Cara Mengunci File PDF Agar Tidak Bisa Diedit dan Dicopy

Cara Mengunci File PDF
Cara Mengunci File PDF

Cara mengunci file PDF agar tidak bisa diedit serta dicopy, dapat kamu lakukan dengan berbagai metode yang sangat mudah. Bahkan, kamu bisa melakukannya dalam hitungan menit saja. Seperti sudah kamu ketahui, bahwa PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format. Sehingga, PDF menjadi salah satu format yang dibuat oleh Adobe untuk memudahkanmu dalam hal bertukar file dokumen.

Mengunci file pdf ini sangat direkomendasikan untukmu, karena bisa menjaga file PDFmu tetap aman dan tidak bisa diedit ataupun dicopy sehingga dapat meminimalisir kejahatan Tindakan plagiat.

Metode ini memang sering dipakai oleh para mahasiswa untuk melindungi file tugas yang mereka kerjakan dari penjiplakan oleh teman sebaya. Jika kamu adalah salah satu mahasiswa yang khawatir akan hal itu, maka bisa langsung membaca penjelasan pada artikel kali ini.

Rekomendasi Situs Untuk Mengunci PDF

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama mengenai cara mengunci file PDF, alangkah baiknya jika kamu mengetahui rekomendasi situs yang dapat kamu gunakan untuk mengunci file PDF. Situs-situs tersebut adalah.

  1. Small PDF

Ada banyak sekali tools yang tersedia di situs small pdf ini, bahkan tidak hanya untuk mengubah format dari PDF ke JPG atau sebaliknya saja, situs ini juga dapat kamu gunakan untuk mengunci file PDFmu yang penting sehingga tidak dapat disalin ataupun diedot. Kamu juga dapat menggunakan situs ini untuk mengedit isi PDF, menurunkan ukuran PDF, dan lain sebagainya.

  1. ILovePDF

Situs kedua ini mempunyai system kerja yang hampir sama dengan small PDF. Adapun fitur yang disediakan oleh situs ini, antara lain adalah Merge PDF, Split PDF, Compress PDF, Convert PDF, dan masih ada banyak fitur lainnya.

Bahkan uniknya, kamu juga bisa mengunci file PDFmu dengan menggunakan layanan yang disediakan oleh situs ini, untuk cara-caranyapun hamper sama saat kamu menguncinya dengan Small PDF, yaitu cukup dengan mengubah file PDF ke JPG lalu kemudian ubah file JPG ke PDF Kembali.

Cara Mengunci File PDF

Cara Mengunci File PDF
Cara Mengunci File PDF

Sebenarnya, penguncian file PDF ini dapat kamu lakukan dengan berbagai metode. Bahkan, kamu bisa menambahkan kata sandi dan mengenkripsinya, maka secara otomatis file PDFmu akan menjadi aman. Metode ini juga sangat dianjutkan jika kamu mempunyai file penting, ataupun file tugas mata kuliah yang tidak ingin diplagiat oleh teman-temanmu.

Hal ini dikarenakan hanya kamu yang memperbolehkan orang tertentu untuk bisa membaca file PDFmu namun tidak bisa memperbanyak, menyalin, hingga mengedit smeua yang ada di file PDF tugasmu. Untuk memudahkanmu melakukan hal ini, maka kami akan memandumu untuk mengunci file PDF sehingga tidak dapat diapa-apakan orang lain secara sembarangan. Berikut adalah panduan cara mengunci file PDF yang mudah , lengkap, dan tanpa ribet.

Cara Mengunci File PDF Menggunakan Adobe Acrobat

Perlu kamu ketahui, bahwa laptop semua merk saat ini sudah dilengkapi dengan aplikasi adobe acrobat. Jika laptopmu sudah dilengkapi dengan aplikasi ini, maka kamu bisa memanfaatkan untuk melakukan penguncian terhadap file PDF agar tidak bisa diedit dan disalin. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

  • Pertama, silahkan kamu membuka file PDF yang ingin kamu kunci melalui aplikasi adobe acrobat
  • Setelah itu, silahkan kamu mengklik tab menu tools dan segera pilih protect
  • Silahkan kamu memilih metode yang paling tepat untuk dapat melindungi file PDFmu tersebut. Apakah kamu ingin menggunakan kata sandi atau enkripsi ketika pembaca lain ingin melakukan pengeditan
  • Jika kamu memilih metode dengan memasukkan kata sandi, maka kamu tinggal masukkan kata sandi dengan cukup menekan OK. Sekedar saran, gunakan kata sandi yang merupakan campuran huruf dan angka namun tetap mudah untuk diingat kapanpun
  • Jika sudah, maka simpanlah perubahan dengan hanya menekan tombol save
  • Proses penguncian file PDFpun sudah berhasil kamu lakukan dengan waktu yang sangat singkat

Cara Mengunci File PDF Dengan PDF 2 Go

Kamu bisa melakukan penguncian file PDF melalui situs PDF 2 Go. Situs ini memang sering digunakan oleh para mahasiswa ketika ingin mengunci file PDF mereka. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

  • Pertama-tama, silahkan kamu membuka laman resmi PDF 2 Go di https://www.pdf2go.com/protect-pdf
  • Setelah kamu berhasil membuka laman tersebut, maka bisa langsung menekan tombol choose file atau juga bisa kamu menyeret dokumen ke atas kotak yang bewarna merah
  • Untuk hal di atas, kamu bisa menambahkan file melalui URL, dropbox, dan google drive
  • Jika kamu sudah berhasil menambahkan file PDF yang diinginkan, maka kamu tinggal gulir ke bawah pada bidang permissions lalu centang prevent copying dan prevent modifying
  • Kemudian pada opsi enter permission password dan repeat permisision password maka silahkan masukkan kata sandi izin untuk melakukan pengeditan
  • Dengan memasukkan kata sandi tersebut, maka hanya orang-orang tertentu yang bisa mengetahui kata sandi dan melakukan copy
  • Setelah berhasil memasukkan kata sandi, maka kamu tinggal klik tombol mulai dan tunggulah sampai proses selesai
  • Jika sudah, maka silahkan kamu melakukan pengunduhan file PDF dan berhasil sudah dikonversi.

Cara Mengunci File PDF Menggunakan Situs Konverter PDF to JPG

Selain menggunakan situs di atas, kamu juga bisa menggunakan situs yang biasa digunakan untuk mengkonversi file PDF to JPG. Sebenarnya, ada banyak situs converter yang dapat kamu gunakan untuk mengunci file PDF agar tidak bisa diedit dan dicopy selain dirimu. Lalu bagaimana cara mengunci file PDF dengan menggunakan situs-situs koventer? Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, silahkan kamu membuka terlebih dahulu salah satu situs converter seperti smallpdf.com
  • Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman converter PDF to JPG
  • Kamu tinggal mengunggah file PDF yang ingin kamu kunci untuk meghindari hal-hal yang tidak inginkan dengan cara mengubah file PDF jadi JPD dulu
  • Sekarang, arahkan situs ke halaman convert JPG to PDF dan silahkan mengunggah filenya ulang
  • Ikutilah petunjuk hingga file JPG menjadi PDF lagi
  • Selesai! Kini file PDFmu sudah tidak akan bisa diedit oleh siapapun dan disalin secara ngawur

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada banyak metode lain yang dapat kamu gunakan untuk mengunci file PDF di internet, namun metode-metode di atas adalah metode yang sangat direkomendasikan untuk kamu. Hal ini tentu dikarenakan kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk mengunci file PDF serta keamanan file PDFmu sangat dijamin dan tinggi.

Jika panduan terkait bagaimana cara mengunci file PDF di atas sangat membantumu untuk menfile penting, maka jangan lupa untuk membagikannya kepada keluarga ataupun teman-teman terdekatkmu. Jika kamu menemukan atau gagal dalam proses penguncian, maka kemungkinan kamu salah dalam suatu langkah, oleh karena itu alangkah baiknya kamu membaca panduan di atas sebelum menerapkannya langsung di lapangan.

Menarik Untukmu:

Cara Mengisi Voucher XL
Cara Mengunci Aplikasi WA Di HP Samsung
Cara Mengubah Video Menjadi Audio
Cara Mengunci Chat Whatsapp
Cara Mengunci Excel
Cara Mengunci WA Di HP OPPO
Cara Mengunci WA Di HP Vivo
Cara Mengisi Informasi Tambahan di Jobstreet
Cara Mengunci File PDF
Cara Mengisi Kartu e Toll

Related posts