Cara Aktivasi Kartu Telkomsel

Cara Aktivasi Kartu Telkomsel
Aktivasi Kartu Telkomsel

Bagaimana cara aktivasi kartu Telkomsel? Apa saja yang dibutuhkan ketika ingin melakukan Aktivasi Kartu Telkomsel? Kenapa pengguna Telkomsel harus melakukan Aktivasi Kartu?

Jika kita membahas pertanyaan pertanyaan diatas tadi, tentu hal ini amat sangat perlu diketahui untuk semua pengguna ponsel dan juga SIM Card, seperti Telkomsel. Sebagaimana kita tau, semenjak tahun 2017 lalu, pemerintah dan MENKOMINFO membuat peraturan baru tentang penggunaan SIM Card.

Read More

Hal ini disebabkan oleh maraknya penipuan dan juga penggunaan Data Palsu pada saat prosess Pendaftaran dan Aktivasi SIM Card, sehingga membuat pemerintah dan pihak Provider mewajibkan tiap pengguna SIM Card dari berbagai Provider untuk melakukan registrasi dan juga Aktivasi menggunakan data diri yakni NIK (Nomor Induk Kependududkan) dan juga Nomor KK (Nomor Kartu Keluarga).

Selain itu, tujuan lain dari diberlakukannya program ini adalah untuk meminimalisir penipuan yang dilakukan oleh beragam oknum yang tidak bertanggungjawab, dan juga sebagai salah satu cara untuk mempermudah provider mengetahui identitas pemilik kartu yang sah dan jelas.

Oleh sebab itu, jika mungkin suatu saat kartu kalian hilang, maka kalian bisa dengan mudah melakukan pemblokiran, dengan menyertakan Identitas yang sesuai dengan nomor Telkomsel kalian. Sebab jika tidak, maka bisa saja oknum yang menemukan kartu kalian, akan melakukan terror dengan menghubungi tiap kontak yang mungkin tersimpan pada SIM Card kalian.

Maka dari itulah, pengguna yang mungkin belum melakukan pendaftaran dan Aktivasi kartu, akan mendapatkan pesan dari 4444 dan juga pihak operator, sebagai reminder untuk melakukan Aktivasi Kartu dengan menggunakan NIK dan juga Nomor KK yang masih aktif dan valid.

Sebab jika tidak, maka otomatis setelah 15 hari peringatan tersebut masuk di SMS, pihak provider akan melakukan pemblokiran pada kartu Telkomsel yang dimiliki, sehingga tidak dapat digunakan untuk melakukan panggilan keluar, menerima panggilan masuk, ataupun melakukan aktivitas berkirim SMS.

Dan yang lebih parahnya lagi, bahkan kalian bisa saja kehilangan kontak penting yang tersimpan didalam SIM Card, akibat kartu tak lagi bisa diaksess.

Nah, untuk itu, jika mungkin kalian pengguna kartu Telkomsel baru, kalian harus melakukan pendaftaran dan juga Aktivasi kartu, agar tidak terkena pemblokiran akibat tidak melakukan pendaftaran. Dan untuk kamu yang mungkin belum mengerti Cara Aktivasi Kartu Telkomsel, kalian bisa menyimak artikel berikut ini sampai selesai, ya.

Sebelumnya, ada beberapa persyaratan yang sekiranya harus disiapkan, sebelum melakukan Aktivasi Kartu Telkomsel yang kalian miliki. Diantaranya :

  • KTP Asli pemilik
  • Nomor Kartu Keluarga

JIka semua sudah siap, langsung saja ikuti beberapa Cara Aktivasi Kartu Telkomsel berikut ini.

Cara Aktivasi Kartu Telkomsel

Cara Aktivasi Kartu Telkomsel
Aktivasi Kartu Telkomsel

Cara Aktivasi Kartu Telkomsel bagi Pengguna Baru lewat SMS

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan pendaftaran dan juga aktivasi kartu melalui layanan SMS yang tentunya bisa ditemukan disemua perangkat Smartphone kalian. Dan cara ini, juga sangat cocok untuk kamu yang baru saja membeli perdana Telkomsel.

  • Buka aplikasi Perpesanan atau SMS yang ada di ponsel kalian
  • Setelah itu, buat sebuah pesan baru dengan format sebagai berikut
    • REG#NIK#NomorKK#
      • NIK : Nomor Induk KTP
      • NomorKK : Nomor Kartu Keluarga
    • Contoh : REG#367502210619980005#1234568795145635#
  • Kirim pesan tersebut ke nomor 4444

Setelah pesan terkirim, kalian akan mendapatkan balasan dari 4444 bahwa pendaftaran kalian sudah berhasil. Dan langkah terakhir adalah kalian tinggal melakukan restart pada ponsel kalian, dan menggunakan kartu Telkomsel yang sudah diaktivasi tadi seperti biasa.

Oh iya, pastikan semua data seperti NIK dan KK masih memiliki masa aktif dan juga valid ya. Sebab, apabila data yang dimasukkan tidak Valid, maka kemungkinan prosess pendaftaran dan Aktivasi akan terhambat, atau gagal.

Dan jika hal ini terjadi, kalian harus mengulang prosess pendaftaran dan aktivasi dari awal.

Cara Aktivasi Kartu Telkomsel bagi Pengguna Lama lewat SMS

Gak cuma untuk pengguna baru aja kok, jika kamu adalah pengguna kartu Telkomsel yang sudah lama, kamu juga bisa melakukan perubahana data, apabila data yang terdaftar sebelumnya adalah data milik orang lain, atau mungkin ada perubahan lain pada KK ataupun KTP yang kalian miliki.

Hal ini juga bertujuan agar pengguna lama kartu Telkomsel tetap terdaftar secara legal, dan tersimpan dalam database Telkomsel itu sendiri. Caranya juga gak jauh beda kok dengan aktivasi bagi pengguna baru.

  • Buka Aplikasi perpesanan / sms di ponsel kalian
  • Buat sebuah pesan baru dan ketikkan pesan dengan format berikut
    • ULANG <spasi> NIK#NomorKK#
    • Contoh : ULANG 367302030619950001#0231452645213654#
  • Kirim pesan tersebut ke nomor 4444

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, pastikan lagi data yang kalian masukkan masih valid dan benar. Sehingga, ketika prosess pendaftaran dan aktivasi dilakukan, maka kalian langsung menerima pesan SMS bahwa pendaftaran berhasil. Karena jika data yang dimasukkan adalah salah atau tidak sesuai, maka kalian harus mengulang prosess registrasi dan aktivasinya.

Dan seperti biasa. Setelah mendapatkan SMS bahwa pendaftaran kalian berhasil, langsung saja restart smartphone kalian untuk selanjutnya dapat menggunakan kartu Telkomsel seperti biasa.

Cara Aktivasi Kartu Telkomsel Lewat Situs Telkomsel

Sama seperti cara aktivasi kartu Simpati, kalian juga bisa langsung mengunjungi situs milik Telkomsel, untuk melakukan pendaftaran serta Aktivasi kartu Telkomsel kalian. Dengan catatan, cara ini hanya berlaku untuk pengguna baru yang menggunakan Kartu Telkomsel saja ya.

Caranya juga gak kalah gampang kok. Karena dengan cara ini, kalian hanya perlu koneksi internet pada laptop, komputer, atau bahkan smartphone kalian.

  • Buka browser kalian di perangkat smartphone ataupun komputer dan laptop
  • Kunjungi situs my.telkomsel.com
  • Setelah itu, lakukan login seperti biasa dengan menggunakan nomor telkomsel ataupun id dan password (jika belum, lakukan pendaftaran terlebih dahulu)
  • Setelah berhasil masuk, lanjut untuk memilhi menu Daftar Ulang Prepaid
  • Kemudian, isi semua form yang dibutuhkan, seperti
    • Nomor Induk Kependudukan (NIK KTP)
    • Nomor KK (Nomor Kartu Keluarga)
    • Dan Nama lengkap kalian
  • Setelah yakin semua data lengkap, kalian bisa langsung mengklik tombol OK dan menyetujui Users aggrement, atau persetujuan pengguna.

Setelah menekan tombol OK, maka kalian akan menerima notifikasi atau pemberitahuan bahwa prosess pendaftaran dan Aktivasi sudah berhasil dilakukan. Untuk menghindari kesalahan atau error pada saat melakukan Aktivasi, pastikan koneksi internet yang kalian gunakan dalam kondisi stabil, dan dalam sinyal yang bagus.

Dan setelah berhasil melakukan pendaftaran, seperti biasa. Restart ponsel kalian dan gunakan kartu Telkomsel seperti biasa.

Cara Aktivasi Kartu Telkomsel Melalui GraPARI

Cara terakhir dan yang menurut kami paling mudah, adalah dengan mengunjungi Gerai Telkomsel atau yang sering dikenal dengan GraPARI. Untuk yang belum tau, GraPARI merupakan kantor dari cabang Telkomsel, yang kerap dikunjungi pengguna, ketika mereka mengalami kendala baik pada kartu, atau bahkan jaringan yang mereka miliki.

Nah untuk itu, kamu bisa mencari informasi tentang lokasi dari GraPARI terdekat, dan mengunjunginya pada hari kerja, yakni Senin – Jum’at, dan juga pada pukul 09.00 – 15.00. Sebelum mengunjungi GraPARI, jangan lupa untuk membawa serta Kartu KTP, dan juga KK kalian.

Setelah sampai di GraPARI, kalian bisa langsung mengambil nomor Antrian dan menunggu sampai nomor antrian kalian dipanggil untuk menuju ke Customer Services.

Ketika sudah sampai di Customer Services, beritahukan tujuan kalian bahwa ingin melakukan pendaftaran dan juga Aktivasi Kartu Telkomsel. Langsung saja berikan KTP dan juga KK yang sudah dibawa tadi, untuk melakukan Aktivasi.

Nah, setelah prosess Aktivasi selesai, kalian bisa langsung melakukan restart, dan biasanya Customer Services akan memberikan himbauan kepada pengguna untuk tak lupa melakukan pengisian pulsa. setelah itu, kalian bisa langsung menggunakan Kartu Telkomsel seperti biasa, dan sudah teraktivasi.

Demikianlah beberapa cara aktiviasi kartu Telkomsel yang bisa kalian coba, silahkan gunakan cara yang paling mudah, dan semoga bermanfaat.

Related posts