Cara Membersihkan Memori Hp Oppo

Cara membersihkan memori HP Oppo bisa dilakukan dengan berbagai alasan, seperti hp yang mulai lemot, hingga hp yang akan dijual. Namun tidak sedikit juga pemilik hp yang membersihkan memori hp mereka dengan cara yang lebih ekstrem, yaitu mengembalikan sistem ke setingan pabrik.

HP Oppo saat ini termasuk ke dalam salah satu jajaran merek HP terlaris di Indonesia. Tak heran jika setiap periodenya selalu mengeluarkan seri-seri teranyar untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Read More

Alasan hp Oppo laris di pasaran mengingat target mereka lebih fokus ke kelas menengah ke bawah.  Maka wajar jika banyak orang yang menggunakan produk ini karena sesuai dengan dana yang dimilikinya.

Walaupun pangsa pasar lebih dikhususkan untuk kelas menengah ke bawah, akan tetapi ada juga seri HP Oppo yang diperuntukkan untuk kelas menengah ke atas. Walaupun ada perbedaan kelas di setiap seri oppo, tetap saja setiap seri ponsel ini memiliki spesifikasi yang mumpuni dengan keunggulan tersendiri.

Ketersediaan Memori Di Setiap Seri HP Oppo

Ada 2 macam memori penyimpanan yang ada pada HP Oppo, yaitu memori internal dan memori eksternal. Keduanya memiliki perbedaan dari penyimpanannya yaitu untuk memori internal sudah tertanam di HP Oppo sekaligus penyimpanan sistem android. Sedangkan memori eksternal, lebih ke penyimpanannya secara portable dan bisa di perbesar hingga ratusan giga byte.

1. Memori Internal

Memori internal yang paling kecil biasanya hanya belasan giga byte saja, namun saat ini umumnya sudah puluhan giga byte hanya untuk seri hp oppo di kisaran angka 3 jutaan. Sebagai contoh HP Oppo A54, memiliki memori internal 64 GB. Selain itu, ada seri HP Oppo yang memiliki memori internal hingga mencapai 256 GB seperti Oppo A96.

Terkait:  Cara Membersihkan Memori Internal Xiaomi

Semakin besar memori internal yang terdapat pada HP Oppo, maka akan semakin leluasa menyimpan berbagai file foto, video, atau hasil download. Namun sebaliknya, apabila memori internalnya hanya sedikit maka menyimpan file akan semakin terbatas. Oleh karena itu, di butuhkan memori eksternal sebagai tambahan penyimpanan.

2. Memori Eksternal

Memori eksternal sifatnya portable dan bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, jika kalian memiliki memori eksternal berukuran 8 GB, bisa di perbesar menjadi 16 GB, 64 GB atau bahkan di atas ratusan GB.

Kelebihan dari penggunaan memori eksternal ini adalah selain membantu mengamankan ruang kosong pada memori internal, juga untuk menyimpan hasil download yang bisa langsung disimpan pada memori eksternal.

Dari kedua memori penyimpanan yang telah dijelaskan di atas, maka keduanya bisa saling support satu sama lain untuk penyimpanan berbagai macam data. Akan tetapi, tetap saja keduanya harus dibersihkan secara rutin untuk mengoptimalkan kinerja HP Oppo secara keseluruhan.

Cara Membersihkan Memori HP Oppo

Cara Membersihkan Memori Hp Oppo
Membersihkan Memori Hp Oppo

Ada beberapa cara membersihkan memori hp Oppo yang dapat dilakukan. Beberapa diantaranya ada yang menggunakan fitur bawaan, memindahkan beberapa file ke perangkat lain, atau dengan cara yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa langkahnya di bawah ini :

1. Menggunakan Fitur Bawaan

Setiap seri HP Oppo pasti akan ada fitur bawaan untuk membersihkan memori penyimpanan pada HP. Fitur tersebut umumnya dinamakan ‘Bersihkan Penyimpanan’. Kelebihan dari menggunakan fitur bawaan adalah bisa menghapus file-file sampah yang tidak digunakan seperti folder kosong, file yang tersembunyi, cache, cookie, ataupun file sampah yang lainnya. Semua file tersebut dapat memenuhi memori penyimpanan khususnya memori internal.

Terkait:  Cara Membersihkan Memori Internal Oppo

Lebih jelasnya, simak langkah-langkah membersihkan memori HP Oppo dengan menggunakan fitur bawaaan :

  • Masuk terlebih dahulu pada ‘Pengelola Telepon’, pada seri-seri lainnya bisa juga masuk pada menu ‘Manajer Telepon’. Biasanya menu tersebut ada pada layar depan atau pada menu-menu di HP Oppo.

  • Setelah itu, pilihlah opsi ‘Bersihkan Penyimpanan’ lalu klik tombol ‘Bersihkan’.

  • Tunggu beberapa saat hingga proses pembersihan selesai.

Biasanya jika memori HP Oppo sangat jarang dibersihkan, maka proses pembersihannya memerlukan waktu cukup lama. Namun jika sering menggunakan fitur ini untuk membersihkan memori penyimpanan maka proses pembersihan akan cepat.

Setelah melakukan proses ini, lihatlah pada memori penyimpanan HP Oppo, maka kapasitas memori penyimpanan akan semakin lega untuk menyimpan berbagai macam file kembali.

2. Menghapus Data Aplikasi

Langkah selanjutnya adalah dengan menghapus data aplikasi pada beberapa aplikasi yang memakan ruang lebih. Seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, atau mungkin juga aplikasi game yang membuat memori internal penuh. Untuk menggunakan langkah ini, simak cara-caranya di awah ini :

  • masuk terlebih dahulu pada menu ‘Settings’.

  • Kemudian, pilih opsi ‘Aplikasi’.

  • Jika sudah masuk pada opsi tersebut, selanjutnya pilih opsi ‘Manajemen Aplikasi’ dan klik ikon khusus berupa titik tiga yang berada di bagian kanan sebelah atas.

  • Berikutnya klik ‘Tampilkan Sistem’ dan pilihlah aplikasi yang akan kalian hapus data aplikasinya.

  • Klik opsi ‘Penggunaan Penyimpanan’ lalu selanjutnya klik ‘Hapus Cache’.

  • Langkah terakhir cukup klik ‘Hapus Data’.

Untuk cara yang kedua ini memang harus dilakukan satu per satu untuk setiap aplikasi, namun hasilnya bisa lebih maksimal membuat ruang penyimpanan semakin bertambah.

3. Menghapus File-file yang Sudah Tidak Digunakan

File yang dimaksud sangat banyak, artinya tidak sebatas hanya file dokumen saja, tapi foto dan video juga bisa disebut file yang berpotensi membuat penuh memori penyimpanan. Untuk memperbesar memori penyimpanan, lebih baik file yang sudah tidak digunakan dihapus saja dari perangkat HP Oppo karena dapat membantu meningkatkan ruang penyimpanan. Berikut cara membersihkan memori hp Oppo dengan menghapus file :

  • Masuk pada bagian gallery pada HP Oppo.

  • Pilihlah salah satu atau beberapa file foto dan video yang akan dihapus.

  • Cara menghapus satu file dengan klik satu kali lalu pilih tombol hapus, namun jika ingin menghapus beberapa file dalam satu waktu maka klik cukup lama pda 1 file foto atau video, lalu pilh file-file lainnya.

Jika kalian ingin menghapus file dokumen, maka untuk menghapusnya bisa masuk pada menu ‘File Manager’. Langkah-langkahnya bisa dilakukan dibawah ini :

  • Setelah masuk pada menu File Manager, lalu pilih folder Document.

  • Pilihlah salah satu atau beberapa file yang terdapat pada folder tersebut untuk selanjutnya menghapusnya secara permanen.

Hal yang sama apabila ingin menghapus file download, maka kalian bisa masuk pada folder download. Setelah itu, hapus file-file yang terdapat di dalamnya untuk mendapatkan ruang memori yang lebih besar lagi.

4. Memindahkan File ke Perangkat Lain

Apabila jika file-file tersebut sayang untuk dihapus secara permanen, maka kalian bisa memindahkannya ke perangkat lain seperti ke PC atau ke HP lainnya. Caranya cukup mudah dilakukan yaitu cukup hubungkan HP Oppo kalian ke perangkat lain dengan menggunakan kabel data.

Dengan cara membersihkan memori hp Oppo di atas, anda bisa lebih leluasa menggunakan hp kesayangan kalian untuk multitasking, baik untuk browsing maupun untuk bermain game.

Related posts