Cara Join Shopee Affiliate

Cara Join Shopee Affiliate

Program affiliate sampai saat ini memang banyak digemari karena terbukti menghasilkan. Bahkan marketplace terkenal sekalipun ikut menawarkan program affiliate kepada penggunanya, yaitu Shopee. Jadi wajar jika banyak pengguna Shopee yang tertarik mengikuti program affiliate dan penasaran dengan bagaimana cara join Shopee Affiliate.

Shopee Affiliate termasuk salah satu jenis bisnis online yang tidak perlu modal besar, karena kamu hanya memerlukan perangkat smartphone dan koneksi internet saja untuk melakukannya. Bahkan penghasilan yang didapat dari program affiliate Shopee ini cukup menjanjikan.

Read More

Shopee Affiliate Program

Program Shopee affiliate merupakan sebuah program Shopee dengan cara mengajak semua pengguna sosial media untuk memperoleh passive income dengan cara mempromosikan berbagai macam produk Shopee di akun sosial medianya. Dalam hal ini, Shopee membebaskan affiliate-nya untuk membuat konten promosi produk Shopee sekreatif mungkin, asalkan telah memenuhi ketentuan dan syarat Shopee.

Biasanya affiliate akan menerima komisi sesuai performa yang mereka lakukan saat mempromosikan produk dan melakukan share link affiliate.

Syarat & Ketentuan Affiliate Program Shopee

Sebagai affiliate, kamu wajib memahami ketentuan dan syarat terkait program affiliate Shopee ini. Untuk pembagian komisi yang diberikan biasanya diambi dari 2,5% sampai 10% harga jual produk yang dipromosikan. Semakin tinggi harganya, tentu saja keuntungan komisi hasil program affiliate yang diperoleh semakin besar.

Selain itu, sebelum kamu bergabung sebagai affiliate di Shopee, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi berikut ini :

  • Komisi biasanya akan langsung dibayarkan secepatnya 2 minggu sekali.
  • Pihak Shopee berhak mengunggah konten promosi ulang di sosial media maupun pada aplikasi Shopee.
  • Ada beberapa produk yang sangat dilarang dipromosikan, yaitu rokok elektrik, produk dewasa, obat-obatan terlarang, produk palsu, dan ganja.
  • Bagi influencer yang ingin bergabung, minimal harus memiliki akun Youtube dengan 8.000 subscriber, Tiktok 5000 follower, Twitter 10 ribu followers, dan untuk Group & Pages harus memiliki 1000 followers.
  • Akun sosial media harus aktif, mempunyai konten yang orisinal, serta terbuka bagi umum.
  • Produk yag dapat dipromosikan hanya berupa produk dari Shopee Supermarket, Shopee Mall, Star dan Star+.
  • Memiliki akun media sosial berupa akun pribadi, dan bukan akun penjual atau toko.
  • Akun media sosial yang dimiliki affiliate tidak diperbolehkan melanggar peraturan perundangan di Indonesia, mengandung unsur pornografi atau SARA.

Setelah memahami syarat dan ketentuannya, ada beberapa langkah cara join Shopee affiliate yang bisa kamu coba.

Cara Join Shopee Affiliate

Cara Join Shopee Affiliate
Join Shopee Affiliate

Tutorial Join Shopee Affiliate

Shopee Affiliate merupakan program yang sangat menguntungkan terutama bagi influencer yang memiliki banyak follower. Kamu hanya perlu rutin memposting serta mempromosikan produk yang telah diminta Shopee. Selanjutnya cukup menunggu orang untuk memesan produk tersebut memakai link yang kamu bagikan.

Jika kamu tertarik dan penasaran ingin mencobanya, kamu bisa ikuti tutorial cara join Shopee Affiliate berikut ini :

  • Silahkan buka web browser di smartphone atau laptop.
  • Lalu di bagian URL, kamu cukup menuliskan link ‘affiliate.shopee.co.id’.
  • Kamu bisa menunggunya sampai muncul halaman untuk Shopee Affiliate.
  • Setelah memiliki akun Shopee Affiliate, tinggal masuk kolom Shopee Affiliate yang telah disediakan. Namun jika kamu belum memiliki akun, tekan ‘Daftar’.
  • Selanjutnya kamu dapat memasukkan nomor hp di kolom yang ada. Pastikan nomor tersebut telah terhubung ke nomor WhatsApp untuk mempermudah prosesnya.
  • Jika sudah, tekan ‘Berikutnya’.
  • Kamu juga dapat mendaftar akun memakai beberapa opsi akun sosial media, baik itu Google, Apple ID dan Facebook.
  • Saat kamu memakai nomor WhatsApp, kamu harus mengikuti tahapan verifikasi. Silahkan tunggu pihak Shopee mengirimkan kodenya. Kamu dapat mengirimnya lewat chat WhatsApp atau via SMS. Setelah itu, akan muncul notifikasi kode verifikasi, tekan ‘OK’.
  • Jika sudah masuk ke kolom verifikasi, kamubisa mengisinya memakai kode OTP. Pastikan semuanya sudah benar, lalu tap tombol tulisan ‘Verifikasi’.
  • Selanjutnya buat password di kolom yang tersedia. Selanjutnya tekan ‘Daftar’.
  • Kini kamu telah memiliki akun Shopee Affiliate.
  • Selanjutnya, kamu masuk ke halaman utama pada Shopee Affiliate, lalu tekan ‘Masuk Sekarang’.
  • Di kolom formulir, kamu cukup mengisi semua data yang diminta. Kemudian masuk ke tahapan selanjutnya. Setelah itu, pihak Shopee akan langsung memutuskan terkait permintaanmu.

Jika kamu sudah mencoba cara join Shopee Affiliate dan sudah berhasil, kini saatnya kamu memulai langkah awal program Shopee Affiliate.

Cara Kerja Shopee Affiliate

Jika kamu telah bergabung sebagai affiliate di Shopee, kamu harus mengetahui cara kerja menjadi Shopee Affiliate supaya kamu menerima passive income menggiurkan. Berikut ulasannya :

1. Login ke Akun Shopee

Jika pengajuan sebagai Shopee Affiliate sudah disetujui pihak Shopee, berikutnya kamu hanya perlu login ke akun Shopee affiliate untuk memulai aktivitas promosi.

2. Mengakses Halaman Penawaran

Selanjutnya kamu bisa memperoleh link affiliate, dengan cara mengakses halaman penawaran. Di sini terdapat 3 opsi penawaran yang akan diberikan, diantaranya penawaran Shopee, penawaran produk dan penawaran brand.

Di bagian penawaran tersebut, kamu akan memperoleh link tautan Shopee Affiliate atau produk, yang selanjutnya bisa mendatangkan passive income berupa komisi. Komisi tersebut didapatkan jika ada orang yang memesan produk melalui link affiliate yang kamu bagikan.

Namun kamu harus tahu bahwa Shopee hanya memberikan komisi saat kamu sukses mempromosikan produk yang ada di Shopee Mall, yang berlabel Star+ Seller dan Star Seller. Adapun dalam penawaran komisi, biasanya berlaku bagi seluruh produk tapi terkadang komisi tersebut hanya berlaku pada penawaran produk yang terpilih.

Selain itu, ada pula penawaran produk dan brand yang menawarkan tambahan komisi sebagai penawaran brand di tingkat toko maupun produk selain komisi yang ditawarkan Shopee. Seluruh informasi tersebut bisa kamu akses lewat menu dashboard penawaran.

3. Memperoleh Tautan

Di kolom penawaran, tepat disebelah list produk yang akan kamu promosikan, ada opsi ‘Dapatkan Tautan’. Kamu bisa memilih memakai tautan singkat atau panjang. Selain itu, kamu juga bisa membuat link sendiri atau custom link. Nah, tautan tersebut ini yang membuatmu berpeluang mendapatkaan komisi setiap ada customer yang bertransaksi dengan cara menekan link tersebut.

Berikut langkah-langkah custom link untuk Shopee Affiliate :

  • Silahkan cari produk yang akan dipromosikan, lalu cari link URL pada halaman produk yang dituju.
  • Tempelkan link URL produk ke kolom bertuliskan ‘Tautan Khusus’ di bawah Offer atau penawaran produk di dashboard.
  • Kamu bisa menambahkan parameter-parameter yang dapat memantau kinerja URL yang kamu bagikan dengan cara menambahkan tag berbentuk alfanumerik. Misalnya, berupa tag ‘SaleShopee’.
  • Lalu tekan ‘Dapatkan Tautan’ jika kamu sudah mengatur tag pencarian, kamu juga bisa memilih opsi tersebut jika ingin melakukan pengaturan parameter pencarian.
  • Selanjutnya pilih link pendek atau panjang sesuai keinginan, ketuk ‘Salin Tautan’ dan promosikan dengan menambahkan konten menarik yang kamu buat.

Salah satu keutungan membuat custom link adalah, bisa membuat calon customer langsung tertarik dan mengklik link tersebut. Sehingga peluang mereka memesan produk di Shopee menggunakan link yang dibagikan menjadi lebih besar.

Dengan memahami cara join Shopee Affiliate dan cara kerjanya, kini kamu bisa memprakatekkan dan membuktikannya sendiri untuk menambah penghasilanmu!

Related posts