Cara Kerja Mesin Cuci

Cara Kerja Mesin Cuci
Cara Kerja Mesin Cuci

Mesin cuci adalah salah satu teknologi yang sangat penting untuk dimiliki di rumah, terutama kalau kamu memiliki keluarga besar atau kebetulan sangat rewel urusan kebersihan pakaian. Seiring waktu, meski mesin cuci ketika pertama kali diperkenalkan merupakan pembaruan besar dari mencuci pakaian dengan tangan, teknologi ini sekarang telah jauh lebih mudah untuk digunakan dan hampir tidak memerlukan campur tangan manusia untuk menjalankan operasinya. Tapi tetap, mengetahuic cara kerja mesin cuci otomatis sangat penting untuk menanggulangi potensi masalah.

Cara Kerja Mesin Cuci

Cara Kerja Mesin Cuci
Cara Kerja Mesin Cuci

Meski mekanisme mesin cuci tampak sangat mudah, sebenarnya ada banyak sistem yang rumit ada di dalamnya. Tapi pada dasarnya, mesin cuci otomatis bekerja dengan prinsip yang sangat sederhana: alat ini akan mengaduk pakaian dengan cepat dalam air sabun sampai bersih dan kemudian air bersih akan menggantikan air sabun sampai pakaian dibilas sepenuhnya. Proses ini akan menghilangkan semua noda dan kotoran dari pakaian plus, membuatnya bersih.

Read More

Komponen Penting Penunjang Cara Kerja Mesin Cuci

Meski banyak brand yang mengklaim memiliki teknologi terbaik dalam merangkai mesin cuci mereka, kamu sebagai konsumen jangan sampai tertipu trik marketing ini karena faktanya, semua mesin cuci otomatis akan memiliki komponen-komponen berikut:

Drum Dalam
Bagian ini adalah ruang hampa tempat kamu memasukkan pakaian. Kamu dapat memperhatikan dengan jelas bahwa bagian ini akan berputar saat mencuci pakaian dan ada lubang kecil di permukaan tabung tempat air masuk atau keluar selama dan setelah mencuci.

Paddles
Komponen penting ini terletak di tepi drum dalam dan membantu memindahkan pakaian selama proses pencucian.

Drum Luar
Bagian ini tidak akan bisa kamu lihat dengan mudah. Drum luar dilapisi di luar drum bagian dalam dan menahan air saat agitator atau mesin cuci berputar. Bagian ini harus selalu dalam konsisi kedap udara untuk memastikan tidak ada air yang bocor dari mesin cuci kamu.

Termostat dan Elemen Pemanas
Sesuai namanya, bagian ini adalah bagian dari mesin cuci yang menjaga dan menaikkan suhu sesuai kebutuhan.

Sirkuit Pemograman
Ketika kamu membali mesin cuci otomatis secara online, alat ini biasanya datang dengan sejumlah program yang telah disiapkan sebelumnya yang dapat kamu jalankan untuk mencuci berbagai jenis pakaian. Komponen ini semuanya diatur oleh sirkuit programmer yang mengontrol dan menjalankan semua program mulai dari pencucian, pembilasan, dan banyak jenis program lainnya.

Pipa dan Katup
Komponen ini adalah bagian penting yang membantu memindahkan air masuk dan keluar dari mesin.

Perbedaan Sistem Cara Kerja Mesin Cuci

Semua mesin cuci mungkin tampak sangat mirip satu sama lain, tetapi peralatan elektronik ini hadir dalam berbagai merek dan model yang berbeda. Perbedaan penting pertama yang harus diperhatikan adalah model semi-otomatis dan otomatis.

Model yang sepenuhnya otomatis dirancang untuk melakukan segalanya hanya dengan menekan sebuah tombol, alat ini bahkan akan membantu kamu dalam menyesuaikan pengaturan untuk efisiensi cara kerja mesin cuci yang paling optimal.

Sementara model semi-otomatis mungkin memerlukan sedikit lebih banyak input dari kamu, teknologi masih bekerja dengan cara yang hampir sama, tetapi model mesin cucui yang sepenuhnya otomatis pasti akan menghemat waktu Anda.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah perbedaan antara mesin cuci bukaan depan dan bukaan atas. Mesin cuci bukaan depan mungkin terlihat seperti yang kamu bayangkan ketika memikirkan sebuah mesin cuci tradisional. Alat ini terbuka di samping dan biasanya memiliki pintu seperti lingkaran, sementara mesin cuci bukaan atas terbuka di atas.

Keduanya bekerja sedikit berbeda tetapi banyak fitur komponen utama di kedua jenis mesin cuci yang sama antara mesin cuci bukaan atas dan bukaan depan. Dari sisi penggunaan listriknya, mesin cuci bukaan depan tergolong lebih hemat namun semuanya juga akan kembali tergantung pada mereknya.

Sementara itu, mesin cuci dengan efisiensi tinggi (HE) adalah opsi hybrid yang cukup baru di pasaran. Dibandingkan dengan mesin cuci tradisional, mesin cuci efisiensi tinggi ini bekerja dengan cara yang berbeda. Teknologi yang diadopsi dari stasiun luar angkasa menjadi salah satu kunci pembeda paling besar antara mesin cuci tradisional dan model HE ini.

Potensi Perkembangan Mesin Cuci

Sejauh ini tidak ada cara terbaik lain ketimbang teknologi yang ada di mesin cucui modern. Namun seiring waktu dan meningkatnya perhatian tentang konservasi energi muncul mesin cucui tipe baru yang disebut sebagai mesin cuci efisiensi tinggi.

Sebuah mesin cuci dapat dikatakan punya tingkat efisiensi yang tinggi jika memenuhi beberapa spesifikasi khusus seperti penggunaan air, detergen, dan listrik. Penggunaannya harus kurang dari yang biasa kamu gunakan saat menggunakan mesin cuci biasa.

Karena mesin ini menggunakan lebih sedikit air, maka kamu biasany perlu menggunakan deterjen khusus untuk mengaktifkan siklus bekerja sebagaimana mestinya. Mesin cuci modern ini juga sangat hemat energi, dan biasanya sudah memenuhi pedoman konservasi energi yang ditetapkan.

Mesin cuci dengan label high-efficiency ini mungkin sedikit lebih mahal daripada mesin cuci biasa namun, dengan manfaat tambahannya, kamu akan merasakan manfaat hemat daya, penggunaan lebih sedikit deterjen dan juga ikut ambil bagian dalam menjaga lingkungan.

Related posts