunjungi bagian profile yang ada dibagian paling kanan bawah aplikasi Shopee
  • Setelah itu, klik pada menu Paylater. Dan kemudian kalian akan melihat jumlah tagihan yang harus dibayarkan bulan ini.
  • Klik pada menu Bayar Sekarang, dan gunakan Metode pembayarannya menjadi Indomaret
  • Setelah itu, klik lagi tombol Bayar Sekarang¸dan kalian akan mendapatkan kode bayar yang bisa di Screenshoot, ataupun kalian catat.
  • Lalu, kalian bisa mengunjungi Indomaret terdekat dengan membawa serta kode bayar tadi, dan katakan kepada kasir bahwa kalian ingin membayar Shopee Paylater.
  • Lalu, berikan kode bayar tadi, dan kasir akan memprosess pembayaran kalian.
  • Tunggu beberapa saat dan kalian akan merima struk atau bukti pembayaran Shopee Paylater, untuk kemudian disimpan sebagai tanda bayar yang sah.

Dalam beberapa kasus, ada saja pihak indomaret yang mungkin mengalami kesalahan sistem atau error untuk melayani pembayaran untuk Shopee, oleh sebab itu pastikan kalian bertanya terlebih dahulu kepada pihak kasir, apakah bisa untuk melakukan pembayaran shopee paylater, atau tidak. Dan jangan lupa, ada tambahan biaya admin yang harus dibayarkan. Jadi pastikan uangmu cukup.

3. ShopeePay

Langkah terkahir adalah dengan menggunakan Saldo dari Shopeepay itu sendiri. Cara ini terbilang sangat efisien. Sebab ketika mungkin kalian tidak memiliki waktu untuk pergi ke indomaret, ataupun tidak memiliki rekening, kalian bisa meminta kepada teman kalian untuk melakukan pengisian saldo Shopeepay kalian, dan kemudian mengganti uang tersebut secara tunai.

Barulah ketika saldo Shopeepay kalian terisi, kalian bisa menggunakan layanan Shopeepay Itu sendiri untuk melakukan pembayaran ke Shopee Paylater. Caranya adalah sebagai berikut ini.

  • Buka Aplikasi Shopee kalian di perangkat Android ataupun iOS
  • Lalu, klik pada bagian profil
  • Pilih pada menu PayLater.
  • Setelah itu, kalian akan melihat besaran jumlah tagihan dalam 1 bulan yang harus kalian bayarkan.
  • Klik tombol Bayar Sekarang dan kemudian kalian akan diarahkan pada laman Metode pembayaran
  • Setelah itu, ganti metode pembayaran tadi dengan Shopeepay
  • Dan kemudian, langsung saja klik tombol Bayar Sekarang lagi
  • Tunggu beberapa saat sampai akhirnya kalian melihat konfirmasi pembayaran
  • Kalian akan diminta untuk melakukan atuh / verifikasi dengan memasukkan PIN Shopeepay, ataupun sidik jari / fingerprint.
  • Tunggu sampai pembayaran selesai, dan kalian akan menerima notifikasi jika pembayaran sudah berhasil dilakukan.

Selain mempermudah pengguna, penggunaan Shopeepay sendiri bisa sangat efektif terlebih apabila kamu adalah tipe orang yang senang melakukan Top Up secara rutin. Misalnya 10.000 per-minggu, atau 100.000 perbulan.

Maka ketika kalian menggunakan layanan Shopee Paylater, maka kalian juga bisa setidaknya mencicil pembayaran Shopee Paylater dalam jangka waktu 1 bulan, demi kemudahan dan juga keringanan pembayaran Shopee Paylater.

Hal paling penting dalam menggunakan Shopee Paylater adalah, kalian TIDAK DIANJURKAN untuk memiliki tunggakan bulanan, pastikan pembayaran yang kalian lakukan tepat waktu, untuk menghindari denda dan pemblokiran / tidak bisa menggunakan Shopee Paylater kembali.

Demikianlah artikel tentang cara bayar Shopee Paylater, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi