Cara Mengaktifkan Speaker di Komputer Windows 7

Cara Mengaktifkan Speaker di Komputer Windows 7
Cara Mengaktifkan Speaker di Komputer Windows 7

Sound atau speaker adalah salat satu fitur yang ada di computer, dan fitur yang satu ini termasuk fitur penting karena dengan adanya speaker maka notifikasi yang masuk pada komputer biasa berbunyi dan jika kamu mendengarkan MP3 di computer maka akan muncul suara.

Dan permasalahan speaker tidak berfungsi tentunya cukup mengganggu untuk pengguna komputer. Karena aktivitas penggunaan komputer akan tidak efektif, apalagi jika ada notifikasi penting atau pengguna ingin menonton Youtube melalui computer.

Read More

Jika sebelumnya kamu menggunakan komputer dengan Windows XP tentunya memiliki tampilan yang berbeda dengan computer yang menggunakan Windows. Jika pada komputer Windows XP memiliki tampilan minimalis begitupun dengan menu pengaturannya yang harus melalui control panel.

Pada computer dengan Windows 7, memiliki desain yang cenderung lebih modern, dan desain ini membuat pengguna lebih nyaman karena tidak membosankan. Apabila saat kita hendak mengaktifkan speaker di Windows XP lebih mudah dibandingkan dengan di Windows 7.

Sebab untuk mengakses berbagai hal di Windows XP kamu hanya perlu menekan ikon yang sudah ada di taskbar sebelah kanan bawah tampilan komputer. Dengan menekan ikon speaker tersebut aka nada beberapa menu yang ditampilkan salah satunya adalah untuk mengaktifkan speaker.

Selain untuk mengaktifkan speaker, kamu juga bisa mengatur sound sesuai dengan keinginanmu. Meskipun langkah-langkah untuk mengaktifka speaker di Windows 7 mudah untuk dilakukan, namun tentu ada sebagian pengguna.

Oleh karena itu pada pembahasan artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mengaktifkan speaker di komputer Windows 7. Jadi jika kamu masih bingung mengenai cara menghidupkan speaker di komputer yang menggunakan Windows 7, kamu bisa mengikuti penjelasan pada artikel ini. Simak penjelasannya.

Cara Settings Speaker di Komputer Windows 7

Sebelumnya jika kamu pengguna Windows 7, kamu juga perlu mengetahui cara settings speaker di komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 7. berikut ini langkah-langkah untuk seetings speaker jika kamu baru saja upgrade komputer dari Windows XP ke Windows 7, simak.

1. Pasang Sound Card dan Jck Audio dengan Benar

Pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memeriksa sound card, karena sound card itu seperti kartu suara yang berfungsi untuk menyimpan data yang berhubungan dengan suara. Jadi penting untuk memasang sound card dengan benar.

2. Settings BIOS

Kedua atur juga BIOS atau singkatan dari Basic Input Output System, BIOS ini adalah software yang mengatur hardware. Cara settings BIOS sendiri adalah dengan tekan keyboard F2 + delete secara bersamaan. Cara ini  bisa berbeda setiap jenis komputer.

3. Update Driver Sound

Jika kamu sudah melakukan update Windows maka secara otomatis driver yang ada dikomputer kamu jugaharus  ikut diupdate, kamu bisa memilih driver yang kompatiber dengan Windows yang kamu gunakan.

Cara Mengaktifkan Speaker di Komputer Windows 7

Cara Mengaktifkan Speaker di Komputer Windows 7
Cara Mengaktifkan Speaker di Komputer Windows 7

Speaker adalah hal yang sangat penting untuk computer, khususnya jika kamu sering menggunakan computer untuk mendengarkan music, menonton video, dan lain sebagainya. Sebenarnya tanpa kamu mengaktifkannya speaker akan secara otomatis aktif di Windows 7.

Akan tetapi ada juga pengguna yang mengalami kendala pada speaker yang menyebabkan suara tidak bisa keluar. Biasanya jika computer milikmu mengalami permasalahan ini bisa jadi karena driver pada computer tidak tersedia, atau bisa jadi karena eror.

Jika sudah seperti itu untuk mengaktifkan speker di computer dengan Wndows 7, adalah dengan cara menginstal ulang driver ataupun dengan melakukan update driver. Dan berikut ini beberapa cara untuk menghidupkan speaker di kompuyter Windows 7, simak!.

1. Cara Mengaktifkan Speaker di Komputer Windows 7 Dengan Instal Realtek Audio Driver

Cara yang pertama yang dapat kamu ikuti jika ingin menghidupkan sound dikomputer milikmu, kamu bisa dengan menginstal driver yang sering digunakan oleh pengguna PC yaitu Realtek Audio Driver.

Untuk mengunduh driver ini, kamu bisa mencarinya di internet karena banyak website yang menyediakan undub Realtek Audio Driver secara gratis. Untuk langkah-langkah menghidupkan speaker menggunakan Realtek Audio Driver kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini:

  • Langkah pertama adalah install aplikasi Realtek Audio Driver, kamu bisa mengunduhnya di internet. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan oleh sistem operasi Windows 7 saja, akan tetapi juga bisa digunakan untuk semua jenis Windows.
  • Jika sudah terinstal maka aka nada perintah untuk mematikan komputer, kamu bisa skip notifikasi itu terlebih dahulu.
  • Berikutnya cek audio komputer kamu dengan cara masuk ke control panel, kemudian pilih Program Files.
  • Setelah itu pilih Realtek.
  • Lalu klik Audio, jika sudah kamu bisa pilih HAD.
  • Kemudian kamu bisa mencari file dengan nama RAVCpl64, lalu klik open dengan cara klik dua kali.
  • Langkah selanjutya cari ikon bergambar folder yang terdapat disebelah kanan, kemudian klik.
  • Setelah itu akan ditamplkan box petunjuk yang berisi tulisan Disable front panel jack detection.
  • Kamu dapat mencentang kotak tersebut dan klik OK.
  • Apabila tidak ada masalah lain, maka speaker kamu di komputer sudah aktif.
  • Kamu mencoba memutar audio di komputer milikmu.

Itulah cara pertama yang bisa kamu pilih supaya berhasil menghidupkan speaker, dengan mengikuti langkah-langkah diatas kamu sudah bsia menggunakan speaker untuk melakukan berbagai aktivitas seperti mendengaran music dan menononton film di komputermu. Cukup mudah bukan ?.

2. Cara Mengaktifkan Speaker di Komputer Windows 7 Melalui Device Manager

Berikutnya kamu bisa menggunakan device manager untuk menghidupkan speaker di kmputer dengan Windows 7 milikmu. Karena dengan device manager kamu bisa melihat semua driver hardware yang telah terinstal dikomputer. Berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu ikuti:

  • Langkah pertama adalah buka device manager di komputer terlebih dahulu. Caranya klik menu Start kemudian pilih Device Manager, atau jika kamu ingin lebih cepat kamu bisa mengetik Device Manager di kolom pencarian komputer.
  • Apabila kamu sudah masuk ke Device Manager maka kamu bisa klik menu View.
  • Lalu klik opsi Show Hidden Devices.
  • Jika sudah kamu bsia kembali ke Device Manager dan klik dua klik pada bagian Beep.
  • Langkah berikutnya adalah setelah jendela Beeb Properties terbuka, kamu bisa klik Driver.
  • Lalu untuk mengaktifkan speaker kamu bisa tekan tombol Start dan pastikan jika speaker selalu hidup.
  • Selesai.

Itulah pilihan cara kedua yang dapat kamu pilih saat hendak menghidupkan fitur speaker di computer supaya bisa digunakan untuk mendengarkan suara dan notifikasi yang masuk ke computer.

3. Cara Mengaktifkan Speaker di Komputer Windows 7 Dengan Install Ulang Audio Driver

Apabila kamu sudah mencoba kedua cara diatas, akan tetapi speaker di komputermu masih belum juga bisa diaktifkan. Maka cara berikutnya yang dapat kamu coba adalah dengan menginstal ulang Audio Driver. Berikut ini penjelasan langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama buka Device Manager, atau kamu bisa menekan keyboard Windows + r.
  • Lalu ketik devmgmt.msc dan tekan Enter.
  • Langkah selanjutnya pada bagian Sound, Video and Game Controller kamu bisa klik kanan.
  • Kemudian pilih Uninstall.
  • Setelah itu Restart Komputer milikmu, dengan melakukan restart maka computer akan melaluikan install ulang audio driver secara otomatis.
  • Selesai.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara mengaktifkan speaker di komputer Windows 7. Kamu bisa mengikuti salah satu dari tiga cara yang telag dijelaskan diatas.

 

Related posts