Cara Mempersingkat Link

Cara Mempersingkat Link

Apakah kalian penah membagikan sebuah link tautan dibagikan kepada orang lain? Jika ya, mungkin sering menjumpai tautan yang dirasa cukup panjang, sehingga sulit untuk mengingatnya. Namun kini untuk memudahkan kalian atau orang yang dibagikan tautan mengakses link tersebut, kalian bisa mempersingkat link dengan cara mempersingkat link disini.

Link memiliki fungsi yang cukup penting, terutama bagi kalian yang ingin mempromosikan web atau toko online untuk dibagikan via media sosial atau lainnya. Dengan link inilah, orang-orang akan lebih mudah mengakses dan masuk ke bisnis kalian tanpa repot. Hanya saja, untuk kenyamanan dan kepraktisan sekaligus membuat orang lebih mudah mengingat link, kalian bisa mencoba cara mempersingkat link.

Read More

Manfaat Mempersingkat Link

Saat ini untuk membagikan link bisa dilakukan hanya dengan beberapa huruf saja tanpa mengubah alamat link yang dituju. Link tautan ini biasa dijumpai di media sosial untuk mengarahkan para followers menuju link yang dimaksud.

Jika dilihat dari fungsinya untuk mempersingkat link yang semula panjang dengan berbagai kombinasi huruf dan angka kini menjadi lebih singkat hanya beberapa karakter huruf saja. Ada banyak manfaat atau keunggulan mempersingkat link itu sendiri, beberapa diantaranya sebagai berikut :

1. Link Lebih Mudah Diingat

Link yang cukup panjang selain tidak enak dilihat, juga tidak akan mudah diingat baik bagi seseorang yang membagikan link atau bagi yang menerima link. Alhasil jika ingin membagikan link kepada orang lain lagi tidak ada cara selain copy paste. Lain halnya jika link tersebut sudah di persingkat menjadi lebih pendek, tentunya jika ingin membagikan link kembali ke orang lain cukup menuliskan saja tanpa copy paste karena mudah di ingat.

2. Link Lebih Mudah di Share

Pada platform tertentu biasanya membatasi pengiriman karakter dalam jumlah yang cukup banyak, karakter yang cukup banyak tersebut ada pada link sebuah situs. Jika demikian, maka kalian tidak bisa mengirimkan link pada platform tersebut.

Dengan mempersingkat link, tentunya hal ini bukan lagi masalah besar karena jika link sudah dipersingkat akan lebih mudah membagikan link lewat berbagai macam platform.

3. Mudah Dilakukan Tracking

Contoh situs yang dipersingkat biasanya menggunakan bit.ly. Dengan penggunaan link yang dipersingkat tersebut tentunya akan lebih mudah ditracking.  Sehingga bisa membantu kalian untuk melihat statistik berapa kali orang lain mengklik link tersebut. Selain itu, bisa juga melihat lokasi orang yang membuka link yang dipersingkat tersebut.

4. Memudahkan Pengguna Smartphone

Sistem yang ada pada smartphone berbeda dengan sistem pada komputer. Terlebih bagi pengguna smartphone cenderung ingin mengakses berbagai fitur maupun link pada browser yang cukup sederhana.

Membagikan link di smartphone jika belum di persingkat maka akan mempersulit pengguna untuk membagikannya. Sebaliknya, jika link sudah dipersingkat akan mempermudah membagikannya karena hanya terdiri dari beberapa karakter saja.

Cara Mempersingkat Link

Cara Mempersingkat Link
Tutorial Mempersingkat Link

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat yang bisa kalian nikmati dengan mempersingkat link tautan, sekarang akan dijelaskan bagaimana cara mempersingkat link dengan sangat mudah.

Cara memepersingkat link bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan situs khusus untuk mempersingkat link. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa situs rekomendasi untuk mempersingkat link di bawah ini :

1. Bitly.com

Situs pertama yang di rekomendasikan bagi kalian untuk mempersingkat link adalah bitly.com. Situs ini paling sering digunakan untuk mempersingkat link. Selain itu, memiliki tampilan yang sederhana dan mudah untuk di operasikan. Untuk lebih jelasnya, berikut cara mempersingkat link melalui situs bitly.com.

  • Buka terlebih dahulu browser pilihan kalian. Browser yang digunakan bisa menggunakan Google Chrome, Mozilla, atau browser lainnya.
  • Setelah browser tersebut terbuka, silakan langsung masuk pada kolom pencarian dengan klik situsnya yaitu : www.bitly.com.
  • Setelah terbuka halaman situs ini, pada jendela pertama di halaman tersebut tinggal mengisi link yang akan di persingkat pada kolom yang bertuliskan ‘shorten your link’. Lalu setelah itu tuliskan nama link yang akan dipersingkat.
  • Apabila telah di tulis link nya, klik ‘shorten’ tepat berada di bagian bawah.
  • Biarkan situs tersebut bekerja, lalu beberapa saat kemudian akan muncul link yang baru.
  • Kalian tinggal klik tombol ‘copy’ lalu silakan paste pada platform yang diinginkan.

Sebagai contoh link yang sudah di persingkat dengan menggunakan situs bitly.com :

Sebagai informasi, untuk situs ini disajikan versi gratis dan versi berbayar. Untuk versi gratis, kalian bisa mempersingkat link hanya 50 link saja, sedangkan untuk versi berbayar memiliki banyak kelebihan selain lebih dari 50 link yang bisa di persingkat.

2. Tinyurl.com

Cara mempersingkat link beriukutnya adalah dengan platform yang tidak kalah populer dari bitly.com yaitu tinyurl.com. Situs ini bisa kalian gunakan untuk mempersingkat link yang cukup panjang. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Buka browser pada perangkat yang kalian guanakan.
  • Setelah membuka browsernya, silakan ketik nama situsnya yaitu www.tinyurl.com. Lalu enter.
  • Halaman utama dari situs ini akan langsung menyajikan beberapa kolom isian untuk mempersingkat link yang panjang menjadi lebih pendek.
  • Pada kolom pertama, petunjuknya adalah ‘enter a long URL to make a TinyURL’. Silakan masukan link yang akan kalian persingkat.
  • Pada kolom kedua yaitu ‘cotumized your link’. Di sini ada beberapa domain yang bisa digunakan di antaranya : rotf.lol, tiny.one, dan tinyurl.com
  • Pada kolom terakhir ada kolom ‘alias’. Kolom ini bisa digunakan untuk mengisi nama situs kalian.
  • Setelah itu, klik untuk mempersingkat link.

Contoh :

Kelebihan menggunakan situs tinyurl.com adalah bisa dengan mudah mengedit hasil dari mempersingkat link. Selain itu, ada tombol share link yang bisa langsung tertuju pada beberapa media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, Linkedin, Email, dan bahkan Barcode.

3. is.gd

Situs web selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah is.gd. Situs ini bisa mempersingkat link yang paling sederhana. Jika kalian membuka situsnya, maka akan langsung menampilkan sebuah kolom untuk memperpendek link. Lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Buka browser terlebih dahulu pada perangkat yang kalian gunakan.
  • Selanjutnya masuk pada kolom pencarian untuk memasukkan link nya yaitu : www.is.gd.
  • Ketika sudah di enter, pada tampilan pertama akan muncul kolom kosong, isikan kolom tersebut dengan link yang ingin di persingkat.
  • Apabila sudah, selanjutnya kalian cukup klik tombol ‘shorten’ yang ada di bagian bawahnya.
  • Jika sudah, maka akan secara otomatis halaman tersebut menampilkan link yang sudah di persingkat.
  • Kalian cukup copy link baru lalu paste kan di berbagai platform yang tersedia.

Contoh :

Selain itu, kalian pun bisa mengubah link tersebut menjadi barcode, dengan demikian jika ada orang lain yang akan membuka link melalui barcode masih bisa dilakukan.

Bagaimana, cara mempersingkat link di atas sangat mudah kan? Kalian kini sudah memiliki link yang lebih singkat untuk dibagikan dan lebih mudah diingat orang lain.

 

 

Related posts