Cara Aktivasi Kartu Simpati

  • Whatsapp

Kenapa Pengguna Harus melakukan registrasi kartu simPATI? Bagaimana cara aktivasi kartu simPATI? Apa saja yang dibutuhkan saat melakukan Aktivasi Kartu simPATI?

Sebagai pengguna kartu SIM Card seperti Simpati, tentunya kita harus mengetahui betul bagaimana cara aktivasi kartu simpati itu sendiri. Tentu bukan tanpa tujuan, sebab menurut peraturan pemerintah dan MENKOMINFO, para pengguna kartu SIM Card harus melakukan Aktivasi kartu untuk memverifikasikan bahwa nomor yang mereka gunakan, adalah sesuai dengan data pengguna.

Read More

Hal ini juga memiliki tujuan lain, yakni untuk menghindari penipuan yang mana dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab, dan juga mempermudah dalam melakukan pelacakan data diri seseorang melalui nomor telpon yang mereka gunakan.

Dengan begitu, apabila nomor yang digunakan tidak sesuai dengan data yang dimasukkan, maka bisa saja pengguna tidak bisa melakukan verifikasi ketika mungkin kartu Simpati mereka masuk dalam masa tenggang dan ingin melakukan aktivasi kartu kembali.

Bahkan, ketika pengguna tidak melakukan aktivasi kartu dalam waktu 15 hari setelah peringatan terakhir dalam bentunk SMS, pengguna akan mengalami pemblokiran kartu sehingga tidak dapat menggunakan kartu sebagaimana mestinya. Baik untuk melakukan panggilan telfon masuk, keluar, atau bahkan untuk melakukan pengiriman SMS.

Oleh karena itu, ketika pengguna membeli kartu perdana baru, maka mereka diwajibkan untuk melakukan registrasi dan juga aktivasi kartu agar mereka bisa menggunakan kartu SIM Card sebagai mestinya.

Adapun beberapa persyaratan yang harus disiapkan untuk melakukan aktivasi kartu seperti Simpati adalah

  • KTP Asli Pemilik
  • Nomor Kartu Keluarga

Setelah menyiapkan kedua persyaratan penting diatas, maka kita akan lanjut untuk mengulas lebih jauh tentang cara aktivasi kartu Simpati, agar tidak terjadi pemblokiran akibat pengguna tidak melakukan aktivasi, ataupun mendaftarkan data diri mereka.

Cara Aktivasi Kartu simPATI

Cara Aktivasi Kartu Simpati
Aktivasi Kartu Simpati

Cara Aktivasi Kartu Simpati untuk Pengguna Baru lewat SMS

Cara pertama adalah dengan menggunakan fitur atau layanan SMS dari tiap ponsel pengguna Simpati. Dan cara ini juga sangat cocok untuk kalian yang mungkin baru saja membeli perdana Simpati, dan belum melakukan Registrasi dan juga Aktivasi. Caranya juga gampang kok.

  • Buka aplikasi Perpesanan atau SMS yang ada di ponsel kalian
  • Setelah itu, buat sebuah pesan baru dengan format sebagai berikut
    • REG#NIK#NomorKK#
      • NIK : Nomor Induk KTP
      • NomorKK : Nomor Kartu Keluarga
    • Contoh : REG#367502210619980005#1234568795145635#
  • Kirim pesan tersebut ke nomor 4444

Tunggu balasan dari operator 4444 yang menandakan bahwa kartu kalian sudah berhasil melakukan registrasi dan aktivasi. Setelah itu, kalian bisa melakukan restart pada ponsel kalian, dan Kartu Simpati kalian sudah bisa digunakan seperti biasa.

Pastikan kalian menggunakan Nomor KK yang masih aktif, sebab kadang ada saja pengguna Simpati yang memasukkan nomor KK atau Kartu Keluarga yang sudah tidak lagi berlaku masa aktifnya. Oleh karena itu, periksa terlebih dulu masa berlaku KK kalian. Apabila sudah habis, lakukan perpanjangan / Update KK di kecamatan / kelurahan terdekat.

Cara Aktivasi Kartu Simpati untuk Pengguna Lama lewat SMS

Selain untuk pengguna baru, para pengguna Simpati lama juga bisa kok melakukan registrasi ataupun perubahan data dari kartu Simpati yang mereka gunakan. Biasanya, hal ini dilakukan ketika pengguna mungkin menggunakan Data pendaftaran yang berbeda, dengan data yang baru, ini juga berguna agar kerahasiaan data mereka tetap aman, dan sesuai dengan nomor yang terdaftar.

Terkait:  Cara Aktivasi Kartu Kredit BCA

Caranya juga tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, hanya saja format yang digunakan agak berbeda.

  • Buka Aplikasi perpesanan / sms di ponsel kalian
  • Buat sebuah pesan baru dan ketikkan pesan dengan format berikut
    • ULANG <spasi> NIK#NomorKK#
    • Contoh : ULANG 367302030619950001#0231452645213654#
  • Kirim pesan tersebut ke nomor 4444

Tunggu sampai kalian mendapatkan balasan bahwa data kalian sudah berhasil diubah, dan kalian bisa melakukan restart pada ponsel kalian, dan akhirnya bisa menggunakan kartu Simpati dengan perubahan data yang baru seperti biasanya.

Cara Aktivasi Kartu Simpati Lewat Situs Simpati

Lalu, pada cara selanjutnya adalah kalian bisa melakukan aktivasi kartu Simpati, melalui situs resmi milik simpati. Cara ini terbilang cukup mudah, karena kalian bisa mengaksess situs ini baik dari perangkat ponsel pintar, ataupun komputer dan laptop. Dan untuk caranya adalah

  • Buka browser kalian di perangkat smartphone ataupun komputer dan laptop
  • Kunjungi situs my.telkomsel.com
  • Setelah itu, lakukan login seperti biasa dengan menggunakan nomor telkomsel ataupun id dan password (jika belum, lakukan pendaftaran terlebih dahulu)
  • Setelah berhasil masuk, lanjut untuk memilhi menu Daftar Ulang Prepaid
  • Kemudian, isi semua form yang dibutuhkan, seperti
    • Nomor Induk Kependudukan (NIK KTP)
    • Nomor KK (Nomor Kartu Keluarga)
    • Dan Nama lengkap kalian
  • Setelah yakin semua data lengkap, kalian bisa langsung mengklik tombol OK dan menyetujui Users aggrement, atau persetujuan pengguna.

Tunggu sampai keluar notifikasi atau pemberitahuan bahwa pendaftaran dan aktivasi kartu kalian sukses. Lalu restart ponsel kalian seperti biasa.

Nah, untuk menghindari kesalahan ataupun error pada saat pendaftaran, pastikan kalian terhubung dengan koneksi internet yang stabil, dan juga tidak berada didalam ruangan yang tertutup untuk menghalangi sinyal yang masuk.

Terkait:  Cara Cek Kuota Simpati

Cara Aktivasi Kartu Simpati lewat GraPARI

Langkah terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan mengunjungi GraPARI atau kantor pelayanan telkomsel terdekat. Sebelum mengunjungi GraPARI, pastikan kamu sudah membawa persyaratan lengkap untuk mempermudah sesi pendaftaran dan aktivasi.

Kamu bisa mengunjugi kantor GraPARI terdekat di kotamu, lalu mintalah kepada petugas (security) bahwa kalian ingin melakukan Aktivasi kartu Telkomsel kalian.

Setelah itu, kalian akan diminta untuk mengantri, sembari mengisi data pendaftaran yang dibutuhkan. Setelah semua data lengkap dan kalian mendapatkan panggilan, datanglah ke customer services dan mintalah bantuan untuk melakukan Aktivasi.

Nantinya, Customer Services dari Simpati akan meminta data lengkap kalian, seperti nama sesuai KTP, NIK, dan juga Nomor Kartu Keluarga.

Prosessnya tidak terlalu lama kok, jika tidak ada gangguna, mungkin kamu akan diminta untuk menunggu sekitar 10 – 15 menit saja. Dan jika ada kendala, mungkin bisa sampai 30 menit. Pastikan juga kalian mengunjungi GraPARI pada hari kerja, yakni Senin – Jum’at, antara pukul 09.00 – 15.00.

Setelah kartu berhasil diaktivasi, maka Customer Services akan memberikan arahan kepada kalian, baik untuk merestart ponsel kalian, dan juga memberitahukan bahwa kartu sudah didaftarkan sesuai data KTP kalian.

Kesimpulan

Dengan melakukan Aktivasi pada Kartu Simpati, tentunya ini bisa mencegah pengguna terkena pemblokiran, akibat tidak melakukan Aktivasi. Jika mungkin pada saat melakukan pendaftaran dan aktivasi lewat SMS terjadi kendala, kalian bisa menghubungi Call Center dari Simpati, untuk meminta bantuan dalam hal aktivasi.

Demikianlah beberapa cara aktivasi kartu simPATI yang bisa kalian coba, silahkan gunakan cara yang paling mudah menurutmu, dan semoga bermanfaat.

Related posts