Cara Membersihkan Memori Internal Oppo

Cara Membersihkan Memori Internal Oppo

Cara membersihkan memori internal Oppo merupakan informasi terpenting bagi pengguna HP Oppo. Pasalnya HP Oppo yang menggunakan sistem operasi android harus secara rutin dibersihkan memori internalnya,  agar ruang kosong yang tersedia bisa maksimal.

Membersihkan ruang memori internal cukup mudah dilakukan, ada yang dilakukan dengan menggunakan fitur bawaan sehingga proses penghapusannya lebih mudah. Selain itu, ada yang dilakukan secara manual dengan cara menghapus file tertentu yang ingin kalian hapus, dan ada juga yang memakai aplikasi pihak ketiga.

Read More

Manfaat Membersihkan Memori Internal Oppo Rutin

Begitu pentingnya membersihkan memori internal Oppo sehingga perlu dibuatkan tutorial membersihkan memori internal tersebut dengan benar. Sebab jika memori internal tidak dibersihkan secara rutin maka akan mempengaruhi pada kinerja HP Oppo itu sendiri. Salah satu yang paling berpengaruh apabila memori internal tidak dibersihkan maka akan memperlambat kinerja HP, juga tidak bisa update atau download aplikasi yang sedang kalian butuhkan.

Beberapa kelebihan membersihkan memori internal Oppo secara rutin, diantaranya :

1. Mengoptimalkan Kinerja HP

Karena Oppo menggunakan sistem operasi berbasis android, maka untuk menjalankan sistem tersebut membutuhkan ruang memori yang cukup. Dengan membersihkan memori internal secara rutin maka bisa membantu dalam mengoptimalkannya sehingga HP Oppo dapat bekerja secara optimal.

2. Memberikan ruang memori lebih maksimal

Membersihkan ruang memori tentu saja akan menambah ruang memori internal. Dengan begitu jika kalian membutuhkan ruang lebih untuk download maka bisa melakukan proses download dengan mudah, untuk selanjutnya dapat menginstalnya.

Perlu diketahui jika ruang memori tidak cukup, maka jika kalian menginstal aplikasi tertentu, terpaksa harus menghapus aplikasi lain yang sebelumnya sudah terinstal pada HP Oppo.

Itulah beberapa manfaat jika rutin membersihkan memori internal Oppo. Saran bagi kalian yang memiliki HP Oppo, lebih baik membersihkannya setidaknya 3 hari sekali agar kinerjanya selalu maksimal.

Cara Membersihkan Memori Internal Oppo

Cara Membersihkan Memori Internal Oppo
Tutorial Membersihkan Memori Internal Oppo

Setelah mengetahui kegunaan membersihkan memori ineternal hp Oppo secara rutin, maka selanjutnya adalah memastikan memori internal bersih dari berbagai sampah yang tidak digunakan. Perlu diketahui bahwa sampah yang paling banyak memakan ruang memori internal adalah cache. Cache tersebut akan muncul apabila memakai aplikasi pada HP. Semakin lama tidak dibersihkan, maka cache akan semakin menumpuk.

Sebenarnya istlah file sampah bukan hanya tertuju pada file cache saja, melainkan juga segala bentuk file yang tidak digunakan yang dapat menyebabkan memori internal cepat terisi. Oleh karena itu, dibawah ini akan dijelaskan cara membersihkan memori internal hp Oppo dengan berbagai metode :

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Sebelum cara yang lain, kalian perlu tahu terlebih dahulu bagaimana cara membersihkan memori internal Oppo dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Memang cara ini bisa dibilang sangat mudah dilakukan, namun yang paling pertama adalah dengan mencari aplikasi yang tepat agar semua file yang tidak diperlukan bisa terhapus secara maksimal.

Beberapa rekomendasi bagi kalian yang ingin mencoba aplikasi pihak ketiga adalah dengan menggunakan AVG Cleaner, CCLeaner, Nox Cleaner, Phone Master. Namun pada pembahasan dibawah ini akan dijelaskan tutorial menggunakan AVG Cleaner agar memori internal tetap bersih dari file-file yang tidak diperlukan. Lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya dibawah ini :

  • Buka Google Play Store untuk mendapatkan aplikasi AVG Cleaner.
  • Setelah membuka Google Play Store, pada menu pencarian silahkan ketikkan AVG Cleaner agar aplikasinya bisa ditemukan.
  • Silahkan buka AVG Cleaner lalu download dan install aplikasi tersebut agar terpasang pada HP Oppo.
  • Buka dan jalankan AVG Cleaner, jika membutuhkan perizinan silahkan untuk mengizinkan aplikasi agar bisa digunakan dengan benar.
  • Pada halaman antarmuka AVG Cleaner, kalian akan menemukan beberapa informasi seperti ruang yang digunakan (dalam bentuk persentase), ruang kosong (dalam bentuk ukuran GB), dan informasi lainnya seperti Tingkatkan, Tips, Media, dan Aplikasi.
  • Untuk Quick Access, pada bagian atas dalam ikon lingkaran ada tulisan ‘Pembersihan Cepat’. Klik ikon tersebut untuk memulai proses scanning.
  • Apabila proses scanning telah selesai, selanjutnya akan ditampilkan beberapa informasi file sampah diantaranya cache tersembunyi, cache terlihat, apk terinstal, gambar mini, folder kosong, dan file untuk ditinjau.
  • Jika kalian tidak begitu mengerti mengenai rincian tersebut, bisa dilanjutkan dengan klik tulisan ‘selesaikan pembersihan’. Namun jika kalian cukup mengerti akan rincian tersebut, bisa masuk dalam mode advanced untuk memastikan file-file yang tidak digunakan bisa dibersihkan dengan maksimal.
  • Selanjutnya akan muncul notifikasi baru sesaat setelah klik ‘selesaikan pembersihan’ yaitu notifikasi berupa penghapusan file aplikasi sementara. Kalian hanya perlu klik ‘Izinkan’.
  • Tunggulah beberapa saat hingga file sampah benar-benar terhapus.
  • Apabila telah selesai menghapus, nantinya akan muncul berupa informasi mengenai file sampah yang dihapus dan file sampah yang tidak berhasil dihapus (gagal).
  • Untuk opsi lanjutan jika ingin melihat file sampah yang gagal dihapus, bisa klik bagian informasi tersebut untuk mencari tahunya.

Itulah salah satu tutorial membersihakn memori internal pada HP Oppo dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu AVG Cleaner.

Salah satu kelebihan dari menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah kalian tidak perlu repot-repot mencari file sampah satu-satu. Selain itu, nantinya akan secara otomatis dapat meningkatkan daya tahan baterai dan menghemat data seluler.

2. Memindahkan File yang Tidak Dipakai dari Memori Internal ke Perangkat Lain

File yang sudah menumpuk dan sudah tidak diperlukan lagi bisa dilakukan dengan 2 cara untuk membersihkan memori internal. Diantaranya dengan cara menghapusnya atau dengan memindahkan file-file tersebut ke perangkat lain seperti laptop/PC maupun Harddisk Eksternal.

Biasanya file-file tersebut berupa foto-foto hasil jepretan sendiri yang sudah lawas, video hasil pembuatan sendiri, dokumen-dokumen hasil download dari internet atau dokumen hasil sharing dari media sosial. Diantaranya seperti Whatsapp atau Telegram, atau bisa jadi file lagu dan movie sebagai penyumbang utama memakan memori internal HP Oppo.

Dibawah ini akan dijelaskan cara membersihkan memori internal Oppo dengan memindahkan file-file tersebut dari HP Oppo ke perangkat lain. Hal yang perlu kalian siapkan adalah Laptop dan kabel data sebagai penghubungnya. Untuk lebih jelasnya, simak tutorialnya dibawah ini :

  • Sambungkan kabel data pada HP Oppo, lalu sambungkan juga ujung kabel data lainnya pada laptop.
  • Akan muncul notifikasi pada HP Oppo, pastikan kalian memilih opsi mentransfer data.
  • Masuk pada laptop, buka explore lalu piihlah HP Oppo kalian yang terdapat pada explore.
  • Klik memori internal HP Oppo, lalu carilah file-file yang ingin kalian pindahkan dari HP ke Laptop.
  • Pastikan agar semua file bisa kalian temukan mengingat pada memori internal HP terdapat berbagai macam folder didalamnya. Sebagai contoh, jika kalian ingin mencari file Foto dan Video, maka carilah folder DCIM, jika ingin mecari file hasil download maka pilihlah folder download.

Cukup mudah melakukan proses pemindahan file yang sudah tidak digunakan dari HP ke laptop sehingga dapat menambah ruang memori internal pada HP.

Dengan kedua cara membersihkan memori internal Oppo di atas, maka ruang memori internal hp kalian menjadi lebih lega. Tidak perlu repot-repot lagi untuk menghapus aplikasi lain ketika ingin menginstall aplikasi yang kalian butuhkan.

 

Related posts