Cara Menghapus Cache di Xiaomi

Penumpukan file cache di handphone bisa membuat kinerja dari handphone menjadi menurun, dan akibatnya hp Xiaomi dapat menjadi lemot pada saat digunakan. Oleh sebab itu jika kamu pengguna Xiaomi penting rasanya untuk mengetahui cara menghapus cache di Xiaomi.

Sebab menghapus cache ini sangat berguna dan membantu kamu supaya kinerja handphone Xiaomi bisa menjadi lebih optimal lagi dan tidak lemot. Banyak orang yang masih ragu untuk menghapus cache ini padahal menghapus cache aman untuk dilakukan.

Read More

Cache sendiri adalah file sementara, jadi tidak masalah untuk dihapus berbeda dengan file data yang bersifat penting pada suatu aplikasi. Selain itu dengan membersihan cache kamu bisa mengurangi penggunaan memori internal pada smartphone.

Cara untuk menghapus cache di handphone Xiaomi juga beragam, ada banyak metode yang bisa kamu coba jika ingin membersihkan file cache di hp Xiaomi ini.

Jika kamu pengguna baru Xiaomi dan tidak cara langkah-langkah yang benar untuk membersihkan cache di handphone Xiaomi maka kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang dibahas pada artikel ini.

Cara Menghapus Cache di Xiaomi

Cara Menghapus Cache di Xiaomi
Cara Menghapus Cache di Xiaomi

Apabila kamu merasa jika handphone Xiaomi yang kamu gunakan agak lemot, hal itu bisa jadi karena adanya penumpukan file cache yang menjadikan handphone kamu menjadi lebih lambat dalam mengakses berbagai hal.

Untuk mengatasinya kamu bisa mencoba menghapus file cache tersebut untuk mempercepat kinerja dari handphone Xiaomi milikmu, metode untuk menghapus cache juga bisa kamu coba dan terdapat banyak pilihan cara untuk menghapus cache pada handphone Xiaomi ini.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Mi yang Terkunci

Metode yang bisa kamu pilih seperti melalui pengaturan, bahkan kamu bisa memberihkan penumpukan cache ini menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store.

Dan berikut adalah beberapa metode untuk membersihkan file cache yang sudah menumpuk di hp Xiaomi, simak dan pilih salah satu tips yang menurut kamu paling cocok untuk kamu coba.

1. Menghapus Cache di Xiaomi Melalui Pengaturan

Metode pertama yang paling mudah dan banyak digunakan oleh pengguna smartphone untuk menghapus cache di smartphone milik mereka adalah dengan melakukannya melalui menu Pengaturan.

Seperti yang kamu ketahui jika dengan menggunakan menu Pengaturan kamu bisa melakukan settings berbagai hal di handphone kamu, dan salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah untuk menghapus file cache ini.

Langkah-langkah untuk membersihkan file cache melalui menu Pengaturan ini juga cukup mudah dan simpel untuk dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti :

  • Langkah pertama adalah buka menu Settings atau Pengaturan di handphone Xiaomi milikmu terlebih dahulu.
  • Jika sudah masuk ke menu Settings maka langkah berikutnya pilih opsi Apps atau Aplikasi.
  • Lalu langkah berikutnya adalah pilih opsi Manage Apps.
  • Kemudian kamu bisa mencari aplikasi yang ingin kamu hapus file cache-nya dengan scroll kebawah atau jika kamu ingin lebih cepat kamu bisa melakukannya dengan ketik nama aplikasi yang kamu inginkan di kolom pencarian.
  • Apabila aplikasi yang kamu cari sudah ketemu maka untuk membersihkan cache kamu bisa klik App info.
  • Selanjutnya klik tombol Clear data yang terletak dibagian bawah menu App info.
  • Langkah selanjutnya adalah pilih Clear cache jika kamu ingin menghapus cache atau memori yang ada di aplikasi tersebut, atau kamu bisa memilih Clear data jika kamu ingin menghapus semua data yang ada pada aplikasi itu.
  • Jika sudah untuk konfirmasi penghapusan kamu bisa menekan tombol OK.
  • Selesai, file cache di handphone Xiaomi milikmu sudah berhasil dibersihkan.
Terkait:  Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

2. Menghapus Cache di Xiaomi Melalui Keamanan (Security)

Trik berikutnya yang tidak kalah dari metode pertama untuk membersihkan cache yang ada didalam handphone supaya hp Xiaomi bisa bekerja lebih cepat adalah dengan menggunakan menggunakan aplikasi Kemanan.

Aplikasi ini merupakan salah satu fitur bawaan yang sudah ada di handphone Xiaomi, selain untuk menghapus cache kamu bisa menggunakan fitur ini untuk menajemen baterai, penggunaan data, melakukan pemindaian virus dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi Kemanan ini untuk menghapus file cache di handphone Xiaomi kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Langkah pertama buka aplikasi Keamanan yang ada di handphone Xiaomi milikmu yang sudah ada pada Home Screen.
  • Setelah itu jika aplikasi sudah terbuka maka kamu bisa menekan opsi Pembersih.
  • Jika kamu menekan Pembersih maka aplikasi akan secara otomatis melakukan pemindaian terhadap file cache atau sampah.
  • Lalu tunggu hingga proses scan atau pemindaian selesai, aplikasi Keamanan akan secara otomatis menampilkan daftar file sampai dan cache yang dapat kamu hapus.
  • Selanjutnya kamu bisa memilih cache yang memungkinkan untuk dihapus.
  • Berikutnya untuk menghapus file cache kamu bisa menekan tombol Clean.
  • Selesai.

3. Menghapus Cache di Xiaomi Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain kedua cara yang telah dijelaskan diatas, ada juga metode ketiga yang juga bisa kamu coba jika ingin membersihkan file cache di handphone Xiaomi.

Caranya adalah dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, Langkah ini cukup efektif untuk memberihkan cache di handphone, dan ada banyak sekali aplikasi yang menyediakan layanan pembersih yang bisa kamu pilih di Google Play Store maupun di App Store.

Aplikasi-aplikasi ini misalnya adalah Clean Master, CM Security, CCleaner, dan lain sebagainya. Aplikasi tersebut selain bisa kamu gunakan untuk membersihkan cache juga bisa kamu gunakan untuk memindai pengunaan datam baterai bahkan pemindaian memori.

Terkait:  Cara Backup Kontak Xiaomi

Simak langkah-langkah berikut ini untuk melakukan pembersihkan cache di hp Xiaomi menggunakan aplikasi CCleaner :

  • Pertama-tama jika kamu belum memiliki aplikasi CCleaner di handphone Xiaomi yang kamu gunakan maka kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store.
  • Apabila sudah terunduh maka buka aplikasi CCleaner.
  • Lalu tekan menu Analisis dan tunggu hingga proses analisis file sampah atau cache selesai.
  • Setelah proses analisis selesai maka untuk membersihkan cache kamu bisa menekan tombol Selesaikan Pembersihan.
  • Selesai.

4. Menghapus Cache di Xiaomi Untuk Satu Aplikasi Saja

Cara terakhir apabila kamu ingin menghapus cache pada salah satu aplikasi saja di hp Xiaomi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan berikut ini :

  • Langkah pertama buka menu Home Screen di handphone milikmu.
  • Jika sudah maka kamu bisa tab aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya.
  • Setelah itu maka akan muncul beberapa menu yang dapat kamu pilih pada aplikasi tersebut.
  • Kemudian kamu dapat menekan opsi Informasi Aplikasi.
  • Selanjutnya pilih opsi Clear Data.
  • Lalu untuk hapus cache kamu bisa klik Clear Cache dan konfirmasi kamu bisa tab OK.
  • Selesai. Kamu sudah berhasil menghapus file cache yang terdapat di handphone Xiaomi milikmu.

Itulah beberapa cara menghapus cache di Xiaomi yang bisa kamu coba, ikuti salah satu cara dari keempat metode yang telah dijelaskan. Pilih metode yang menurut kamu paling mudah dan efektif untuk handphone kamu. Selamat mencoba.

 

Related posts