Cara Hapus Cache di Samsung

Membersihkan data-data yang dirasa tidak penting pada perangkat, memang sudah menjadi 1 kegiatan rutinitas yang wajib dilakukan oleh para pengguna. Karena, device tersebut masih akan digunakan dalam waktu yang lama. Maka dari itu, buat kamu yang memiliki kapasitas memori penyimpanan terbatas, jangan lupa untuk praktekan cara hapus cache di Samsung.

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan istilah cache pada browser maupun perangkat. Tapi, tahukah kamu pengertiannya apa? Cache merupakan suatu proses yang dilakukan oleh sistem sebagai upaya untuk menyimpan data secara temporary agar proses loading aplikasinya dapat berjalan lebih cepat. Termasuk ketika kamu sedang melakukan browsing di internet juga loh..

Read More

Cara Menghapus Cache di Play Store

Berdasarkan informasi yang dikutip melalui laman resmi support.google.com. Pengguna HP Android dapat melakukan cara menghapus cache di Play Store kapanpun dengan mudah. Buat kamu yang penasaran, ini dia langkah-langkah selengkapnya:

  1. Masuk ke menu “Pengaturan” di HP Android
  2. Pilih opsi “Apps and Notification” yang umumnya berada di urutan ke-2 teratas
  3. Klik pilihan “See All Apps”, dan pilih “Google Play Services”
  4. Gulir ke bawah, dan temukan “App Details”
  5. Kemudian, pilih “Update atau Install” untuk memastikan Play Store kamu sudah up to date
  6. Ketuk ikon gear untuk memilih menu “Settings”
  7. Ulangi langkah nomor 2-3, lalu pilih “Storage”
  8. Klik pilihan “Clear Cache”. Setelah itu dilanjutkan dengan memilih “Manage Space”
  9. Pilih “Hapus Semua Data”.
Terkait:  Cara Hapus Akun Mobile Legend

Selain melalui Chrome, cara clear cache di HP juga bisa dilakukan melalui browser lainnya. Contoh, Firefox, Opera, dan lain-lain. Caranya, kamu cukup mengikuti petunjuk yang sudah ditentukan oleh situs dukungan masing-masing.

Cara Hapus Cache di Samsung

Cara Hapus Cache di Samsung
Cara Hapus Cache di Samsung

Cara hapus cache di Samsung biasanya diikuti juga dengan efek menghapus cache di Android. Maka dari itu, umumnya akan ada pertimbangan yang dilakukan oleh seseorang ketika akan melakukan suatu tindakan tertentu. Termasuk, ya menghilangkan cache dari perangkat. Kamu yang masih belum tahu dampaknya, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

  • Memperbesar ruang penyimpanan internal pada perangkat
  • Memperkecil terjadinya error saat membuka aplikasi
  • Loading dari aplikasi akan berlangsung lebih lama dibandingkan saat cache belum dihapus
  • Daya baterai HP akan lebih mudah terbuang ketika pengguna melakukan hapus cache dari Android yang digunakan
  • Beberapa aplikasi, mengharuskan penggunanya untuk melakukan login ulang karena data akun yang sebelumnya tersimpan di sistem akan hilang.

Cara Menghapus Cache di HP Samsung A32

Selanjutnya, ada juga cara menghapus cache di HP Samsung A32 yang perlu kamu ketahui. Adapun langkah-langkah yang akan disebutkan kali ini bisa juga kamu praktekan di berbagai tipe Samsung lainnya. Berikut rincian tahapannya:

  1. Buka menu “Pengaturan” di HP Samsung
  2. Klik pilihan “Device Care”, lalu beralih ke opsi “Storage”
  3. Kemudian, pilih tombol “Bersihkan Sekarang”
  4. Otomatis, proses menghapus cache akan segera berjalan di HP tersebut
  5. Aktifkan fitur “Power Saver” untuk menghindari baterai HP terkuras secara berlebihan.

Apakah menghapus cache ini bersifat wajib? Kalau dilakukan terlalu sering tentu hal tersebut tidak dianjurkan. Pasalnya, data yang telah tersimpan oleh sistem merupakan data yang dapat membantu aplikasi bekerja secara optimal. Apabila dihilangkan terus menerus, maka aplikasi harus merekam datanya dari awal kembali. Otomatis, pengguna jadi sedikit merasa kesulitan.

Terkait:  Cara Menghapus Foto di Instagram

Cara Menghapus Cache di HP Samsung A21S

Oleh sebab itu, ada cara menghapus cache di HP Samsung A12S yang berlaku juga untuk seri HP Samsung lainnya. Soalnya, kali ini kamu diberikan pilihan untuk menentukan aplikasi apa saja yang sekiranya paling banyak menyimpan cache di perangkat. Selain itu, pastikan juga kalau aplikasi tersebut pasti digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Biar datanya gak numpuk!

  1. Buka menu utama di perangkat, yaitu “Settings”
  2. Kemudian, klik submenu “Apps” di tampilan selanjutnya
  3. Klik pilihan “Aplikasi Android” mana saja yang sudah terpasang di perangkat, dan akan segera kamu bersihkan cache-nya
  4. Lanjutkan dengan memilih “Clear Cache” untuk memulai proses menghapus
  5. Data cache secara otomatis akan terhapus dari sistem.

Metode satu ini, berfungsi untuk menghapus cache secara manual pada suatu aplikasi secara satu per satu. Oleh sebab itu, aplikasi yang tidak kamu pilih data cache-nya masih tersimpan dengan baik di dalam perangkatmu. Tetapi, bila dibiarkan begitu saja semakin lama datanya akan bertambah dan membuat perangkat mengalami lag.

Cara Menghapus Cache di HP Samsung A50

Selain itu, ada juga cara menghapus cache di HP Samsung A50 yang tidak boleh terlewatkan. Dimana, instruksi kali ini mengarahkan kepada para pengguna HP Samsung untuk bisa lebih aktif dalam membersihkan data-data yang berasal dari aplikasi atau muncul ketika proses browsing sedang berlangsung. Sebelumnya, pastikan kamu sudah login akun terlebih dahulu.

  1. Langkah pertama, buka menu “Pengaturan” di ponsel
  2. Kemudian, klik pilihan “Perawatan Perangkat dan Baterai”
  3. Lanjut ke “Optimalkan Sekarang”. Pada laman ini, kamu akan temukan keterangan informasi baterai, penyimpanan, kapasitas ruang penyimpanan, serta perlindungan perangkat
  4. Otomatis, kinerja dari perangkatmu akan meningkat.
Terkait:  Cara Membersihkan Sampah di Hp Samsung

Cara Clear Cache Samsung A51

Pengguna Android, kamu juga berkesempatan untuk melakukan cara clear cache Samsung A51 tanpa bantuan dari aplikasi tambahan. Selain menghemat kapasitas ruang penyimpanan internal, kamu bisa lebih memaksimalkan fitur-fitur bawaan dari perusahaan. Seperti yang telah dikutip dari laman resmi Samsung.com. Inilah beberapa tips untuk optimalkan device:

  1. Masuk ke menu utama “Settings”, dan klik pilihan “Apps (Default Apps)”
  2. Halaman berikutnya, di bagian Your Apps, kamu tentukan “Aplikasi” mana yang akan dihapus
  3. App info dari suatu aplikasi pilihanmu, akan muncul beberapa opsi. Diantaranya ada notifikasi, perizinan, dan lain sebagainya
  4. Scroll ke bawah lalu klik opsi “Storage”
  5. Muncul informas-informasi terkait aplikasi yang sudah kamu pilih, lalu klik tombol “Clear Cache” di pojok sebelah kanan bawah layar.

Tepat di sebelah tombol “Clear Cache” kamu juga akan menemukan pilihan “Clear Data” di halaman informasi aplikasi tersebut. penghapusan data ini, sifatnya permanen. Oleh sebab itu, ruang yang diberikan ke perangkat akan semakin lebih banyak bila dibandingkan dengan menghapus cache saja. Sebab, data-data seperti akun, pengaturan, serta lainnya akan terhapus.

Cara Membersihkan Sampah di HP Samsung

Data cache yang memang secara otomatis akan tersimpan di dalam perangkat, kamu juga akan menemukan data-data yang sudah tidak digunakan lagi atau file sampah. Dikutip dari support.google.com, inilah cara menghapusnya:

  1. Buka menu folder “Google”di HP kamu
  2. Klik ikon bintang 2 yang berada di sisi bagian bawah layar,  untuk membersihkan file
  3. Ketuk opsi “File Sampah”, kemudian pilih “Ikon Bintang 2” atau “Konfirmasi dan Kosongkan”
  4. Setelah itu, lanjur ke “File Aplikasi atau Log” yang hendak kamu hapus
  5. Pilih tombol “Hapus” dengan ikon tempat sampah
  6. Pada pop-up windows, lakukan konfirmasi dengan memilih “Hapus”.

Itulah beberapa cara hapus cache di Samsung yang dapat dengan mudah kamu praktekan kapan saja. Baca juga artikel cara hapus cache di iPhone untuk informasi lebih lanjut. See you on the next topics. Have a nice days, and bye!

Related posts