Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah dan praktis. Android adalah sistem operasi yang banyak dipakai oleh pengguna smartphone, jika ingin menginstal suatu aplikasi juga mudah dengan yaitu hanya dengan mengunduh aplikasi di Google Play Store lalu aplikasi akan diinstal secara otomatis.

Terkadang saat kita sedang meninstal suatu aplikasi yang sudah diunduh baik melalui Google Play Store ataupun melalui toko aplikasi lain selain Google Play Store mengalami permasalahan aplikasi tidak terpasang. Aplikasi tidak terinstal adalah eror pada sistem Android yang membuat kamu tidak bisa menginstal suatu aplikasi tertentu.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan aplikasi di smartphone Android menjadi tidak terpasang, seperti karena aplikasi yang tidak kompatibel dengan versi Android pada smartphone yang kamu gunakan, bisa jadi karena memori penuh atau bahkan karena aplikasi rusak.

Tentunya sangat tidak nyaman jika kita ingin menginstal aplikasi namun aplikasi tersebut tidak terpasang sehingga kita tidak bisa menggunakan layanan pada aplikasi itu. Namun jangan khawatir jika saat ini kamu sedang mengalami permasalahan aplikasi tidak terpasang di ponsel milikmu, kamu bisa menyimak pembahasan pada artikel ini.

Karena pada pembahasan artikel kali ini akan dijelaskan mengenai cara mengatasi aplikasi tidak terpasang, ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi permasalahan pada handphone kamu yang sedang ini sedang kamu hadapi.

Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang

Sebelum melangkah ke pembahasan utama yaitu mengenai cara untuk mengatasi permasalahan aplikasi tidak terpasang di smartphone, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu faktor apa saja yang bisa menyebabkan aplikasi tidak terinstal di smartphone.

Terkait:  Cara Mengembalikan Catatan di Samsung Notes

Berikut ini beberapa penyebab yang umumnya bisa menyebabkan aplikasi tidak terinstal di smartphone Android, simak penjelasan berikut ini:

1. Aplikasi Tidak Kompatibel

Faktor pertama yang dapat menyebabkan suatu aplikasi tidak berhasil terpasang di handphone pada saat proses instalasi adalah karena aplikasi tidak kompatibel dengan versi Android yang handphone kamu gunakan. Sebelum kamu menunduh suatu aplikasi sebaiknya kamu melihat spesifikasi minimum yang diperlukan untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Contohnya jika kamu ingin menginstal aplikasi yang memiliki spesifikasi minimun Android 10 namun kamu masih menggunakan Android versi 9, secara otomatis aplikasi tersebut tidak akan bisa terinsyal di HP kamu. Selain karena tidak kompatibel dengan versi Android, bisa jadi karena versi aplikasi yang sudah kadaluarsa atau terlalu lam sebab aplikasi yang sudah terlalu lama versinya juga tidak bisa diinstal.

2. Ruang Penyimpanan Tidak Cukup

Berikutnya faktor ruang penyimpanan atau memori yang tidak mencukupi juga bisa menyebabkan aplikasi tidak terinstal di smartphone Android. Sebab jika memori tidak mencukupi maka aplikasi tidak akan bisa memasang beberapa berkas dari paket aplikasi, dan jika seperti itu maka aplikasi tidak akan terpasang.

Ruang penyimpanan yang penuh juga bisa menyebabkan handphone kamu menjadi lemot atau bahkan menjadi eror. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa memindahkan file-file yang ada pada smartphone kamu ke kartu SD atau memori eksternal.

3. File APK Rusak

File APK merupakan paket aplikasi Android (Android Package) yang umumnya digunakan untuk menyimpan sebuah aplikasi atau program yang dijalankan di perangkat Android. Jika kamu mengunduh APK diluar Google Play Store maka bisa jadi file tersebut rusak yang menyebabka aplikasi tersebut tidak terinstal di handphone kamu.

Terkait:  Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus

4. Izin Sistem Tidak Memadai

Berikutnya izin sitem juga berpengaruh terhadap bisa atau tidaknya suatu aplikasi terinstal di smartphone Android. Sebab izin sistem ini bisa menyebabka kesalahan pembacaan kode yang tidak dikenal saat proses aplikasi diinstal kedalam handphone.

5. Lokasi Instalasi Salah

Faktor lainnya yang juga dapat menyebabkan aplikasi tidak terpasang adalah karena lokasi instalasi yang salah. Umumnya smartphone memiliki dua penyimpanan yaitu memori internal dan eksternal. Dan permasalahan yang sering terjadi adalah aplikasi masuk ke memori eksternal yang menyebabkan tidak terbaca di memori internal.

Itulah Lima faktor umum yang dapat menyebabkan suatu aplikasi tidak terpasang di smartphone khususnya smartphone yang menggunakan sistem operasi Android.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Jika kamu saat ini mengalami permasalahan aplikasi tidak terinstal dengan benar di handphone Android, kamu bisa menyimak penjelasan mengenai penyebab aplikasi tidak terpasang terlebih dahulu. Lalu baru kamu mencoba cara-cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memperbaiki aplikasi yang tidak terinstal di handphone Android, kamu bisa mengikuto cara yang menurut kamu paling cocok untuk dicoba. Simak penjelasan berikut ini.

1. Berikan Izin Memori Internal

Cara pertama yang dapat kamu pilih dan coba untuk mengatasi masalah aplikasi yang tidak terpasang di handphone adalah dengan cara memberikan izin memori internal. Sebab biasanya aplikasi yang terinstal akan secara otomatis masuk ke memori internal.

Dan kamu hisa memeriksa ataupun mengubah pengaturan izin memori internal ini, berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya:

  • Langkah pertama buka Menu Settings (Pengaturan).
  • Lalu pilih aplikasi.
  • Jika sudah maka kamu bia mencari aplikasi Google Play Store.
  • Setelah itu pilih bagian Izin, kemudian aktifkan izin penyimpanan.
  • Selesai.

2. Periksa Memori Internal

Seperti yang telah dijelaskan jika memori internal yang tidak mencukupi bisa menyebabkan aplikasi menjadi tidak berhasil dipasang di handphone, oleh sebab itu sebelum kamu menginstal suatu aplikasi kamu dapat memastikan terlebih dahulu apakah memori internal smartphone akmu mencukupi atau tidak untuk menginstal aplikasi tersebut.

Terkait:  Cara Download Video di Facebook di Android

Untuk memeriksa memori internal kamu bisa masuk ke aplikasi File Manager lalu akan ada rincian mengenai kapasitas memori internal handphone kamu dan juga jumlah memori yang telah terpakai. Jika penyimpanan penuh kamu bisa hapus data yang sudah tidak diperlukan.

3. Hapus Cache Google Play Store

Cara ketiga yang bisa kamu coba adalah dengan cara menghapus cache yang terdapat pada Google Play Store. Berikut ini langkah-langkah untuk menghapus cache pada Google Play Store untuk mengatasi permasalahan aplikasi tidak bisa terpasang, simak langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama buka aplikasi Settings atau Pengaturan.
  • Langkah berikutnya buka opsi Kelola Aplikasi.
  • Setelah itu kamu bisa memilih Google Play Store.
  • Lalu pilih opsi Penyimpanan.
  • Jika sudah tekan tombol Hapus Cache,
  • Kemudian klik Uninstall Pembaruan.
  • Selesai.

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Apabila penyebab kamu tidak bisa menginstal suatu aplikasi adalah karena memori yang penuh, maka kamu bisa mencoba menghapus aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan lagi untuk mengosongkan ruang. Karena dengan menguninstall aplikasi maka memori HP kamu akan berkurang.

5. Beri Izin Aplikasi yang Tidak Dikenal

Semua smartphone Android memiliki proteksi yang menyebabkan perlunya izin untuk meng-install aplikasi yang tidak dikenal. Aplikasi tidak dikenal ini contohnya adalah aplikasi yang kamu unduh diluar Google Play Store, untuk mengaktifkan izin ini kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama-tama buka menu Settings di handphone kamu.
  • Lalu pilih opsi Passwords & Security.
  • Setelah itu pilih Privacy.
  • Kemudian tekan Special app access.
  • Jika sudah pilih Install unknown apps.
  • Langkah selanjutnya adalah pilih aplikasi yang kamu gunakan untuk mengunduh dan klik Allow from this source.
  • Selesai.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara mengatasi aplikasi tidak terpasang, dari kelima cara yang telah dijelaskan ikuti salah satu cara yang menurut kamu paling mudah untuk kamu ikuti. Selamat mencoba.

Related posts