Cara Mengisi Freon Kulkas 🗄️ (DISINI) Yang Benar

Cara Mengisi Freon Kulkas
Cara Mengisi Freon Kulkas

Cara Mengisi Freon Kulkas

🛠️Tools:
  • Kulkas 🗄️
  • Frezzer Box (Freon) 🧰
  • Mesin Las Portable 🔌
  • Tang ✂️
  • Kopi ☕️
🦶Langkah-langkah: 
  1. Buka bagian bawah belakang kulkas
  2. Ambil dan siapkan freon
  3. Hubungkan selang freon ke kulkas
  4. Buka keran freon
  5. Masukkan freon sedikit agar angin terdorong keluar
  6. Tunggu 1 menit dan hidupkan kulkas
  7. Disini angin akan terdorong keluar bersamaan freon
  8. Coba rasakan pipa kapiler filter, jika angin sudah tidak ada maka coba buka keran freon dan tunggu hingga ada kabut
  9. Tutup dan las
  10. Berikan tekanan freon 10 hingga 15 psi
  11. Selesai, dan silahkan dilanjut ngopi-ngopi cantik.
Gimana sudah bisa belum? Ingin lebih jelas dan detail?
Biar lebih paham lagi, bisa lanjutkan membaca artikel dibawah ini yaa…

WIGATOS.com | Cara mengisi freon kulkas menjadi suatu hal penting yang harus kamu perhatikan, mengingat freon menjadi salah satu bagian paling penting pada kulkas. Selain itu, kamu juga harus paham berbagai macan dan jenis freyon sehingga lemari es yang kamu miliki dapat berkerja seperti biasa dan maksimal.

Freon kulkas ini merupakan sebuah senyawa alifatik yang mengandung zat klori, hydrogen, serta bronim sehingga fungsinya adalah sebagai pendingin demi menjaga kesegaran makanan dan minuman yang kamu simpan di kulkas. Akan tetapi jika freon ini habis, maka dijamin kulkasmu tidak akan dingin dan tidak bisa mengawatken apapun lebih lama. Jika kamu belum tahu bagaimana cara pengisiannya, mari simak penjelasan pada artikel kali ini.

Mengapa Kulkas Tidak Dingin?

Tak sedikit orang yang pernah mengalami kondisi di mana kulkas yang ada dirumahnya tiba-tiba tidak menghasilkan udara dingin. Tentu kondisi seperti ini diakibatkan oleh freon semakin berkurang, bahkan habis. Kamu tidak perlu menyalahkan seseorang karena bagimu kulkas rusak akibat sering dibuka. Tapi hal ini, disebabkan oleh kebocoran saat pengelasan.

Apabila freon kulkas sudah habis, biasanya orang-orang akan memanggil jasa service untuk menyelesaikan permasalahan ini. Namun sayangnya, banyak juga yang merasa kesulitan saat mencarinya. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kamu melakukan penggantian freon kulkasa secara mandiri di rumah.

Pasti di pikiranmu penggantian freon ini sangat susah dan rumit. Akan tetapi sayangnya, hal tersebut sangat salah! Karena semua langkah-langkahnya dapat kamu lakukan dengan benar dan mudah. Hal yang perlu kamu lakukan saat ingin mengganti freon kulkas hanyalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk prosesnya nanti.

Cara Memilih Freon Kulkas

Ada banyak sekali jenis freon yang dapat kamu beli untuk kulkas kesayanganmu, antara lain adalah R410A, R134A, R290, dan R32. Masing-masing jenis freon tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan, oleh karena itu sangat disarankan harus mengetahui terlebih dahulu jenis freon yang ada pada kulkasmu.

Agar kamu tidak salah pilih freon kulkas baru yang ingin dipakai, maka bisa ikuti beberapa cara atau tips sebagai berikut

  1. Tidak Mudah Terbakar

Kami sangat menyarankanmu untuk memilih freon kulkas jenis R32 karena freon satu ini banyak dipilih oleh masyarakat. Hal ini karena R32 mempunyai sifat yang tidak mudah terbakar. Sifat ini justru berbanding terbalik dengan freon jenis R290 yang rentan terbakar lebih mudah, apalagi jika kamu gunakan untuk lemari es.

  1. Indeks Dingin Yang Tinggi

Tips atau cara kedua adalah carilah jenis freon kulkas seperti R32 karena mempunyai indeks dingin yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis freon lainnya. Freon R32 ini mempunyai cooling index yang senilai dengan 160, sedangkan freon R290 memiliki nilai indeks yang rendah yaitu sekitar 83.

  1. Ramah Lingkungan

Kamu juga harus memilih freon yang ramah lingkungan. Untuk itu, freon R32 menjadi rekomendasi paling terbaik jika kamu ingin mengganti freon kulka karena sifatnya yang juga ramah lingkungan. Hal ini didukung dengan ODP yang dimiiki sangat rendah yaitu sebesar 6,75 di mana angka tersebut sudah sangat aman untuk kamu gunakan.

Cara Mengisi Freon Kulkas

Cara Mengisi Freon Kulkas
Cara Mengisi Freon Kulkas

Barangkali kamu memang sedang mencari informasi tentang bagaimana cara mengisi freon kulkas, maka membaca penjelasan pada artikel ini adalah pilihan yang tepat! Memang benar, banyak orang yang belum tahu bagaimana mengisi freon kulkas, padahal langkah-langkahnya jauh lebih mudah dibandingkan cara mengisi freon AC di rumah.

Namun, bukan berarti kamu harus menunda mengganti freon di kulkas, selama kamu mengggunakan tutorial yang benar pasti bisa melakukannya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

  • Pertama, silahkan kamu siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat dan bahan tersebut meliputi: freon kulkas (sesuaikan dengan tipe dan label kompresor), tang, mesin vakum, manifold gauge, las tabung, pentil, filter, dan
  • Jika kamu sudah menyiapkan peralatan tersebut, maka lepaskan karet yang ada di dalam pentil dan las pentil pada pipa yang ada pada kompresor kulkas (pipa pendek yang tidak tersambung ke sistem kulkas)
  • Lalu, tuangkan methyl ke tutup botol air mineral
  • Jika sudah, maka hidupkan kompresor dan pastikan bahwa aliran freon di dalamnya lancar
  • Kemudian laslah filter ke bagian pipa kondensor
  • Las kedua pipa kapiler ke filter
  • Setelah itu, pasangkan selang manifold guage yang berwarna biru ke pentil pengisian freon.
  • Kemudian, pasangkan selang yang berwarna kuning ke tabung freon
  • Perlu kamu ingat, bahwa selama pengisian freon ini kompresor kulkas harus tetap menyala
  • Apabila kamu menemukan tekanan udara sudag berada di bawah 0-30 psi, maka segera buka keran tabung freon selama 3-5 detik
  • Jika sudah, tutuplah keran tabung dan biarkan freon keluar melalui pipa kapiler yang kemudian dijepit dan dilas
  • Bukalah kembali keran selang manifold guage dengan perlahan-lahan dan jangan pernah sekali-kali melewati angka 10. Mengapa demikian? Sebab biasanya jika jarum sudah melewati angka 1, maka pipa kondensor akan terasa hangat.
  • Jika jarum manifold guage sudah tepat di angka sepuluh atau mendekati, maka hawa hangat pipa kondensor akan menyebar ke bawah
  • Apabila kamu sudah merasakan kondensor hangat, berarti menandakan bahwa pengisian freon kulkas sudah berhasil kamu lakukan

Cara Kerja Freon Kulkas

Selain mengetahui tentang bagaimana cara mengisi freon kulkas, kamu juga harus paham bagaimana sistem kerja dari freon ini agar kamu tidak lagi menyepelehkan keberadaanya. Pada kulkas sendiri, terdapat bebagai komponen-komponen pendukung sistem kerjanya, seperti kompresor, koil kondensor, kumparan evaporator, dan perangkat ekspasi. Berikut adalah sistem kerja freon kulkas.

  • Pertama, kompresor akan menaikkan tekanan uap freon dan mendorongnya menuju ke bagian luar kulkas
  • Gas panas yang terdapat pada koil akan memenuhi semua tempat pada kulkas yang mempunyai suhu yang lebih rendah
  • Freon kulkas yang sudah berbentuk air atau cair serta bertekanan tinggi akan mengalir ke dalam koil yang ada pada kulkas
  • Freon akan menyerap panas di dalam lemari es dan mengeluarkannya menjadi udara yang dingin
  • Terakhir, freon akan menguap menjadi gas dan mengalir kembali menuju kompresor dan proses ini akan berulang-ulang kembali. Maka dari itu, kamu akan diminta orang tuamu untuk meletakkan kain di kompresor karena biasanya akan terdapat air yang mengalir pada bagian tersebut.

Itulah informasi singkat mengenai bagaimana cara mengisi freon kulkas yang dapat kamu praktekkan di rumah sehingga kamu tidak perlu memanggil jasa service kulkas. Namun jika kamu terlalu sibuk sehingga tidak sempat menggantinya, maka tidak ada salahnya jika memanggil jasa service kulkas dan pilihlah jasa yang menurutmu terpercaya.

Selain itu, kami sangat menyarankan juga membeli freon di toko yang sudah menjadi langganmu. Bagaimana, sangat mudah bukan langkah-langkahnya? Tunggu apa lagi? Langsung saja praktekkan ketika kamu mengganti freon kulkas!

 

Related posts