Cara Agar Suara Tidak Fals Saat Bernyanyi Lepas

Cara Agar Suara Tidak Fals
Cara Agar Suara Tidak Fals

Ayo ngaku, kalian pasti kalau sedang sendiri atau berada di dalam kamar mandi pasti suka nyanyi-nyanyi kan? Sama dong. Kalau begitu, artinya kalian butuh informasi satu ini. Ya, cara agar suara tidak fals.

Kalau mau hasilnya maksimal, memang paling mudah langsung saja daftarkan diri kalian ke tempat les vokal yang ada di daerah tempat tinggalmu masing-masing. Atau bisa juga langsung teken perjanjian dengan coach yang kalian kenal.

Read More

Apakah Suara Fals Bisa Diperbaiki?

Beberapa diantara kalian pasti ada yang merasa pesimis karena merasa suara sumbangnya sudah tidak tertolong lagi kan? Padahal itu salah besar. Nyatanya, suara kalian yang fals itu bisa berubah jadi merdu loh..

Tentu saja semua hal tersebut tidak instan. Butuh proses dan latihan terus menerus agar keinginanmu yang satu itu segera terwujud. Selain itu, kalian harus biasakan diri merubah pola makanan dan mempelajari tangga nada.

Cara Agar Suara Tidak Fals

Setelah kalian semakin merasa yakin dan mantap untuk mengubah suara fals menjadi merdu, maka inilah beberapa hal yang perlu kalian lakukan. Awali perubahan suaramu dengan cara berikut:

1. Hindari Alkohol dan Rokok

Cara agar suara tidak fals dapat kalian awali dengan menghindari minum-minuman beralkohol dan tidak menghisap zat nikotin yang terdapat di dalam rokok batang ataupun vape. Pasalnya, kedua zat itu mampu merusak vokal kalian.

Meskipun serangan kerusakannya tidak langsung, namun secara berangsur-angsur alkohol bisa membuat peminum merasa dehidrasi serta memicu terjadinya inflamasi. Nantinya, bisa membahayakan kesehatan pita suara kalian.

2. Latihan Pengucapan

Berlatih mengucapkan huruf vokal setiap harinya akan sangat membantu kalian untuk memperbaiki suara yang fals loh. Kalau tidak percaya coba saja deh! Ucapkan A-I-U-E-O dengan rahang yang terbuka kurang lebih 2 inci.

Pastikan saat kalian melakukan pengucapan terhadap huruf-huruf tersebut harus jelas dan lantang. Selain itu, guna mendapatkan suara yang merdu perhatikan juga artikulasi nada saat mengucapkannya.

3. Meningkatkan Hidrasi

Sederhana tapi sangat manjur. Ya, tips satu ini cukup mudah untuk dilakukan oleh kalian yang sedang berlatih vokal di tahap awal. Yakni, perbanyak minum air mineral sebelum mulai latihan bernyanyi.

Cara ini terkenal sangat ampuh karena, selain membantu tenggorokan terasa lebih lega nantinya saat mengeluarkan suara dalam nada tinggi maupun rendah. Meminum air putih itu baik untuk kesehatan tubuh, minimal 2 liter sehari.

4. Perbaiki Postur Tubuh

Saat bernyanyi, postur tubuh juga menjadi peranan yang penting. Sehingga, kalian dapat mengeluarkan suara secara maksimal. Pastikan kalian bernyanyi dalam posisi punggung yang tegak, dan kalau bisa berdiri dibandingkan duduk.

Karena dengan posisi tersebut vocal range kalian akan lebih luas serta memiliki kekuatan yang cukup untuk hasilkan nada yang dibutuhkan. Kalau berdiri, posisikan kaki berjarak selebar dengan bahu. Supaya, kontrol suaranya bagus.

5, Kenali Vocal Range Diri Sendiri

Membahas vocal range, cara yang tepat untuk mengtasi suara yang fals adalah mengenali seberapa jauh vocal range yang ada pada diri kalian masing-masing. Coba ketahuinya dengan menyanyikan lagu di nada tinggi dan rendah.

6. Identifikasi Kelemahan Suaramu

Biar kalian tahu letak kelemahan suaramu ada dimana,  caranya tinggal merekam. Hasil rekaman itu, nantinya bisa kalian tanyakan langsung ke coach untuk membantu memperbaiki letak kesalahan saat kalian bernyanyi.

Cara Agar Suara Tidak Fals Saat Bernyanyi

Kalau cara diatas masih dirasa kurang, coba langsung praktekan beberapa tips di bawah ini:

  1. Bersikap santai saat bernyanyi dimanapun
  2. Tidak memaksakan diri untuk bisa mencapai nada yang tinggi
  3. Melatih pernapasan secara teratur agar tidak terngah-engah ketika menyanyikan satu lagu penuh
  4. Lakukan kontrol pernapasan dari hidung saat bernyanyi
  5. Nikmati alunan musik yang mengirimu selama mengeluarkan suara untuk bernyanyi

Itulah kira-kira beberapa tips jitu yang bisa membantumu mengatasi suara fals agar terdengar lebih merdu lagi. Bisa nih, kalian baca juga cara agar tidak overthinking. Biar lebih jago dalam mengendalikan sisi emosional pada dirimu.

 

Related posts