Cara Menabung di Bank

Cara Menabung di Bank

Semua orang tentunya ingin memiliki masa depan yang lebih baik. Salah satu upaya untuk mencapainya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Seperti dengan berinvestasi, menjalankan bisnis, hingga dengan cara menabung di bank.

Mungkin sebagian orang cenderung lebih memilih menabung secara klasik tanpa bank, dengan menyimpannya via brankas atau celengan. Padahal tidak sedikit kasus pencurian hingga dimakan rayap yang bisa mengancam keselamatan uang yang ditabungkan.

Read More

Meskipun kalian harus mengeluarkan sedikit uang untuk biaya administrasi, namun percayalah menyimpan uang di bank jauh lebih aman ketimbang menyimpan di dalam celengan atau brankas pribadi. Terlebih jika tidak dilakukan secara hati-hati. Maka dari itu, cara menabung di bank bisa menjadi salah satu bentuk investasi simpanan dalam jangka panjang.

Kemudahan Menyimpan Uang di bank

Tidak hanya menawarkan kepraktisan dan kemudahan saja, tetapi jika kalian membutuhkan uang tersebut dalam waktu yang dekat, maka kalian cukup menarik saldo saja. Karena setiap bank, menawarkan layanan bagi para nasabah untuk melakukan transaksi cepat melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), SMS banking, melalui internet banking.

Bahkan kini yang paling mudah dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun yaitu dengan memanfaatkan layanan mobile banking untuk setiap transaksi.

Mungkin sebagian orang masih beranggapan menabung di bank adalah hal yang sulit dan membutuhkan proses lama. Namun saat ini, layanan bank sudah semakin dipermudah sehingga rekomendasi terbaik untuk menabung dan investasi bisa melalui perbankan.

Cara Menabung Di Bank

Cara Menabung di Bank
Tutorial Cara Menabung di Bank

Setelah melihat ilustrasi di atas, jika kalian ingin menabung di bank, ada beberapa tahapan proses yang bisa dilakukan. Supaya tidak bingung ketika berhadapan dengan customer service bank pertama kali, silahkan ikuti panduan cara menabung di bank berikut ini :

1. Pilih Bank

Jika kalian ingin membuka buku rekening tabungan, maka yang pertama harus dilakukan adalah dengan memilih bank terlebih dahulu. Di Indonesia, ada cukup banyak bank yang tersebar hingga ke berbagai wilayah mulai dari bank pemerintah dan bank milik swasta.

Pilihlah bank yang sesuai dengan kriteria kalian dan tentunya yang dekat dengan tempat tinggal. Tujuannya adalah untuk mempermudah mobilisasi jika terjadi kendala atau ada sesuatu hal yang ingin ditanyakan terkait masalah keuangan.

Saat ini pendaftaran pembukaan nomor rekening bisa dilakukan di kantor cabang pembantu atau bisa juga dengan cara online sesuai kebijakan bank yang kalian pilih. Intinya yang paling penting untuk proses pendaftarannya perlu mempersiapkan terlebih dahulu dokumen pribadi secara lengkap.

2. Persiapkan Dokumen Pribadi

Cara menabung di bank selanjutnya sebelum pergi ke bank, yaitu kalian harusĀ mempersiapkan dokumen pribadi agar prosesnya bisa berjalan lebih cepat. Adapun dokumen pribadi yang dimaksudkan yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Surat Izin Mengemudi (SIM)/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar.

Pada sebagian bank, ada kebijakan tertentu selain dengan kartu identitas diri yang disebutkan di atas. Kalian jga harus melengkapi syarat administratif lainnya yaitu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Kartu Keluarga (KK). Jadi, sebaiknya bawa semua persyaratan ketika ingin mendafar menjadi nasabah bank tersebut untuk jaga-jaga agar proses pendaftaran dari segi administratif bisa lancar.

3. Mengisi Formulir Pendafaran

Langkah berikutnya setelah mempersiapkan dokumen pribadi, dan membawanya ke pihak bank pilihan, maka dokumen tersebut akan langsung diproses oleh pihak Customer Service bank. Proses selanjutnya kalian harus mengisi formulir pendaftaran menjadi nasabah dengan isian sesuai dengan yang tertera pada dokumen pribadi.

Perhatikan baik-baik mengenai formulir pendaftaran di sini bahwa yang dimaksud formulir pendaftaran adalah yang khusus untuk pembukaan rekening. Jika tujuan kalian sudah diketahui oleh customer service, nantinya akan dijelaskan mengenai produk-produk bank beserta jenis tabungan. Kalian hanya perlu memilihnya sesuai dengan kebutuhan, termasuk berbagai macam fasilitas dari jenis tabungan yang tersedia.

4. Persiapkan Sejumlah Dana Untuk Setoran Awal

Cara menabung di bank selanjutnya, setelah menyelesaikan persyaratan dokumen, kalian hanya perlu menabung untuk setoran awal agar nomor rekening bisa aktif. Umumnya untuk setoran awal yang di persyaratkan yaitu minimal Rp. 50.000 hingga Rp. 500.000 tergantung kebijakan bank.

5. Minta Aktifkan semua layanan bank

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa bank menawarkan banyak pilihan layanan perbankan, seperti ATM, SMS banking, internet banking, dan mobile banking. Kalian bisa meminta CS bank untuk mengaktifkan semuanya. Tujuannya agar saat kalian membutuhkan uang, bisa menggunakan salah satu dari beberapa layanan bank tersebut.

Untuk layanan ATM, maka kalian membutuhkan kartu ATM yang nantinya akan diberikan setelah selesai proses pendaftaran. Jika kalian akan mengaktifkan SMS banking, maka syaratnya harus menggunakan nomor hp aktif dan ada pulsa untuk verifikasi.

Selanjutnya ada juga internet banking yang bisa diakses dengan menggunakan browser baik pada hp maupun pada komputer. Langkah terakhir yaitu bisa mengaktifkan mobile banking dengan terlebih dahulu harus download aplikasinya yang bisa di download baik pada Google Play Store.

Sementara, bagi pengguna iPhone bisa memakai Apps Store. Semua layanan tersebut harus di aktifkan oleh customer service.

6. Memiliki Rekening dan Siap Menabung

Setelah melalui proses pembukaan nomor rekening dan telah resmi menjadi nasabah di bank tersebut, selanjutnya kalian tinggal menabung sesuai dengan manajemen keuangan yang kalian rencanakan setiap bulannya.

Cara menabungnya bisa dilakukan dengan 3 cara, yaitu bisa melalui teller di bank, bisa melakukan penyetoran melalui mesin ATM non tunai, atau bisa melakukan transaksi secara online. Selanjutnya bisa menyesuaikan pilihan untuk memilih cara menabung di bank yang mana.

Cara Menabung Efektif

Terkadang jika tidak memiliki manajemen finansial dengan cara menabung tidak akan cepat terlihat hasilnya. Namun sebaliknya, dengan manajemen yang cukup matang bisa langsung terlihat hasilnya dan kalian bisa memprediksi berapa hasil yang didapatkan dalam kurun waktu tertentu.

Ketahui trik cara menabung di bank secara efektif berikut :

1. Tujuan Menabung

Trik yang perlu kalian pikirkan pertama kalia yaitu ketahui tujuan utama menabung digunakan untuk keperluan apa. Misalnya, jika menabung digunakan untuk masa tua dengan dana yang harus terkumpul sekian ratus juta, maka kalian bisa melakukan break down ke pengeluaran bulanan. Dengan cara, mengalokasikan dana khusus untuk menabung sekitar berapa persen dari gaji yang didapat setiap bulannya.

Begitu pula dengan tujuan lainnya, yang paling utama adalah lakukan break down ke pengeluaran bulanan untuk mencapai target tujuan yang di inginkan beberapa tahun ke depan atau beberapa puluh tahun ke depan.

2. Rekening Terpisah Khusus Untuk Menabung

Setidaknya miliki 2 rekening selama kalian hidup, yang satu untuk keperluan sehari-hari dan yang satunya adalah untuk kepentingan menabung. Dengan begitu maka kalian tidak perlu khawatir uang tabungan habis terkikis untuk keperluan sehri0hari.

3. Pakai Sistem Auto Debet

Beberapa bank menggunakan sistem ini untuk kepentingan menabung. Dengan menggunakan sistem ini maka kalian tidak perlu repot-repot harus menabung secara manual setiap bulannya.

Dengan cara menabung di bank secara konsisten, tentu saja bisa membuat dana tabungan kalian semakin banyak dan kalian bisa memanfaatkannya secara maksimal untuk keperluan di masa depan.

 

Related posts