Cara Kunci Jaringan 4G Oppo

Cara Kunci Jaringan 4G Oppo

Jaringan 4G LTE kini telah menjadi jaringan internet tercepat yang ada di Indonesia, tapi sayangnya jaringan 4G masih tidak merata di tanah air. Walaupun demikian, hampir seluruh perangkat di Indonesia sudah mendukung jaringan 4G LTE, salah satunya untuk smartphone Oppo. Karena itu, disini kita akan mencoba cara kunci jaringan 4G Oppo.

Terkadang kamu menginginkan kecepatan akses internet terbaik pada hp Oppo. Apabila kamu tinggal di area yang memiliki sinyal kurang stabil, maka akses internet selalu berubah-ubah menjadi 3G maupun 2G. Sebagai solusinya, kamu harus memaksa jaringan 4G supaya terus aktif dengan cara kunci jaringan 4G  Oppo.

Read More

Dengan mengunci sinyal supaya terus 4G, tentu saja menjadisolusi terbaikbagi yang ingin mendapatkan koneksi internet lebih stabil dan cepat. Sehingga jika akses internet di perangkat Oppo milikmu tidak stabil. Kamu bisa mengunci jaringan 4G di perangkat Oppo, agar aktivitas nonton streaming video di Youtube lebih lancar tanpa buffering.

Cara Kunci Jaringan 4G Oppo

Cara Kunci Jaringan 4G Oppo
Kunci Jaringan 4G Oppo

Tutorial Kunci Jaringan 4G Oppo

Berdasarkan teorinya, sebenarnya jaringan 4G bisa menghantarkan kecepatan sampai di atas 200 Mbps, sementara untuk 5G mampu sampai 500 Mbps. Karena itulah, kamu bisa menonton streaming video dengan mudah tanpa buffering, bisa upload maupun download tanpa kendala, dan bisa mendengarkan streaming musik.

Walaupun demikian, terkadang kecepatan internet yang diperoleh tidak selalu maksimal. Ada beberapa faktor penentu kecepatan koneksi internet di hp, salah satunya ialah lokasi yang telah terjangkau sinyal 4G.

Apabila lokasi kamu saat ini memiliki jangkauan jaringan 4G yang sangat lemah, maka secara otomatis sistem pada hp Oppo bisa beralih pada jaringan 3G. Sama halnya, ketika ada SMS atau telepon masuk bisa dialihkan langsung ke dalam jaringan 3G.

Sebagai solusinya, kamu bisa mencoba tutorial cara kunci jaringan 4G Oppo dengan langkah-langkah berikut :

1. Memakai Kode Jaringan 4G

Salah satu cara kunci jaringan4G Oppo adalah dengan menggunakan kode jaringan 4G. Kamu bisa mengakses set network type memakai kode khusus. Melalui metode ini, maka jaringan 4G bisa terkunci permanen meskipun kamu menerima panggilan masuk, jaringan tidak akan lagi berpindah ke 2G/3G.

  • Masuk ke aplikasi telepon, kamu bisa melakukan panggilan ke nomor USSD atau kode rahasia di *#*#3646633#*#*.
  • Setelah itu, masuk ke dalam menu ‘Pengujian’.
  • Silahkan tekan ‘Informasi Telepon’.
  • Selanjutnya klik ‘Setel Jenis Jaringan yang Disukai’.
  • Kemudian pilih layanan ‘LTE Only’.
  • Silahkan tunggu hingga jaringan 4G LTE terkunci.

Setelah melakuka cara di atas, kamu harus pastikan dulu bahwa fitur VoLTE telah diaktifkan di hpmu supaya bisa melakukan panggilan keluar dan masuk. Pada beberapa smartphone Oppo, biasanya fitur tersebut sudah aktif dan terlihat pada status bar yang terlihat ikon Volte.

2. Melalui Pengaturan

Cara kunci jaringan 4G Oppo selanjutnya yaitu dengan mengakses menu Pengaturan. Opsi ini sangat pas bagi kamu yang tinggal di lokasi dengan jaringan 4G stabil dan cukup kuat. Di samping itu, kamu juga bisa mengunci 4G dalam jaringan SIM 2.

  • Buka dan masuk ke ‘Settings’ kemudian tekan ‘Kartu SIM dan Data Seluler’.
  • Lalu pilih SIM 2 atau SIM 1, dan pilih opsi ‘Jenis Jaringan’.
  • Tekan opsi 4G/3G/2G.
  • Selajutnya jaringan secara otomatis akan berpindah kembali ke 4G.

Metode yang satu ini sebenarnya merupakan metode yang paling direkomendasikan. Hanya saja, jaringan 4G tidak akan terkunci permanen, bahkan bisa kembali saat ada SMS atau panggilan telepon masuk. Cara ini sangat cocok bagi pengguna hp Oppo yang belum mendukung VoLTE supaya bisa tetap melakukan panggilan.

3. Memakai Aplikasi Force 4G/5G Only

Cara kunci jaringan 4G Oppo terakhir yaitu melalui bantuan aplikasi pihak ketiga, salah satunya adalah Force LTE Only (4G/5G). Aplikasi ini mempunyai kemampuan yang tidak diragukan lagi, sebab telah mendukung seluruh hp android khususnys Oppo walaupun sudah mengusung OS Android 11.

  • Install Force LTE Only (4G/5G) terlebih dahulu.
  • Jika sudah, buka aplikasinya dan sesudah masuk ke menu utama, kamu akan dibawa ke beberapa opsi.
  • Tekan ‘Method 1’ apabila hp Oppo kamu memakai versi android di bawah 10.
  • Bagi pengguna yang memiliki OS Android 11, tekan ‘Method2’.
  • Setelah itu, tekan pilih layanan ‘LTE Only’.

Kenapa Harus Kunci Jaringan 4G LTE

Ada beberapa alasan kenapa kamu harus mengikuti cara kunci jaringan 4G Oppo di atas, berikut ini :

1. Proses Unggah dan Unduh Lebih Cepat

Kamu mungkin pernah berada di situasi mengunduh atau mengupload file dalam waktu yang lama. Saat ini terjadi, tentu saja kamu merasa sangat kesal. Padahal seharusnya proses unggahan atau unduhan hanya memakan waktu beberapa menit, tapi justru sampai berjam-jam.

Namun hal tersebut tidak akan kamu alami lagi jika memakai jaringan 4G LTE, sebab jaringan ini diklaim untuk mengunduh file 100MB bisa selesai hanya hitungan menit saja.

2. Bermain Game Online Sepuasnya Tanpa Ngelag

Jika kamu termasuk orang yang gemar bermain game online, maka dengan jaringan 4G LTE, kamu bisa bermain game sepuasnya tanpa ngelag. Melalui latency lebih rendah, jaringan 4G sangat pas dipakai guna mendukung aktivitas layanan game online sepuasnya tanpa hambatan.

Apabila kamu sebelumnya memakai jaringan 4G, jika mengakses internet memakai jaringan 3G kembali, kamu akan merasakan dampak yang begitu signifikan. Mungkin kamu merasa kesal ebab kecepatan akses internetnya lebih lambat dari jaringan 4G.

3. Streaming Video Lancar

Streaming video merupakan aktivitas yang bisa menghabiskan kuota data, sehingga kamu tidak akan nyaman jika video mengalami ngelag. Namun dengan koneksi jaringan 4G, maka streaming video menjadi semakin lancar tanpa buffering.

Kendala dan Tips Mengatasi Masalah Pasca Kunci Jaringan 4G Oppo

Sebenarnya mengunci jaringan 4G LTE di Hp Oppo menawarkan banyak manfaat. Tapi ternyata, masih ada beberapa permasalahan yang muncul sesudah kamu mengunci jaringan tersebut. Namun tenang saja, karena kamu tetap bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara berikut :

1. Tidak Dapat Menerima dan Melakukan Panggilan Telepon

Jaringan teknologi 4G LTE merupakan jaringan khusus hanya untuk mengakses internet saja. Agar dapat menelpon pada jaringan 4G, maka hp kamu harus telah mendukung VoLTE.

Pada perangkat Oppo terbaru, semestinya telah mendukung jaringan VoLTE. Umumnya sesudah jaringan dikunci kamu akan melihat ikon VoLTE yang muncul.

Kamu bisa mengaktifkan fiturnya saja dengan mengakses ‘Settings’ lanjut ke ‘Dual SIM and Cellular’, lalu tekan ‘SIM Card & Mobile Data’ silahkan pilih SIM Card, serta aktifkan layanan VoLTE Calls.

Di samping itu, pastikan operator yang kamu pakai telah mendukung layanan ini, sebab tidak semua operator telah mendukung teknologi tersebut.

2. Mengembalikan Pengaturan Semula

Jika perangkat Oppo milikmu tidak memungkinkan mengunci jaringan 4G LTE, serta kamu ingin mengembalikan pada pengaturan semula. Kamu bisa mencoba langkah di atas kemudian ganti ‘4G Only’ ke dalam ‘LTE/GSM auto’.

Kamu juga dapat melakukannya dengan cara mengakses ‘Pengaturan’ pilih ‘Kartu SIM dan Data Selular’ lalu tekan ‘Kartu SIM’. Jika sudah, silahkan pilih opsi ‘Jenis Jaringan’ dan tekan ‘4G/3G/3G’.

Meskipun mungkin ada beberapa kendala yang kamu temui setelah mengunci jaringan 4G, namun kamu tetap bisa mengatasinya dengan langkah di atas. Jika belum merasakan akses internet dan kenyamanan berselancar di internet saat mengunci jaringan 4G, kamu hanya perlu ikuti cara kunci jaringan 4G Oppo di atas!

 

Related posts