Cara Mengeluarkan Air dari Speaker Hp Samsung

Bagaimana jadinya jika speaker hp Samsung kalian terkena air? Mungkin awalnya kalian akan panik, menginga speaker merupakan komponen penting untuk mengeluarkan suara. Seperti untuk mendengarkan musik, saat menelpon dan lainnya. Jangan khawatir, ada cara mengeluarkan air dari speaker hp Samsung yang bisa kalian coba.

Ketika speaker Samsung kalian kemasukan air, biasanya kualitas suara atau bunyi yang dikeluarkan tidak maksimal. Tentu saja hal tersebut bisa memberikan pengaruh ketika hp digunakan untuk merekam, telepon, menonton video, bermain game dan lainnya. Jika dibiarkan, hal ini dapat memberikan dampak bagi performa hp secara keseluruhan.

Read More

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker Hp Samsung

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker Hp Samsung
Tutorial Mengeluarkan Air dari Speaker Hp Samsung

Bagi kalian yang memiliki HP Samsung tanpa teknologi tahan air, berikut akan dijelaskan cara mengeluarkan air dari speaker HP Samsung dengan sangat mudah baik menggunakan aplikasi atau dengan cara manual. Cek panduannya :

1. Memakai Lap

Jika hp kalian ketumpahan air dan membasahi bagian speakernya, maka langkah awal yang bisa dicoba adalah mengeringkannya terlebih dahulu. Kalian dapat mengeluarkan air yang tertahan pada speaker hp Samsung dengan mengelapnya menggunakan lap kain yang bersih dan kering.

Mengeringkan Hp Pakai Lap

Akan tetapi, supaya lebih optimal lepas terlebih dahulu beberapa komponen seperti micro SD, kartuSIM dan baterai. Setelah mengeringkannya memakai lap. Pada bagian yang tidak dapat dijangkau, biarkan saja. Diamkan hanya beberapa lama dengan memposisikan letak speaker di bawah. Kalian bisa membiarkan air keluar dari speaker hp dengan sendirinya. Cukup tunggu sampai mengering.

Terkait:  Cara Bypass Akun Mi

2. Mengeringkan Speaker Hp Dengan Kipas Angin

Mengeringkan Hp Pakai Kipas Angin

Cara mengeluarkan air dari speaker hp Samsung berikutnya adalah dengan menggunakan kipas angin. Metode ini juga cukup praktis, kalian hanya perlu mencopot beberapa komponen hp yang bisa dicopot. Kemudan letakkan seluruh komponen hp kalian di depan kipas dan nyalakan kipas selama beberapa jam sampai perangka hp benar-benar kering.

3. Memakai Aplikasi Speaker Cleaner – Remove Water

Selain cara manual di atas, kalian juga dapat mengeringkan speaker hp Samsung dengan bantuan aplikasi, salah satunya adalah memakai aplikasi Speaker Cleaner. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengeringkan HP Samsung yang kemasukan air dengan segera agar terhindar dari kerusakan speaker bawaan. Ini panduannya :

Speaker Cleaner – Remove Water
  • Pada HP Samsung, buka aplikasi Google Play Store.
  • Silahkan ketikkan nama aplikasi Speaker Cleaner pada pencarian di Play Store.
  • Install aplikasinya dan tunggu sampai proses instalasi selesai.
  • Silakan buka aplikasinya. Pilih “Izinkan Semua” untuk mengizinkan aplikasi mengakses perangkat.
  • Di halaman pertama aplikasi, akan langsung ada informasi yang menjelaskan bahwa speaker HP Samsung terkena air dan suara tidak akan jernih. Untuk menyelesaikan masalah ini, cukup klik ‘Clean Speaker’ yang berada di bagian bawah.
  • Sembari membersihkan speaker hp, kalian bisa menentukan volume speaker sampai maksmal, agar air yang terperangkap pada speaker bisa keluar dengan cepat.
  • Setelah selesai membershkan, selanjutya ada tanda ceklis menyatakan bahwa proses pembersihan sudah selesai. Jika sudah selesa, klik Yes dan untuk mengulangi Kembali klik Restart.

Kelebihan dari aplikasi speaker cleaner adalah tampilannya yang sederhana, juga ukuran aplikasinya hanya 4,1 MB saja sehingga tidak akan menyebabkan memakan banyak memori internal HP Samsung.

Terkait:  Cara Ganti Font Samsung

4. Memakai Aplikasi Clear Wave – Water Eject

Aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan speaker dari air yaitu memakai aplikasi Clear Wave yang mampu menghilangkan air dari kedua speaker di HP Samsung dengan suara berfrekuensi rendah maupun tinggi.

Cara kerja dari aplikasi ini adalah mengeluarkan berbagai suara dan getaran tertentu yang dapat membantu mengeluarkan air maupun debu dengan sangat mudah. Selain itu, setelah membersihkan air ataupun debu yang terdapat pada speaker HP Samsung, ada fitur volume booster yang mampun meningkatkan suara speaker setelah membersihkan air dari speaker.

Bagi kalian yang ingin menggunakan aplikasi ini untuk membantu mengeluarkan air pada speaker HP Samsung, berikut cara menggunakan aplikasi Clear Wave di bawah ini :

Aplikasi Clear Wave
  • Langkah pertama, install terlebih dahulu aplikasinya yang bisa kalian dapatkan pada Google Play Store.
  • Pada kolom pencarian, ketik nama aplikasinya yaitu : Clear Wave.
  • Tekan “Install” untuk memasang aplikasi di perangkat, tunggu sampai selesai.
  • Setelah terpasang pada perangkat, buka aplikasi Clear Wave.
  • Untuk hasil yang maksimal, posisikan hp Samsung kalian dengan posisi miring dan speaker diarahkan ke bawah.
  • Pada halaman depan dari aplikasi, klik ikon yang berwarna biru
  • Tunggu beberapa saat hingga proses mengeluarkan air mencapai angka 100 %.
  • Apabila ingin mengulanginya Kembali, bisa klik tombol ‘Test Again’ hingga bisa dipastikan air keluar dari speaker.
  • Bagi yang ingin test suara terlebih dahulu, bisa masuk pada halaman Testing Sound lalu klik Start. Setelah berhasil mencoba suaranya, klik ‘Stop’.

5. Memakai Aplikasi Speaker Cleaner & Clear Water

Aplikasi ketiga tidak jauh berbeda dengan 2 aplikasi yang telah dijelaskan di atas, yaitu sebagai alat untuk membersihkan speaker dan dapat membantu membersihkan air yang menempel pada speaker. Bukan itu saja, aplikasi ini bisa memperbaiki suara speaker menjadi lebih baik dari sebelumnya. Untuk memakai aplikasi Speaker cleaner & Clean Water, simak panduannya berikut :

Terkait:  Cara Melacak Handphone Samsung yang Hilang
Aplikasi Speaker Cleaner & Clear Water
  • Install aplikasi speaker cleaner & clear water lewat Google Play Store.
  • Lakukan “Install” aplikasi dan tunggu prosesnya.
  • Setelah itu, buka aplikasinya untuk mulai proses pembesihan dan mengeluarkan air pada speaker.
  • Sebelum memulai, ikuti petunjuknya terlebih dahulu yaitu posisikan volume dalam keadaan maksimum (100 %), speaker harus di posisikan mengarah ke permukaan (HP Samsung di miringkan), persiapkan lap halus atau tissue untuk membersihkan air yang keluar dari speaker.
  • Setelah semua persiapan selesai, klik ‘auto cleaning’. Biarkan proses pembersihan dan proses mengeluarkan air berlangsung hingga selesai yang akan diperlihatkan dengan tanda persentase mencapai 100 %.
  • Jika ingin mengulanginya Kembali, silakan untuk klik ‘auto cleaning’ pada halaman pertama dari aplikasi ini.

Selain untuk membersihkan speaker pada HP Samsung, aplikasi Speaker Cleaner & Clear Water bisa digunakan untuk membersihkan microphone dan juga headset. Lakukan pengaturan dengan benar, agar hasil pembersihan perangkat bisa berlangsung optimal.

6. Membawa Hp ke Tempat Service

Bagaimana jika semua cara di atas tidak bekerja? Jangan khawatir, masih ada satu cara mengeluarkan air dari speaker hp Samsung yang bisa kalian lakukan. Metode ini yaitu dengan membawa hp Samsung kepada ahlinya yaitu teknisi Samsung. Kalian bisa membawa hp yang kemasukan air ke Service Center Samsung.

Service Center Samsung

Teknisi umumnya memiliki cara tertentu untuk memperbaiki speaker hp kalian. Jika memungkinkan, speaker akan diperbaiki atau diganti menggunakan spare part baru.

Jadi, kalian tidak perlu khawatir lagi saat hp terendam air atau kemasukan air dan merusak bagian speaker. Karena ada beberapa cara mengeluarkan air dari speaker hp Samsung yang bisa kalian coba satu persatu di atas.

Related posts