Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Xiaomi

Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Xiaomi
Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Xiaomi

Bagaimana cara mengaktifkan sumber tidak dikenal Xiaomi ? Google Play Store adalah aplikasi utama yang menjadi tujuan pengguna smartphone Android saat hendak mengunduh aplikasi baru ataupun mengupdate versi aplikasi yang ada di smartphone mereka.

Begitu pula dengan pengguna smartphone Xiaomi yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Akan tetapi ada kalanya jika aplikasi yang ingin kita unduh di smartphone Xiaomi tidak ada, di aplikasi Google Play Store.

Hal ini menjadikan kita harus mengunduh aplikasi yang kita inginkan di toko aplikasi lain seperti dengan mencarinya di Internet. Smartphone Android sudah memiliki proteksi otomatis yaitu tidak menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

Sumber yang tidak dikenal artinya adalah aplikasi yang diunduh selain menggunakan aplikasi Google Play Store yang merupakan toko aplikasi bawaan dari smartphone Android.

Saat ini banyak platform yang menyediakan layanan toko aplikasi seperti menggunakan website apkpure, apkmirror, dan lain sebagainya untuk mengunduh aplikasi ataupun memperbarui aplikasi selain menggunakan Play Store.

Namun sebelum kamu menginstal aplikasi yang kamu inginkan yang sudah kamu unduh di platform toko aplikasi lain, yang perlu kamu pastikan bahwa kamu mengunduhnya melalui platform yang aman.

Dan juga kamu bisa mengaktifkan sumber yang tidak dikenal di handphone Xiaomi. Karena tanpa mengaktifkan fitur sumber tidak dikenal di smartphone Android milikmu, kamu tidak akan bisa menginstal aplikasi yang kamu inginkan.

Dengan menghidupkan sumber tidak dikenal ini, kamu bisa mendownload dan instal berbagai aplikasi diluar aplikasi Google Play Store dengan bebas. Tanpa khawatir nantinya aplikasi yang kamu unduh tidak bisa diinstal karena terhalang proteksi otomatis dari hp Xiaomi.

Cara untuk mengaktifkan sumber yang tidak dikenal Xiaomi sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, namun yang menjadi kendala adalah setiap tipe smartphone Xiaomi memiliki letak pengaturan sumber yang tidak dikenal berbeda-beda.

Untuk itu kamu bisa menyimak cara-cara yang akan dibahas pada artikel kali ini, supaya kamu bisa mengikuti cara tersebut untuk menghidupkan sumber tidak dikenal Xiaomi.

Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Xiaomi

Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Xiaomi
Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Xiaomi

Untuk kamu yang ingin mengaktifkan opsi sumber tidak dikenal di handphone Xiaomi, kamu bisa menghidupkannya secara langsung melalui menu Pengaturan. Namun mungkin kamu kamu bingung karena setiap versi MIUI pada handphone Xiaomi memiliki tampilan pengaturan yang berbeda.

Untuk itu jika kamu saat ingin menggunakan handphone Xiaomi dan ingin mengunduh aplikasi selain menggunakan aplikasi Google Play Store. Kamu bisa mengikuti cara-cara untuk menghidupkan sumber tidak dikenal di smartphone Xiaomi di artikel ini.

Supaya setelah kamu selesai mengunduh aplikasi dari sumber yang kamu inginkan, kamu bisa langsung menginstal aplikasi tersebut di smartphone milikmu tanpa terhalang oleh proteksi otomatis. Dan kamu bisa langsung menggunakan aplikasi yang sudah kamu instal tersebut.

Cara untuk aktivasi sumber tidak dikenal di smartphone Xiaomi sendiri tergantung dengan versi MIUI yang digunakan pada smartphone Xiaomi milikmu saat ini.

Seperti tampilan pada MIUI 11 berbeda dari tampilan pengaturan pada MIUI 12. Jadi kamu bisa mengikuti cara yang telah dibahas sesuai dengan versi MIUI pada handphone Xiaomi milikmu. Simak penjelasannya!.

1. Versi MIUI 11

Jika kamu ingin menghidupkan fitur sumber yang tidak dikenal, vara pertama yang akan dibahas adalah khusus untuk kamu pengguna smartphone Xiaomi dengan versi MIUI 11.

Kamu bisa aktivasi sumber yang tidak dikenal ini dengan melakukan beberapa langkah di menu Pengaturan handphone kamu, berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu ikuti. Simak penjelasannya!.

  • Langkah pertama adalah buka handphone Xiaomi
  • Lalu pilih menu Setelan (Settings) pada handphone kamu, menu Setelan memiliki ikon roda bergerigi.
  • Jika sudah masuk ke menu Setelan, maka akan ditampilankan beberapa opsi yang bisa kamu pilih.
  • Dan untuk mengaktifkan fitur sumber yang tidak dikenal ini kamu bisa scroll kebawah dan cari opsi Tambahan atau Additional Settings.
  • Setelah itu tekan opsi Additional Settings
  • Selanjutnya kamu bisa scroll lagi dan tekan opsi Privasi (Privacy).
  • Apabila kamu sudah menekan opsi tersebut maka akan ada beberapa opsi lagi didalamnya yang dapat kamu pilih.
  • Setelah itu kamu akan menjumpai opsi Izinkan Pemasangan Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal.
  • Dan untuk menghidupkan opsi ini kamu hanya perlu tab hingga toogle berubah warna dan bergeser ke kanan.
  • Jika opsi Sumber Tidak Dikenal tersebut sudah aktif maka kamu sudah bisa menginstal aplikasi yang kamu inginkan selain menggunakan aplikasi Google Paly Store.
  • Selesai, kamu sudah berhasil aktivasi fitur untuk mengizinkan handphone menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

Itu dia cara pertama yang bisa kamu pilih dan ikuti, jika saat ini kamu menggunakan smartphone Xiaomi yang masih menggunakan MIUI 11. Ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas dengan benar supaya kamu berhasil menghidupkan fitur sumber tidak dikenal.

2. Versi MIUI 12

Berikutnya jika kamu pengguna handphone merek Xiaomi yang menggunakan versi MIUI 12. Maka kamu bisa menyimak cara kedua ini untuk aktivasi sumber tidak dikenal saat ingin mengunduh dan instal aplikasi tanpa menggunakan Google  Play Store.

Sebenarnya, tanpa kamu mengaktifkan opsi izinkan instal aplikasi dari sumber tidak dikenal smartphone Xiaomi akan secara otomatis memberikan notifikasi pilihan untuk menonaktifkan sumber tidak dikenal pada saat kamu menginstal aplikasi.

Namun jika kamu ingin menghidupkan sumber yang tidak dikenal ini secara manual. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan berikut ini:

  • Langkah pertama buka menu Settings (Setelan) yang ada di smartphone Xiaomi terlebih dahulu.
  • Jika kamu sudah masuk ke menu Settings, sekarang pilih opsi Privacy Protection.
  • Setelah itu langkah berikutnya adalah scroll ke bawah dan kamu bisa memilih opsi Special Permissions.
  • Lalu untuk menghidupkan fitur Sumber Tidak Dikenal kamu bisa menekan opsi Install Unknown Apps.
  • Kemudian, kamu bisa memilih sumber yang nanti digunakan untuk install aplikasi. Seperti aplikasi Google Crome atau jika kamu akan menginstall aplikasi melalui UC Browser kamu bisa memilih UC Browser.
  • Langkah berikutnya tekan tombol Allow From This Source.
  • Setelah itu akan akan notifikasi peringatan apakah kamu yakin akan menghidupkan opsi ini.
  • Lalu untuk mengaktifkannya kamu bisa menekan Accept.
  • Selanjutnya geder toogle pada bagian Allow from this source.
  • Selesai, kamu berhasil mengizinkan aplikasi untuk instal dari sumber tidak dikenal.

Itu dia cara kedua yang juga dapat kamu pilih apabila kamu menggunakan hp Xiaomi yang sudah memiliki sistem MIUI 12. Cara ini mudah untuk diikuti bahkan untuk pemula.

Demkianlah sedikit informasi mengenai cara menghidupkan sumber tidak dikenal Xiaomi, kamu bisa mengikuti salah satu dari kedua cara yang telah dibahas tergantung pada jenis MIUI yang digunakan oleh smartphone milikmu. Selamat mencoba.

 

Related posts