Cara Jaringan Telkomsel Lancar

Cara Jaringan Telkomsel Lancar

Saat sedang asyik-asyiknya berselancar di internet, atau menonton live streaming, tiba-tiba saja jaringan Telkomsel yang kamu pakai lemot. Hal ini tentu saja sangat mengganggu, dan kamu mungkin membutuhkan cara jaringan Telkomsel lancar dengan tepat. Agar kamu bisa tetap menikmati akses internet dan streaming video dengan nyaman.

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang membuat jaringan Telkomsel menjadi lemot, beberapa diantaranya karena faktor cuaca, lokasi, hingga masalah yang terjadi pada operator Telkomselnya. Ada beberapa cara jaringan Telkomsel lancar yang bisa kamu lakukan agar koneksi di perangkat hpmu menjadi stabil.

Read More

Cara Jaringan Telkomsel Lancar

Cara Jaringan Telkomsel Lancar
Tutorial Mempercepat Jaringan Telkomsel

Tutorial Mempercepat Jaringan Telkomsel

Untuk mempercepat akses jaringan Telkomsel, kamu bisa mencoba beberapa cara jaringan Telkomsel lancar berikut ini :

1. Ubah Pengaturan Jaringan Telkomsel ke 4G LTE

Jika dibandingkan jaringan EDGE, HSPA, dan 3G, tentu saja jaringan Telkomsel 4G LTE mempunyai koneksi yang jauh lebih cepat. Maka dari itu, tentu saja hal tersebut dapat memberikan dampak positif saat browsing, bermain game dan loading yang menjadi lebih lancar.

Dengan mengubah jaringan ke 4G LTE dari HSPA tentut saja bisa membuat kualitas untuk mengakses jaringaan internet tmenjaadi lebih stabil, lebih baik dana lebih cepat. Lalu, bagaimana cara jaringan Telkomsel lancar dengan beralaih jaringan ke 4G LTE? simak panduannya berikut :

  • Masuk ke menu pengaturan atau setting perangkat.
  • Buka opsi pengaturana untuk SIM Card atau Kartu SIM.
  • Masuk ke pengaturan jaringan pada SIM Card.
  • Ubah jaringan internet menjadi 4G.

Panduan di atas berlaku bagi pengguna android Nougat. Jika kamu memakai versi android berbeda, silahkan sesuaikan lokkasi pengaturannya. Intinya yang harus dilakukan yaitu kamu harus mengalihkan jaringan internet ke dalam 4G LTE.

Namun kamu harus tahu bahwa, untuk melakukan konfigurasi ke dalam jaringan 4G LTE biasanya hanya berlaku di wilayah yang memiliki jaringan 4G stabil. Tapi jika jaringannya tidak stabil, maka sinyal internet yang kamu terima justru tidak lancar.

Bagi perangkat hp yang tidak support 4G, kamu bisa melakukan pengaturan jaringan ke 3G atau WCDMA, supaya sinyal yang kamu terima lebih baik dengan mode H+.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat

Cara jaringan Telkomsel lancar berikutnya yaitu dengan menyalakan mode pesawat untuk sementara. Kemudian, kamu dapat menonaktifkannya lagi.

Tujuan dari cara ini yaitu untuk mengembalikan koneksi di hp, sebab saat menghidupkan mode pesawat biasanya jaringan akan diputus sementara waktu. Kemudian aktif kembali sesudah mode pesawat dinonaktifkan.

Biasanya ketika jaringan internet menghilang tiba-tiba, mungkin saja smartphone yang kamu pakai sedang bermasalah.

3. Mengecek Sisa Kuota

Jangan lupa, ketika internet kamu terputus tiba-tiba dan sulit menyala kembali, ini artinya bisa saja sisa kuota kamu sudah habis. Jika kuota internetmu ternyata sudah tidak tersisa, maka akses internet akan langsung mati.

Silahkan cek kuota data Telkomsel lewat My Telkomsel Apps. Jika kamu belum memiliki aplikasinya, download disini.

5. Membersihkan Cache Hp

Kondisi jaringan Telkomsel yang lemot bisa juga diakibatkan oleh cache yang menumpuk pada perangkatmu. Biasanya sampah-sampah di perangkat hanya akan memenuhi memori. Makanya, kamu harus menghapus cache hp dengan cara rutin supaya tidak menumpuk serta tidak menghabiskan memori di hp.

6.Cek Lokasi

Walaupun Telkomsel mempunyai jangkauan area terluas, ini bukan berarti provider ini dapat menjangkau seluruh tempat dengan sinyal yang cepat dan kuat. Maka dari itu, kamu harus mengeceknya lewat website Telkomsel dan pastikan apakah lokasi tempatmu berada termasuk ke dalam bagian coverage area dari Telkomsel atau bukan.

Tutorial Jaringan Tellkomsel Lancar dengan Setting APN

Selain metode di atas, kamu juga bisa mencoba cara jaringan Telkomsel lancar dengan melakukan pengaturan APN. Ada beberapa trik untuk setting APN Telkomsel yang bisa kamu lakukan :

1. Edit Pengaturan APN Telkomsel di Android

  • Masuk ke menu ‘Settings’ kemudian pilih ‘NetworkInternet’, lalu tekan ‘Mobile Network’.
  • Selanjutnya kamu tinggal pilih ‘Advanced’, dan tekan ‘Access Point Names’.
  • Di halaman APNs, klik ‘+’ jika ingin menambahkan pengaturan APN Telkomsel yang terbaru.
  • Setting APN sesuai daftar pengaturan yang dipilih.
  • Klik ikon titik tiga di samping kanan, lalu tekan ‘Save’.

Selesai, hasil setting APN dapat tersimpan otomatis, kamu hanya perlu memilihnya jika ingin memakainya. Berikut format pengaturan Access Point yang bisa kamu ikuti :

Name : Telkomsel 4G
APN : Internet
Proxy : Not Set
Port : Not Set
Username : Not Set
Password : Not Set
Server : Not Set
MMSC : Not Set
MMS Proxy : Not Set

2. Edit Pengaturan APN Telkomsel di iPhone

Cara jaringan Telkomsel lancar selanjutnya adalah bagi pengguna iPhone. Sebenarnya cara pengaturannya sangat simpel dan mudah. Silahkan ikuti langkahnya berikut ini :

  •  Masuk ke menu Pengaturan, tekan cellular.
  • Silahkan pilih ‘Cellular Data Network’ yang digunakan untuk pengaturan APN pada iPhone.
  • Silahkan pilih opsi APN Telkomsel.
  • Tekan ‘save’jika ingin menyimpan pengaturan APN yang terbaru.

Berikut format Setting APN Telkomsel di iPhone :

Name : Telkomsel 4G
APN : Internet
Proxy : Not Set
Port : Not Set
Username : Not Set
Password : Not Set
Server : Not Set
MMSC : Not Set
MMS Proxy : Not Set
MMS Port : Not Set-
MCC : 510
MNC : 10
Authentication Type : Not Set
APN Type : Default
APN Protocol : IPV4
APN Roaming Protocol : IPV4
Enable/Disable APN : APN Enabled
Bearer : Unspecified
MVNO type : None
MVNO value : Not Set

Kedua cara setting APN Telkomsel ini bisa kamu coba bagi pengguna android dan iPhone yang menggunakan jaringan 4G Telkomsel.

Aplikasi Penguat Sinyal

Selain mengubah APN, kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi tambahan untuk menguatkan sinyal Telkomsel. Berikut ulasan aplikasinya :

1. Internet Optimizer Pro

Ini adalah aplikasi untuk meningkatkan performa jaringan Telkomsel milikmu. Hanya dengan membayar Rp. 3 ribu saja kamu sudah bisa menggunakan aplikasi ini untuk memperkuat sinyal Tekomsel di lokasimu. Terutama bagi yang tinggal di area pedesaan.

2. Speedify

Aplikasi Speedify sebenarnya lebih tepat dibandingkan memakai VPN, karena aplikasi ini bekerja untuk meningkatkan kekuatan sinyal internet Telkomselmu. Bahkan Speedify juga dapat meningkatkan konseksi wifi agar lebih stabil dengan ttingkat keamanan penuh.

3. 4G LTE Network Booster

Jaringan 5G saat ini adalah jaringan terbaru, tapi masih belum merata di seluruh Indonesia. Oleh sebab itu, masih banyak penggunayang memakai jaringan 4G. Namun jangan khawatir, karena aplikasi 4G LTE Network Booster siap mengoptimalkan akses kecepatan internet untuk jaringan 4G.

4. Signal Strength

Jika kamu ingin mencari lokasi dengan sinyal Telkomsel terkuat,t maka kamu bisa memilih aplikasi Signal Strength. Dengan demikian, kamu bisa memakai sinyal terbaik di lokasi yang kamu inginkan.

5. Open Signal

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan sinyal Telkomsel adalah Open Signal. Ini adalah aplikasi yang sangat cocok bagi yang gemar menonton streaming film online. Sehingga kamu tidak akan terganggu lagi dengan adanya buffering berkat aplikasi Opensignal.

Ada banyak sekali cara jaringan Telkomsel lancar yang bisa kamu coba satu per satu atau memilih salah satu yang benar-benar sesuai kebutuhanmu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi sinyal tersendat dan mengganggu aktivitasmu.

 

Related posts