Cara Export Excel ke PDF

Perangkat lunak atau software Microsoft Office, terdiri dari beberapa jenis. Diantaranya, ada Excel, Word, PowerPoint, Groove, Outlook, dan lain sebagainya. Sedangkan Adobe Acrobat System, merupakan aplikasi dokumen yang bergerak terpisah dari Microsoft. Adapun format yang dikembangkan olehnya, yaitu PDF. Integrasi melalui cara export Excel ke PDF, mudah.

Sinkronisasi hubungan antara kedua format tersebut, biasanya dilakukan perihal urusan kerja ataupun kegiatan akademik. Convert atau pengubahan formatnya sendiri, sangat mudah. Bisa dilakukan secara online maupun offline. Langsung unduh aplikasinya, atau gunakan bantuan dari website converter. Bebas akses selama 24 jam. Selain itu, biaya operasionalnya 0 rupiah.

Apa Sih Microsoft Excel Itu?

Ms. Excel merupakan salah satu bentuk program yang dikemas menjadi sebuah aplikasi sheet atau lembar kerja untuk pengolahan data. Analisis data, hingga pendristibusian dari dokumen tersebut, dapat dilakukan melalui perangkat berbasis Windows maupun  Mac OS. Program ini, bisa kalian lihat dan edit sedikit dem sedikit melalui smartphone, tab, atau iPad. Lebih efektif.

Beralih ke masa kehadiran, atau peluncuran perdana dari Microsoft Excel di tahun 1985. Saat itu, aplikasi ini hanya dapat dioperasikan melalui operating system Macintosh atau Mac OS. Bahkan, namanya saja masih dengan sebutan Excel saja. Setelah melewati problematika dari beberapa perusahaan, akhirnya diputuskan untuk diganti sebagai Microsoft Excel. Update on.

Perkembangan dari Ms. Excel  di tahun 1987, menunjukkan hasil yang positif. Dimana, versi 2.0 tersebut, berhasil menduduki keberhasilan. Hal ini, dikarenakan Microsoft Excel sudah terlebih dahulu melakukan terobosan dalam versi Windows. Sedangkan saingannya Lotus 1-2-3, kala itu masih mengembangkan MS-DOS. Tahun 1988, Ms. Excel laris manis di pasaran.

Terkait:  Cara Export Adobe Premiere

Cara Export Excel ke PDF

Cara Export Excel ke PDF
Cara Export Excel ke PDF

Cara Export Excel ke PDF Landscape

Dokumen yang disimpan dalam program Ms. Excel, selanjutnya dapat diteruskan untuk dapat dibagikan ke orang lain atau dicetak menjadi bentuk hard file. Akan tetapi, di beberapa kasus, terkadang membuat hasil suntingan file yang telah dilakukan sebelumnya jadi berubah. Oleh karena itu, disarankan untuk mengubahkan terlebih dahulu ke PDF. Convert secara gratis.

Cara export Excel ke PDF Landscape, sering kali dilakukan oleh mereka yang tidak ingin hasil cetakan dokumennya menjadi terpotong. Supaya kalian tidak menghambur-hamburkan pemakaian kertas untuk mencetak. Lakukan langkah-langkah berikut agar hasil file yang akan dicetak sesuai keinginanmu. Simak selengkapnya di bawah ini:

  1. Buka dokumen Excel yang akan kalian sunting
  2. Ketuk menu “Size” untuk mengatur ukuran paper
  3. Pilih ukuran standar, yaitu A4
  4. Kembali ke worksheet, lalu pilih print preview atau CTRL+P
  5. Muncul tampilan kertas yang akan terlihat setelah dicetak
  6. Apabila ada garis putus, artinya data kalian terbagi menjadi dua halaman
  7. Supaya tetap jadi 1 halaman, persempit kolom datanya
  8. Atur ulang posisi cetakan kertas menjadi “Landscape”
  9. Perhatikan kolom print preview, sebelum mulai mencetak
  10. Klik opsi “Save”, untuk menyimpan hasil suntingan file.

Berikutnya, kalian perlu mengubah file menjadi format PDF. Cara export Excel ke PDF, bisa kamu lakukan melalui website converter atau langsung di Microsoft Excel tersebut. Pilih file yang akan kalian ubah. Kemudian, klik “Export”. Setelah itu, pilih “Create PDF/XPS. Ketik “Nama Dokumen”. Lanjutkan dengan memilih tombol “Publish”. Otomatis, doc. tersimpan.

Cara Export Excel ke PDF Semua Sheet

Sadarkah kalian? terkadang di dalam satu dokumen excel dapat kalian temukan beberapa lembar kerja atau worksheet yang berisikan kumpulan data. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari kalau penyimpanan ke format PDF tidak dapat dilakukan sekaligus. Kamu perlu melakukannya satu per satu secara manual. Tetapi, ada trik cepat untuk mengatasinya.

Terkait:  Cara Export PDF ke Word

Cara export Excel ke PDF semua sheet dengan mudah dan cepat. Meskipun langkah-langkah yang akan diberikan kali ini sedikit menyulitkan. Tapi, asalkan kamu mengikutinya step by step. Maka, penyimpanan lebih dari satu lembar kerja bisa tersimpan dalam satu folder saja. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Tentukan rentang dokumen yang akan disimpan menjadi PDF
  2. Bila kamu memilih semua lembar kerja, lewati langkah nomor 1
  3. Pilih “Fillet”, lalu klik opsi “Simpan Sebagai”
  4. Muncul pop-up windows Save As
  5. Klik “PDF” pada kolom “Save As Type”
  6. Isi “Nama Dokumen” pada “File Name”
  7. Ketuk “Pilihan” yang ada di bagian bawah pop-up windows
  8. Terlihat tampilan “Options” > klik “All” di page range
  9. Pada kolom Publish what, ketuk opsi “Entire Workbook”
  10. Centang seluruh kotak di Include non-printing information
  11. Pilih tombol “Ok”, dan cara export Excel ke PDF telah selesai.

Cara Simpan File Excel ke PDF Melalui Kutools

Mungkin saja, sebagian dari kalian jarang sekali memperhatikan fungsi dari Kutools yang terdapat di dalam program Microsoft Excel. Ternyata, menu tersebut dapat digunakan ketika pengguna ingin lakukan ekspor rentang ke dalam file di worksheet yang dibuka. Dimana, rentang yang dimaksud adalah penyimpanan file terpilih saja. Bukan keseluruhan dokumen.

Cara simpan file Excel ke PDF melalui Kutools dengan mudah. Lakukan instalasi tools-nya terlebih dahulu. Pemasangan Kutools, klik disini. Berikut, tahapan untuk ekpor Excel ke PDF selengkapnya:

  1. Tentukan rentang yang akan disimpan
  2. Pilih menu “Kutools Plus”, lalu klik “Ekspor Impor”
  3. Ketuk opsi “Ekspor Rentang ke File” atau export range to file
  4. Muncul pop-up windows, pilih file format “PDF”
  5. Centang kotak “Preserve Formatting”
  6. Pilih folder untuk menyimpan di “Save Directory”
  7. Centang “Open The File After Exporting”
  8. Pilih tombol “OK”
  9. Pop-up windows berikutnya, ketik “Save Selection as PDF File”
  10. Ketuk tombol “OK”
  11. Tunggu beberapa saat, dan file kalian berhasil disimpan sebagai PDF.
Terkait:  Cara Crop di PDF

Export Excel ke PDF Secara Terpisah

Berikut adalah beberapa langkah yang kalian lakukan, ketika ingin menyimpan hasil dari lembar kerja yang ada ke dalam format PDF. Simpan secara terpisah dari entire workbook sebagai PDF. Simak penjelasannya disini:

  1. Pilih “Kutools Plus” pada Ms. Excel kalian
  2. Ketuk menu “Workbook atau Buku Kerja”
  3. Lalu, klik “Split Workbook” untuk memisahkan lembar kerjanya
  4. Periksa ulang worksheet yang akan disimpan menjadi PDF
  5. Centang sheet yang ingin kalian ubah ke PDF > “Save as type PDF”
  6. Pilih tombol “Split”, lalu klik folder penyimpanan
  7. Tentukan folder tempat menyimpan file, di “Browse for folder”
  8. Klik “OK”, dan proses cara export Excel ke PDF selesai.

Pengguna Ms. Excel juga dapat melakukan penyimpanan file ke dalam format PDF melalui bantuan dari situs resmi Smallpdf. Website ini, dapat kalian akses secara gratis. Tersedia juga versi aplikasinya yang bisa kamu unduh langsung, di Google Play Store atau App Store. Ini, memungkinkan para user untuk mengoperasikan software melalui perangkap smartphone.

Aktifkan akun premium untuk mendapatkan kemudahan akses ke berbagai tools menarik di dalam Smallpdf.  Pilih “Free Trial” agar kamu bisa menikmati layanan gratis selama 1 bulan menggunakan tools premium.

Sekian pembahasan cara export Excel ke PDF kali ini. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. See you on the next topics. Have a good rest, and bye bye.

Related posts