Cara Mengisi Informasi Tambahan di Jobstreet yang Menarik!

Business situation, job interview concept. Job seeker present resume to managers.

Untuk mempromosikan diri di Jobstreet, tentu bukan hanya sekedar mengisi profil dan CV yang menarik saja. Kamu harus bisa membuat perusahaan selaku pembaca profilmu di Jobstreet menjadi tertarik merekrutmu. Dari sini, kita akan bahas cara mengisi informasi tambahan di Jobstreet.

Banyak orang yang bingung saat mengisi informasi tambahan di Jobstreet. Padahal informasi ini penting untuk memaksimalkan promosi diri kamu sendiri agar pembaca penasaran dengan profilmu.

Read More

Ibarat berdagang, kamu harus mempromosikan produk jasa maupun barang semaksimal mungkin dengan bahasa marketing yang menarik. Hal ini juga berlaku bagi kamu yang ingin  mendapatkan pekerjaan lewat Jobstreet.

Silahkan upgrade kembali CV, profil, jika perlu ikuti beberapa pelatihan untuk menambah portofolio. Baru setelah itu, tambahkan informasi menarik tentang dirimu dan tentu saja dengan bahasa yang meyakinkan.

Cara Mengisi Informasi Tambahan di Jobstreet

Cara Mengisi Informasi Tambahan di Jobstreet
Mengisi Informasi Tambahan di Jobstreet

Jobstreet adalah situs web pencari lowongan kerja online. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu membuat akun dan selanjutnya bisa mulai melamar pekerjaan yang didambakan.

Akan tetapi, sebelum anda mengajukan lamaran, alangkah baiknya menuliskan informasi secara singkat dengan maksimal sebanyak 300 karakter mengenai diri kamu sendiri beserta skill yang dikuasai.

Kamu juga harus tahu kenapa perusahaan memilihmu sebagai pegawai atau karyawan. Inilah bagian promosi yang sangat penting ketika melamar pekerjaan online. Dapat dikatakan bahw promosi singkat atau informasi tambahan yang ditulis ini dapat memberikan kesan pertama rekruter terhadap diri kamu.

Berikut tips cara mengisi informasi tambahan di Jobstreet di bawah ini :

1. Pakai Bahasa Indonesia Dengan Baik

Ketika menambahkan informasi di Jobstreet untuk keperluan promosi diri, pastikan kamu memakai tulisan dengan huruf kapital dan tanda baca yang benar. Pastikan pula susunan kalimatnya harus benar, karena dapat mencerminkan tingkat intelektualitas diri kamu sekaligus karakter kamu.

Apalagi jika kamu menguasai bahasa Inggris, silahkan tulis informasi tambahan di Jobstreet ini dengan bahasa Inggris melalui pemakaian grammar yang tepat.

2. Pastikan Skill Sesuai Posisi yang Kamu Lamar

Cara mengisi informasi tambahan di Jobstreet selanjutnya ketika menambahkan promosi, pastikan skill kamu sesuai posisi yang akan dilamar. Sebab para perekrut biasanya ingin kandidat di perusahaan mereka memiliki skill dan pengalaman sesuai posisi.

Kamu bisa menjelaskan pengalaman dan keahlian bekerja menggunakan kalimat singkat. Berikut contohnya :

“Saya menguasai dunia kepenulisan. Bisa menulis artikel SEO dan copywriting. Pengalaman menjadi penulis di Wigatos.com selama 5 tahun. Bisa berbahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulisan.”

Namun jika masih fresh graduate dan belum memiliki pengalaman, maka kamu tetap harus menjelaskan skill yang dikuasai apa saja, walaupun hal umum atau hal kecil yang kamu miliki.

3. Jangan Memakai Kalimat Umum

Sebaiknya hindari uraian kalimat penutup pada promosi, misalnya saja “Saya bisa bekerja sama dalam tim”. Karena pihak HRD Sebenarnya sudah bosan dan kebal dengan penggunaan kalimat ini.

Selain itu, hal-hal tersebut tidak akan memperoleh penilaian. Sebab yang dibutuhkan perusahaan adalah pengalaman dan kemampuan.

Contoh Kata-kata Informasi Tambahan di Jobstreet

Ada beberapa macam contoh informasi tambahan di Jobstreet yang bisa dijadikan sebagai referensi :

  • Saya lulusan baru S-1 Graphic Designer. Terbiasa menggunakan software design grafis, diantaranya seperti photoshop, adobe illustrator, dan corel draw. Mampu berbicara dan menulis bahasa Inggris. Saya berpengalaman magang di PT Digitalisasi selama 4 bulan.
  • “Lulusan S-1 teknik Kimia yang telah berpengalaman kerja di bidang Quality Control selama 1 tahun di PT. xxx. Mempunyai kemampuan menganalisa produk dengan baik.
  • “Saya sudah terbiasa menggunakan program Ms.Office. Mempunyai pengalaman bekerja di salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar selama 3 tahun.”

Kamu bisa mengkreasikan semua kata-kata di atas sesuai dengan pengalaman dan kemampuan yang kamu miliki dengan memakai bahasa yang lebih menarik.

Tips Promosi di Jobstreet Dengan Benar

Berdasarkan pembahasan di atas, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika menambahkan informasi di Jobstreet sebanyak 300 karakter, antara lain :

  • Harus menulis informasi tambahan dengan bahasa mudah dipahami, singkat dan jelas.
  • Kamu harus menuliskan kemampuan sesuai kebutuhan dari lowongan kerja.
  • Tuliskan informasi tambahan dengan jujur.

Bagaimana Cara Mendaftar di Jobstreet.co.id?

Pengguna baru di Jobstreet? Kamu mungkin belum berpengalaman menggunakan Jobstreet. Jika demikian, harus tahu cara mendaftar situs web Jobstreet terlebih dahulu :

  • Masuk ke situs web dengan link berikut : www.jobstreet.co.id.
  • Tekan Daftar Gratis.
  • Inputkan nama sesuai KTP, mulai dari nama depan, belakang, akun email aktif beserta kata sandi.
  • Tambahkan informasi dasar mengenai diri kamu untuk bisa dijadikan sebagai keyword supaya informasi lowongan kerja yang diterima sesuai yang kamu inginkan. Tekan tulisan tunjukkan info lowongan pekerjaan saya.
  • Jika sudah, kamu akan diminta verifikasi akun email.
  • Silahkan buka akun emailmu, kemudian daftarkan, lalu pilih pesan pada Jobstreet. Tekan verifikasi.
  • Kamu sudah bisa masuk ke situs web Jobstreet menggunakan password dan email yang telah didaftarkan sebelumnya.
  • Lakukan pengisian datadiri dengan benar, supaya perusahaan bisa memperoleh informasi mengenai diri kamu dengan benar. Silahkan isi profil  selengkapnya, pendidikan, pengalaman, dan lainnya, lalu upload resume kamu.
  • Kamu kini sudah bisa memakai website Jobstreet dalam melamar pekerjaan sesuai keinginan. Caranya klik Cari Lowongan.

Bagaimana cara supaya lamaran kerja di Jobstreet cepat diterima?

Ada beberapa trik yang perlu kamu perhatikan ketika melamar kerja di Jobstreet, antara lain :

  • Tuliskan biodata diri menggunakan bahasa dengan benar.
  • Pastikan kemampuan yang dimiliki harus sesuai posisi yang kamu lamar.
  • Lakukan pengaturan pada akun Jobstreet kamu supaya perekrut dapat menemukanmu.
  • Harus selalu rutin melakukan koreksi profil pada Jobstreet.

Kenapa lamaran di platform Jobstreet hanya ada keterangan received?

Arti dari keterangan received adalah resume milikmu telah diterima perusahaan, serta siap direview atau diulas. Silahkan tunggu.

Berapa lama HRD perusahaan memproses lamaran lewat jobstreet?

Lama proses untuk lamaran kerja di Jobstreet hingga kamu mendapat panggilan wawancara biasanya memerlukan waktu maksimal selama 2 bulan.

Bagaimana apabila tidak datang wawancara Jobstreet?

Jika kamu tidak hadir interview sebanyak dua kali, maka kamu akan dilarang untuk melamar pekerjaan selama 180 hari berikutnya.

Berapa jumlah batas melamar lewat Jobstreet?

Melalui Jobstreet, kamu bisa melihat mana saja perusahaan yang telah melihat aplikasi lamaran kamu. Sesudah 200 lamaran, kamu tidak dapat melamar lowongan pekerjaan kembali. Karena pihak Jobstreet hanya membatasi seseorang dengan maksimal lamaran sebanyak 200 per bulannya.

Apakah Jobstreet dapat dipercaya?

Mengingat sudah banyaknya orang atau pengguna yang mendapatkan pekerjaan lewat Jobstreet, maka dapat dipastikan bahwa aplikasi ini sudah terpercaya dan bersifat user friendly. Jobstreet juga menawarkan fitur lengkap dan banyak pengguna.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan cara mengisi informasi tambahan di Jobstreet sesuai penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa informasi ini sangat penting karena mempengaruhi cepat atau lambatnya diterima kerja lewat Jobstreet. Maka dari itu, jangan abaikan penulisan informasi tambahan atau promosi diri kamu di Jobstreet.

Menarik Untukmu:

Cara Mengisi Voucher XL
Cara Mengunci Aplikasi WA Di HP Samsung
Cara Mengubah Video Menjadi Audio
Cara Mengunci Chat Whatsapp
Cara Mengunci Excel
Cara Mengunci WA Di HP OPPO
Cara Mengunci WA Di HP Vivo
Cara Mengisi Informasi Tambahan di Jobstreet
Cara Mengunci File PDF
Cara Mengisi Kartu e Toll

Related posts