Cara Kunci Sinyal 4G Oppo

Cara Kunci Sinyal 4G Oppo

Bagaimana cara kunci sinyal 4G Oppo? Teknologi jaringan 4G LTE sebenarnya telah diterapkan di Indonesia sejak 2015 lalu, hingga sekarang 4G termasuk salah satu jaringan internet paling cepat. Dari situlah seluruh produsen smartphone telah memasarkan produk smartphone dengan dukungan teknologi jaringan 4G. Salah satunya yaitu smartphone Oppo.

Oppo di Indonesia termasuk salah satu pabrikan hp terkenal yang produknya tergolong laris di pasaran. Oppo sendiri mudah diterima para pengguna smartphone Sebab tidak hanya mempunyai desain menarik saja, tetapi juga telah mengadaptasi berbagai macam teknologi canggih.

Read More

Melalui teknologi jaringan 4G, kamu bisa mengakses konten-konten dengan mudah dan cepat, mulai dari streaming film, upload, bermaian gema online, hingga download. Namun faktor utamaa untuk memperlancar aktivitas tersebut yaitu kecepatan internet.

Demi memanjakan para pengguna smartphone yang mengusung 4G, provider seluler akhirnya menawarkan banyak pilihan paket itnernet menarik. Kebanyakan menawarkan kuota internet lebih besar jika kamu memakai jaringan 4G.

Tapi sayangnya, ada beberapa pengguna Oppo yang tidak dapat merasakan akses internet cepat, terkadang akses internet menjadi lemot. Bahkan seringkali harus berpindah ke dalam jaringan 4G atau 2G.

Cara Kunci Sinyal 4G Oppo

Cara Kunci Sinyal 4G Oppo
Tutorial Kunci Sinyal 4G Oppo

Tutorial Kunci Sinyal 4G Oppo

Adapun alasan internet 4G hp Oppo lemot, biasanya dikarenakan lokasi kamu jauh daria BTS operator yang kamu pakai. Sebagai solusinya, kamu harus mengunci jaringan 4G dengan cara kunci sinyal 4G Oppo supaya jaringan tidak harus berpindah-pindah.

Ada banyak pilihan cara kunci sinyal 4G oppo yang bisa kamu gunakan, namun metode di bawah ini termasuk metode paling mudah yang bisa kamu coba :

1. Kunci 4G Melalui Kode Rahasia

Kamu bisa mengakses kode rahasia smartphone Oppo untuk mengunci sinyal 4G LTE. Metode yang satu ini termasuk paling efektif jika ingin mengunci sinyal 4G LTE di Oppo.

  • Masuk ke menu telepon di ponsel Oppo milikmu.
  • Ketikkan kode *#*#3646633#*#* atau *#*#4636#*#*.
  • Setelah itu, kamu akan memasuki tahap Pengujian.
  • Pilih opsi ‘Informasi Telepon’.
  • Silahkan pilih jaringan yang kamu sukai ke dalam ‘4G Only’.
  • Setelah itu, tunggu beberapa lama sampai sinyal berubah ke dalam jaringan 4G LTE.
  • Kini jaringan 4G LTE telah sukses dikunci.

2. Kunci 4G Melalui Pengaturan

Cara kunci sinyal 4G Oppo selanjutnya yaitu dengan menggunakan menu pengaturan di smartphone. Metode ini sebenarnya paling mudah, hanya saja tidak dilakukan permanen.

Kamu hanya perlu mengatur jaringan pada pilihan ‘SIM Ganda & Saluran’, dengan begitu sinyal jaringan 4G terus terkunci. Untuk melakukannya, bisa ikuti langkah berikut :

  • Masuk ke opsi pengaturan pada perangkat hp Oppo.
  • Pilih ‘SIM Ganda dan Seluler’.
  • Tekan SIM Card yang kamu pakai untuk menjalankan internet. Pilih opsi SIM Card 1/SIM Card 2 tergantung kebutuhan yang akan kamu kunci sinyalnya.
  • Setelah itu, tekan ‘4G/3G/2G’.
  • Jika sudah, jaringan internet perangkat Oppo akan langsung memprioritaskan pencarian jaringanm 4G LTE.

3. Kunci 4G di Oppo Memakai Aplikasi

Kamu juga bisa mengunci jaringan 4G memakai aplikasi dari pihak ketiga. Salah satunya yang akan kita pakai disini adalah Force LTE Only. Silahkan ikuti cara kunci sinyal 4G Oppo dengan aplikasi Force LTE Only berikut :

  • Unduh dan pasang Force LTE Only Apps di Play Store.
  • Sesudah diinstal, buka aplikasinya.
  • Masuk ke halaman utama aplikasi, kamu akan menemukan menu-menu yang tersedia.
  • Bagi hp Oppo yang memiliki OS android 10 ke bawah, kamu bisa memilih METHOD 1.
  • Sementara untuk OS android 11 atau di atasnya, pilih opsi METHOD2.
  • Pilih jaringan yang kamu sukai dan tekan opsi ‘LTE Only’.
  • Selanjutnya sinyal jaringan 4G di hp Oppo langsung terkunci otomatis.

Tips Untuk Memperkuat Sinyal 4G

Selain dengan cara kunci sinyal 4G Oppo, kamu juga bisa memperkuat sinyal 4G agar sinyal internet lebih stabil dengan tips berikut :

1. Hindari Mengubah Sinyal ke Mode 4G Only

Jika di wilayah kamu tidak terdapat menara untuk mendukung sinyal 4G, saat kamu mengubah mode jaringan ‘LTE Only’ tentu saja semuanya menjadi sia-sia. Sebab sinyal di perangkat hpmu akan hilang.

Sebagai solusinya, apabila di wilayah tempatmu berada tidak mendukung opsi jaringan 4G,maka kamu bisa memakai mode jaringan ‘GSM Only’.

Melalui mode ini, sinyal di hpmu menjadi lancar sehingga dapat dipakai untuk SMS dan panggilan telepon. Namun jika kamu memakainya untuk browsing atau berselancar di internet, maka konseksi bisa terhambat. Hal ini dikarenakan mode ‘GSM Only’ biasanya hanya menawarkan jaringan 4G saja.

2. Letakkan Hp di Tempat Lebih Tinggi

Cara memperkuat sinyal 4G selain cara kunci sinyal 4G Oppo di atas yaitu dengan berpindah ke area yang posisinya lebih tinggi. Misalnya saja, di atas lemari, di lantai atas atau di bukit. Seringkali cara ini sangat berguna sekaligus mempermudah perangkat dalam menangkap sinyal.

Tidak sedikit pengguna yang telah mencoba cara tersebut, asalkan kamu harus berada di area tinggi yang lokasinya berdekatan dengan lokasi menara sinyal. Namun jika tidak, metode ini kurang efektif.

3. Memakai SIM Card 4G

Jika kamu bermasalah dengan SIM Card yang tidak dapat dipakai untuk mengakses internet, sebaiknya segera ganti SIM Card kamu ke gerai provider terdekat. Contohnya, jika SIM Card yang dipakai adalah Telkomsel, sebaiknya upgrade Sim Card ke Grapari Mini atau Grapari Telkomsel terdekat.

Umumnya kamu hanya perlu Rp. 50 ribu saja, dan SIM Card sudah mendukung layanan jaringan 4G.

4. Atur APN atau Nama Titik Akses

Kamu juga bisa memperkuat sinyal 4G di Oppo dengan memakai custom APN. Baik itu dari operator XL, Telkomsel, Indosat, Smartfren, Tri, dan Axis. Salah satu cara untuk setting APN di Telkomsel misalnya, dengan mengikuti cara jaringan Telkomsel lancar.

5. Mengaktifkan Opsi ‘Pilih Jaringan Otomatis’

Jika kamu ingin memperoleh jaringan terbaik yang ada di sekitar tempat tinggalmu, sebaiknya pastikan kamu telah mengaktifkan opsi ‘Pilih Jaringan Secara Otomatis’. Jika ingin mengaktifkan fitur tersebut, kamu hanya perlu buka SIM Card yang dipakai untuk internet. Kemudian aktifkan fiturnya, caranya geser toggle tepat disebelah opsi ‘Pilih Jaringan Otomatis’.

6. Menggunakan Aplikasi

Cara selanjutnya adalah dengan memakai aplikasi android. Metode yang satu ini dapat digunakan pada smartphone Oppo atau perangkat android lainnya. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu pakai agar sinyal di hpmu lebih kuat.

Beberapa aplikasi tersebut diantaranyaa Signal Guard Free, Network Signal Speed Booster, Network Signal Booster, Network Signal Refresher Lite, dan masih banyak lagi. Caranya cukup dengan mengunduh salah satu aplikasi tersebut dan jalankan sesuai instruksi agar sinyal di smartphone Oppo milikmu lancar.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal 4G dan salah satunya dengan cara kunci sinyal 4G Oppo. Akan tetapi, bagi kamu yang tinggal di lokasi yang belum menjangkau 4G, bisa coba tips di atas!

 

Related posts