Cara Mengambil Uang di ATM BCA

  • Whatsapp

Bagaimana cara mengambil uang di ATM BCA? Jika kamu sedang dalam perjalanan jauh dan kehabisan uang tunai maka kamu akan segeram mencari ATM terdekat untuk tarik tunai. Dan jika kamu nasabah baru pasti akan kebingungan mengenai tarik tunai di ATM BCA.

Menabung di Bank memang salah satu cara terbaik dalam menyimpan uang. Karena uang yang dititipkan di Bank lebih terjaga keamanannya dibanding kita menyimpan sendiri di rumah, celengan, ataupun di bawah kasur. Selain itu, dana nasabah yang tersimpan di bank dijamin pula oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, andai kata bank tersebut bangkrut, uang kita akan digantikan oleh LPS.

Read More

BCA adalah salah satunya. Bank BCA atau Bank Central Asia merupakan salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. Dengan memiliki sekitar 22 juta rekening nasabah dan memiliki 17.360 mesin ATM yang tersebar di penjuru Indonesia.

Salah satu keuntungan menabung di bank adalah mendapatkan fasilitas kartu ATM yang bisa kamu gunakan untuk tarik tunai tanpa harus datang ke bank dan mengantri. Cara mengambil uang di ATM BCA sendiri tergolong cukup mudah. Kamu hanya datang ke mesin ATM terdekat dan bisa segera mengambil uang kamu.

Cara Mengambil Uang di ATM BCA

Cara Mengambil Uang di ATM BCA
Cara Mengambil Uang di ATM BCA

Kamu pasti pernah kepepet dalam kondisi tertentu dan butuh segera mencairkan beberapa uang yang ada di tabungan. Jangan khawatir karena Bank BCA memiliki sejumlah mesin ATM yang tersebar dimana-mana. Lalu bagaimana cara mengambil uang di ATM BCA?

Terkait:  Cara Kredit Motor di BCA

1. Datang ke ATM BCA Terdekat

Jika kamu ingin mengambil uang di ATM BCA, kamu bisa mencari mesin ATM yang terdekat dengan lokasi kamu, bisa dalam bentuk kubikel maupun drive thru. Karena Bank BCA memiliki ribuan mesin ATM yang tersebar dimana-mana.

2. Masukkan kartu ATM

Setelah kamu sampai mesin ATM kamu bisa mengambil uang dengan cara mengeluarkan kartu ATM dari dompet kemudian kamu bisa memasukkannya ke mesin. Sebagai rincian, tempat untuk memasukkan kartu ATM ini berupa celah mendatar dengan lear seukuran kartu di sebelah kanan.

3. Pilih Bahasa

Setelah kamu memasukan kartu, kamu akan diminta untuk memilih bahasa pengantar, bahasa Indonesia dan Inggris. Silahkan kamu pilih sesuai kemampuan kamu dalam berbahasa. Kamu bisa menggunakan bahasa Indonesia saja untuk memudahkan kamu dalam bertransaksi.

4. Masukkan PIN

Jika sudah memilih bahasa, mesin ATM akan mengarahkan kamu untuk memasukkan PIN kartu ATM kamu. PIN akan kamu dapatkan bersama dengan saat menerima kartu ATM disaat kamu membuka rekening di Bank. Pastikan kamu sudah memasukkan nomor PIN kamu dan jangan sampai salah.

5. Pilih Jumlah Uang

Kamu akan menemukan layar ATM menampilkan beberapa nominal yang bisa kamu pilih, seperti 100.000, 200.000, 500.000, 1.000.000, 1.500.000 dan 2.000.000 (bagi pecahan 100.000) dan untuk pecahan (50.000) akan menampilkan beberapa kelipatan dari 50.000 seperti 250.000 dan seterusnya. Bagi pengguna yang membutuhkan pengambilan uang sesuai dengan nominal yang ditampilkan di layar monitor, silahkan pilih dengan memencet tombol di samping angka yang diinginkan.

Tetapi, jika nominal yang ditampilkan di layar monitor tidak sesuai dengan nominal yang ingin kamu ambil dan memilih nominal lain dengan menekan menu “Transaksi Lainnya” dan dilanjutkan dengan “Penarikan Tunai“. Setelah itu, kamu akan diminta memasukkan jumlah nominal yang kamu inginkan melalui pinpad dan tekan menu “Benar”.

Terkait:  Cara Daftar Mobile Banking BCA

6. Tunggu Uang Diproses

Sistem akan memproses permintaanmu. Kamu akan mendengar suara mesin yang bersiap-siap mengeluarkan uang. Beberapa detik kemudian, lembaran uang lima puluhan ribu atau seratusan ribu akan keluar. Biasanya kamu juga akan menerima resi transaksi pada saat ini, tetapi sebagian mesin hanya akan menampilkan sisa saldo pada layar.

7. Cetak Struk Transaksi

Jika nominal uang telah keluar dari mesin ATM, maka secara otomatis printer slot akan mengeluarkan resi atau struk sebagai bukti transaksi. Tetapi, tidak semua mesin ATM BCA dapat mengeluarkan resi.

Bagi mesin ATM BCA yang tidak mengeluarkan resi, maka hanya akan menampilkan sisa saldo yang anda miliki langsung pada layar monitor. Selain itu, ada mesin yang menampilkan pilihan “Apakah Ingin Mencetak Bukti Transaksi” bagi yang menginginkan maka pilih menu “Ya” dan jika tidak pilih menu “Tidak”.

8. Konfirmasi Lainnya

Sebelum pengguna mengakhiri transaksi, maka terdapat pertanyaan mengenai konfrimasi transaksi. Pertanyaan atau penawaran yang muncul pada layar monitor yaitu “Apakah Anda Ingin Melakukan Transaksi Lain?”.

Bagi pengguna yang ingin mengakhiri transaksi maka tekan menu “Tidak”, namun bagi yang ingin melanjutkan transaksi pilihlah menu “Ya”. Apabila memilih Tidak, maka biasanya akan muncul informasi sisa saldo.

9. Ambil Uang dan Kartu ATM Kamu

Selesai, silahkan ambil uang kartu ATM dan struk kamu. Periksa kembali uang, struk, kartu ATM dan barang-barangmu jangan sampai ada yang tertinggal di mesin ATM.

Itulah beberapa langkah cara mengambil uang di ATM BCA yang bisa kamu praktekkan. Jangan lupa untuk tetap selalu ingat dan menjaga keamaan saat bertransaksi dimanapun kamu berada.

Related posts