Cara Mengecek Touchscreen Samsung

Touchscreen hp adalah komponen terpenting yang perlu dicek setiap saat. Karena bagaimanapun, komponen ini mempengaruhi jalannya perangkat. Begitupun dengan touchscreen hp Samsung. Dari sini, penting sekali mengetahui cara mengecek touchscreen Samsung apakah normal atau bermasalah.

Biasanya pengecekan touchscreen hp Samsung juga berlaku bagi kalian yang hendak membeli hp Samsung bekas. Karena kita tidak tahu, apakah touchscreen tersebut masih berfungsi ataukah tidak. Selain itu, jika untuk keperluan pengecekan rutin mungkin penting agar masalah pada touchscreen hp tidak berkelanjutan.

Read More

Jika kalian sudah mengecek touchscreen dan ternyata ada masalah pada layar hp Samsung kalian, maka kalian tinggal mengatasinya saja.

Masalah Pada Touchscreen Samsung

Sebenarnya kerusakan yang menyerang layar ponsel dikarenakan oleh goresan atau akibat terjatuh. Sehingga bisa saja merusak komponen yang ada di dalamnya, sehingga dapat mempengaruhi kinerja layar hp Samsung kalian. Ketahui beberapa masalah pada touchscreen hp Samsung berikut :

1. Tampilan layar bermasalah

Salah satu masalah yang sering dialami pada layar hp adalah shadow. Kondisi ini disebabkan oleh adanya malfungsi pada layar. Kalian akan melihat ada warna bayangan pada layar ponsel dan biasanya tejradi permanen. Selain itu, layar juga berwarna merah atau kuning menutupi area utama. Umumnya layar akan berwarna kuning atau merah yang menutupi area utama.

Terkait:  Cara Cek HP Samsung

2. Layar Tidak Berfungsi

Layar yang tidak berfungsi selain dikarenakan oleh perangkat bagian dalamnya yang bermasalah, juga disebabkan oleh gesekan dari benda tumpul bahkan hp terjatuh dan langsung mengenai layar.

3. Layar Kurang Responsif

Biasanya kondisi ini terjadi akibat hp terlalu lama dalam kondisi standby, serta dibiarkan membuka berbagai macam program aplikasi maupun game-game berat. Sehingga membuat perangkat dan layar hp menjadi overheat. Di waktu yang bersamaan, layar hp menjadi tidak responsif.

Cara Mengecek Touchscreen Samsung

Cara Mengecek Touchscreen Samsung
Tutorial Mengecek Touchscreen Samsung

Jika sudah tahu beberapa masalah yang dialami oleh layar hp Samsung di atas, kini kalian harus bisa mengeceknya sendiri. Dengan mengecek kondisi touchscreen Samsung, maka masalah sekecil apapun pada layar dapat diidentifikasi segera, dan dapat diatasi dengan cepat sebelum semakin parah.

Ada beberapa metode cara mengecek touchscreen Samsung yang perlu kalian tahu di bawah ini :

Metode 1 : Cek Touchscreen Samsung Secara Manual

Jangan terlalu terburu-buru untuk mengecek sensitivitas layar Samsung. Hal yang perlu dilakukan pertama kali, kalian bisa mengecek fisik layar hp terlebih dahulu. Ini dilakukan ketika kalian ingin membeli ponsel Samsung bekas atau second. Jadi, cara ini tidak perlu dilakukan apabila kalian ingin membeli Samsung baru.

Silahkan cara mengecek touchscreen Samsung dengan cara manual :

1. Cek Kondisi Fisik Layar

Sumber : Paslen.com

Bagi HP Samsung second, layar yang normal adalah yang tidak akan menunjukkan kerusakan menonjol seperti adanya retakan di beberapa sudut atau mungkin layar pecah akibat gesekan benda atau terjatuh. Apabila adanya goresan sedikit mungkin hal ini sangat wajar mengingat HP yang kalian incar adalah HP second. Sebagai antisipasi, kalian bisa memakai proteksi layar dari bahan tempered glass.

2. Melihat Tingkat Sensitivitas Layar

Sumber : Slashdigit.com

Setelah melihat fisiknya, sekarang nyalakan HP Samsung second tersebut untuk melihat tingkat responsif layar. Sentuhlah secara keseluruhan layar mulai dari mengetuk, menggeser, hingga tahan Ketika hendap menggeser menu-menu utama. Selain itu, pastikan juga agar layar Samsung tidak ada ghost touch yang merupakan istilah dari layar yang bergerak sendiri tanpa kalian sentuh.

Terkait:  Cara Melihat Spesifikasi Hp Samsung

Metode 2 : Cek Touchscreen Samsung Menggunakan Kode Dial

Cara mengecek touchscreen Samsung selanjutnya adalah dengan memakai kode dial. Sebenarnya, metode ini tidak terlalu dibutuhkan apabila cara di atas sudah berhasil mengecek kondisi touchscreen Samsung. Namun jika ingin melanjutkan pengecekan layar HP Samsung, maka bisa dengan menggunakan kode dial.

Kode dial adalah kode rahasia yang ada di setiap HP sebagai alat dalam mengakses utilitas sistem, fungsinya cukup banyak, yaitu bisa mengetahui spesifikasi HP, dapat mengubah pengaturan jaringan, hingga bisa mengecek kondisi HP. Saah satunya dapat mengecek kondisi layar Samsung.

Cek touchscreenSamsung kalian dengan tujuan untuk melihat kondisi warna (RGB) apakah ada kerusakan atau tidak ada kerusakan yang berarti. :

  • Buka HP Samsung kalian dalam keadaan standbye.
  • Lalu masuk pada menu panggilan dan masukan kode dia *#0# lalu tekan tombol panggil atau OK.

 

  • Beberapa saat kemudian akan muncul menu pengecekan HP Samsung.
  • Selanjutnya silakan klik tombol Red, maka layar HP akan berubah merah secara keseluruhan.
  • Jika layar berubah menjadi warna merah, kalian bisa mengklik layar lagi dan tekan tombol hijau, maka layar akan menunjukkan warna hijau secara keseluruhan.
  • Lalu, lanjutkan lagi dengan klik pada layar dan klik tombol biru pada layar yang akan mengubah layar menjadi warna biru.

Kunci dari cara ini adalah jika mengklik warna tertentu, lalu yang keluar adalah warna serupa atau sama sesuai warna pada tombo, ini artinya layar Samsung kalian berfungsi normal. Namun jika sebaliknya, warna yang dihasilkan berbeda dari tombol warna yang diinstuksikan, maka kemungkinan besar layar Samsung kalian bermasalah.

Metode 3 : Cek Touchscreen Samsung Menggunakan Aplikasi

Selain metode di atas, kalian juga bisa menggunakan cara mengecek touchscreen Samsung dengan aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk mengecek kondisi layar Samsung, diantaranya sebagai berikut :

Terkait:  Cara Hapus Samsung Account

1. Aplikasi Multi Touch

Salah satu aplikasi yang dipakai untuk mengecek kondisi touchscreen hp Samsung adalah Multitouch. Silahkan ikuti tutorial berikut :

  • Download terlebih dahulu aplikasi Multi Touch yang bisa kalian dapatkan pada Google Play Store.
Sumber : Leskompi.com
  • Setelah aplikasinya terpasang, selanjutnya tinggal membuka aplikasi tersebut untuk mulai pengecekan layar.
  • Ikutilah panduan yang ada di halaman utama aplikasi tersebut dengan benar.
  • Ketika layar HP tidak ada masalah, maka segala macam instuksi yang kalian lakukan melalui aplikasi Multi Touch akan meresponnya dengan baik.

2. Touch Screen Test

Selain Multi Touch, kalian juga bisa mengandalkan aplikasi Touch Screen Test. Multi Touch adalah aplikasi untuk pengecekan layar ponsel yang menawarkan fitur lengkap daripada aplikasi yang lainya. Belum lagi, mekanisme atau cara mengoperasikan Touch Screen Test ini sangat simpel dan tidak menghabiskan space penyimpanan karena ukurannya kecil.

Kalian dapat mengecek layar hp Samsung dengan aplikasi ini. Selain itu, pengecekan juga meliputi tes keakuratan pada warna, pola, pixel, maupun yang lainnya.

  • Silahkan install terlebih dahulu aplikasi Touch Screen Test.
  • Tunggu sampai instalasi selesai dilakukan, dan buka aplikasinya.
  • Cek touchscreen hp Samsung kalian lewat aplikasi.

Sebenarnya, penggunaannya tidak jauh berbeda dengan kode dial up. Kalian cukup menekan hingga ke semua bagian layar. Pada bagian yang berwarna hijau mengidentifikasikan bahwa layar masih normal. Sementara apabila ada bagian berwarna putih ketika ditekan, ini artinya touchscreen Samsung kalian rusak.

Itulah cara mengecek touchscreen Samsung yang berguna ketika digunakan saat hendak membeli hp Samsung bekas. Selamat mencoba!

Related posts