Cara Membuat Google Form

Cara Membuat Google Form

Google Form termasuk salah satu fitur yang terdapat dalam program Google Apps. Walaupun sudah lama diluncurkan, namun popularitas Google Form justru baru meningkat belum lama ini. Menawarkan kepraktisan dan kemudahan, cara membuat Google Form dapat dilakukan oleh banyak pengguna baru.

Kalian dapat membuat formulir di Google Form hanya dengan beberapa step saja. Di samping itu, alasan kenapa banyak orang memilih memakai Google Form yaitu karena kemudahan, serta dapat menyajikan data dengan lengkap.

Read More

Cara Membuat Google Form

Cara Membuat Google Form
Tutorial Membuat Google Form

Bagi kalian pengguna baru, ada beberapa pilihan cara membuat Google Form, diantaranya lewat laman Google maupun lewat Google Drive. Cek panduannya!

1. Memakai Google Form Dengan Link Google

Cara membuat Google Form yang pertama bisa dilakukan dengan memakai link Google, ini langkah-langkahnya :

  • Silahkan buka link untuk membuat Google Form
  • Kemudian dari link forms.google.com, tekan blank atau template.
  • Kalian akan diarahkan untuk memasuki editing yang terdapat pada formulir tersebut.

Pada menu editor, kalian hanya perlu melakukan editing tergantung kebutuhan. Ada beberapa opsi yang dapat digunakan, yaitu :

  • Mengganti title (judul), caranya tekat untitled form tepat di sebelah kiri atas lalu ganti sesuai judul yang diinginkan.
  • Menambahkan deskripsi, ketuk form description tepat di bawah judul menyesuaikan deskripsi yang diinginkan.

2. Menambahkan Question Pada Google Form

Selain cara membuat Google Forms, ada beberapa panduan untuk menambahkan pertanyaan yang diinginkan pada Google Form, berikut ini :

  • Tekan untitled question, lalu tambahkan pertanyaan kalian.
  • Jika ingin mengubah jenis question atau pertanyaan, tekan panah arah ke bawah.
  • Silahkan tambahkan responseapabila sesuai pertanyaanmu.
  • Tekan required untuk menambahkan pertanyaan. Jika ingin menambahkan pertanyaan lebih banyak, silahkan pilih salah satu opsi.
  • Tambahkan pertanyaan yang baru, dan tekan add question.
  • Jika ingin menambahkan salinan question yang ada, tekan duplicate.

Setelah itu, perubahan akan langsung disimpan otomatis. Silahkan tekan pratinjau atau preview jika ingin mengcek pratinjau untuk perubahan kapan saja.

Ada 12 macam fitur yang ditawarkan Google Form, dengan 9 jenis pertanyaan, beserta bidang teks, video dan foto. Tekan ikon + pada side bar kanan jika ingin menambahkan pertanyaan yang baru. Bisa juga mengklik ikon teks, video atau foto untuk menambahkan foto/video/teks ke dalam formulir.

Biasanya setiap fitur terdapat tombol salin yang digunakan untuk menduplikat dengan cepat. Selain itu, ada pula tombol hapus serta menu dengan opsi tambahan di samping kanan.

3. Mengirimkan Form yang Sudah Dibuat

Jika ingin mengirimkan form, kalian bisa mengirimkannya lewat akun email, dengan cara copy lalu paste link pada pesan email atau chat, media sosial atau di situs web. Berikut tutorial mengirimkan Google Form :

  • Di samping kanan atas pada Form, tekan Send.
  • Jika ingin mengumpulkan ajun email, apabila formulir terbatas untuk organisasi kalian, silahkan mengumpulkan alamat email dari anggota organisasi/perusahaan lalu kirimkan bersamaan.
  • Silahkan pilih sesuai metode yang kalian inginkan untuk mengirim formulir.
  • Selanjutnya masukkan alamat akun email pada kolom bertuliskan kepada/to. Kalian bisa menyesuaikan antara pesan dengan konten subjek.
  • Tekan insert link dan akalian bisa mempersingkat link URL, tekan copy lalu paste link ke email atau chat.
  • Jika ingin mengirimkan form pada media sosial, cukup dengan menekan salah satu tanda platform sosmed yang tersedia.

Jika kalian ingin membagikan form di Google Form yang telah kalian buat lewat situs web milik kalian, berikut langkahnya :

  • Tekan send atau kirim di samping kanan bagian atas pada form yang anda buat.
  • Pilih opsi ikon <> di samping kanan, salin link berupa embed HTML.
  • Setelah itu masuk ke dashboard wordpress kalian, lalu tekan appearance.
  • Tekan custom HTML, kemudian pilih dimana kalian ingin menempatkan formulir tersebut.
  • Tekan add widget lalu paste embed HTML.

Bagaimana Mengecek Hasil Pengisian Google Form?

Selain cara membuat Google Form di atas, langkah yang tidak kalah penting adalah mengetahui bagaimana cara mengecek isian dari Google Form. Berikut ulasannya :

  • Login memakai akun yang kalian pakai untuk Google Form.
  • Pada dashboard, silahkan tekan responses.
  • Google secara otomatis akan langsung menunjukkan ringkasan jawab setiap pertanyaan atau setiap subjek yang melakukan pengisian formulir itu sendiri.
  • Jika ingin mendownload hasil dari pengisian formulir, kalian dapat mengklik download langsung ke dalam format *csv maupun format lainnya sesuai keinginan.

Jika kalian memakai layanan personal Google Form, tentu saja perlu menganalisa data kalian sendiri.

Biasanya Google menyuguhkan data dengan cara yang “cerdas” serta lengkap. Namun langkah-langkah berikutnya yang dapat kalian ambil tentu saja harus berdasarkan analisa yang baik dan matang.

Keunggulan Memakai Google Form

Google Form menawarkan beberapa kelebihan yang mungkin tidak banyak orang tahu. Beberapa keunggulan Google Form yang perlu kalian ketahui :

1. Tampilan Menarik

Dalam keperluan tertentu, ketika kalian melakukan survey customer. Maka kalian dapat membuat tampilan pada survey dengan memakai Google Form supaya lebih menarik, melalui berbagai macam tema dan template.

2. Jawaban cepat

Kelebihan lainnya yaitu kalian dapat memperoleh jawaban dengan cepat. Ini artinya, kalian dapat mengumpulkan segera jejak pendapat. Sementara bagi yang berfokus pada lingkup akademis sekalipu dapat membuat survey hingga kuis dadakan di dalam kelas melalui Google Form.

3. Kelengkapan Analisa Data

Google Form juga menyajikan data dan analisis yang sangat lengkap dengan cara mengoperasikan yang mudah. Hal ini mungkin sulit dijumpai pada aplikasi pembuat form yang lainnya.

4. Template Untuk Pertanyaan Bervariasi

Kelebihan memakai Google Form lainnya ialah adanya bentuk pertanyaan bervariasi. Seperti pilihan ganda, pertanyaan terbuka, dropdown, checkbox, multiple choice grid, short answer dan lainnya.

Semua fitur tersebut dapat kalian temukan juga di aplikasi sejenis lainnya. Hanya saja, kebanyakan aplikasi untuk pembuat form memungkinkan para penggunanya untuk berbayar agar bisa memperoleh fitur tersebut.

Beberapa Fungsi Google Form

Di bawah ini, ada beberapa kegunaan dan fungsi Google Form yang bisa kalian manfaatkan, diantaranya :

1. Mengumpulkan Data Pemirsa

Jika ingin meminta audiens untuk mengisi kelengkapan data diri, maka kalian bisa membuat formulirnya terlebih dahulu. Salah satunya adalah dengan memakai Google Form.

2. Pendaftaran Sebuah Acara

Sistem Google Form online memungkinkan kalian dapat menggunakannya untuk membuat pendaftaran sebuah event tertentu yang nantinya diberikan kepada orang lain. Data ini biasanya dapat tersusun rapi pada spreadsheet. Sehingga kalian tidak perlu lagi mencatat data registrasi dengan cara manual.

3. Kuesioner

Kuesioner banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa hingga perusahaan. Biasanya mahasiswa memakai kuesioner ini untuk menemukan data penelitian ilmiah atau skripsi. Kemudian marketer akan memanfaatkan kuesioner dalam mendapatkan feedback konsumen hingga evaluasi pemasaran.

Manfaat Google Form tidak hanya sebatas pada 3 fungsi di atas saja, karena bisa menyesuaikan tergantung dari para penggunanya. Namun yang pasti, Google Form adalah aplikasi untuk pembuatan formulir yang tidak hanya penting untuk mengumpulkan audiens, tetapi juga untuk keperluan bisnis. Bahkan pemula sekalipun bisa mencoba cara membuat Google Form dengan mudah!

 

 

Related posts