Cara Mengambil Keuntungan Jualan Baju

Cara mengambil keuntungan jualan baju penting untuk diketahui oleh kamu yang sedang memulai untuk bisnis pakaian. Saat ini bisnis pakaian menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan apalagi dengan perputaran trend fashion yang ada.

Jualan baju adalah salah satu ide bisnis yang tidak akan lekang oleh waktu, Ide bisnis ide tidak hanya bisa dilakukan secara offline akan tetapi sekarang ini kamu juga bisa memasarkan pakaian secara online melalui marketplace yang sudah ada seperti Shopee, Tokopedia, Buka Lapak, Lazada, dan lain sebagainya.

Dengan menjual baju secara online kamu akan membutuhkan modal lebih sedikit dibandingkan dengan kamu menjual baju secara offline. Akan tetapi meskipun bisnis jualan baju ini menguntungkan kamu juga perlu persiapan yang matang sebelum akhirnya terjun kedunia bisnis pakaian.

Karena dengan persiapan yang cukup kamu bisa menjalankan bisnis dengan baik dan lancar serta tentunya bisnis yang akan menguntungkan. Salah satu persiapan yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengetahui cara mengambil keuntungan jualan baju.

Sebab dengan mengetahui metode untuk mengambil keuntungan dari hasil jualan pakaian ini, kamu bisa menghitung pendapatan dari bisnis pakaian yang kamu lakukan.

Nah jika kamu berencana untuk melakukan bisnis pakaian, kamu bisa menyimak cara-cara untuk mengambil keuntungan dari jualan pakaian yang akan dibahas pada artikel ini.

Cara Mengambil Keuntungan Jualan Baju

Cara Mengambil Keuntungan Jualan Baju
Cara Mengambil Keuntungan Jualan Baju

Jika kamu baru memulai bisnis pakaian, kamu bisa mulai menghitung keuntungan yang akan kamu dapatkan dari penjualan pakaian tersebut. Akan tetapi dalam melakukan perhitungan profit, kamu tidak bisa sembarang.

Terkait:  Cara Gacha Genshin Impact

Karena jika kamu melakukan perhitungan untuk mengambil keuntungan secara sembarang, hal ini akan merugikan kamu karena bisa saja pelangan kecewa dengan harga pakaian yang kamu jual dan tidak ingin membeli lagi.

Apabila konsumen sudah kecewa maka bisnis kamu bisa merugi disebabkan stok yang terus menumpuk dan tidak ada pembeli. Oleh sebab itu cermati langkah-langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin menghitung profit dari berjualan pakaian.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu terapkan untuk bisnis pakaian yang sedang atau akan kamu jalankan, semak perjelasannya dari awal hingga selesai.

1. Tentukan Keuntungan Setiap Produk

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara menentukan profit atau keuntungan dari setiap produk yang akan kamu jual terlebih dahulu. sebab dengan menentukan profit ini kamu akan mengetahui berapa jumlah keuntungan dari setiap produk jika sudah terjual.

Profit sendiri merupakan jumlah uang yang kamu hasilkan dari penjualan baju yang kamu lakuan. Inilah rumus untuk menghitung profit, simak!.

Profit = (Penjualan Bersih – Biaya) : Penjualan Bersih

Contohnya adalah kamu mendapatkan penghasilan dalam berjualan baju sebesar 20 juta, dan biaya keseluruhan adalah sebesar 18 juta. Maka perhitungan profitnya adalah sebagai berikut :

Profit = (20 juta- 16 juta) : 20 juta

= 4 juta : 20 juta

= 0,2 (20%)

Jadi perhitungan keuntungan yang bisa ditentukan untuk setiap bajunya adalah sebesar 20%. Itulah cara untuk menghitungan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari berdagang pakaian yang pertama.

2. Melakukan Lobby Pada Vendor

Berikutnya cara kedua ini tidak kalah penting untuk dilakukan seorang pebisnis dibidang pakaian. Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan secara maksimal dari hasil penjualan pakaian maka kamu harus melakukan lobby pada vendor atau penyedia baju yang akan kamu jual.

Contohnya jika kamu melakukan pembelian baju dari vendor sebanyak 300 pcs, maka kamu bisa melobbynya untuk mendapatkan harga yang jauh lebih mudah dan tentunya disertai fasiltas lainnya.

Terkait:  Cara Hasilkan Uang dari Internet

3. Mencari Alternatif Dari Operasional Yang Sekarang

Hal selanjutnya yang juga bisa kamu kamu lakukan supaya bisa mengambil keuntungan dari hasil bisnis pakaian adalah dengan mencari alternatif operasional yang lebih murah.

Kamu dapat mencari-cari vendor lain yang menurut kamu menawarkan harga yang lebih mudah namu dengan kualitas terjamin. Atau kamu bisa menghilangkan operasional yang menurut kamu tidak terlalu perlu.

4. Minimalkan Biaya Produksi

Salah satu faktor yang menentukan sedikit banyaknya keuntungan yang bisa kamu ambil dari hasil jualan baju adalah biaya produksi. Jika kamu ingin menghasilkan keuntungan yang maksimal maka kamu hatus meminimalkan biaya produksi dari baju yang akan kamu jual.

Contohnya jika kamu masih pebisnis baru dari bidang pakaian tentunya permintaan produksi belum banyak, jadi kamu tidak perlu merekrut terlalu banyak kartyawan terlebih dahulu.

Selain itu dalam hal packing juga perlu kamu perhatikan, kamu bisa menurunkan standar packaging dan menghindari packaging yang terlalu mewah untuk meminimalkan biaya produksi.

Langkah yang ketiga ini penting untuk kamu perhatikan, jadi kamu bisa jadikan acuan jika kamu memulai bisnis pakaian. Untuk packaging sendiri bisa menyesuaikan dengan target pasar bisnis baju yang kamu kamu miliki.

5. Dengan Meningkatkan Nilai Retensi Pelanggan

Cara untuk mengambil keuntungan dari hasil berjualan baju berikutnya adlah dengan cara meningkatkan nilai retensi pelanggan. Metode ini adalah metode dengan menawarkan produk-produk yang kamu jual kepada pelanggan lama.

Teknik yang satu ini cukup efektif sebab dari pengalaman pembelian yang mereka miliki, nantinya pelanggan lama akan melakukan pembelian kembali produk yang kamu tawarkan.

6. Dengan Menghilangkan Fitur Yang Tidak Bermanfaat Untuk Pembeli

Selanjutnya jika kamu menjual pakaian kamu secara online maka ada hal yang perlu kamu perhatikan yaitu berkaitan dengan menghilangkah fitur yang tidak bermanfaat untuk pembeli atau calon pembeli produk milikmu.

Terkait:  Cara Hitung Lembur

Misalnya jika kamu akan menjual pakaian dengan klain tahan air dengan target pasar kelas menengah ke atas maka kamu bisa menghilangkan fungsi tahan air karena target pasar yang tidak terlalu membutuhkan.

7. Meningkatkan Harga Produk Secara Perlahan

Metode selanjutnya yang tidak kalah penting adalah dengan meningkatkan harga produk secara perlahan dengan menyesuaikan harga pasar yang ada. Ada banyak pebisnis pakaian yang tidak berani mengambil risiko dari langkah ini.’

Karena seperti yang kita ketahui jika cara ketujuh ini tidak semudah itu untuk dipraktekan pada bisnis pakaian. Karena jika harga yang diterapkan diatas standar konsumen maka bisa jadi kamu akan kehilangan konsumen yang menyebabkan produk tidak laku.

Akan tetapi jika kamu tidak mengambil langkah untuk menaikan harga produk, maka keuntungan yang akan kamu dapatkan dari hasil jualan baju akan semakin sedikit dan sulit untuk menutup biaya operasional yang kamu keluarkan disebabka karena inflasi yang terjadi setiap tahunnya.

Kamu bisa menyesuaikan harga pakaian yang kamu jual dengan harga pasaran yang ada secara tepat supaya tidak terjadi kehilangan pelanggan karena harga produk yang terlalu mahal.

8. Menggunakan Teknis Upselling dan Cross-Selling

Ada juga teknik selanjutnya yang juga bisa kamu terapkan untuk mengambil keuntungan dari jualan baju. Yaitu dengan teknik Upselling dan Cross-Selling, teknik upselling ini digunakan untuk meningkatkan nilai penjualan produk.

Sementara teknik cross-selling adalah dengan cara menawarkan produk tambahan guna melengkapi produk utama. Cara ini cukup efektif untuk diterapkan dalam bisnis apapaun.

Demikiankan informasi mengenai cara mengambil keuntungan jualan baju. Dengan melakukan cara-cara diatas kamu bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis pakaian yang kamu lakukan secara maksimal.

 

Related posts