Cara Mengaktifkan GPS di HP Vivo

Cara Mengaktifkan GPS di HP Vivo
Cara Mengaktifkan GPS di HP Vivo

Bagaimana cara mengaktifkan GPS di HP Vivo ? Vivo merupakan salah satu brand handphone yang telah banyak digunakan oleh masyarakat khususnya di Indonesia, karena dengan harganya yang lumayan terjangkau sudah memiliki banyak spesifikasi yang mumpuni untuk digunakan sehari-hari.

Vivo memiliki banyak fitur-fitur yang bermanfaat untuk penggunanya, salah satunya adalah fitur GPS atau mungkin lebih dikenal dengan lokasi. Selain ada di handphone Vivo, GPS juga sudah ada disemua jenis handphone sebab fitur ini memiliki banyak fungsi penting.

GPS sendiri merupakan sebuah fitur yang memungkinkan keberadaan handphone kamu terdeteksi oleh satelit. Dan dengan adanya fitur ini kamu bisa mengakses lokasi yang ingin kamu tuju dengan mudah, selain itu kamu juga bisa membagikan lokasi terkini milikmu ke pengguna Android lainnya.

Meskipun GPS memiliki banyak manfaat, akan tetapi masih banyak orang yang memilih untuk menonaktifkan fitur Android yang satu ini dengan alasan menambah konsumsi daya baterai.

Cara mengaktifkan GPS di HP Vivo sebenarnya tidaklah sulit untuk dilakukan sendiri, namun mungkin untuk pengguna baru handphone Vivo masih kesulitan untuk mengaktifkan fitur ini.

Oleh sebab itu pada pembahasan artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mengaktifkan GPS di HP  Vivo. Cara-caranya juga mudah untuk dilakukan, kamu bisa melakukannya melalui menu setting atau kamu bisa menghidupkan GPS ini dengan cepat yaitu melalui status bar.

Selain itu kamu juga dapat mengatur tingkat keakurasian GPS yang telah aktif, supaya bisa lebih akurat lagi. Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu GPS ?

Sebelumnya akan dibahas terlebih dahulu mengenai pengertian dari GPS, Global Positioning System atau biasa disingkat dengan GPS merupakan sistem yang digunakan untuk tujuan mencari posisi dengan koordinat melalui bantuan satelit.

Sistem ini banyak digunakan tidak hanya untuk smartphone sekarang ini namun juga untuk hal-hal lain. Dulu sistem GPS ini tidak banyak dipakai dan hanya digunakan dengan tujuan tertentu saja.

Akan tetapi di masa sekarang penggunaan GPS sudah menjadi kebutuhan masyarakat, apalagi jika menggunakan aplikasi Google Maps yang perlu melacak lokasi kamu supaya kamu bisa diarahkan untuk sampai lokasi yang dituju.

Fungsi GPS Untuk Android

Selanjutnya jika kamu belum mengetahui fungsi dari keberadaan GPS untuk smartphone Android maka simak penjelasan berikut ini.

  • Dengan GPS bisa menemukan lokasi dipeta dengan lebih akurat karena dengan bantuan satelit.
  • GPS juga memungkinkan penggunanya untuk menemukan arah sesuai dengan keinginan dan informasi yang lebih mendetail, dan pengguna juga akan diberikan alternatif rute.
  • Dengan perkembangannya GPS sekarang tidak hanya mencakup alamat saja tetapi juga bisa menampilkan tampilan 3D yang lebih canggih.

Itulah beberapa fungsi dari GPS untuk smartphone Android. Selain itu fungsi yang paling penting dengan adanya GPS ini kamu bisa menemukan suatu lokasi tanpa harus banyak bertanya ke orang-orang sekitar. Dan ada juga rekomendasi jalan alternatif yang mempermudah kamu untuk mencapai lokasi tujuan.

Cara Mengaktifkan GPS di HP Vivo

Cara Mengaktifkan GPS di HP Vivo
Cara Mengaktifkan GPS di HP Vivo

Seperti yang telah dijelaskan bahwa GPS adalah hal yang penting untuk pengguna Android, jadi banyak pengguna handphone Android yang ingin mengetahui cara mengaktifkan fitur ini. Dan pada artikel ini secara khusus akan dibahas mengenai cara mengaktifkan GPS di HP Vivo, jadi jika kamu pengguna handphone Vivo kamu bisa menyimak artikel ini dari awal hingga selesai.

Langkah-langkah untuk menghidupkan GPS sendiri mudah untuk dilakukan, dan jika kamu masih belum faham kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini. Lalu terapkan pada handphone Vivo milikmu.

1. Cara Mengaktifkan GPS di HP Vivo Lewat Status Bar

Cara pertama yang dapat kamu lakukan jika ingin menghidupkan fitur GPS sebelum menggunakannya untuk pengguna handphone Vivo adalah melalui status bar. Untuk kamu yang belum tahu status bar sendiri adalah menu yang ada diatas tampilan smartphone Android yang dapat kamu swipe dari atas ke bawah.

Banyak pengguna Vivo yang menggunakan cara ini untuk menghidupkan fitur GPS atau lokasi, karena dengan cara ini kamu bisa mengaktifkan GPS tanpa harus masuk ke menu Pengaturan yang tentunya memerlukan lebih banyak waktu.

Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk melakukannya, simak!.

  • Langkah pertama kamu bisa membuka handphone Vivo milikmu dan buka kunci layar.
  • Jika sudah maka pada menu Home Screen, kamu bisa membuka status bar dengan cara swipe dari atas ke bawah hingga muncul menu status bar pada handphone Vivo milikmu.
  • Setelah itu jika sudah muncul menu distatus bar, untuk menghidupkan fitur GPS langkah berikutnya kamu tinggal mencari menu Lokasi (Location).
  • Berikutnya supaya GPS bisa hidup caranya cukup tekan menu Lokasi tersebut hingga berubah nama.
  • GPS di HP Vivo kamu sudah berhasil diaktifkan.

Itulah cara pertama yang dapat dilakukan jika kamu ingin menghidupkan GPS di handphone Vivo. Sebenarnya selain pengguna Vivo kamu juga bisa menggunakan cara ini, karena rata-rata handphone Android menyediakan opsi Lokasi di status bar mereka.

2. Cara Mengaktifkan GPS di HP Vivo Lewat Menu Setting

Cara berikutnya yang tidak kalah mudah dengan cara pertama adalah menghidupkan fitur GPS atau lebih dikenal dengan fitur Lokasi ini melalui menu Setting atua pengaturan.

Karena dengan menggunakan pengaturan ini kamu bisa melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan smartphone kamu dengan mudah, dan salah satunya adalah untuk fitur lokasi.

Untuk mengaktifkan fitur lokasi melalui setting di handphone Oppo kamu tinggal masuk ke opsi lokasi dan hidupkan GPS supaya dapat kamu gunakan untuk mencari maupun membagikan lokasi.

Berikut ini langkah-langkah untuk menghidupkan fitur GPS melalui menu setting di HP Vivo, simak penjelasannya :

  • Langkah pertama adalah buka menu Pengaturan (Settings) yang ada HP OPPO kamu terlebih dahulu.
  • Jika kamu sudah masuk ke menu Pengaturan maka langkah berikutnya adalah pilih opsi Keamanan dan Lokasi.
  • Selanjutnya kamu bisa scroll ke bawah dan temukan opsi Lokasi (Location).
  • Setelah itu adalah tekan opsi Lokasi supaya kamu bisa mengaktifkan GPS.
  • Langkah berikutnya kamu harus memastikan jika keterangan GPS Aktif sudah muncul.
  • Selesai.

Itulah cara kedua yang dapat kamu pilih jika kamu tidak ingin menggunakan cara pertama saat hendak menghidupkan fitur GPS. Dengan beberapa langkah diatas kamu sudah berhasil mengaktifkan fitur GPS dengan mudah.

Dengan mengaktifkan fitur GPS ini kamu bisa menggunakannya untuk berbagai hal, seperti saat kamu menggunakan aplikasi Google Maps atau aplikasi-aplikasi lain yang memerlukan izin akses lokasi.

Namun yang perlu kamu ingin jangan dengan mudah memberikan izin akses lokasi kamu untuk semua aplikasi, kamu harus tetap waspada supaya data milikmu tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk kejahatan.

Demikianlah cara mengaktifkan GPS di HP Vivo yang dapat kamu ikuti, dari kedua cara diatas kamu dapat memilih salah satu yang menurut kamu paling mudah.

 

Related posts