Cara Cek Memori iPhone

Cara Cek Memori iPhone

Cara cek memori iPhone sangat penting dilakukan agar Kamu bisa mengantisipasi terjadinya memori full yang berdampak pada beratnya kinerja iPhone. Walaupun iPhone termasuk salah satu produk smartphone bergengsi dan berkualitas, tetap saja iPhone disematkan dengan kapasitas memori tertentu yang bisa Kamu manfaatkan. Meskipun kapasitasnya cukup besar, jika Kamu sering menggunakan hpmu untuk menyimpan berbagai macam program dan file di perangkat hpmu, alih-alih memakai PC bisa saja memori iPhone berkurang.

Setiap perangkat, khususnya iPhone mempunyai kapasitas memori berbeda. Inilah yang membuatmu harus benar-benar bijak Ketika hendak menginstal aplikasi. Karena terlalu banyak menginstal aplikasi justru membuat performa perangkat iPhone-mu menjadi menurun.

Tak hanya itu saja, Kamu juga mesti rutin memindahkan berbagai macam file pribadi, baik itu berupa foto, berkas penting, video, hingga lagu ke desktop atau PC. Tujuannya supaya memori iPhone-mu tetap lega dan performa hp menjadi lebih maksimal.

Tapi, tentu saja memindahkan file atau dokumen dari perangkat iPhone ke desktop merupakan cara klasik. Sebab kini iPhone telah membekali sistem penyimpanan yang lebih canggih dan aman. Tempat penyimpanan tersebut Bernama iCloud, dimana penyimpanan ini telah terintegrasi dan dapat dilakukan secara online.

Namun sayangnya, iCloud juga memiliki kelemahan tersendiri karena untuk versi gratisannya hanya menawarkan kapasitas tempat penyimpanan file sekitar 5GB saja. Sementara jika Kamu termasuk orang yang memiliki banyak data penting dan membutuhkan tempat penyimpanan lebih besar lagi, Kamu wajib membeli ruang penyimpanan iCloud.

Cara Cek Memori iPhone

Cara Cek Memori iPhone
Cara Mengecek Memori iPhone Lewat Menu Setting-

Mengecek Memori iPhone Lewat Menu Setting

Cara cek memori iPhone yang masih tersisa dapat dilakukan dengan mengakses menu pengaturan yang ada di perangkat iPhone milikmu. Langkah-langkahnya sangat mudah, Kamu tinggal ikuti tutorialnya berikut ini :

1. Buka Menu Settings

Step pertama, silahkan buka menu pengaturan pada iPhone milikmu. Cari dulu menu pengaturan dan klik untuk mengakses berbagai pengaturan di iPhone.

2. Masuk ke Menu Settings

Cara cek memori iPhone selanjutnya jika sudah membuka menu settings, silahkan pilih general. Apabila Kamu kesulitan mencari menu ini, cek perlahan dari menu bagian atas hingga ke bawah dalam pengaturan iphone.

Selanjutnya, di menu general Kamu akan melihat banyak opsi, seperti background app refresh, usage, passcode lock, auto-ock, keyboard, international, dan date % time. Kamu hanya perlu mengklik opsi usage di bagian atas.

3. Tampilan Usage

Jika Kamu mengklik tombol usage, nantinya akan ditampilkan kapasitas memori yang telah dipakai dan sisa memori tersebut. Memori yang telah dipakai biasanya digunakan untuk beberapa aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya.

Sebagai contoh, apabila perangkat iPhone milikmu mempunyai memori 64 GB, ini artinya Kamu memiliki 30GB free memori dan sebanyak 34 GB memori yang sudah dipakai untuk sistem maupun untuk aplikasi.

Melalui hal ini, Kamu dapat menggunakan sisa memori iPhone untuk bisa mendownload dan menginstal aplikasi Kembali karena sisa memori yang tersedia masih 30 GB.

4. Tekan Show All Apps

Cara cek memori iPhone selanjutnya yaitu dengan menekan show all apps. Ini juga dilakukan untuk mengetahui apa saja aplikasi yang diinstal serta kapasitas memori yang tersedia. Dengan begitu, seluruh aplikasi yang berjalan di iPhone akan langsung ditampilkan, dari yang menghabiskan memori besar sampai yang membutuhkan memori kecil.

5. Melihat Rincian Pemakaian Aplikasi

Untuk melihat rincian detail penggunaan tiap aplikasinya, tinggal klik aplikasi yang dituju. Selanjutnya Kamu akan ditampilkan informasi lengkap tentang jumlah kapasitas memori yang dipakai. Misalnya saja, jika kamu membuka aplikasi Photos & Camera, maka disana akan ada rincian :

  • Camera Rol : 982 MB
  • Photo Library : 30 MB
  • Photo Stream : 29,7 MB.

Jika kamu memilih aplikasi lainnya, maka rincian penggunaan memori akan berbeda dengan contoh diatas.

Itulah cara cek memori iPhone di menu pengaturan yang dapat Kamu coba untuk melihat kapasitas memori yang dipakai dan sisa memori yang belum dipakai. Dengan demikian, Kamu bisa mengatur aplikasi yang beroperasi dan dijalankan di hp. Kamu bahkan bisa menghapus beberapa aplikasi yang tak dibutuhkan apabila memakan space cukup besar.

Bagaimana Cara Membersihkan Memori iPhone?

Karena terlalu asyik bermain game, kita mungkin tertarik untuk menginstal berbagai macam game atau bahkan aplikasi lainnya yang membuat kita penasaran. Sehingga tanpa sadar membuat kapasitas memori iphone yang tersedia menjadi menyusut. Oleh sebab itu, Kamu harus tetap mengontrolnya supaya kapasitas memori iPhonemu tetap leluasa.

Jika memori iPhone-mu sudah penuh karena terlalu banyak aplikasi atau game yang mungkin Kamu unduh secara tanpa sadar. Maka Kamu pun harus membersihkan memori iPhone dengan tutorial berikut ini :

:

1. Lakukan Uninstal Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, terkait pengecekan memori iPhone yang tersisa di menu pengaturan, maka Kamu juga bisa mengakses menu pengaturan untuk menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Adapun tujuannya yaitu agar kamu bisa mengetahui aplikasi mana saja yang memakan memori cukup besar. Cara mengatasi memori penuh ini sangat ampuh untuk mengosongkan memori di perangkat iphone-mu.

Silahkan lakukan penyortiran aplikasi berdasarkan konsumsi memori, dari yang terbesar sampai ke terkecil. Jika sudah di urutkan,  selanjutnya pilih salah satu aplikasi yang memakan memori besar tersebut dan pastikan aplikasi tersebut tidak benar-benar diperlukan.

Kamu bisa menghapus aplikasi lewat menu pengaturan di iPhone. Selain itu juga, bisa dengan mengakses home screen, dengan klik aplikasi tertentu yang akan dihapus kemudian akan muncul opsi hapus aplikasi. Silahkan hapus aplikasinya dan selanjutnya proses uninstall pun berhasil dilakukan.

2. Hapus File yang Tidak Penting

Mengingat sekarang ini zamannya multimedia, yang memungkinkanmu akan mendapatkan dokumen dalam bentuk digital, seperti lagu, film-film, gambar dan lainnya berbentu digital, pastinya akan memakan memori lebih banyak di perangaktmu.

Untuk menghapus beberapa jenis file yang tidak begitu penting untuk mengosongkan memori di iPhone, sebaiknya pilih satu jenis file lebih dulu, baru kemudian pilih jenis file yang lainnya.

Misalnya saja, pertama-tama yang ingin Kamu lakukan ialah dengan mengecek beberapa dokumen yang tersimpan di iPhone, dalam bentuk doc, pdf, atau ppt. Jika sudah, pilihlah dokumen yang tidak penting.

Setelah itu, Kamu tinggal masuk ke file musik, pilihlah lagu-lagu yang sudah tidak ingin kamu dengarkan lagi supaya tidak menambah beban memori iphone milikmu. Begitupun untuk gambar dan video-video yang ada pada iphone, kamu bisa memilih satu persatu atau menyeleksi file yang akan dihapus.

Namun, jika seandainya ingin menghapus semuanya, tinggal blok semua file lalu klik delete. Dan semua file yang ada pada hp iphone milikmu telah dihapus semuanya, sehingga memori hp bisa lebih luas lagi.

3. Menghapus Cache di Website dan Aplikasi

Kamu juga bisa mengatasi dan membersihkan memori di perangkat iPhone yang penuh dengan cara menghapus cache pada website dan aplikasi. Cache ialah data sementara yang didalamnya terdapat aktivitas pengguna ketika menjalankan aplikasi maupun website lewat browser. Meskipun ukukraannya tak sebesar ukuran aplikasi atau media, tapi Kamu dapat menghapusnya agar ruang penyimpanana iPhone lebih leluasa.

Cara cek memori iPhone dan cara membersihkannya sangat penting sebagai upaya untuk meningkatkan performa iPhone-mu kembali. Semoga bermanfaat!

 

Related posts