Cara Blokir Otomatis Nomor Tak Dikenal

Cara Blokir Otomatis Nomor Tak Dikenal

Sekali dua kali dapat panggilan telepon dari orang tak dikenal mungkin nggak masalah, tapi kalau sampai berkali-kali tentu saja membuat kita merasa risih. Jika hal ini sudah terjadi, maka Kamu perlu cara blokir otomatis nomor tak dikenal. Menariknya lagi jika Kamu pengguna androd, biasanya telah dilengkapi oleh fitur blokir nomor telepon dari kontak tak dikenal.

Jika Kamu memakai fitur ini, Kamu pun tak akan kena teror kontak-kontak yang mengganggu. Karena kejahatan via telepon/SMS atau media sosial saat ini sangat riskan, selain bisa mengambil data pribadi juga seringkali terjadi kasus hipnotis hanya lewat telepon.

Meskipun cara blokir otomatis nomor tak dikenal sangat ampuh untuk meminimalisir gangguaan dari kontak yang tak dikenal. Efeknya justru bisa membuat teman atau kerabat yang ganti kartu akan sulit menghubungimu. Tapi bagi yang tak mempermasalahkan hal ini, Kamu bisa langsung mencoba tutorialnya saja!

Cara Blokir Otomatis Nomor Tak Dikenal

"<yoastmark

Tutorial Cara Blokir Otomatis Nomor Tak Dikenal

Supaya hidupmu lebih tenang, aman dan tentram tanpa gangguan spammer, maka tak ada salahnya memblokir kontak-kontak yang mengganggu. Kamu bisa mencoba cara blokir otomatis nomor tak dikenal dengan langkah-langkah berikut :

1. Buka Panggilan Telepon

Tahapan pertama ialah silahkan buka aplikasi dial phone atau panggilana telepon dari perangkat hpmu.

2. Akses Tombol Menu

Langkah berikutnya, di bagian atas menu dial phone akan tersedia tanda titik tiga. Tinggal klik saja ada ikon tersebut dan buka opsi pengaturan di dalam panggilan telepon.

3. Ketuk Menu Pengaturan

Cara blokir otomatis nomor tak dikenal selanjutnya akan ditampilkan beberapa menu di layar. Jika ingin memblokir nomor hp ttertentu secara otomatis, tinggal pilih Settings atau Pengaturan.

4. Pilih Menu Untuk Memblokir Panggilan

Langkah selanjutnya, Kamu hanya perlu mencarai pengaturan jika ingin memblokir panggilan. Di perangkat smartphone yang dimiliki, opsi pengaturan ini ada di dalam menu ‘Daftar Blokir’.

5. Aktifkan Opsi Pemblokiran

Cara blokir otomatis nomor tak dikenal terakhir, Kamu tinggal aktifkan pemblokiran otomatais. Kamu bisa mengaktifkan pemblokiran pada nomor yang tak terdaftar di list kontakmu.

Namun ingat, cara blokir otomatis nomor tak dikenal ini hanya dapat bekeja pada perangkat android tertentu dan tidak semua android bisa menggunakan cara di atas. Mengingat opsi pengaturan panggilan telepon pastinya akan berbeda.

Tutorial Blokir Nomor Tak Dikenal di Hp Samsung

Ada 2 cara blokir otomatis nomor tak dikenal yang dapat digunakan bagi pengguna Samsung. Berikut diantaranya :

1. Memblokir Hanya Satu Nomor Tak Dikenal

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah memblokir nomor yang tak dikenal untuk satu nomor saja bagi pengguna Samsung. Ini dilakukan jika Kamu memiliki nomor hp tak dikenal yang sering melakukan panggilan di waktu yang tidak tepat. Berikut caranya :

  • Buka layanana telepon yang berikon gagang telepon, biasanya dapaat diakses di dalam home screen. Apabila Kamu memakai Samsung Galaxy, silahkan langsung beralih pada metode berikutnya.
  • Setiap perangkat biasanya memiliki opsi yang berbeda. Apabila aplikasi telepon tidak menampilkan list panggilan terakhir misalnya, maka Kamu bisa mencari ikon bergambar jam pada tulisan ‘recent’.
  • Silahkan sentuh kemudian tahan nomor hp yang akan diblokir. Selanjutnya Kamu akan dibawa ke pilihan menu.
  • Klik ‘block/report spam’, biasanya nama menu ini akan berbeda untuk tiap ponsel. Namun pastikan jika Kamu melihat tulisan ‘block’, maka pastikan untuk memilihnya. Misalnya memilih opsi ‘block list’ alias ‘blacklist’.
  • Silahkan klik ‘block’ saat diminta mengonfirmasi. Kamu tak akan lagi menerima panggilan telepon dari kontak tersebut.

2. Memblokir Seluruh Nomor Tak Dikenal di Perangkat Samsung Galaxy

Jika ingin memblokir semua nomor yang tak dikenal pada Samsung Galaxy, maka Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka layanan panggilan telepon pada home screen hp.
  • Silahkan klik opsi titik tiga vertikal yang terletak di ujung kanan di bagian atas layar. Sesudah disentuh, Kamu akan ditampilkan opsi drop down.
  • Klik ‘settings’ yang ada di dalam opsi drop down. Jika sudah, Kamu akan melihat halaman call settings.
  • Klik ‘block numbers’, biasanaya pilihan tersebut terdapat pada ‘Call Settings’.
  • Klik toggle ‘block anonymous calls’, Kamu bisa menggesernya sampai warnanya berubah. Ini tandanya perangkatmu tak akan dapat menerima panggilan dari kontak yang tidak dikenal kembali.

Jika Kamu hanya ingin melakukan pemblokiran untuk satu nomor saja, silahkan ketikkan nomor hp yang tepat di kolom bertuliskan ‘add phone number’ tepat di bagian atas pada halaman. Kemudian ketuk ‘done’ di dalam keyboard.

Kamu tetap dapat menerima SMS atau panggilan telepon dari nomor hp yang kontaknya tidak ada di daftar teleponmu. Akan tetapi, jika Kamu ingin melakukan pembatasan pada beberapa perangkat, supaya hanya menerima panggilan dari kontak yang terdaftar di daftar kontakmu. Kamu bisa memakai aplikasi bernama ‘Should I Answer?’

Tutorial Memblokir Nomor Tak Dikenal Dengan Aplikasi Should I Answer

Untuk memblokir seluruh kontak hp yang tak dikenal, Kamu bisa memakai aplikasi bernama Should I Answer, berikut caranya :

1. Download Aplikasi Should I Answer

Silahkan unduh aplikasinya terlebih dahulu. Should I Answer Apps dapat meninjau telepon yang masuk, serta dapat diseting untuk menolak seluruh panggilan yang tidak dikenal. Adapun untuk mendownloadnya, silahkan buka Play Store dan ikuti beberapa langkah di bawah ini :

  • Klik opsi pencarian dan ketikkan nama  aplikasi ‘Should I Answer’.
  • Jika sudah, klik ‘Should I Answer’ dan pilih ‘install.
  • Selanjutnya klik ‘Accept’.

2. Masuk ke Aplikasi Should I Answer

Klik tombol bertuliskan ‘Buka’ atau ‘Open’ di Play Store. Silahkan lanjutkan dengan menekan ‘continue’ setelah mencentang kolom persetujuan yang muncul saat Kamu membuka aplikasinya.

3. Klik ‘Setting’

Untuk mulai melakukan pengaturan, silahkan tekan ‘setting’ di atas layar. Silahkan geser toggle pada tulisan ‘Block Outgoing Calls to’. Nah, opsi ini biasanya ada di tengah-tengah halaman pengaturan.

4. Aktifkan Pembokir Pada Panggilan Masuk

Cara blokir otomatis nomor tak dikenal selanjutnya, Kamu tinggal menggeser toggle berwarna putih untuk beberapa opsi yang muncul, seperti pada ‘foreign number’, ‘hidden number’, numbers not stored in contacts’, dan sebagainya.

5. Kamu Juga Bisa Menolak Pesan Masuk

Untuk mencegah supaya nomor hp misterius yang Kamu tuju tidak bisa mengirimu pesan, tinggal geser saja ke pilihan ‘block incoming SMS’.

Jika suda menggunakan aplikasi ini, Kamu bisa menutupnya. Setelah itu, pengaturan pada aplikasi otomatis langsung disimpan. Jadi, kini Kamu bisa terbebas dari panggilan dan SMS masuk nomor tak dikenal.

Kesimpulan

Selain cara blokir otomatis nomor tak dikenal memakai aplikasi Should I Answer di atas, Kamu juga bisa mencoba aplikasi lainnya untuk memblokir nomor tak dikenal. Diantaranya aplikasi Call Control, Calls Blacklist, Call Blocker, dan Mr Number. Caranya hampir sama, tinggal download saja salah satu aplikasi di atas untuk memblokir nomor yang tak dikenal. Metodenya hampir sama seperti cara blokir nomor telepon di iPhone.

Related posts