Cara Melihat Trending Twitter

Cara Melihat Trending di Twitter

Cara melihat trending Twitter merupakan salah satu cara yang biasa digunakan oleh para warganet untuk mengetahui topik yang sedang hangat diperbincangkan. Tidak hanya itu, trending Twitter pun tidak hanya berlaku untuk Indonesia, tetapi dunia, sekitar pengguna, bahkan beberapa negara lainnya.

Dengan begitu, kalian bisa terhubung dengan berbagai hal yang tengah diperbincangkan oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Trending ini yang dinilai menjadi nilai tambah dan membuat banyak pengguna betah menggunakan sosial media dengan lambang burung tersebut.

Fitur trending topic ini pun bisa digunakan baik dalam Twitter versi mobile maupun melalui PC atau laptop. Dengan begitu, kalianbisa mengakses fitur ini dengan mudah di mana pun kapan pun asalkan memiliki akun Twitter.

Terdapat beberapa cara yang dapat kalianlakukan untuk bisa melihat trending Twitter, baik lokal, sampai hal yang viral di dunia. Langkah-langkahnya pun terbilang mudah, kalianbisa menyimak artikel ini sampai habis untuk mendapatkan informasi yang selengkapnya.

Cara Melihat Trending Twitter

Cara Melihat Trending di Twitter
Tutorial Melihat Trending di Twitter

Fitur trending topic di Twitter dapat diketahui dengan beberapa metode. Twitter menyuguhkan fitur untuk meninjau trending topic di Indonesia, di negara tertentu, sampai di seluruh dunia secara menyeluruh. Berikut ulasan cara melihat trending Twitter yang bisa kalian lakukan.

Metode 1 : Trending di Indonesia

Twitter memiliki fitur trending topic untuk suatu negara, salah satunya Indonesia. Dengan fitur ini, kalianbisa melihat apa yang sedang masyarakat Indonesia bahas di sosial media. Berikut ini adalah cara melihat trending Twitter Indonesia.

  • Masuk ke aplikasi Twitter di HP atau situs web Twitter di PC dan laptop

  • Kemudian, kalianharus login dengan akun Twitter yang kalianmiliki

  • Kalau sudah berhasil masuk, kalianbisa langsung menekan ikon pencarian

  • Nantinya akan muncul daftar trending Indonesia secara otomatis karena kalianberada di Indonesia

  • Selesai

Tidak hanya itu, kalianpun bisa melihat trending berdasarkan lingkungan sekitar kalian. Caranya hanya dengan mengaktifkan layanan GPS di HP kalian. Nantinya, Twitter secara otomatis akan menampilkan trending yang sesuai dengan lokasi kalianberada.

Metode 2 : Cara Melihat Trending Twitter di Negara atau Provinsi Tertentu

Selanjutnya, kalianpun bisa melihat trending Twitter di negara atau provinsi tertentu dengan sejumlah cara. Metode ini sangat menguntungkan bagi mereka yang senang mengeksplor hal-hal yang terjadi di berbagai belahan dunia dengan mudah. Cara melihat trending twitter di negara atau provinsi tertentu bisa dengan mengikuti tutorial berikut :

  • Buka aplikasi Twitter atau masuk ke laman web Twitter melalui browser

  • Kemudian, masuk atau login dengan akun Twitter yang kalianmiliki

  • Jika berhasil, kalian hanya perlu tap ikon pencarian yang ada di atas layar

  • Setelah itu, kalian bisa memilih ikon gear atau setting guna mengatur lokasi trending

  • Di sana kalian bisa memilih menu Ubah Lokasi

  • Pada kolom pencarian, kalian bisa memasukkan nama negara atau provinsi yang ingin di ketahui hal apa yang sedang ramai diperbincangkan

  • Jika sudah dipilih, lakukan refresh laman trending topic

  • Selesai, kalian akan melihat trending topic berdasarkan lokasi yang kalianinginkan.

Cara melihat trending ini bisa dilakukan kapan pun tanpa ada batasan. Kalian yang senang menulis hal-hal yang ramai di luar negeri bisa memanfaatkan fitur ini untuk menambah referensi dan wawasan. Apalagi jika ingin belajar bahasa Inggris, sangat bisa menggunakan fitur ini agar lebih membantu.

3. Melihat Trending Twitter di Seluruh Dunia

Selain melihat trending suatu negara atau provinsi, Twitter pun memungkinkan penggunanya mengetahui hal yang ramai diperbincangkan di seluruh dunia, di semua negara sekaligus. Fitur ini biasa disebut dengan Trending Topic Worldwide.

Hal yang dibahas di sini tentu merupakan bahasan yang luar biasa karena sampai dibahas oleh banyak warganet Twitter di seluruh belahan dunia. Berikut ini sejumlah langkah yang perlu kalianlaksanakan dengan seksama.

  • Masuk ke laman web Twitter atau buka aplikasi Twitter di HP Kalian

  • Pastikan kaliansudah login dengan akun yang kalianmiliki

  • Selanjutnya, kalianbisa langsung memilih ikon pencarian yang berada di atas layar

  • Kemudian, kalianlangsung klik ikon gear guna mengatur lokasi trending topik yang diinginkan

  • Setelah itu, langsung saja pilih menu Ubah Lokasi

  • Di sana ada pilihan Wordwide, kalianbisa langsung tap saja

  • Refresh laman trending kalian dan langsung akan muncul daftar topik yang ramai diperbincangkan di seluruh dunia

Fitur ini sangat bermanfaat untuk mengetahui isu dunia yang sedang menggemparkan seluruh negara. Apalagi jika kalianmerupakan seorang jurnalis internasional, memantau trending dunia merupakan salah satu kemudahan yang bisa dilakukan.

Sayangnya, ternyata fitur ini sudah tidak dapat digunakan lagi. Pengguna tetap harus memilih satu negara atau provinsi untuk melihat trending yang sedang ramai di lokasi tersebut.

Sekilas Tentang Twitter

Twitter merupakan sosial media yang memungkinkan penggunanya berbagi cerita, ide, pendapat dan berita terbaru mengenai apa pun yang dinilai menarik oleh banyak orang.

Sosial media yang identik dengan warna biru ini ialah salah satu jaringan sosial dan layanan mikroblogging yang hanya mengizinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan sampai 140 karakter yang disebut tweet.

Twitter dibuat pada Maret 2006 oleh Jack Dorsey, tetapi mulai dluncurkan pada pada bulan Juli. Perusahaan Twitter Inc berada di San Francisco, ditambah server lainnya dengan kantor di New York City, Boston, serta San Antonio.

Sosial media ini populer dengan cepat karena pelayanannya yang cepat. Sudah ada sebanyak 400.000 tweets diunggah per kuartal tahun 2007. Angka itu terus bertambah sampai 100 juta tweets per kuartal tahun 2008.

Pada Februari 2010, pengguna Twitter mengunggah 50 juta tweets per hari. Sementara pada Maret 2010, Twitter mencatat lebih dari 70.000 akun terdaftar.

Pada Juni 2010, ada sekitar 65 juta tweet yang diunggah setiap hari, setara 750 tweet diupload per detik. Selanjutnya ada Maret 2011, angkanya jadi sekitar 140 juta tweets diunggah per hari.

Dikutip dari Compete.com, Twitter jadi situs sosial media tertinggi ketiga pada Januari 2009 dari peringkat sebelumnya di posisi 22. Sekarang, ada lebih dari 500 juta akun terdaftar pada 2012, ada lebih dari 340 juta tweet per hari serta penanganan lebih dari 1,6 miliar pencarian setiap harinya.

Kesimpulan

Cara melihat trending Twitter sangat berguna bagi kalian yang hendak mencari hal-hal yang viral di seluruh dunia atau suatu negara. Pengguna akan mudah mendapatkan informasi dan wawasan yang lebih luas dari banyak sudut pandang.

Selain itu, kalian juga bisa menambah wawasan terkait isu-isu di Indonesia maupun isu global. Hal ini sangat penting apalagi bagi investor atau pemangku kepentingan lainnya yang memanfaatkan berita secara regional maupun seluruh dunia.

Fitur ini pun bisa dimaksimalkan untuk penelitian atau kerja jurnalistik. Sebab, informasi yang disuguhkan hadir secara real time. Bahkan, banyak tokoh dunia yang senang menggunakan Twitter untuk menyampaikan gagasan dan berkomunikasi dengan banyak orang. Semoga bermanfaat.

Related posts